Manusia Mulai Bisa Hidup Abadi Di Tahun 2045
Loading...
 
posted on WOW Keren
17,795 views
Manusia Mulai Bisa Hidup Abadi Di Tahun 2045

oleh Tanya Lewis

NEW YORK - Pada 2045, manusia akan mencapai keabadian digital dengan mengunggah pikiran mereka ke komputer atau setidaknya seperti yang dipercaya para pengamat masa depan. Ide itu memunculkan gagasan Global Futures 2045 International Congress, konferensi futuristis yang digelar pada 14-15 Juni.

Konferensi yang digagas miliarder Rusia Dmitry Itskov tersebut memadukan sains gila dan fiksi ilmiah.

Konferensi itu menampilkan para pembicara yang memiliki latar belakang yang berbeda, dari tokoh sains seperti Ray Kurzweil, Peter Diamandis, dan Marvin Minsky sampai Swamis dan pemimpin spiritual lainnya.

2045
Kurzweil, seorang penemu, pengamat masa depan, dan pemimpin teknis di Google, memprediksi bahwa pada 2045, teknologi akan melampaui kekuatan otak dalam menciptakan hal yang super cerdas, era yang dikenal dengan istilah singularity (era di masa depan saat komputer menjadi lebih cerdas dari manusia). Ilmuwan lainnya juga pernah mengatakan bahwa robot-robot akan mengalahkan manusia pada 2100.

Menurut Moore's law, kemampuan komputer meningkat dua kali lipat setiap dua tahun. Sejumlah teknologi juga mengalami kemajuan yang serupa, dari rangkaian genetik samapai percetakan 3D, kata Kurzweil kepada peserta konferensi. Dia menggambarkan poinnya dengan rangkaian grafis yang memperlihatkan peningkatan beragam teknologi yang tidak terelakkan.

Pada 2045, "Berdasarkan perkiraan konservatif mengenai jumlah penghitungan, Anda harus menirukan otak manusia, kita akan mampu mengembangkan kecerdasan kita miliaran kali," kata Kurzweil.
Itskov dan orang-orang yang disebut "transhumanist" menganggap singularity yang akan terjadi itu sebagai keabadian digital.

Lebih khusus lagi, mereka yakin bahwa dalam beberapa dekade mendatang manusia akan mampu mengunggah pikiran mereka ke sebuah komputer, melampaui kebutuhan tubuh biologis. Setidaknya untuk saat ini, gagasan itu terdengar seperti fiksi ilmiah. Namun kenyataannya, perekayasaan saraf menjadi langkah besar terhadap pembentukan otak dan pengembangan teknologi untuk mengembalikan atau menggantikan fungsi-fungsi biologisnya.

Otak buatan
Pencapaian terbesar telah dibuat di bidang tampilan otak-komputer atau BCIs (Brain-Machine Interfaces). Implan koklea, tempat saraf koklea otak yang secara elektronik menstimulasi untuk mengembalikan indera pendengaran seseorang yang sulit mendengar merupakan pencapaian pertama BCI. Banyak kelompok yang kini mengembangkan BCIs untuk mengembalikan keahlian motorik, menyusul kerusakan sistem saraf akibat stroke atau cedera saraf tulang belakang.

José Carmena and Michel Maharbiz, insinyur elektrik di University of California, Berkeley, berupaya mengembangkan keahlian motorik BCIs. Perangkat itu terdiri dari perangkat elektroda seukuran pil yang merekam sinyal saraf dari area motor otak, yang kemudian diurai oleh sebuah komputer dan digunakan untuk mengendalikan kursor komputer atau anggota tubuh buatan (seperti lengan robotik).

Carmena dan Maharbiz mengungkapkan tantangan untuk membuat BCI dapat bekerja secara stabil selama beberapa waktu dan tidak membutuhkan tautan.

Theodore Berger, ahli saraf di University of Southern California di Los Angeles, membuat BCIs ke tahapan yang berikutnya, dengan mengembangkan sebuah memori buatan. Berger berniat mengantikan hippocampus otak, bagian dari otak yang mengubah momori jangka pendek (seperti menekan tombol) dan mengubahnya menjadi sinyal digital.

Sinyal itu langsung menuju komputer untuk kemudian ditransfer secara matematis dan kemudian dikembalikan lagi ke otak, untuk dipatenkan menjadi memori jangka panjang.

Dia telah berhasil menguji perangkat itu pada tikus dan monyet, dan kini diterapkan pada pasien manusia.

Pengunggahan pikiran
Konferensi itu menjadi lebih menarik saat Martine Rothblatt, pengacara, penulis, dan wirausahawan, sekaligus CEO perusahaan bioteknologi United Therapeutics Corp. tampil ke podium. Judul perbincangannya pun provokatif, yaitu "The Purpose of Biotechnology is the End of Death."

Rothblatt memperkenalkan konsep "mindclone" " versi digital dari manusia yang dapat hidup selamanya. Ia menggambarkan bagaimana kloning pikiran dibuat dari "mindfile," atau tempat penyimpanan kepribadian online kita, yang menurutnya telah dimiliki manusia (contohnya dalam bentuk Facebook).

Mindfile itu akan berjalan di mindware, sejenis perangkat lunak untuk kesadaran. "Perusahaan pertama yang mengembangkan mindware akan memiliki (akses) ribuan Google," kata Rothblatt.

Namun, apakah mindclone tersebut bisa hidup? Rothblatt yakin bisa. Ia mengutip satu definisi mengenai kehidupan sebagai sebuah pengembangan kode untuk menghindarkan kekacauan. Sejumlah kritikus menepis apa yang Rothblatt sebut sebagai "dualisme Cartesian yang menakutkan," menegaskan bahwa pikiran harus memiliki wujud biologi. Sebaliknya, ia berpendapat perangkat lunak dan perangkat keras sama baiknya dengan perangkat basah, atau material biologis.

Rothblatt kemudian membahas implikai dari pembuatan mindclone. Keberlanjutan diri menjadi isunya, karena persona tidak akan lagi mendiami tubuh biologis. Selain itu juga ada hak mindclone, yang akan menjadi "kontroversi" di abad ke-21, kata Rothblatt. Bahkan pengembangan mindclone dan penggambaran ulang pasca kematian juga dibahas.

Dunia kuantum
Berkaitan dengan pembahasan teknologi otak dan pengunggahan pikiran, banyak yang membahas kealamian kesadaran di jagat raya. Fisikawan Roger Penrose dari University of Oxford dan beberapa pihak menolak interpretasi bahwa otak bukan sekadar komputer.

Penrose menyatakan bahwa kesadaran adalah fenomena kuantum mekanis yang muncul dari keajaiban jagat raya. Mereka yang berasal dari kalangan intelektual seperti Penrose menganggap bahwa mengunggah otak akan membutuhkan komputer kuantum, yang pengembangannya kemungkinan tidak akan terjadi pada 2045.

Namun Itskov berpikir sebaliknya. Presiden Global Future 2045 Congress berusia 32 tahun tersebut bersikeras untuk dapat hidup selamanya.

Trending Now
10 Chat Kocak Driver Ojol dengan Customernya Ini Berhasil Bikin Ngakak

10 Chat Kocak Driver Ojol dengan Customernya Ini Berhasil Bikin Ngakak

Ngomongin tentang ojek online emang nggak ada habisnya. Apalagi sekarang banyak yang membagikan pengalamannya saat bersama ojek online lewat
14,717 views 573 shares
10 Spanduk Peringatan yang Endingnya Bikin Ngakak

10 Spanduk Peringatan yang Endingnya Bikin Ngakak

Peringatan atau himbauan dibuat agar masyarakat mematuhi berbagai macam peraturan yang berlaku. Peringatan ini bisa berupa lisan dan tulisa
21,780 views 80 shares
9 Pantun Gombal Paling Populer di Kalangan Anak 90-an Dulu, Masih Inget Gak Apa Saja?

9 Pantun Gombal Paling Populer di Kalangan Anak 90-an Dulu, Masih Inget Gak Apa Saja?

Pantun adalah sebuah seni dalam berbahasa yang cukup populer di ranah melayu dan Indonesia pulsker. Sedari dulu sampai sekarang pantun masih
23,977 views 1,795 shares
10 Kelakuan Anak Kecil yang Polos Banget, Butuh Pengawasan Ekstra

10 Kelakuan Anak Kecil yang Polos Banget, Butuh Pengawasan Ekstra

Namanya juga anak kecil, mereka terkadang masih belum terlalu mengerti tentang barang barang sekitar, bahkan tidak tau mana yang gak boleh d
52,451 views 0 shares
7 Tingkah Konyol Anak SMA yang Akan Mereka Rindukan Di Masa Tua

7 Tingkah Konyol Anak SMA yang Akan Mereka Rindukan Di Masa Tua

Ada yang bilang kalau masa indah sekolah adalah masa SMA. Setuju nggak sih, Pulsker? Apalagi saat ini sekarang ini sekolah sudah mendekati k
13,027 views 846 shares
Gemez! 14 Gambar Kucing Ini Bikin Pengen Meluk, Kok Bisa Selucu Itu

Gemez! 14 Gambar Kucing Ini Bikin Pengen Meluk, Kok Bisa Selucu Itu

Hewan peliharaan yang satu ini memang benar benar bikin gemes. Setiap melihatnya pasti kita nggak akan melewatkan kesempatan buat pegang dia
3,403 views 334 shares
11 Meme lucu PDKT Anak muda Zaman dulu bikin nyengir

11 Meme lucu PDKT Anak muda Zaman dulu bikin nyengir

Anak muda pasti pernah merasakan dengan yang namanya cinta. Berbagai kisah kasih di sekolah pasti aja ada yang mengalaminya.    PDKT ala
12,286 views 0 shares
7 Foto Kejadian Kocak Sekaligus Nyebelin di Tempat Parkir

7 Foto Kejadian Kocak Sekaligus Nyebelin di Tempat Parkir

Di tempat umum seperti mall dan pusat keramaian lainnya pasti kerap kali kita jumpai tempat parkir. Biasanya mobil-mobil yang ada pun tertat
23,961 views 429 shares
10 Foto yang Membuktikan Jika Hidup Ini Penuh Dengan Kejutan

10 Foto yang Membuktikan Jika Hidup Ini Penuh Dengan Kejutan

Segala sesuatu di dunia ini memang nggak bisa kita prediksi. Karena semuanya sudah ada yang mengatur. Tapi terkadang sesuatu yang nggak kit
15,462 views 1,338 shares
8 Fakta Pangkas Rambut Terekstrim yang Bikin Ketawa & Terhibur !!

8 Fakta Pangkas Rambut Terekstrim yang Bikin Ketawa & Terhibur !!

Penampilan diri penting untuk diperhatikan, misalnya saja dari penampilan rambut. Rambut adalah mahkota bagi wanita, mungkin saja juga untuk
117,844 views 2,986 shares