Survei LSI: 70 Persen Rakyat Indonesia Kecewa dengan Kepemimpinan SBY
Loading...
 
posted on WOW Keren
5,995 views
Survei LSI: 70 Persen Rakyat Indonesia Kecewa dengan Kepemimpinan SBY

JAKARTA - Sebanyak tujuh puluh persen rakyat Indonesia merasa kecewa dan tidak puas dengan kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Demikian hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada 21-23 Mei 2013 lalu.

"Terlihat dari keputusan SBY yang ragu-ragu dalam memutuskan, dalam banyak kesempatan SBY terlihat ragu-ragu dalam menegakkan konstitusi," ujar peneliti LSI Ardian Sopa di kantor LSI, Jakarta, Minggu (26/5/2013).

Kata Ardian, survei tersebut dilakukan dalam rangka memperingati 15 tahun reformasi sejak tahun 1998.

"Reformasi dianggap gagal melahirkan pemimpin nasional yang kuat," tuturnya.

Dikatakannya, masyarakat yang menyatakan percaya akan kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat dari tahun ke tahun pun semakin menurun.

"Penilaian terhadap aspek kepemimpinan juga terlihat dari survei dimana hanya 30,18 persen saja publik yang puas dengan kepemimpinan SBY," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan SBY-Boediono pada 21-23 Mei 2013 lalu. Survei yang menggunakan metode wawancara dengan random sampling (sampel acak) ini menjaring 1.200 responden yang berumur di atas 17 tahun atau sudah menikah. Tercatat, hanya 30,18 persen yang puas dengan kepemimpinan SBY, sedangkan sisanya mengaku tidak puas alias kecewa.

Setelah 15 tahun berlangsungnya era reformasi, hingga saat ini belum ada lagi muncul tokoh-tokoh reformis yang bisa benar-benar menjalankan agenda reformasi yang sesungguhnya.
Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan kajian analisis, dari sejumlah calon presiden (capres) 2014. Kajian analisis ini dilakukan berdasarkan agenda reformasi 1998 guna mengukur sikap reformasi para capres tersebut.

"Kajian kita berdasarkan enam agenda reformasi terdiri dari mengadili Soeharto, Amandemen UU 1945, penghapusan dwi fungsi ABRI, otonomi daerah, supremasi daerah, supremasi hukum, dan pemerintah yang bersih dari KKN," ujar Direktur LPI, Boni Hargens dalam jumpa pers di Galeri Cafe, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/5/2013).

Para Capres 2014 tersebut yakni, Aburizal Bakrie, Ani Yudhoyono, Dahlan Iskan, Irman Gusman, Muhaimin Iskandar, Gita Wirjawan, Megawati Soekarnoputri, Mahfud MD, Marzuki Alie, Prabowo Subianto, Pramono Edhie, Rizal Ramli, Sutiyoso, Surya Paloh, Sri Mulyani, Wiranto, dan Yusril Ihza Mahendra.

Dari sederet nama capres itu, berdasar kajian LPI, Aburizal Bakrie dan Ani Yudhoyono tokoh yang paling tidak reformis. Karena kedua capres ini, memiliki skor paling rendah, untuk Ical sapaan Aburizal memiliki skor 3,50 poin sedangkan Ani hanya 3,00.

Pasalnya, dari agenda reformasi tersebut, Ical dan Ani tidak pernah menyinggung soal mengadili mantan Presiden RI kedua, almarhum HM Soeharto. Soal amandeman UUD 1945, Ical hanya punya skor satu dan Ani 0,5 persen.

Penghapusan dwi fungsi ABRI, keduanya mendapat skor 0,5. Otonomi daerah juga sama keduanya mendapat skor 0,5. Sedangkan, untuk mengatasi masalah supremasi hukum, mereka mendapat skor 1. Mengenai bebas atau pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) keduanya meraih poin 0,5.

"Kajian ini dilakukan dengan melihat sejauh mana komitmen mereka (capres) dalam menjalankan agenda reformasi. Aburizal sendiri diketahui tidak memiliki komitmen. Untuk ibu Ani sendiri tidak reformis, karena tidak pernah mengambil sikap atas agenda reformasi, mungkin karena memang dia tidak pernah memiliki jabatan, dan lebih memilih mengikuti kebijakan SBY yang juga sebagai suaminya," terangnya.

Sedangkan, untuk capres paling reformis, ditempati oleh Rizal Ramli dengan skor 6,00, Megawati Soekarnoputri (5,50), kemudian diikuti Surya Paloh (5,50).

Selebihnya diikuti oleh capres reformis, yang terdiri Sutiyoso memiliki skor (5), Dahlan skor (4,5), Prabowo skor (5), Yusril (5), Irman Gusman (4,5), Marzuki (5), Wiranto (4,5) , dan Mahfud MD (5).

Sri Mulyani (4), Muhaimin Iskandar skornya (4), Gita Wirjawan (4), dan Pramono Edhie dengan skor 4. Melalui kajian ini, kata Boni, bisa saja dijadikan refrensi bagi pemilih untuk menjatuhkan pilihannya dengan benar pada Pemilihan Presiden 2014 mendatang.

like fans pages kami dihttps://www.facebook.com/pages/Info_X/221889127839930?fref=ts
1 like anda sangat berarti untuk kami

Trending Now
10 Status Lucu Hal Unfaedah yang Bikin Ngakak Kocak

10 Status Lucu Hal Unfaedah yang Bikin Ngakak Kocak

Zaman sekarang hal apapun bisa kita bagikan di media sosial. Enggak cuma update status dan upload foto saja, tetapi kita juga bisa meng-upda
883 views 0 shares
Kasihan tapi Lucu! 10 Orang Ini Menerima Barang yang nggak Sesuai Ekspektasi Saat Belanja Online

Kasihan tapi Lucu! 10 Orang Ini Menerima Barang yang nggak Sesuai Ekspektasi Saat Belanja Online

Perkembangan teknologi memang sangat membantu kehidupan kita, salah satunya adalah kita bisa dengan mudah berbelanja secara online. Ada bany
326,426 views 20,089 shares
10 Chat Konsumen Kasih Alamat ke Ojek Online yang Isinya Kocak

10 Chat Konsumen Kasih Alamat ke Ojek Online yang Isinya Kocak

Keberadaan ojek online saat ini sangat membantu kehidupan kita sehari-hari. Bukan untuk mengantar ke tempat tujuan saja, tetapi juga untuk m
2,070 views 0 shares
10 Tutorial Nyeleneh yang Ada di Facebook. Mau Meniru?

10 Tutorial Nyeleneh yang Ada di Facebook. Mau Meniru?

Beberapa tahun belakangan ini di internet banyak sekali tutorial-tutorial yang dibagikan unruk memudahkan hidup kita. Hal ini sering disebut
811 views 0 shares
Seperti Ini Tampilan Beberapa Produk Terkenal di Masa Awal Kemunculannya Dulu

Seperti Ini Tampilan Beberapa Produk Terkenal di Masa Awal Kemunculannya Dulu

Seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, perusahaan mulai berinovasi Pulsker. Terutama dalam tampilan produknya. Nggak cuma itu aj
19,507 views 1,213 shares
10 Chat Kocak Orang Tua dengan Anak Ini Bikin Senyum-Senyum Sendiri

10 Chat Kocak Orang Tua dengan Anak Ini Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Jaman sekarang, dengan adanya kemajuan teknologi kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain tanpa bertemu langsung dengannya. K
168,983 views 2,710 shares
Detik-detik Menjelang Apes yang Sempat Terekam Kamera

Detik-detik Menjelang Apes yang Sempat Terekam Kamera

Tak ada seseorang pun yang tau tentang apa yang terjadi di kemudian hari. Sebagai manusia, kita hanya bisa merencankan dan Tuhanlah yang men
6,116 views 487 shares
10 Cover Majalah Jadul yang Akan Membawamu Kembali ke Masa Lalu

10 Cover Majalah Jadul yang Akan Membawamu Kembali ke Masa Lalu

Buat anak 90-an pasti udah nggak asing lagi dengan deretan  artis yang pernah menghiasi layar kaca jaman dulu. Meskipun keksisan mereka Sud
18,343 views 1,048 shares
13 Brand / Merek Ini Ternyata Asli Indonesia, Bukan Luar Negeri

13 Brand / Merek Ini Ternyata Asli Indonesia, Bukan Luar Negeri

Tahukah Anda bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan Indonesia. Memang nama yang dimiliki perusahaan ini sangat mencerminkan Negara Amerik
300,768 views 6,225 shares
10 Chat Salah Ketik Dari Orang Tua ke Anaknya Ini Bikin Auto Ngakak

10 Chat Salah Ketik Dari Orang Tua ke Anaknya Ini Bikin Auto Ngakak

Dijaman yang udah maju seperti sekarang ini, komunikasi bukanlah hal yang sulit seperti dulu. Jika jaman dulu harus melalui surat, telegram
3,164 views 0 shares