Yang Gak Masuk Akal tapi Dipercaya di Sepakbola
Loading...
 
posted on WOW Keren
34,426 views
Yang Gak Masuk Akal tapi Dipercaya di Sepakbola

Apa yang kamu ketahui soal mitos? Kalo kamu mikirnya mitos itu adalah nama permen, yang tagline-nya "the freshmaker", kamu harus buang jauh-jauh pikiran itu, sebab itu salah, dan itu gak nyambung sama artikel ini.

Mitos, atau takhayul itu dalam ilmu psikologi disebut logical fallacies, alias kesalahan dalam berpikir. Menurut kami, mitos adalah sesuatu yang salah kaprah.

Maksudnya salah kaprah adalah terlalu menghubungkan sesuatu hal dengan hal yang lainnya. Padahal itu hanya masalah kebiasaan dan kebetulan, bahkan cuma diada-ada.

Contoh paling gampang gini deh. Banyak yang percaya kalo Presiden SBY nonton langsung Timnas Indonesia bertanding, ujung-ujungnya pasti timnas kalah. Sekarang coba cari korelasi antara SBY nonton langsung dan kekalahan timnas, ada gak? Ya jelas gak ada. SBY mah cuma nonton, yang nentuin menang atau kalah mah ya pemain yang ada di lapangan. Itu kan cuma masalah kebetulan aja pas SBY nonton langsung eh timnas kalah mulu. Tapi, kalo masalah SBY jadi presiden terus negara makin mundur, itu sih bukan kebetulan kayaknya, hehe.

Logical fallacies ada di mana-mana. Bahkan di dunia sepakbola yang jelas-jelas penentu kemenangannya adalah usaha diri sendiri pun masih ada praktik logical fallacies-nya. Buat kami ini lucu. Karena ya jelas aja gak ada sangkut pautnya antara hasil akhir pertandingan dengan sebuah kegiatan gak jelas dan gak masuk akal itu. Kalo udah kalah ya kalah aja, gak usah cari alesan macem-macem. Kalo kalian pengen tau apa aja mitos-mitos dan kepercayaan yang ada di dunia sepakbola, boleh simak ini:

Jaring Gawang Diorak-orak



Ini yang paling sering kejadian nih. Sering banget lagi nonton bola ngeliat hal semacam ini. Mau itu liga Eropa, liga Indonesia, sampe liga tarkam pun ada kejadian kayak gini. Frustasi karena gak berhasil jebol gawang lawan, entah ditepis mulu sama kiper lawan atau kena tiang mulu. Eh dia goyang-goyangin jaring gawang lawan.

Setelah diinvestigasi, ternyata para penggoyang jaring lawan ini beranggapan kalo gawang lawannya itu udah dikasih jimat atau jampi-jampi biar gak kebobolan. Nah, makanya jaring gawangnya digoyang-goyangin, atau kalau dalam bahasa betawinya "diorak-orak". Salah satu pemain yang sering melakukan "ritual" ini adalah Titus Bonai, pemain Timnas Indonesia. Masalahnya kalo yang ditengarai dijimatin itu kipernya, masa kipernya juga harus digoyang-goyangin?

Pegang Rumput



Kalo yang ini menurut kami lebih ke faktor luck, alias keberuntungan. Kalo kamu suka nonton bola, pasti sering ngeliat pemain ketika baru mau masuk ke lapangan nyempet-nyempetin buat nyentuh rumput lapangan dulu. Mungkin alasannya biar lebih akrab sama lapangan kali ya, kenalan dulu gitu. Atau mungkin dia permisi sama penunggu lapangan. Atau buat mastiin itu rumput beneran apa rumput laut?

Kalo Kena Tiang, Timnya Sial
Ini udah jadi pendapat umum di dunia sepakbola. Hampir di mana-mana, mau nonton langsung di stadion atau lagi nobar, terus tim jagoannya kena tiang gawang lawan mulu, alias gak gol-gol. Pasti ada aja yang nyeletuk, "Wah, tanda-tanda kekalahan nih." Atau ,"Yah, kalah dah ini mah.".Padahal mah, belum tentu juga. Mau kena tiang atau nggak, kalo kalah ya kalah aja.

Potong Rambut
Masih inget kan sama Fernando Torres yang di Chelsea musim ini sempet tampil dengan potongan rambut terbarunya yang hampir plontos? Nah, bagi kalangan anak bola, potong rambut adalah hal yang bisa disangkut-pautin sama kesialan atau keberuntungan. Misalnya si Torres, banyak yang bilang pas doi potong rambut itu tujuannya biar buang sial karena mandek bikin gol. Tapi giliran doi maennya jelek, ada aja yang bilang doi sial gara-gara rambutnya dipotong. Malah untuk urusan yang satu ini, bukan cuma rambut di kepala doang lho. Kumis, jenggot, dan rambut di daerah lainnya (yang itu tuuuh) juga konon katanya kalo dipotong sebelum pertandingan itu bisa memengaruhi kesialan atau keberuntungan sang pemain bersangkutan.

Kencingin Gawang


(sumber foto: Tribunnews)

Ini beneran ada dan kejadian lho, bukan ngada-ngada dan dibuat-buat. Di Indonesia khususnya, yang masih banyak percaya dengan hal-hal berbau mistis. Di Liga Indonesia tahun 2011, sempat terjadi kerusuhan suporter yang berujung penyerangan kepada tim tamu, cuma gara-gara masalah ngencingin gawang. Dan kadang suporter klub di Liga Indonesia (yang terkenal fanatik) emang suka turun ke lapangan cuma buat kencingin gawang lawan. Bahkan konon anak-anak gawang (ball boy) pun sering disuruh oleh official tim buat ngencingin gawang lawan.


(sumber foto: Beritajatim)

Nah, soal kencingin gawang lawan ini, yang paling sering kejadian tuh di pertandingan-pertandingan level amatir sekelas tarkam, alias antarkampung. Kalo kesal karena tim jagoannya susah buat ngejebol gawang lawan, pasti ada aja celetukan dari penonton, "KENCINGIN AJA TUH GAWANGNYA BIAR GOL! PASTI MAEN DUKUN TUH!" Nah, biasanya abis itu ada aja bocah kecil yang disuruh buat ngencingin tuh gawang, abis itu dikasih duit, serebu, buat beli cilok.

Kira-kira demikian mitos-mitos dan kepercayaan yang masih dipercaya di dunia sepakbola. Yang pasti kalo menurut gue pribadi sih gak ada tuh yang namanya kesialan atau keberuntungan dalam dunia olahraga, khususnya sepakbola. Yang ada tuh kurang berusaha aja. Kalo menurut pendapat kalian gimana? Setuju atau nggak? Atau mau nambahin yang udah ada di atas? Mari kita berdiskusi di kolom comment di bawah.

Trending Now
10 Review di Lapak Online Shop yang Malah Menggelitik

10 Review di Lapak Online Shop yang Malah Menggelitik

Berkembangnya internet di jaman yang serba modern ini banyak merubah kegiatan orang. Jika dulu kita harus berjalan ataupun menaiki kendaraan
4,611 views 0 shares
Beberapa Tips Jitu Ini Akan Memudahkanmu Di Dapur

Beberapa Tips Jitu Ini Akan Memudahkanmu Di Dapur

Nggak semua orang bisa memasak, tapi setiap orang bisa belajar untuk memasak. Emang sih, kalau dipikir memasak itu nggak mudah Pulsker. Tapi
6,947 views 461 shares
10 Chat Pertanyaan Penjual dan Pembeli Online Shop yang Bikin Emosi

10 Chat Pertanyaan Penjual dan Pembeli Online Shop yang Bikin Emosi

Dengan adanya internet kita semakin mudah untuk bertransaksi jual-beli melalui online shop. Selain menghemat waktu, kita juga nggak perlu ke
420 views 0 shares
10 Cuitan Curcol di Twitter yang Bikin Kita Tersenyum Kecut

10 Cuitan Curcol di Twitter yang Bikin Kita Tersenyum Kecut

Ketika orang memiliki masalah, yang membuatnya terasa ringan sebelum memperoleh solusi adalah saat bisa mencurahkan isi hatinya. Biasanya te
5,022 views 0 shares
10 Status Orang Ambil Foto di Google yang Bikin Malu

10 Status Orang Ambil Foto di Google yang Bikin Malu

Awalnya media sosial tercipta untuk hiburan semata. Menyenangkan, kita bisa bermain media sosial hingga mengenal banyak orang di dunia maya.
456,963 views 0 shares
10 Chat Typo Pembeli Online yang Bikin Penjual Gagal Paham

10 Chat Typo Pembeli Online yang Bikin Penjual Gagal Paham

Online shop bukanlah hal yang baru bagi masyarakat Indonesia. Bahkan banyak orang yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berjualan sec
3,065 views 0 shares
Waduh, 18 Orang Ini Mendapatkan KESIALAN yang KOCAK Saat Belanja ONLINE

Waduh, 18 Orang Ini Mendapatkan KESIALAN yang KOCAK Saat Belanja ONLINE

Di jaman yang semakin moderen ini segala sesuatu dipermudah ya Pulsker, termasuk berbelanja. Pulsker pasti pernah belanja online dong? Me
467,676 views 8,676 shares
10 Status Kuli Bangunan yang Isinya Mengocok Perut

10 Status Kuli Bangunan yang Isinya Mengocok Perut

Setiap pekerjaan halal adalah pekerjaan yang mulia. Apalagi jika didalamnya ada niat dan harapan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Begitupu
3,512 views 0 shares
10 Status Facebook RIP English yang Bikin Tepok Jidat

10 Status Facebook RIP English yang Bikin Tepok Jidat

Sosial media saat ini sudah menjadi kebutuhan primer manusia selain sandang, pangan, dan papan. Pasalnya, hampir semua orang punya, butuh, d
691,121 views 0 shares
10 Potongan Rambut Model Kocak Yang Bikin Kita Ngakak

10 Potongan Rambut Model Kocak Yang Bikin Kita Ngakak

Rambut adalah mahkota kepala, nggak jarang ada orang yang menghabiskan waktu dan uangnya hanya untuk perawatan rambut agar terlihat menarik.
58,958 views 4,183 shares