Survei LSI: 70 Persen Rakyat Indonesia Kecewa dengan Kepemimpinan SBY
Loading...
 
posted on WOW Keren
6,545 views
Survei LSI: 70 Persen Rakyat Indonesia Kecewa dengan Kepemimpinan SBY

JAKARTA - Sebanyak tujuh puluh persen rakyat Indonesia merasa kecewa dan tidak puas dengan kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Demikian hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada 21-23 Mei 2013 lalu.

"Terlihat dari keputusan SBY yang ragu-ragu dalam memutuskan, dalam banyak kesempatan SBY terlihat ragu-ragu dalam menegakkan konstitusi," ujar peneliti LSI Ardian Sopa di kantor LSI, Jakarta, Minggu (26/5/2013).

Kata Ardian, survei tersebut dilakukan dalam rangka memperingati 15 tahun reformasi sejak tahun 1998.

"Reformasi dianggap gagal melahirkan pemimpin nasional yang kuat," tuturnya.

Dikatakannya, masyarakat yang menyatakan percaya akan kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat dari tahun ke tahun pun semakin menurun.

"Penilaian terhadap aspek kepemimpinan juga terlihat dari survei dimana hanya 30,18 persen saja publik yang puas dengan kepemimpinan SBY," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan SBY-Boediono pada 21-23 Mei 2013 lalu. Survei yang menggunakan metode wawancara dengan random sampling (sampel acak) ini menjaring 1.200 responden yang berumur di atas 17 tahun atau sudah menikah. Tercatat, hanya 30,18 persen yang puas dengan kepemimpinan SBY, sedangkan sisanya mengaku tidak puas alias kecewa.

Setelah 15 tahun berlangsungnya era reformasi, hingga saat ini belum ada lagi muncul tokoh-tokoh reformis yang bisa benar-benar menjalankan agenda reformasi yang sesungguhnya.
Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan kajian analisis, dari sejumlah calon presiden (capres) 2014. Kajian analisis ini dilakukan berdasarkan agenda reformasi 1998 guna mengukur sikap reformasi para capres tersebut.

"Kajian kita berdasarkan enam agenda reformasi terdiri dari mengadili Soeharto, Amandemen UU 1945, penghapusan dwi fungsi ABRI, otonomi daerah, supremasi daerah, supremasi hukum, dan pemerintah yang bersih dari KKN," ujar Direktur LPI, Boni Hargens dalam jumpa pers di Galeri Cafe, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/5/2013).

Para Capres 2014 tersebut yakni, Aburizal Bakrie, Ani Yudhoyono, Dahlan Iskan, Irman Gusman, Muhaimin Iskandar, Gita Wirjawan, Megawati Soekarnoputri, Mahfud MD, Marzuki Alie, Prabowo Subianto, Pramono Edhie, Rizal Ramli, Sutiyoso, Surya Paloh, Sri Mulyani, Wiranto, dan Yusril Ihza Mahendra.

Dari sederet nama capres itu, berdasar kajian LPI, Aburizal Bakrie dan Ani Yudhoyono tokoh yang paling tidak reformis. Karena kedua capres ini, memiliki skor paling rendah, untuk Ical sapaan Aburizal memiliki skor 3,50 poin sedangkan Ani hanya 3,00.

Pasalnya, dari agenda reformasi tersebut, Ical dan Ani tidak pernah menyinggung soal mengadili mantan Presiden RI kedua, almarhum HM Soeharto. Soal amandeman UUD 1945, Ical hanya punya skor satu dan Ani 0,5 persen.

Penghapusan dwi fungsi ABRI, keduanya mendapat skor 0,5. Otonomi daerah juga sama keduanya mendapat skor 0,5. Sedangkan, untuk mengatasi masalah supremasi hukum, mereka mendapat skor 1. Mengenai bebas atau pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) keduanya meraih poin 0,5.

"Kajian ini dilakukan dengan melihat sejauh mana komitmen mereka (capres) dalam menjalankan agenda reformasi. Aburizal sendiri diketahui tidak memiliki komitmen. Untuk ibu Ani sendiri tidak reformis, karena tidak pernah mengambil sikap atas agenda reformasi, mungkin karena memang dia tidak pernah memiliki jabatan, dan lebih memilih mengikuti kebijakan SBY yang juga sebagai suaminya," terangnya.

Sedangkan, untuk capres paling reformis, ditempati oleh Rizal Ramli dengan skor 6,00, Megawati Soekarnoputri (5,50), kemudian diikuti Surya Paloh (5,50).

Selebihnya diikuti oleh capres reformis, yang terdiri Sutiyoso memiliki skor (5), Dahlan skor (4,5), Prabowo skor (5), Yusril (5), Irman Gusman (4,5), Marzuki (5), Wiranto (4,5) , dan Mahfud MD (5).

Sri Mulyani (4), Muhaimin Iskandar skornya (4), Gita Wirjawan (4), dan Pramono Edhie dengan skor 4. Melalui kajian ini, kata Boni, bisa saja dijadikan refrensi bagi pemilih untuk menjatuhkan pilihannya dengan benar pada Pemilihan Presiden 2014 mendatang.

like fans pages kami dihttps://www.facebook.com/pages/Info_X/221889127839930?fref=ts
1 like anda sangat berarti untuk kami

Trending Now
Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Demi cinta, semua orang rela melakukan pengorbanan apapun untuk pasangannya. Mereka cenderung tidak ingin pasangannya sedih bahkan terluka.
59,219 views 5,167 shares
10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dan membuat makanan yang lezat. Berbicara tentang makanan, pasti nggak lepas dar
3,531 views 0 shares
10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

Setiap orang sudah memiliki pasangan, pasti ingin hubungannya berlanjut ke bahtera pernikahan. Bagi orang Indonesia sendiri, pernikahan buka
9,585 views 0 shares
10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

Kendaraan saat ini sudah tidak bisa lagi dibilang sebagai kebutuhan sekunder, karena tanpa sebuah kendaraan mobilitas manusia akan susah. Se
11,709 views 0 shares
10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

Bagi kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk pasti nggak asing dengan jalanan yang sempit atau kecil. Biasanya jalanan ini hanya bisa
3,161 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
12,516 views 0 shares
10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dengan enak. Tapi sebenarnya yang namanya rasa makanan itu relatif, jadi nggak s
3,016 views 0 shares
10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

Selain kewajiban bagi para laki-laki yang memasuki akil baligh, khitan juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Kalau jaman dulu khitan
5,628 views 0 shares
MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

Pulsker, kalau selama ini kamu berpikir cuman angkutan umum di luar negeri yang bisa bagus, siap-siap melongo deh. Angkutan umum Indonesia,
226,251 views 9,337 shares