10 pedang legendaris di dunia
Loading...
 
posted on WOW Keren
2,326 views
10 pedang legendaris di dunia

Sebelum senjata api modern ditemukan, pedang adalah senjata utama pertahanan diri sekaligus sebagai senjata standar utama pasukan. Pedang sangat efektif untuk pertarungan jarak dekat.
Di beberapa tempat pedang juga bukan hanya sebagai alat mematikan, tapi pedang digunakan sebagai simbol sebuah kekuasaan atau untuk keperluan ritual acara-acara tertentu.

Dari sekian banyak pedang peninggalan masa lampau beberapa diantaranya sangat langka dan
legendaris. Berikut ini, 10 Pedang Paling Legendaris di Dunia.

Pedang Sultan Tippu


Pedang milik Sultan Fateh Ali Tipu (November 1750 - 4 Mei 1799 Srirangapattana), seorang penguasa dari Kesultanan Mysore di India. Sultan Fateh dijuluki "Harimau dari Mysore" karena kepemimpinannya yang tegas, pemberani dan dicintai rakyatnya. Pedang tersebut diberikan oleh ayahnya disaat wafat ditahun 1782, sebagai lambang pewaris sekaligus penerus tahta Kesultanan Mysore.

Pedang ini berjenis Samshir (single edge dengan bentuk lekukan hampir seperti bulan sabit), konon bahannya dari baja Damaskus. Gagang dan sarungnya terbuat dari ukiran perak dan emas. Info mengenai keberadaan pedang itu kini belum begitu jelas.

9. The Wallace Sword


Pedang ini dimiliki oleh Sir William Wallace (1270 - 1305), seorang patriot dan ksatria Scotlandia yang melakukan perlawanan terhadap penjajahan Inggris. Disebutkan bahwa pedang ini digunakan dalam pertempuran yang dikenal dengan "The Battle of Stirling Bridge" pada 1297, dan "The Battle of Falkirk pada 1298.

Panjang bilah pedangnya 132 cm dari panjang keseluruhannya yang mencapai 168 cm. Lebar bilah pedangnya 2.25 inchi pada bagian pangkal, dan 0.75 inchi pada ujung bilah. Berat pedang ini 2.7 kg, termasuk dalam kelas Great Sword.






8. Keris Empu Gandring


Keris merupakan senjata khas Indonesia, dan mendapat predikat sebagai warisan dunia oleh Unesco di tahun 2006. Walaupun keris bukan masuk kategori pedang, namun karena legendarisnya senjata ini menjadikannya pantas saya jajarkan dengan senjata lainnya. Mengulas Keris Empu Gandring tidak akan cukup satu halaman ini untuk dibahas, tapi saya coba singkat saja perjalanannya.

Keris ini dibuat oleh Empu Gandring (seorang empu kelas tinggi) atas pesanan Ken Arok, dan harus selesai dalam satu malam. Pekerjaan yang hampir tidak mungkin dilakukan oleh seorang Empu (sebutan untuk seorang pandai besi sekaligus pertapa sakti), namun Empu Gandring menyanggupinya. Singkat cerita kerispun sudah jadi, namun sarungnya belum selesai dibuat dan Ken Arok datang untuk mengambilnya. Alasan inilah Ken Arok membunuh Empu Gandring dengan keris tersebut, sekaligus untuk menguji kekuatan magis keris pesanannya itu. Saat dalam sekarat Empu Gandring mengutuk Ken Arok bahwa keris tersebut akan membunuh tujuh orang termasuk Ken Arok sendiri.

Ken Arok jatuh hati pada Ken Dedes, isteri Raja Tumapel yaitu Tunggul Ametung. Ken Arok adalah orang kepercayaan Tunggul Ametung, Tunggul Ametung dibunuhnya dengan keris tersebut. Untuk menghilangkan jejak, Ken Arok memfitnah Kbo Ijo bahwa Kbo Ijo yang membunuh Tunggul Ametung. Kbo Ijo akhirnya dieksekusi oleh Ken Arok sendiri menggunakan senjata yang sama. Ken Arok naik tahta dan menjadi penguasa Kerajaan Tumapel, dan akhirnya mempersunting Ken Dedes. Namun ambisinya belum cukup sampai disana dan ia ingin memperluas kekuasaanya. Kerajaan Kediri yang sebelumnya adalah pemerintah pusat dari kerajaan Tumapel dapat ia taklukkan, Ken Arok kemudian mendirikan kerajaan Singhasari.

Bertahun-tahun kemudian Anuspati (putra Tunggul Ametung + Ken Dedes) mengetahui pembunuh ayahnya yang sebenarnya, dia pun mengutus Ki Pangelasan untuk membunuh Ken Arok sebagai balas dendam atas kematian ayahnya menggunakan keris yang sama. Anuspati membunuh Ki Pangelasan untuk menghilangkan jejak, dan tidak lama dia naik tahta.

Tohjaya (putra Ken Arok + Ken Umang) membunuh Anuspati dengan keris yang sama lagi, kemudian Tohjaya menjadi raja. Tidak lama kemudian terjadi kisruh didalam keluarga istana yang menyebabkan terjadinya perpecahan dan perang saudara antara Tohjaya dengan Mahisa Campaka (putra Ken Arok + Ken Dedes) dan Dyah Lembu Tal (putra Mahisa Campaka). Tohjaya akhirnya terbunuh pada peperangan tersebut, inilah awal keruntuhan kerajaan Singhasari dan beralih menjadi kerajan Majapahit. Keberadaan keris Empu Gandring pun ikut hilang dan tidak diketahui hingga saat ini.

7. Goujian Sword


Pedang ini ditemukan pada Desember 1965 di makam no-1 Chu, dalam ekspedisi penggalian arkeologi di Gunung Jianglingwang Provinsi Hubei, China. Pedang perunggu tersebut terselip rapi berikut sarungnya di dalam peti mati bersama si jenazah. Panjang pedangnya 55,7 cm, dengan lebar 4,6 cm, dan panjang gagang 8,4 cm. Pada Sword grid terdapat butiran-butiran kristal biru terbingkai batu turkis, dan grafir delapan aksara bergaya Niaozhuan. Para pakar hanya bisa mengungkap enam dari delapan aksara tersebut, yakni "Yue Wang Zhi Zou Yong Jian (pedang bikinan sendiri milik raja Yue)". Belakangan baru terungkap bahwa sang penguasa Yue (Goujian) tersebut adalah salah satu tokoh paling legendaris pada zaman China kuno.

Pedang Raja Yue Goujian saat ditemukan telah melewati waktu selama 2.000 tahun lebih, tapi tidak menunjukkan tanda-tanda berkarat. Para pakar beranggapan bahwa ada tiga sebab pedang tersebut tidak mengalami proses korosi yaitu
Pertama, pedang Goujian memiliki kandungan tembaga 80-83%, timah 16-17%, selain itu terdapat sedikit kadar timbal dan besi.
Kedua, kondisi luar situs pedang Goujian yang terbenam di bawah tanah sedalam beberapa meter, satu liang diisi dua peti mati. Dinding di sekeliling makam menggunakan semacam lumpur putih dengan kualitas halus dan padat, yang dinamakan dalam dunia arkeologi sebagai plaster lumpur pasta putih karena memiliki daya rekatnya sangat baik.
Ketiga, bagian atas liang makam diisi dengan tanah yang padat, dan faktor-faktor tersebut menjadikan ruang makam kedap udara.

Misteri bagaimana pedang Goujian si penguasa Yue bisa berada dalam makam Chu belum bisa terungkap hingga saat ini. Perkiraan Wan Qianwen, seorang wakil kepala museum Provinsi Hubei menyatakan "Negara Chu dengan Wu maupun Yue pernah saling berperang beberapa kali, jadi ada kemungkinan Raja Chu menghadiahkan pedang tersebut kepada salah seorang pejabat kepercayaanya".
Sementara dugaan lain yang berdasarkan rol bambu yang tergali dari makam tersebut menunjukkan, si jenazah ada kemungkinan bangsawan besar di zaman Raja Chu Huaiwang yang bernama Shao Hua. Karena negara Chu pada masa pemerintahan Raja Chu Zhaowang dan negara Yue pada masa pemerintahan raja Yun Chang pernah menjadi sekutu dekat, Raja Chu mempersunting putri Raja Yue dan melahirkan Chu Huaiwang.

6. Excalibur


Siapa tidak kenal dengan nama pedang ini, namanya sangat tersohor keberbagai belahan dunia. Kisah pedang ini tidak lepas dari perjalanan hidup Merlin dan Raja Arthur, kisahnya pun banyak diangkat kedalam berbagai film layar lebar atau serial TV.

Pedang legendaris ini milik Raja Arthur, seorang raja sekaligus anggota "Round Table" di Inggris masa lampau. Karena menurut legenda, belum dapat dipastikan seperti apa bentuk dan jenis pedang ini. Tapi secara umum diyakini bahwa Excalibur merupakan pedang berjenis Claymore. Konon pedang ini memiliki kekuatan ajaib yang tidak tertandingi oleh pedang mana pun saat itu, sehingga membawa Arthur menjadi raja.

Nama Excalibur berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu Excalibor yang diambil dari bahasa latin yaitu Caliburnus, sedangkan dalam bahasa Wales pedang ini bernama Caledwich. Dalam legenda Arthur ada dua versi mengenai asal-usul pedang ini, yaitu :
Yang pertama bahwa dalam puisi Robert de Boron Merlin yang berjudul Sword in the Stone, mengisahkan Excalibur hanya dapat ditarik dari batu oleh orang yang berhak menjadi raja yaitu Arthur.
Dalam versi kedua muncul dalam Suite du Merlin, bahwa Arthur menerima Excalibur dari Lady of the Lake setelah pedang pertamanya rusak dalam pertempuran melawan raja Pellinore.

Namun sampai saat ini belum dapat dipastikan bahwa legenda atau bukti-bukti kuat tentang keberadaan pedang Excalibur dan Arthur pernah ada.

5. Pedang Muramasha


Muramasha Sengo adalah seorang pembuat pedang yang terkenal dan legendaris, Ia hidup selama periode Muromachi (akhir abad ke-15). Muramasha kemudian mendirikan sekolah seni pembuatan pedang.

Dua orang peneliti sejarah Samurai yaitu Oscar Ratti dan Adele Westbrook mengatakan, bahwa "Muramasha adalah swordsmith yang pandai tetapi kejam dan sakit-pikiran, itu tercermin pada bilah pedang buatannya. Pedang ini diyakini haus darah dan mendorong penggunanya untuk melakukan pembunuhan atau bunuh diri".

Ketika Ieyasu Tokugawa menjadi Shogun, pedang buatan Muramasha tidak lagi populer karena diyakini banyak digunakan untuk membunuh orang-orang dekat Ieyasu Tokugawa.

4. Pedang Honjo Masamune


Honjo Masamune adalah pedang simbol Shogunat Tokugawa yang dibuat oleh Masamune, seorang pembuat pedang terkenal di Jepang pada pertengahan abad ke-14. Pedang Masamune sering dibanding-bandingkan dengan pedang Muramasha, yang merupakan mantan muridnya. Pedang Masamune merupakan pedang yang melambangkan kedamaian, sedangkan pedang Muramasha melambangkan haus darah.



3. Pedang Kusanagi


Nama lengkap pedang ini yaitu Kusanagi no Tsurugi (Grass Cutting Sword), tidak diketahui bentuk pasti dan jenis pedangnya, namun diperkirakan dari jenis Katana. Namanya begitu sangat populer dan legendaris dikalangan para Samurai dan masyarakat Jepang hingga saat ini. Legenda pedang Kusanagi banyak diangkat kedalam cerita komik, seperti Samurai Deeper Kyo dan Naruto. Bagi penggemar Naruto pasti tahu dengan pedang ini, karena pedang ini senjata andalan Orochimaru dan Uciha Sasuke.

Menurut legenda kuno Jepang, pedang ini didapat oleh seorang dewa bernama Susanoo ketika sedang memotong ekor keempat dari monster Yamato no Orochi (naga berekor delapan). Kemudian pedang ini dipersembahkan kepada dewi Amaterasu, dan disimpan di Atsuta Shrine

Trending Now
10 Plesetan Nama Anak Pakai Bahasa Jawa yang Lucunya Kebangetan

10 Plesetan Nama Anak Pakai Bahasa Jawa yang Lucunya Kebangetan

Nama adalah sebuah doa. Maka nggak heran jika orang tua selalu memberikan nama terbaik untuk anak-anaknya, supaya kelak menjadi manusia yang
2,357 views 0 shares
10 Status FB Habis Tertipu Ini Bikin Kasihan tapi Ngakak

10 Status FB Habis Tertipu Ini Bikin Kasihan tapi Ngakak

Walaupun zaman sudah maju tetapi masih banyak penipuan di muka bumi ini. Itu karena para penipu juga revolusi menjadi penipu ulung dengan te
2,209 views 0 shares
Kreasi DIY Keren yang Bisa Kamu Bikin dari Kertas Bekas

Kreasi DIY Keren yang Bisa Kamu Bikin dari Kertas Bekas

Barang bekas yang menumpuk dirumah seringkali kita anggap sebagai benda yang nggak berguna. Kalau nggak dijual, udah pasti dihancurin. Kerta
6,714 views 569 shares
10 Chat Ibu Suruh Anak Pulang yang Isinya Greget Banget

10 Chat Ibu Suruh Anak Pulang yang Isinya Greget Banget

Ketika kita sudah beranjak dewasa, kita selalu merasa sudah bisa menjaga diri sendiri. Walaupun itu tidak sepenuhnya benar. Apalagi ketika k
2,926 views 0 shares
10 Chat Minta Bantuan yang Endingnya Bikin Gregetan

10 Chat Minta Bantuan yang Endingnya Bikin Gregetan

Manusia adalah makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendirian. Kita harus hidup berdampingan untuk bertahan hidup, bahkan untuk memperoleh k
410,811 views 0 shares
10 Simbol Tersembunyi yang Bisa Kalian Lihat Pada Logo Terkenal Di Dunia

10 Simbol Tersembunyi yang Bisa Kalian Lihat Pada Logo Terkenal Di Dunia

Logo merek terkenal di dunia bisa mengikuti kita dimanapun kita berada. Kita bisa melihat mereka pada iklan televisi, dalam perjalanan, dan
608,730 views 13,311 shares
Beginilah Tampak 9 Tokoh Kartun Ketika Mereka Beranjak Dewasa

Beginilah Tampak 9 Tokoh Kartun Ketika Mereka Beranjak Dewasa

Pulsker suka nonton kartun ga waktu masih kecil? Jangan-jangan sampe sekarang masih suka nonton yaa? Sama dong! Saking seringnya nonton kart
494,931 views 45,008 shares
10 Foto Orang Mempersulit Diri Sendiri yang Bikin Gregetan

10 Foto Orang Mempersulit Diri Sendiri yang Bikin Gregetan

Nggak ada ceritanya orang tidurnya ini ingin hidup susah.semua pasti pengen hidup serba mudah dan semua masalah berjalan lancar tanpa ada sa
5,618 views 0 shares
Aksi Unik dan Kreatif Orang Tua Saat Mengasuh Anaknya

Aksi Unik dan Kreatif Orang Tua Saat Mengasuh Anaknya

Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah . Harus ekstra sabar dan juga tahan banting dalam mengasuh anak saat sedang bermain dan melakukan
10,243 views 2,284 shares