Teka-Teki Menarik di Balik Bilangan "Pi"
Loading...
 
posted on WOW Keren
53,535 views
Teka-Teki Menarik di Balik Bilangan "Pi"

Pi alias 3,14 sudah tak asing. Hampir setiap orang pernah memakainya, setidaknya semasa sekolah untuk menghitung luas lingkaran atau volume bola.




Meski demikian, tak banyak yang tahu tentang Pi, proses penemuannya hingga misteri yang sampai sekarang belum terpecahkan. Banyak yang cuma menggunakan atau menghafalkannya, tanpa memaknai.



Rabu (14/3/2012) adalah waktu yang tepat untuk mengenal Pi. 14 Maret selalu diperingati sebagai Pi Day. Tanggal ini dipilih sebab dalam format penulisan bulan/tanggal (3/14) tepat merepresentasikan Pi.



Pi telah dikenal selama 4000 tahun. Pi merepresentasikan hubungan antara keliling dan diameter lingkaran. Meski demikian, belum diketahui siapa yang sebenarnya menemukan Pi.



Angka Pi yang dikenal saat ini, 3,14, adalah pembulatan. Sebenarnya, angka Pi adalah 3,141592653.... Ujung Pi, alias angka desimal dari Pi belum ditemukan.



Perlombaan menemukan Pi yang seakurat mungkin alias sebanyak-banyaknya angka di belakang koma dalam Pi adalah salah satu yang menarik untuk diamati.



Masyarakat Babilonia yang melakukan penghitungan menyebutkan bahwa angka Pi adalah sedikit lebih besar dari 3. Besarnya kira-kira 3 1/8 atau 3,125.



Sementara, matematikawan Mesir melakukan penghitungan lagi dan menemukan bahwa Pi adalah 3,16049. Kedua angka tersebut tentu saja belum akurat.



Matematikawan Yunani, Archimedes of Syracrus (287-212 SM), mulai mendekati keakuratan. Dengan menggunakan poligon, ia menyatakan bahwa Pi adalah 3,1485.



Di belahan timur, matematikawan Cina Zhu Chongzhi (429-500 M), semakin mendekati keakuratan. Ia menyatakan dalam pecahan bahwa Pi adalah 355/113 atau 3,1415929.



Kemajuan pencarian Pi mulai terjadi abad 15 dan 17. Matematikawan India (Madhava) dan Jerman (Gottfried Leibniz) menemukan seri Madhava-Leibniz. Pi dinyatakan hingga 11 angka di belakang koma.



Tahun 1707, mulailah diperkenalkan lambang Pi dalam aksara Yunani. William Jones, matematikawan dari Welsh, adalah yang mengenalkannya. Meski demikian, lambang itu baru dipopulerkan oleh Leonhard Euler pada 1737.



Hingga sebelum era komputer, perhitungan Pi yang paling akurat adalah yang dilakukan D.F Ferguson. ia berhasil menghitung nilai Pi hingga 620 angka di belakang koma.



Pada era selanjutnya, kemajuan besar diperoleh. Tahun 1947, perhitungan dengan kalkulator membuahkan hasil nilai Pi hingga 710 angka di belakang koma.



Sementara itu, Takahashi Kanada pada tahun 1999 berhasil menghitung hingga 206.158.430.000 angka di belakang koma dengan Hitachi SR800. Tim Universitas Tokyo berhasil menghitung hingga 1.241.100.000.000 angka di belakang koma.



Rekor terbaru dipegang oleh oleh Shigeru Kondo dan Alexander Yee yang dengan superkomputernya berhasil menghitung Pi hingga 5 triliun angka di belakang koma.



Kondo dan Yee membutuhkan waktu 90 hari untuk menghitung Pi hingga 5 triliun angka di belakang koma. Sebanyak 20 hard disk eksternal dibutuhkan. Verfikasi membutuhkan waktu 68 jam.



Hingga kini, ujung dari Pi belum ditemukan. Bahkan, Pi mungkin tak memiliki ujung. Satu per satu rekor penghitungan Pi akan terkalahkan seiring waktu.



Sementara Pi masih digemari dan berbagai kalangan, kini dikenal Tau. Nilai Tau adalah 2 kali Pi, alias sekitar 6,28. Bilangan ini mulai dikenalkan sejak tahun 2001 dan mulai mendapat banyak dukungan.



Tau dianggap memiliki kelebihan dibanding Pi. Salah satunya, Tau dianggap lebih mudah dipahami dibanding Pi sehingga membantu awam dalam memahaminya.



Entah Pi atau Tau yang dipilih, peringatan Hari Pi bisa menjadi kesempatan bagi siapa pun, terutama oranguta dan pendidik, untuk mengenalkan matematika.



Ada banyak cara untuk merayakannya. Massachusets Institute of Technology, misalnya, mengirimkan surat keputusan pada calon mahasiswa pada Pi Day pukul 6.28 waktu setempat. Ini semacam kompromi antara Tau dan Pi.



Di Indonesia, beragam kegiatan sederhana bisa dilakukan. Permainan yang membantu mengkomunikasikan konsep Pi bisa dilakukan di kelas atau di rumah.

Trending Now
Kasihan tapi Lucu! 10 Orang Ini Menerima Barang yang nggak Sesuai Ekspektasi Saat Belanja Online

Kasihan tapi Lucu! 10 Orang Ini Menerima Barang yang nggak Sesuai Ekspektasi Saat Belanja Online

Perkembangan teknologi memang sangat membantu kehidupan kita, salah satunya adalah kita bisa dengan mudah berbelanja secara online. Ada bany
659,735 views 20,089 shares
10 Potret Kocak yang Terjadi di Warung Pinggiran

10 Potret Kocak yang Terjadi di Warung Pinggiran

Sebagai manusia kita nggak bisa memprediksi apa yang akan terjadi kemudian. Karena sejatinya manusia hanya bisa berencana, Tuhan dan nasib l
939 views 0 shares
10 Chat Perdebatan Antar Penjual dan Pembeli Olshop

10 Chat Perdebatan Antar Penjual dan Pembeli Olshop

Sudah menjadi hal biasa ketika kita berbelanja ada proses tawar menawarnya. Begitupun dengan belanja online yang dilakukan dengan cara chatt
36,290 views 0 shares
12 Foto Editan Jahil yang Bikin Ngakak!

12 Foto Editan Jahil yang Bikin Ngakak!

Dunia fotografi semakin diminati oleh masyarakat, terbukti dari munculnya profesi baru seperti tukang edit foto secara online. Sebenarnya me
507,442 views 4,071 shares
Bukan Hasil Editan, 8 Foto Ini Asli Bikin Kamu Mikir Dua Kali

Bukan Hasil Editan, 8 Foto Ini Asli Bikin Kamu Mikir Dua Kali

Selalu saja ada kejadian unik dalam keseharian kita Pulsker. Baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Dan bagi seorang fotografer, kejad
512,970 views 11,640 shares
Hanya Orang Malas yang Bisa Melakukan Ke Jeniusan Ini

Hanya Orang Malas yang Bisa Melakukan Ke 'Jenius'an Ini

Ada yang bilang jika seorang pemalas adalah orang yang menggampangkan suatu masalah. Mereka cenderung meremehkan sesuatu, ya..semua karena s
508,547 views 10,276 shares
Macam Macam Modus SMS Penipuan & Cara Mengatasinya Dengan Unik

Macam Macam Modus SMS Penipuan & Cara Mengatasinya Dengan Unik

Bisa dipastikan nomor hp kamu pernah mendapat SMS yang menginfokan kalo menang undian, dapat Mobil, dapat uang puluhan Juta rupiah, dapat li
499,779 views 3,761 shares
10 Chat Kocak Bocil Saat Belanja Online

10 Chat Kocak Bocil Saat Belanja Online

Saat ini belanja online hanya diminati oleh kaum milenial aja. tapi juga dari berbagai kalangan, lain dari yang tua hingga yang muda. Termas
17,635 views 0 shares
Ini Dia Seragam SMA di Berbagai Negara di Dunia, Nomor 8 Paling Greget dan Gemesin !

Ini Dia Seragam SMA di Berbagai Negara di Dunia, Nomor 8 Paling Greget dan Gemesin !

Masa SMA adalah masa-masa yang paling indah, begitulah kata sebagian orang pulsker. Karena nih, pada masa-masa SMA ini adalah nakal-nakalnya
531,653 views 14,199 shares
10 Status Nyeleneh yang Bikin Kita Nggak Habis Pikir

10 Status Nyeleneh yang Bikin Kita Nggak Habis Pikir

Rasanya, kita nggak bisa mengatur pikiran kita untuk memikirkan sesuatu. Yang kita bisa hanya mengalihkannya. Apalagi ketika kita lagi nggak
25,935 views 0 shares