Uranium Indonesia Bikin Ngiler Negara Penjajah
Loading...
 
posted on WOW Keren
16,091 views
Uranium Indonesia Bikin Ngiler Negara Penjajah

Mamuju - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) memperkirakan terdapat cadangan 70 ribu ton Uranium dan 117 ribu Thorium yang tersebar di sejumlah lokasi di Indonesia, yang bisa bermanfaat sebagai energi alternatif di masa depan.

"Untuk Uranium potensinya dari berbagai kategori, ada yang dengan kategori terukur, tereka, teridentifikasi dan kategori hipotesis, sedangkan Thorium baru kategori hipotesis belum sampai terukur," kata Direktur Pusat Pengembangan Geologi Nuklir Batan Agus Sumaryanto di sela peluncuran Peta Radiasi dan Radioaktivitas Lingkungan di Jakarta, Senin (20/5/2013).

Sebagian besar cadangan Uranium kebanyakan berada di Kalimantan Barat, dan sebagian lagi ada di Papua, Bangka Belitung dan Sulawesi Barat, sedangkan Thorium kebanyakan di Babel dan sebagian di Kalbar.

Kajian terakhir dilakukan di Mamuju, Sulbar, di mana deteksi pendahuluan menyebut kadar Uranium di lokasi tersebut berkisar antara 100-1.500 ppm (part per milion) dan Thorium antara 400-1.800 ppm.

Ia mengatakan, pihaknya telah menyusun Peta Radiasi dan Radioaktivitas Lingkungan sebagai data dasar, sehingga kalau ada kenaikan radiasi yang disebabkan faktor bukan alami misalnya radiasi hasil lepasan industri atau kecelakaan nuklir, bisa diketahui dengan cepat.

Pakar ekonomi dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sulawesi Selatan, Syarkawi Rauf mengatakan, kandungan tambang uranium di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, kini menjadi incaran beberapa negara asing.

"Potensi tambang uranium di Mamuju merupakan yang terbaik di Indonesia. Sehingga pemanfaatannya harus hati-hati dan dikelola untuk kemakmuran rakyat, bukan menguntungkan pihak asing," kata Syarkawi Rauf ketika dihubungi di Makassar, Senin (13/5).

Menurutnya, pemanfaatan uranium bukan hanya untuk menghasilkan tenaga nuklir untuk kepentingan pertahanan, tapi juga untuk dikelola sebagai bagian pengembangan ekonomi.

"Misalnya, sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) dalam mendukung ketersediaan listrik di provinsi hasil pemekaran Sulsel ini," katanya.

Dia mengatakan, sadar atau tidak, kandungan uranium di Sulbar telah diketahui banyak negara-negara besar, termasuk Amerika Serikat (AS), Rusia, China, dan banyak negara besar lainnya.

Karenanya, tambah Syarkawi, pemerintah RI tidak boleh gegabah jika memiliki rencana mengelola sumber energi tersebut.

Kalau untuk kepentingan ekonomi domestik dan memenuhi kebutuhan ketersediaan pasokan listrik, kata Syarkawi, maka reaktor nuklir untuk pembangkit listrik bisa didirikan di Sulbar.

"Kalau kita bisa memanfaatkan uraium sebagai sumber energi listrik, daerah ini akan maju dan tidak akan pernah kekurangan listrik. Hanya saja kita belum punya teknologi untuk memanfaatkan uranium," kata Syarkawi.

Syarkawi yang juga anggota Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) pusat ini mengatakan kebutuhan akan energi sampai saat ini mengalami peningkatan yang sangat pesat.

"Peningkatan kebutuhan akan energi merupakan sebuah bentuk penyesuaian dengan kemajuan zaman. Satu sumber energi yang posisinya sangat vital bagi masyarakat adalah energi listrik," katanya.

Dia menjelaskan, listrik bisa dihasilkan dengan mendirikan PLTN. Jenis pembangkit listrik seperti itu menggunakan proses pembelahan inti atom uranium yang akan menghasilkan energi nuklir yang sangat besar.

"Itu sebabnya, Iran sangat ngotot mengembangkan dan mengelola sendiri nuklirnya. Karena listrik yang dihasilkan sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan negaranya," kata Syarkawi.

Sikap Iran untuk tidak menyerahkan pengelolaan uraniumnya kepada negara asing, kata dia, patut dijadikan contoh sehingga pemerintah RI harus berhati-hati.

Kedatangan utusan Pemerintah Amerika Serikat (AS) ke Sulbar, ungkap Syarkawi, harus benar-benar dimanfaatkan untuk membangun kerjasama yang saling menguntungkan.

"Mereka boleh bawa bantuan masuk, tapi tidak berarti boleh mengambil apa saja yang mereka mau. Kalau memang ada kerjasama maka harus saling menguntungkan. AS bisa masuk dalam bantuan teknologi dan dana. Kerjasamanya harus berbentuk 'mutual partnership'," ujar Syarkawi.

like fans pages kami di https://www.facebook.com/pages/Info_X/221889127839930?fref=ts
1 like anda sangat berarti untuk kami

Trending Now
10 Tokoh Pewayangan Digambarkan Dengan Gaya Anime

10 Tokoh Pewayangan Digambarkan Dengan Gaya Anime

Sobat pulsker masih ingat dengan Saint Saiya?Anime yang pernah ngetrend di tahun 90 an ini emang masih jadi idola buat kita-kita yang pernah
198,656 views 2,338 shares
[11 FOTO] POLESAN BIBIR yang ANTI MAINSTREAM

[11 FOTO] POLESAN BIBIR yang ANTI MAINSTREAM

Bosan dengan gaya memoles bibirmu? Mungkin ini salah satu solusi yang dapat kamu lakukan. Bibir ternyata dapat dijadikan sebagai tempat unt
21,294 views 216 shares
MENAKJUBKAN! Ketika Ladang Padi Disulap Menjadi Karya Seni

MENAKJUBKAN! Ketika Ladang Padi Disulap Menjadi Karya Seni

Jepang memang gak pernah kehabisan kreatifitas. Kali ini adalah ladang padi yang mereka jadikan galeri seni! Luar biasa! Ombak dan gunun
83,737 views 6,192 shares
Ini Jadinya Kalau Tokoh Kartun yang Kamu Kenal Saat Dewasa..Bikin Pangling!

Ini Jadinya Kalau Tokoh Kartun yang Kamu Kenal Saat Dewasa..Bikin Pangling!

Saat kita masih kecil dulu, salah satu acara TV yang setia menemani hari libur kita adalah film kartun. Kita rela menghabiskan waktu didepan
22,456 views 328 shares
8 Foto Tren Cowok Pelihara Kucing, Terlihat Ganteng, Macho & Penyayang

8 Foto Tren Cowok Pelihara Kucing, Terlihat Ganteng, Macho & Penyayang

Jika diperhatikan belakangan ini baik di media TV atau Internet terutama instagram banyak cowok yang berfoto selfie dengan Kucingnya, di Lua
50,155 views 2,456 shares
Foto-Foto Keren yang Sengaja Diambil Pada Waktu yang Tepat Ini Akan Membuatmu Terkesima

Foto-Foto Keren yang Sengaja Diambil Pada Waktu yang Tepat Ini Akan Membuatmu Terkesima

Kamu bisa mengabadikan moment apapun dengan kamera. Tapi tidak semua yang kamu dapat akan terlihat unik dan menakjubkan. Nah, beberapa foto
309,964 views 10,225 shares
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
294,477 views 23,460 shares
Ternyata 10 Benda Ini Punya Fungsi Lain, Nggak Nyangka!

Ternyata 10 Benda Ini Punya Fungsi Lain, Nggak Nyangka!

Teknologi semakin canggih, itu juga membuktikan jika kemampuan seseorang mulai berkembang untuk menciptakan sesuatu. Apalagi buat mereka yan
296,387 views 16,682 shares
13 Brand / Merek Ini Ternyata Asli Indonesia, Bukan Luar Negeri

13 Brand / Merek Ini Ternyata Asli Indonesia, Bukan Luar Negeri

Tahukah Anda bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan Indonesia. Memang nama yang dimiliki perusahaan ini sangat mencerminkan Negara Amerik
298,760 views 6,225 shares
WASPADA TANGGAL TUA ! 16 Meme Ini Bisa Menghibur Kamu yang Lagi Bokek Di Tanggal Tua

WASPADA TANGGAL TUA ! 16 Meme Ini Bisa Menghibur Kamu yang Lagi Bokek Di Tanggal Tua

memasuki akhir bulan gini biasanya dompet udah pada nipis disertai wajah merengut dan mood uring-uringan. Eitz, jangan panik dulu. Dengan 1
299,102 views 5,854 shares