Survei LSI: 70 Persen Rakyat Indonesia Kecewa dengan Kepemimpinan SBY
Loading...
 
posted on WOW Keren
5,892 views
Survei LSI: 70 Persen Rakyat Indonesia Kecewa dengan Kepemimpinan SBY

JAKARTA - Sebanyak tujuh puluh persen rakyat Indonesia merasa kecewa dan tidak puas dengan kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Demikian hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dilakukan pada 21-23 Mei 2013 lalu.

"Terlihat dari keputusan SBY yang ragu-ragu dalam memutuskan, dalam banyak kesempatan SBY terlihat ragu-ragu dalam menegakkan konstitusi," ujar peneliti LSI Ardian Sopa di kantor LSI, Jakarta, Minggu (26/5/2013).

Kata Ardian, survei tersebut dilakukan dalam rangka memperingati 15 tahun reformasi sejak tahun 1998.

"Reformasi dianggap gagal melahirkan pemimpin nasional yang kuat," tuturnya.

Dikatakannya, masyarakat yang menyatakan percaya akan kepemimpinan Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat dari tahun ke tahun pun semakin menurun.

"Penilaian terhadap aspek kepemimpinan juga terlihat dari survei dimana hanya 30,18 persen saja publik yang puas dengan kepemimpinan SBY," pungkasnya.

Sekadar diketahui, Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap kepemimpinan SBY-Boediono pada 21-23 Mei 2013 lalu. Survei yang menggunakan metode wawancara dengan random sampling (sampel acak) ini menjaring 1.200 responden yang berumur di atas 17 tahun atau sudah menikah. Tercatat, hanya 30,18 persen yang puas dengan kepemimpinan SBY, sedangkan sisanya mengaku tidak puas alias kecewa.

Setelah 15 tahun berlangsungnya era reformasi, hingga saat ini belum ada lagi muncul tokoh-tokoh reformis yang bisa benar-benar menjalankan agenda reformasi yang sesungguhnya.
Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) melakukan kajian analisis, dari sejumlah calon presiden (capres) 2014. Kajian analisis ini dilakukan berdasarkan agenda reformasi 1998 guna mengukur sikap reformasi para capres tersebut.

"Kajian kita berdasarkan enam agenda reformasi terdiri dari mengadili Soeharto, Amandemen UU 1945, penghapusan dwi fungsi ABRI, otonomi daerah, supremasi daerah, supremasi hukum, dan pemerintah yang bersih dari KKN," ujar Direktur LPI, Boni Hargens dalam jumpa pers di Galeri Cafe, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (26/5/2013).

Para Capres 2014 tersebut yakni, Aburizal Bakrie, Ani Yudhoyono, Dahlan Iskan, Irman Gusman, Muhaimin Iskandar, Gita Wirjawan, Megawati Soekarnoputri, Mahfud MD, Marzuki Alie, Prabowo Subianto, Pramono Edhie, Rizal Ramli, Sutiyoso, Surya Paloh, Sri Mulyani, Wiranto, dan Yusril Ihza Mahendra.

Dari sederet nama capres itu, berdasar kajian LPI, Aburizal Bakrie dan Ani Yudhoyono tokoh yang paling tidak reformis. Karena kedua capres ini, memiliki skor paling rendah, untuk Ical sapaan Aburizal memiliki skor 3,50 poin sedangkan Ani hanya 3,00.

Pasalnya, dari agenda reformasi tersebut, Ical dan Ani tidak pernah menyinggung soal mengadili mantan Presiden RI kedua, almarhum HM Soeharto. Soal amandeman UUD 1945, Ical hanya punya skor satu dan Ani 0,5 persen.

Penghapusan dwi fungsi ABRI, keduanya mendapat skor 0,5. Otonomi daerah juga sama keduanya mendapat skor 0,5. Sedangkan, untuk mengatasi masalah supremasi hukum, mereka mendapat skor 1. Mengenai bebas atau pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) keduanya meraih poin 0,5.

"Kajian ini dilakukan dengan melihat sejauh mana komitmen mereka (capres) dalam menjalankan agenda reformasi. Aburizal sendiri diketahui tidak memiliki komitmen. Untuk ibu Ani sendiri tidak reformis, karena tidak pernah mengambil sikap atas agenda reformasi, mungkin karena memang dia tidak pernah memiliki jabatan, dan lebih memilih mengikuti kebijakan SBY yang juga sebagai suaminya," terangnya.

Sedangkan, untuk capres paling reformis, ditempati oleh Rizal Ramli dengan skor 6,00, Megawati Soekarnoputri (5,50), kemudian diikuti Surya Paloh (5,50).

Selebihnya diikuti oleh capres reformis, yang terdiri Sutiyoso memiliki skor (5), Dahlan skor (4,5), Prabowo skor (5), Yusril (5), Irman Gusman (4,5), Marzuki (5), Wiranto (4,5) , dan Mahfud MD (5).

Sri Mulyani (4), Muhaimin Iskandar skornya (4), Gita Wirjawan (4), dan Pramono Edhie dengan skor 4. Melalui kajian ini, kata Boni, bisa saja dijadikan refrensi bagi pemilih untuk menjatuhkan pilihannya dengan benar pada Pemilihan Presiden 2014 mendatang.

like fans pages kami dihttps://www.facebook.com/pages/Info_X/221889127839930?fref=ts
1 like anda sangat berarti untuk kami

Trending Now
Ingin Meniru Gambar Di Internet, 10 Kue Ini Bentuknya Malah Buruk Rupa

Ingin Meniru Gambar Di Internet, 10 Kue Ini Bentuknya Malah Buruk Rupa

Internet merupakan sumber luar biasa untuk orang-orang kreatif. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari semua jenis seni seperti fotografi, des
11,785 views 821 shares
20 Foto Sekitar Yang Bikin Hati Kita Merasa Bahagia & Puas Melihatnya

20 Foto Sekitar Yang Bikin Hati Kita Merasa Bahagia & Puas Melihatnya

Mungkin ungkapan "Bahagia itu Sederhana" terkadang ada benarnya juga bagi sebagian orang, terbukti saat melihat barang barang yang ada disek
53,681 views 0 shares
20 Lucu-lucuan dengan Realita Anak Jaman Sekarang

20 Lucu-lucuan dengan Realita Anak Jaman Sekarang

Ada banyak perilaku yang dilakukan oleh anak-anak jaman sekarang terutama dalam pergaulannya. Kadang perilaku itu cukup menggelitik karena t
318,093 views 7,345 shares
10 Seleb Hollywood Yang Dulu Cupu Tapi Sekarang Jadi Pusat Perhatian

10 Seleb Hollywood Yang Dulu Cupu Tapi Sekarang Jadi Pusat Perhatian

Kita emang nggak pernah tahu masa depan seseorang, begitu juga dengan masa depanmu. Mungkin bisa aja hari ini kamu mengalami masalah dalam p
270,560 views 13,022 shares
11 Potret Kelakuan Orang Yang "Mempersulit Diri Sendiri", Gagal Paham Lihatnya!

11 Potret Kelakuan Orang Yang "Mempersulit Diri Sendiri", Gagal Paham Lihatnya!

Manusia setiap hari terus memikirkan tentang bagaimana teknologi dan inovasi bisa mempermudah aktifitas kehidupan sehari hari, mengatasi kes
7,708 views 0 shares
24 Pemain Film dan Tokoh Asli yang Diperankan, Mana yang Paling Mirip?

24 Pemain Film dan Tokoh Asli yang Diperankan, Mana yang Paling Mirip?

Dalam memilih artis untuk memainkan seorang karakter memang susah susah gampang loh Pulsker. Apalagi kalau filmnya berasal dari kejadian ny
351,122 views 7,815 shares
10 Chat Salah Kirim Gambar yang Endingnya Bikin Nyengir

10 Chat Salah Kirim Gambar yang Endingnya Bikin Nyengir

Kemjuan teknologi saat ini memang sangat memudahkan kehidupan kita. Karena hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan menekan tombol, kit
14,816 views 0 shares
13 Foto Pencopet Ketika Melakukan Aksinya

13 Foto Pencopet Ketika Melakukan Aksinya

Mau tau ekspresi pencopet lagi beraksi, Pulsker? Ini dia foto anak kecil di China, yang lagi mau nyopet. Sepertinya yang dibelakangnya adala
368,884 views 4,298 shares
Kecil Tapi Nyakitin? Ini Nih Kumpulan Memenya Yang Kocak & Bikin Ketawa Ndiri...

Kecil Tapi Nyakitin? Ini Nih Kumpulan Memenya Yang Kocak & Bikin Ketawa Ndiri...

Terkadang hal kecil yang kita lakukan dapat berdampak besar bagi orang-orang disekitar kita bahkan bagi kelanjutan kehidupan mereka. Apalagi
371,997 views 22,017 shares
10+ Permintaan Customer Kepada Driver Ojol yang Bikin Geleng-geleng Kepala

10+ Permintaan Customer Kepada Driver Ojol yang Bikin Geleng-geleng Kepala

Di zaman yang sudah modern ini, keberadaan ojek online atau ojol memang sangat bermanfaat. Selain bisa mengantar kita ke tempat tujuan, Kita
485,343 views 16,479 shares