Di Eropa, Tiap Jumat Ada yang Mengucap Syahadat
Loading...
 
posted on Everything in Life
3,925 views
Di Eropa, Tiap Jumat Ada yang Mengucap Syahadat

REPUBLIKA.CO.ID,Jumlah Muslim di Eropa diperkirakan jumlahnya mencapai sembilan juta orang. Presiden Komunitas Muslim Masjid Granada, Spanyol, mengatakan Islam kini makin berkembang di benua biru itu.

Malik Ruiz datang ke Jakarta sejak Jumat (26/7). Kedatangannya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran umat Muslim di berbagai negara mengenai adanya Muslim keturunan asli Eropa yang kurang dikenal. Berikut wawancara malik dengan wartawan ROL Ani Nursalikah.

Bagaimana kondisi masyarakat Muslim di Eropa saat ini?
Yang paling penting adalah adanya Muslim di Eropa yang merupakan keturunan Eropa asli. Mereka adalah komunitas dari Jerman, Inggris, Prancis, dan Italia. Ada juga yang dari Turki. Beberapa orang, seperti saya yang menjadi Muslim, sekarang sudah generasi kedua. Selama ini yang terekspose hanya Muslim yang merupakan keturunan atau imigran. Padahal, Muslim yang keturunan Eropa asli juga perlu perhatian.

Apa tujuan Anda ke Indonesia?
Saya ke sini untuk membangun kesadaran (awareness) mengenai adanya Muslim Eropa asli. Juga mencari dana untuk tanah wakaf bagi organisasi Dallas Foundation.

Bisa dijelaskan mengenai Dallas Foundation?
Hal ini bermula dari ajaran Imam Masjid Granada Syekh Abdalqadir as-Sufi. Ia telah memulainya sejak 50 tahun lalu. Ia mengajar sampai ke berbagai belahan dunia. Muridnya yang ribuan tersebar di Meksiko, Prancis, Inggris, Spanyol, Afrika Selatan, Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Kami, muridnya, merasa perlu menyatukan mereka semua dalam satu organisasi yang terpusat. Karena itulah kami berencana membuat Dallas Foundation. Dallas sendiri adalah nama kecil Syekh Abdalqadar.

Apa tujuan dibentuknya Dallas Foundation?
Ada dua tujuan utama, yaitu untuk melestarikan warisan dan pengetahuan Syekh Abdalqadir. Kedua, mengumpulkan, mengedit, menerbitkan semua hasil karya Syekh. Selain itu, kami mendukung terselenggaranya pendidikan dan program-program beliau. Dengan adanya organisasi yang terpusat juga akan lebih mudah melakukan aktivitas dan pertemuan.

Apa yang saat ini paling diperlukan?
Sekarang ini kami mengundang semua orang, terutama orang-orang kaya untuk berpartisipasi dan memberikan dananya.

Apa saja yang sudah dilakukan Syekh Abdalqadar?
Syekh selama ini membuat berbagai program penting. Kami membangun masjid, mushala, membuat berbagai program edukasi, seperti membangun madrasah dan perguruan tinggi. Beliau membangun madrasah pertama di Spanyol setelah berabad-abad lamanya. Dua madrasah di Cape Town, Afrika, dan dua lain di Mayorca, Spanyol. Dallas College adalah perguruan tinggi yang dibangun khusus untuk menghasilkan hafiz Alquran. Yang paling penting adalah membangun masjid di Inggris dan Spanyol. Dari segi muamalah, Syekh menggalakkan penggunaan dinar, dirham, zakat, dan membuat pasar.

Sebenarnya ada berapa jumlah umat Islam di Eropa?
Ada sekitar dua juta umat Muslim di Spanyol. Sekitar 300 ribu di antaranya adalah keturunan asli Spanyol. Sedangkan kalau jumlah Muslim di Eropa bisa mencapai sembilan juta orang.

Bisa diceritakan mengenai Masjid di Granada?
Masjid ini dibangun dalam kurun waktu yang cukup lama. Masjid ini dibangun dalam kurun waktu 20 tahun sejak 1983. Pembangunannya tersendat karena terganjal masalah perizinan atau administrasi dengan pemerintah. Masjid Granada adalah masjid pertama yang dibangun selama 500 tahun terakhir.

Bagaimana kegiatan masjid tersebut selama Ramadhan?
Masjid cukup ramai selama Ramadhan. Umat Muslim yang jumlahnya sekitar 300 orang berkumpul di Masjid untuk melakukan kajian dan diskusi. Biasanya satu jam menjelang waktu berbuka. Setelah adzan kami menikmati beberapa buah kurma dan susu. Kami lalu shalat Maghrib dan makan besar. Lalu, dilanjutkan dengan shalat Isya dan Tarawih berjamaah. Shalat Jumat juga ramai. Setiap selesai shalat Jumat ada satu atau dua orang yang mengucapkan kalimat syahadat. Tiap pekan paling tidak satu orang Eropa menjadi Muslim.

Menurut Anda bagaimana gambaran umat Muslim Eropa saat ini?
Selama ini Muslim Eropa seakan berada dalam posisi yang lemah, menyedihkan, dan tidak berdaya. Padahal, saat ini berkembang komunitas Muslim asli Eropa. Ini bisa dibilang kebangkitan Islam. Selama ini fokus kebanyakan Muslim adalah pada Palestina, Asia, dan Myanmar. Muslim di Eropa juga minoritas yang harus mendapat perhatian serupa. Keberadaan Masjid Granada juga bisa menjadi wisata religi alternatif dari Mesir atau Arab Saudi. Letak masjid ini bersebelahan dengan al-Hambra.

Trending Now
Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Demi cinta, semua orang rela melakukan pengorbanan apapun untuk pasangannya. Mereka cenderung tidak ingin pasangannya sedih bahkan terluka.
61,137 views 5,167 shares
10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dan membuat makanan yang lezat. Berbicara tentang makanan, pasti nggak lepas dar
5,207 views 0 shares
10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

Setiap orang sudah memiliki pasangan, pasti ingin hubungannya berlanjut ke bahtera pernikahan. Bagi orang Indonesia sendiri, pernikahan buka
11,098 views 0 shares
10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

Kendaraan saat ini sudah tidak bisa lagi dibilang sebagai kebutuhan sekunder, karena tanpa sebuah kendaraan mobilitas manusia akan susah. Se
12,835 views 0 shares
10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

Bagi kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk pasti nggak asing dengan jalanan yang sempit atau kecil. Biasanya jalanan ini hanya bisa
4,575 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
13,799 views 0 shares
10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dengan enak. Tapi sebenarnya yang namanya rasa makanan itu relatif, jadi nggak s
4,201 views 0 shares
10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

Selain kewajiban bagi para laki-laki yang memasuki akil baligh, khitan juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Kalau jaman dulu khitan
6,719 views 0 shares
MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

Pulsker, kalau selama ini kamu berpikir cuman angkutan umum di luar negeri yang bisa bagus, siap-siap melongo deh. Angkutan umum Indonesia,
227,077 views 9,337 shares