7 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Tes Wawancara Kerja
Loading...
 
posted on WOW Keren
2,716 views
7 Tips Menjawab Pertanyaan Saat Tes Wawancara Kerja

Mencari pekerjaan tidaklah mudah, baik itu dari referensi teman atau iklan lowongan kerja. Namun jangan mudah menyerah begitu saja.

Segala sesuatu yang dilakukan dengan optimis, akan membuahkan hasil yang baik, salah satunya saat tahap wawancara.



Wawancara kerja selalu menjadi salah satu bagian yang menegangkan bagi calon karyawan. Seperti dilansir How To Do Things, berikut tujuh tips menjawab pertanyaan yang diajukan saat melakukan wawancara kerja.





1. Jujur
Kejujuran merupakan hal yang sangat penting saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD dalam melakukan wawancara kerja. Inilah langkah pertama bagi Anda untuk menunjukkan kepada perusahaan siapa diri Anda sebenarnya. Pastikan Anda menjawab segala pertanyaan dengan jujur, terpercaya dan bijak.

2. Bersikap Positif
Apapun pertanyaan yang diajukan oleh pihak HRD, jawab semua pertanyaannya dengan optimis dan antusias. Dengan begitu dapat menunjukkan bahwa Anda memang niat dan bersemangat untuk bekerja di perusahaan tersebut.

3. Tekankan Keterampilan dan Kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja dalam bidang pekerjaan yang sama, dengan menunjukkan kemajuan dan pencapaian yang sudah didapat selama ini bisa menjadi referensi agar Anda diterima di perusahaan yang Anda lamar. Selain itu, Anda juga perlu menunjukkan keterampilan dan kemampuan yang dimiliki sehingga nantinya dapat dipertimbangkan di perusahaan tersebut.

4. Menjelaskan Pendidikan
Jelaskanlah jalur pendidikan maupun pelatihan yang Anda ambil selama ini. Jika Anda telah menghadiri seminar atau pelatihan yang mendukung pekerjaan Anda, jelaskan secara spesifik.

5. Sebut Motivator Anda
Jika bos atau manajer di kantor yang lama merupakan salah satu motivator besar Anda, ada baiknya jika disebutkan. Hal ini dapat mencerminkan sisi positif Anda pada saat diwawancara.

6. Hindari Pembicaraan Masalah Pribadi
Dalam melakukan wawancara kerja dengan HRD, hindari berbicara tentang apapun masalah pribadi Anda dengan pekerjaan di tempat yang sebelumnya. Apabila masalah yang dialami diketahui oleh pihak perusahaan baru, maka pihak HRD yang mewawancarai Anda akan berasumsi bahwa Anda dapat memiliki masalah yang sama dengan rekan sekerja atau manajer di perusahaan baru nantinya.

7. Terbuka dan Ramah
Ada baiknya jika Anda menjadi seorang yang terbuka dan ramah. Dengan bersikap ramah, Anda juga akan terlihat sebagai orang yang menyenangkan.


Sumber : http://www.topikterupdate.com/2012/12/7-tips-menjawab-pertanyaan-saat-tes.html#ixzz2Z894HGD3

Trending Now
10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

Kata-kata gombalan selalu menjadi cara yang digunakan oleh anak zaman sekarang untuk memulai pembicaraan dengan lawan jenis ataupun untuk se
343 views 0 shares
10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

Bus adalah salah satu kendaraan umum yang biasa digunakan untuk bepergian. Ukurannya yang sangat besar ini bisa menampung banyak penumpang.
329 views 0 shares
10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

Sebelum melakukan acara pernikahan, setiap pasangan pasti melakukan sesi pemotretan prewedding terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meng
362 views 0 shares
10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

Indonesia adalah negara yang terkenal akan tradisi dan adat istiadatnya. Salah satunya Kita harus menghormati orang yang lebih tua. Beberapa
287 views 0 shares
10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

Hidup di Indonesia sangat mudah sekali menemukan warung atau toko kelontong. di mana tempat usaha ini menyediakan barang yang kita butuhkan
5,519 views 0 shares
10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

Kamu tahu tentang Crazy Rich kan? Yap, mereka adalah orang-orang yang memiliki kekayaan sangat banyak yang kadang bikin kita gak sanggup bua
243 views 0 shares
10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

Berkat adanya smartphone dan internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan sangat mudah. Nggak perlu repot-repot bertatap muka
10,628 views 0 shares
10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

Jaman dulu mengabadikan momen melalui foto adalah hal yang mewah. Kita harus memiliki kamera terlebih dahulu agar bisa menciptakan momen mel
6,957 views 0 shares
10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

Musim hujan telah tiba. Ada pepatah mengatakan jika "sedia payung sebelum hujan". Hal itulah yang harus kita persiapkan ketika musim hujan t
18,609 views 0 shares
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
309,053 views 23,460 shares