5 Gejala Smartphone Android Terinfeksi Virus
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,607 views
5 Gejala Smartphone Android Terinfeksi Virus

Program jahat alias malware semakin merajalela di platform Android. Begitu terpasang, malware beroperasi secara sembunyi-sembunyi, mencuri data pengguna, atau memakai kuota internet tanpa izin.



Program jahat ini menggunakan berbagai cara untuk menghindar dari deteksi pengguna perangkat Android, termasuk dengan mendompleng program lain.

Kendati demikian, kehadirannya masih dapat diketahui dengan Cara Kenali Lima Gejala Smartphone Android Terinfeksi Virus. Apa saja? Berikut ini lima di antaranya :

1. Daya tahan baterai menurun

Pengguna Android yang memakai perangkatnya secara normal dan tidak banyak melakukan aktivitas yang menguras baterai pasti mengetahui kisaran daya tahan baterai ponselnya.

Kalau daya tahan baterai menurun tanpa sebab yang jelas, ada kemungkinan malware menjadi biang keroknya. Contohnya seperti adware, jenis malware yang terus menerus mengirim iklan kepada pengguna sehingga mempengaruhi baterai perangkat.

2. Dropped call dan gangguan panggilan

Malware bisa menguping pembicaraan yang dilakukan dengan perangkat Android. Ketika hal ini terjadi, bisa muncul efek samping berupa gangguan panggilan atau dropped call.

Kalau pengguna yakin dua masalah ini bukan diakibatkan oleh gangguan sinyal, bisa jadi memang ada malware yang berupaya menyadap pembicaraan atau melakukan aktivitas mencurigakan lainnya.

3. Tagihan telepon yang membengkak

Inilah yang diakibatkan oleh malware pencuri pulsa dengan berbagai macam tekniknya, seperti mengirim SMS ke nomor dengan tarif premium.

Untuk menghindari kecurigaan, beberapa malware tipe ini hanya mengirim SMS sekali sebulan. Ada juga yang secara otomatis menghapus diri sendiri begitu selesai menguras tagihan pengguna dengan cepat.

Karena itu, ada baiknya mengecek tagihan telepon untuk melihat apabila ada pengeluaran yang mencurigakan. Siapa tahu ada malware di belakangnya.

4. Konsumsi data naik tiba-tiba

Yang satu ini juga bisa terjadi akibat malware, mirip dengan keanehan tagihan telepon di atas. Perubahan pola upload atau download boleh jadi merupakan pertanda bahwa seseorang atau sesuatu sedang memanfaatkan koneksi internet pada perangkat Android.

Memasang aplikasi pengukur kuota data bisa menunjukkan apabila sebuah perangkat telah disusupi malware, sekaligus mencegah kelebihan konsumsi data lewat penggunaan sehari-hari.

5. Performa yang menurun

Tergantung pada spesifikasi hardware perangkat yang bersangkutan, malware bisa membuat kinerja turun drastis. Pengguna PC yang pernah mengalami infeksi virus kelas berat tentu familier dengan gejala yang satu ini. Cara memeriksanya bisa dengan melihat konsumsi RAM atau load prosesor yang tidak wajar.

Secara berurutan, sistem operasi Android yang paling rentan malware adalah versi 2.3 (Gingerbread), 4.0 (Ice Cream Sandwich), dan 4.1 (Jelly Bean). Menurut data dari Android Developer Dashboard, 88 persen perangkat Android yang beredar menggunakan tiga versi sistem operasi ini.

Apabila perangkat Android telanjur dijangkiti malware, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Pertama adalah menghapus aplikasi yang terkait dengan malware. Jika ternyata malware masih bertahan walaupun aplikasi "induknya" dihapus, maka yang selanjutnya bisa dilakukan adalah melakukan "factory reset" yang akan membersihkan memori perangkat.

Untuk meningkatkan keamanan, sejumlah aplikasi keamanan gratis tersedia di Google Play Store. Untuk pengguna kantoran, departemen IT bisa membantu mengatasi permasalahan malware ini sebelum membahayakan data perusahaan.

Langkah pencegahan umum yang bisa dilakukan adalah benar-benar memperhatikan jenis permission yang diminta oleh tiap aplikasi Android. Banyak aplikasi yang meminta izin untuk melakukan hal-hal berbahaya, walaupun sebenarnya tidak diperlukan. Untuk itu, bacalah pemintaan permissions ini dengan teliti sebelum meng-klik tombol "accept".

Trending Now
10 Status Absurd Di Media Sosial yang Isinya Bikin Gagal Paham

10 Status Absurd Di Media Sosial yang Isinya Bikin Gagal Paham

Ngomongin media sosial saat ini emang nggak ada habisnya. Bahkan dewasa ini banyak orang yang hidupnya bergantung dengan media sosial dan i
1,076 views 0 shares
Deretan Meme Rias Pengantin yang Bakal Bikin Kamu Nggak Nawar Harga Pada Perias

Deretan Meme 'Rias Pengantin' yang Bakal Bikin Kamu Nggak Nawar Harga Pada Perias

Setiap orang pasti ingin merasakan hubungannya berlanjut ke jenjang pernikahan. Nah, biasanya nih, saat menikah itu akan diisi dengan proses
381,625 views 16,150 shares
12 Hal Aneh Ini Gagal dan Ga Punya Fungsi, Tapi Kocak!

12 Hal Aneh Ini Gagal dan Ga Punya Fungsi, Tapi Kocak!

Manusia memang ga ada yang sempurna ya Pulsker, kadang ada salahnya juga, kadang bisa gagal juga. Jadi kita harus bisa memaklumi hal yang te
413,605 views 25,576 shares
10 Editan Foto Hewan Tanpa Leher Ini Bakal Bikin Kamu Ngakak Sampai Sakit Perut

10 Editan Foto Hewan Tanpa Leher Ini Bakal Bikin Kamu Ngakak Sampai Sakit Perut

Kemajuan teknologi membawa kita pada jaman dimana semuanya bisa menjadi lebih mudah. Membuat semua yang tidak mungkin menjadi mungkin. Hal i
115,614 views 7,337 shares
Poster Ilustrasi Enaknya Jadi Pengantin Baru yang Bikin Jomblo Baper

Poster Ilustrasi Enaknya Jadi Pengantin Baru yang Bikin Jomblo Baper

Manusia diciptakan oleh Tuhan dibekali dengan rasa cinta dan kasih sayang serta untuk saling mengenal satu sama lain. Jika ketiganya ini uda
9,181 views 376 shares
8 Gambar Karya Seniman Sindir Sampah Manusia Banyak di Laut, Miris Lihatnya!

8 Gambar Karya Seniman Sindir Sampah Manusia Banyak di Laut, Miris Lihatnya!

Pencemaran lingkungan menjadi isu yang sedang hangat diperbincangkan oleh masyarakat , tidak hanya Indonesia tapi juga tingkat dunia. Teruta
5,934 views 0 shares
Garing tapi Lucu, 10 Chat Ini Buktikan Susahnya Cari Bahan Obrolan!

Garing tapi Lucu, 10 Chat Ini Buktikan Susahnya Cari Bahan Obrolan!

Sebenarnya hal yang paling bikin penasaran dan deg-degan bukan ketika memiliki pacar, tapi ketika pendekatan atau PDKT. apalagi jika kita ng
21,727 views 0 shares
10 Chat Lucu Beli Masker di Online Shop Ini Bikin Tertawa

10 Chat Lucu Beli Masker di Online Shop Ini Bikin Tertawa

Pandemi Corona yang sampai saat ini masih kita alami, tentu saja sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Semua sektor terganggu termasuk keh
1,414 views 0 shares
Sudah Benarkah Kita Membuka Makanan dan Minuman Kemasan Selama Ini? Berikut Cara Membuka yang Baik dan Benar

Sudah Benarkah Kita Membuka Makanan dan Minuman Kemasan Selama Ini? Berikut Cara Membuka yang Baik dan Benar

menggunakannya. Selain praktis, makanan kemasan juga mudah didapatkan dimana saja. Dari toko-toko hingga supermarket.   Tapi pernahkah ka
176,513 views 5,522 shares
10 Foto Alat MENCONTEK di China yang Super Canggih

10 Foto Alat MENCONTEK di China yang Super Canggih

Aktivitas mencontek memang seringkali terjadi dimanapun, kecurangan ini juga tentu biasa terjadi di negeri kita indonesia. Entah karena mala
184,510 views 967 shares