cara alami untuk mengatasi sakit kepala sebelah(migrain)
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,525 views
cara alami untuk mengatasi sakit kepala sebelah(migrain)

Migran lebih banyak di derita oleh wanita daripada pada pria. Beberapa orang bisa merasakan bila mereka sudah ingin terkena serangan migran karena mereka akan seperti melihat Cahaya atau garis zig zag.
Ada beberapa pemicu terjadinya migrant:
Kecemasan
Stress
Kurang tidur
Pola makan yang tidak teratur
Cahaya yang berlebihan
Perubahan hormon (pada wanita)
Perubahan cuaca atau tekanan udara
Bau yang sangat menyengat atau asap rokok
Sinar yang sangat terang atau pantulan sinar matahari.

Berikut beberapa cara alami atau tanpa obat kimia untuk mengatasi sakit kepala sebelah/migren:
-Konsumsi makanan yang mengandung Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 memiliki khasiat meredakan migren.

Makanan yang mengandung vitamin B2 seperti susu, yogurt, keju, daging, telur, hati, sayuran hijau (asparagus, brokoli, bayam), dan kacang-kacangan. Vitamin B2 dapat bertindak sebagai aspirin yang berkhasiat untuk mengobati sakit kepala. Konsumsi vitamin B2 (riboflavin) secara rutin selama 3 bulan sebanyak 400 mg per hari dapat menurunkan resiko terjadinya migren sebesar 50%.

-Minum teh jahe hangat
Minuman teh jahe dapat menurunkan durasi dan tingkat keparahan migren.Cara membuatnya:Ambil jahe,kupas, masak dalam air sampai mendidih. Setelah itu, masukkan satu kantong teh ke dalam air rebusan jahe, seduh, kemudian saring dan siap diminum. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga bisa mencapurkan sedikit madu, susu, atau lemon kedalam minuman teh jahe hangat.

-Minumlah minuman yang mengandung kafein
Kopi, teh, dan cokelat mengandung kafein, dan bukan hanya berkhasiat untuk menghilangkan ngantuk saja.Kafein juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi sakit kepala migren . Namun jangan berlebih dalam mengkonsumsi kafein, karena justru dapat memperparah keluhan migrain. Cukup konsumsi 1-2 gelas saja untuk meringankan keluhan migren Anda.

-Hidroterapi
Hidroterapi adalah teknik terapi dengan menggunakan air. Untuk mengobati migren, cobalah masukkan kaki Anda ke dalam air dingin dan letakkan kain hangat pada bagian leher Anda. Cara ini dapat membantu melancarkan aliran darah dari kepala ke kaki. Selain itu, Anda juga bisa mandi shower dengan air hangat untuk mengurangi ketegangan pada bagian leher dan punggung.

-Makanan yang kaya magnesium
seperti sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan.Magnesium dapat mengendurkan ketegangan pada saraf dan otot serta mengalirkan impuls-impuls saraf ke seluruh bagian tubuh dan otak. Konsumsi magnesium sebesar 200-600 mg per hari dapat membantu mencegah timbulnya sakit kepala sebelah (migren).

Akupuntur
Pengobatan alternatif akupuntur juga dapat membantu untuk meredakan sakit kepala sebelah. Akupuntur termasuk teknik pengobatan migren yang aman dan tanpa efek samping.

-Chiropractic
Chiropractic adalah metode pengobatan alternatif untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan saraf yang dilakukan dengan cara meluruskan kembali tulang punggung dan leher, kemudian memberikan sedikit tekanan pada pembuluh darah yang tegang. Cara ini juga diyakini dapat membantu mengurangi keluhan dan rasa sakit yang timbul akibat migren.

-Aromaterapi
Esensial oil yang banyak digunakan pada aromaterapi juga bisa bermanfaat untuk mengobati migren. Contohnya, esensial oil dari cendana, lavender, rosemary, dan daun basil. Esensial oil tersebut dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan juga mampu mengendurkan saraf-saraf yang tegang.

-Pijatan
Pijatan yang lembut pada kepala, leher, dan muka, perlahan-lahan dapat mengendurkan ketegangan saraf-saraf otak dan mengurangi rasa sakit yang Anda rasakan saat mengalami migren.

Trending Now
Kocak ! 30 plesetan bahasa inggris yang bikin kamu senyum sendiri

Kocak ! 30 plesetan bahasa inggris yang bikin kamu senyum sendiri

Indonesia emang sarang kreativitas hal unik konyol dan lucu. Bisa aja bikin plesetan beginian dari bahasa inggris. Dikutip dari brilio.net,
439,571 views 9,254 shares
10 Spanduk Kocak Salon Potong Rambut yang Bikin Ngakak

10 Spanduk Kocak Salon Potong Rambut yang Bikin Ngakak

Demi merawat diri dan penampilan, seseorang rela menghabiskan uang dan waktu berjam-jam untuk perawatan di salon kecantikan. Sebenarnya ngga
2,805 views 0 shares
Gagal Fokus, 10 Orang Ini Tanpa Sadar Melakukan Kesalahan yang Menggelikan

Gagal Fokus, 10 Orang Ini Tanpa Sadar Melakukan Kesalahan yang Menggelikan

Ada iklan salah satu minuman air mineral yang mengatakan jika kurang air minum bisa mengurangi konsentrasi. Hal ini memang benar adanya, dal
13,926 views 620 shares
Ketika Tubuh Kuda Dijadikan Media Lukis, Keren Tapi Kasihan Juga Sih Ngeliatnya

Ketika Tubuh Kuda Dijadikan Media Lukis, Keren Tapi Kasihan Juga Sih Ngeliatnya

Dalam dunia satwa, kuda dikenal sebagai hewan yang tangguh dan bisa diandalkan. Nggak heran kalau di jaman dulu orang sering menggunakannya
4,614 views 319 shares
10 Interior Angkot yang Bikin Melongo

10 Interior Angkot yang Bikin Melongo

Semakin kesini, semakin jarang orang menggunakan kendaraan umum, karena banyak dari kita yang sudah memiliki kendaraan pribadi. Namun bebera
1,201 views 0 shares
Deretan Plesetan Kata Benda yang Bikin Bingung Sekaligus Ngakak

Deretan Plesetan Kata Benda yang Bikin Bingung Sekaligus Ngakak

Kreatifitas warganet Indonesia sudah tidak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, suatu hal biasa yang terjadi di kehidupan nyata, bisa menj
12,700 views 0 shares
10 Foto Kocak yang Membuktikan Kalau Polisi Juga Manusia

10 Foto Kocak yang Membuktikan Kalau Polisi Juga Manusia

Mendengar kata polisi, yang ada dalam pikiranmu pasti sosok yang tegas, berseragam dan nggak bisa nyantai. Siapa bilang? Polisi juga manusia
9,243 views 454 shares
Dari Paling Apes sampai Menakjubkan, 8 Foto Ini Diambil Pada Momen yang Pas

Dari Paling Apes sampai Menakjubkan, 8 Foto Ini Diambil Pada Momen yang Pas

Selalu saja ada kejadian atau peristiwa unik dan nggak terduga dalam kehidupan sehari-hari. Entah karena disengaja ataupun tidak, yang jelas
16,507 views 1,150 shares
10 Momen Kendaraan Tersangkut Ini Bikin Heran

10 Momen Kendaraan Tersangkut Ini Bikin Heran

Kendaraan itu lazimnya berjalan di jalan raya. Atau bisa juga jalanan kecil yang bisa membuat kendaraan itu sendiri. Kalau kamu dengar kata
1,941 views 0 shares
10 Foto Saat Seorang Perfectionis Mengerjakan Pekerjaannya..Keren Banget!

10 Foto Saat Seorang Perfectionis Mengerjakan Pekerjaannya..Keren Banget!

Ada begitu banyak tipe orang di dunia ini Pulsker, salah satunya adalah mereka yang perfectionis atau menginginkan semuanya serba sempurna.
868,277 views 51,595 shares