Oscar, Kucing yang Berhasil Mendeteksi 50 Kematian Dengan Akurat
Loading...
 
posted on WOW Keren
3,701 views
Oscar, Kucing yang Berhasil Mendeteksi 50 Kematian Dengan Akurat

Seekor kucing bernama Oscar yang tinggal di sebuah panti jompo telah membuat kagum para staf medis yang ada di sana karena telah memprediksi 50 kematian pasien dengan akurat. Ia melakukannya dengan cara menghabiskan waktu bersama pasien di jam-jam terakhir kehidupan mereka.

Dr.

David Dosa, seorang geriatrik (dokter spesialis manula) yang juga asisten profesor di Brown University mengatakan bahwa selama lima tahun, Oscar hampir tidak pernah melakukan kekeliruan. Malah seringkali Oscar membuktikan salahnya prediksi staf medis di panti jompo itu mengenai mana pasien yang akan segera meninggal.


Kucing itu, yang sekarang berumur 5 tahun, dikenal sebagai kucing yang tidak suka bersosialisasi. Sewaktu masih kecil, ia diadopsi oleh Panti Jompo Steere House and Rehabilitation Centre di Providence, Rhode Island, yang khusus merawat orang-orang tua yang mengalami dementia dan Alzheimer. Oscar dipelihara dan tumbuh besar di lantai 3 fasilitas itu.

Dr. Dosa pertama kali mempublikasikan kemampuan Oscar pada sebuah artikel di New England Journal of Medicine di tahun 2007. Sejak itu, Oscar telah berhasil memprediksi kematian dalam jumlah yang lebih banyak. Kemampuan ini juga yang membuat para staf medis di panti jompo itu menjadi yakin.



Oscar biasanya berkeliling dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Jika merasakan ada pasien yang akan meninggal dalam beberapa jam, ia akan segera menghampirinya, melompat ke sisi tempat tidurnya dan berdiam diri di situ untuk beberapa waktu. Ia tidak pernah melakukan ini untuk pasien yang tidak sekarat.



Jika pintu kamar pasien yang akan meninggal tertutup, Oscar akan menggaruk-garuk pintu minta dibukakan.



Pernah suatu hari, para staf medis memperkirakan seorang pasien akan segera meninggal. Jadi, mereka mengambil Oscar dan menempatkannya di samping tempat tidur sang pasien.

Oscar yang tidak merasakan kematian segera berlari keluar dan duduk di kamar pasien lainnya. Penilaian Oscar ternyata lebih akurat dibanding perawat, pasien kedua yang dihampirinya meninggal pada malam harinya. Sedangkan pasien pertama baru meninggal dua hari setelahnya.

Dr. Dosa dan staf lainnya menjadi sangat yakin dengan penilaian Oscar sehingga mereka akan segera memberitahukan keluarga pasien ketika melihat Oscar melompat ke salah satu tempat tidur pasien dan berbaring di situ.



"Perilaku Oscar menunjukkan bahwa ia tidak sedang iseng. Ia bisa saja keluar ruangan selama dua menit untuk mengambil mainannya, tapi setelah itu, ia akan segera kembali ke samping pasien. Sepertinya ia benar-benar menganggapnya sebagai ritual," Tulis Dr.Dosa.

Panti jompo itu juga memelihara lima kucing lainnya. Namun tidak ada satupun yang menunjukkan perilaku yang sama dengan Oscar.

Dalam bukunya yang berjudul, "Making rounds with Oscar : The extraordinary gift of an ordinary cat", Dr Dosa tidak bisa memberikan penjelasan sains yang solid mengenai perilaku Oscar.



Ia hanya menduga bahwa Oscar memiliki kemampuan seperti anjing, yaitu dapat mencium bau Kanker dan mendeteksi Ketones, sejenis biokimia berbau yang keluar dari sel-sel yang mati.

Nicolas Dodman, seorang pakar perilaku hewan di Tufts University Cummings School of Veterinary Medicine menyarankan untuk mendokumentasi perilaku Oscar lebih mendalam lagi untuk mengetahui apakah ia benar-benar merasakan kematian atau hanya sekedar tertarik dengan selimut hangat yang memang sering diberikan untuk pasien yang sekarat.

Daniel Estep, PhD, seorang ahli perilaku hewan di Littleton, Colorado juga punya pendapat mirip. "Satu hal yang terjadi kepada orang-orang yang sekarat adalah kenyataan bahwa mereka tidak banyak bergerak. Mungkin kucing itu melihat fakta bahwa sang pasien sangat tenang sehingga ia tertarik mendekatinya."

Namun, kebanyakan para ahli hewan lainnya setuju dengan teori bahwa Oscar mencium bau ketones.

Peran Oscar ternyata bukan hanya mengetahui saat kematian pasien. Keluarga pasien yang meninggal seringkali mendapatkan penghiburan karena kehadirannya. Dalam iklan kematian di surat kabar, beberapa keluarga bahkan memberikan rasa terima kasih khusus untuk Oscar.

Dr.Dosa berkata, "Keluarga yang ditinggalkan mengalami penghiburan yang luar biasa karena menyadari Oscar ada disisi orang yang mereka cintai ketika mereka tidak dapat hadir."


Inilah yang membuat Oscar menjadi spesial.

Trending Now
Kumpulan Meme Kocak Belanja Online Yang Bakal Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri

Kumpulan Meme Kocak 'Belanja Online' Yang Bakal Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri

Kemajuan teknologi telah mengenalkan kita sama yang namaya belanja online, yaitu belanja yang bikin kita nggak harus datang ke toko tempat b
187,485 views 10,121 shares
8 Perbedaan Foto Dulu dan Sekarang yang Paling Menyentuh

8 Perbedaan Foto Dulu dan Sekarang yang Paling Menyentuh

Seringkali kita mendengar ungkapan bahwa satu buah foto tersimpan jutaan cerita. Dan hal ini benar juga pulsker. Terkadang foto dapat mewaki
187,892 views 22,681 shares
Ternyata Ini Rahasia Dibalik Karya Keren Fotografer

Ternyata Ini Rahasia Dibalik Karya Keren Fotografer

Setiap pekerja seni pasti punya trik untuk mempermudah pekerjaannya, ataupun menjadikan hasil karyanya menarik. Begitupun dengan fotografer
194,130 views 13,477 shares
Deretan Bentuk Buah-Buahan Ini Unik Bin Ajaib, Buah Mana Yang Pernah Kamu Lihat?

Deretan Bentuk Buah-Buahan Ini Unik Bin Ajaib, Buah Mana Yang Pernah Kamu Lihat?

Buah merupakan makanan yang memiliki banyak asupan vitamin. Berbagai jenis buah-buahan yang dapat kita temui disemua tempat di Indonesia, ka
3,899 views 216 shares
Asli Gokil, Cosplayer Thailand Ini Gunakan Bahan Makanan untuk Kostumnya

Asli Gokil, Cosplayer Thailand Ini Gunakan Bahan Makanan untuk Kostumnya

Menjadi cosplayer kini menjadi salah satu hobi yaang banyak orang, terutama anak muda Pulsker. Syarat utama untuk jadi cosplayer adalah berd
1,370 views 0 shares
13 Nama Desa di INDONESIA yang BIKIN KITA TERTAWA TERBAHAK-BAHAK

13 Nama Desa di INDONESIA yang BIKIN KITA TERTAWA TERBAHAK-BAHAK

PULSKER, nama desa pada umumnya dibuat sesuai dengan sejarah dan cerita rakyat yang terjadi pada saat desa itu terbentuk. Kadang kala, nama
190,762 views 2,804 shares
Inilah pekerjaan Sampingan Para Superhero Ketika Dunia Lagi Adem Ayem, NGAKAK !

Inilah pekerjaan Sampingan Para Superhero Ketika Dunia Lagi Adem Ayem, NGAKAK !

superhero adalah pahlawan super yang melindungi manusia dari serangan para alien atau penjahat-penjahat aneh hasil mutasi genetik. Lawannya
68,421 views 2,682 shares
Keren ... 13 Kreativitas Berhijab Ini Meniru Gaya Karakter Putri Disney

Keren ... 13 Kreativitas Berhijab Ini Meniru Gaya Karakter Putri Disney

Jilbab saat ini merupakan fashion yang digandrungi para wanita. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa, sampai orang tua. Hampir setiap tempt
5,960 views 227 shares
20 Foto Sekitar Yang Bikin Hati Kita Merasa Bahagia & Puas Melihatnya

20 Foto Sekitar Yang Bikin Hati Kita Merasa Bahagia & Puas Melihatnya

Mungkin ungkapan "Bahagia itu Sederhana" terkadang ada benarnya juga bagi sebagian orang, terbukti saat melihat barang barang yang ada disek
47,925 views 0 shares
15 Foto Keren Ini Membuktikan Kalau Alam Lebih Jago Dari Photoshop!

15 Foto Keren Ini Membuktikan Kalau Alam Lebih Jago Dari Photoshop!

Photoshop merupakan salah satu aplikasi masterpiece untuk mengedit sebuah foto menjadi lebih bagus, bahkan jauh dari foto aslinya. Namun, ti
195,362 views 14,877 shares