Alat Anti Mencontek Dari Thailand Ini Unik Banget!
Loading...
 
posted on WOW Keren
12,085 views
Alat Anti Mencontek Dari Thailand Ini Unik Banget!

Mencontek adalah awal dari perilaku tidak jujur, begitu pepatah mengatakan. Banyak negara di dunia ini yang benar-benar memberlakukan aturan keras tentang larangan mencontek.

Mencontek bahkan bisa dibilang sebagai salah satu tindak kejahatan lho! Mengatasi budaya mencontek ini, ada berbagai peraturan ditetapkan, salah satunya adalah peraturan dari Thailand ini.

Universitas Kasetsart, Thailand, membuat alat sederhana anti contek mencontek dan menyuruh mahasiswa mereka memakainya. Ini demi mendukung kejujuran dalam ujian. Alat anti nyontek ini jangan Anda bayangkan seperti alat canggih dalam film ladies! Justru alat ini sederhana sekali dan memang bisa mengurangi tingkat mencontek lho.

Alat ini terbuat dari kertas yang dibuat seperti topi dan kacamata kuda. Sehingga mahasiswa yang sedang melaksanakan ujian tidak bisa melirik ke kanan kiri dan kalaupun kepalanya bergerak, akan terlihat sekali lho. Anda mau tahu bagaimana bentuk alat anti nyontek ini? Ini dia, alat anti nyontek sederhana dari Thailand:

Alat anti nyontek ini pertama kali dibuat ketika seorang profesor dari Kasetsart merasa prihatin dengan banyaknya mahasiswa yang saling contek saat ujian berlangsung. Ide ini datang dari seorang profesor bernama Nattadon Rungruangkitrai tersohor di Negeri Gajah Putih itu. Dia prihatin dengan tingginya kasus mencontek di kalangan kampus.

Ide Nattadon untuk mengurangi angka contek mencontek ini mendapat dukungan pula dari universitas lain. Pakar pendidikan dari Universitas Chulalongkorn bernama Somphong Chitradub mendukung kebijakan ini. Dia mengatakan mahasiswa harus belajar menghargai diri mereka dan sadar ujian sambil mencontek bukan hal yang bisa dibanggakan.

"Mencontek adalah awal mula dari perilaku buruk, dan keesokan hari bisa saja korupsi terjadi karena kebiasaan ini" ujar Nattadon. Membebaskan generasi pelajar dari budaya mencontek memang bukan urusan mudah, tapi perlu didukung dan dilakukan agar tidak ada lagi hasil ujian dari hasil mencontek, setuju

Trending Now
10 Pakaian yang Akan Membuatmu Berpikiran Negatif

10 Pakaian yang Akan Membuatmu Berpikiran Negatif

Sudah pasti Setiap orang pasti mengenakan pakaian setiap harinya. Bahkan yang sangat peduli tentang fashion, mereka akan mengenakan pakaian
8,315 views 310 shares
10 Karya Seniman Jalanan yang Sederhana Tapi Patut Diapresiasi

10 Karya Seniman Jalanan yang Sederhana Tapi Patut Diapresiasi

Vandalisme adalah perbuatan yang menghancurkan karya seni atau hal apapun di depan umum. Sebenarnya hal ini nggak selalu negatif, karena beb
19,004 views 2,392 shares
Wow Keren! 9 Konsep Foto Keluarga Ini Nggak Hanya Terlihat Kompak Tapi Juga Unik. Boleh Ditiru

Wow Keren! 9 Konsep Foto Keluarga Ini Nggak Hanya Terlihat Kompak Tapi Juga Unik. Boleh Ditiru

Keluarga adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup kita.Keluarga adalah segala galanya.Terdiri dari ayah, ibu, adik, kakak, dan semua y
6,818 views 193 shares
Gagal Fokus, 10 Orang Ini Tanpa Sadar Melakukan Kesalahan yang Menggelikan

Gagal Fokus, 10 Orang Ini Tanpa Sadar Melakukan Kesalahan yang Menggelikan

Ada iklan salah satu minuman air mineral yang mengatakan jika kurang air minum bisa mengurangi konsentrasi. Hal ini memang benar adanya, dal
9,952 views 620 shares
Momen Keseruan Saat Ayah Bermain Bersama Anaknya

Momen Keseruan Saat Ayah Bermain Bersama Anaknya

Menjadi seorang ayah bukanlah urusan yang mudah Pulsker. Selain bisa tahan banting kerja keras untuk menghidupi keluarga, juga harus tangguh
3,100 views 360 shares
9 Percakapan Dengan Abang Ojek Online, Penuh Drama tapi Seru!

9 Percakapan Dengan Abang Ojek Online, Penuh Drama tapi Seru!

Pernah gak sih kalian naik ojek online tapi terasa garing karena tidak ada komunikasi dengan driver, atau bahkan terlalu banyak ngobrol deng
7,406 views 0 shares
Kelewat PD, Orang-orang Ini Tetap Melakukan Hal Konyol dan Nggak Peduli dengan Sekitarnya

Kelewat PD, Orang-orang Ini Tetap Melakukan Hal Konyol dan Nggak Peduli dengan Sekitarnya

Lingkungan sekitar kita terkadang dipenuhi oleh hal-hal tak terduga. Mulai kejadian unik, bikin kaget sampai momen penuh haru. Dan yang ngga
2,848 views 149 shares
9 Pengendara Motor yang Cuma Kamu Temukan di Indonesia

9 Pengendara Motor yang Cuma Kamu Temukan di Indonesia

Indonesia dikenal dengan sifat masyarakatnya yang beragam, mulai dari yang lurus lempeng tanpa tikungan, sampai mereka yang nyeleneh. Dan
8,869 views 661 shares
Deretan Foto Susahnya Jadi Badut Tempat Keramaian di Jepang

Deretan Foto Susahnya Jadi Badut Tempat Keramaian di Jepang

Hai Pulsker, kalian semua tentunya sudah akrab kan sama yang namanya badut? Biasanya dapat kita jumpai di tempat keramaian dan tempat rekrea
2,571 views 157 shares
10 Ilustrasi Kocak Tentang Hal yang Pasti Dirasakan Cewek Sehari-Hari

10 Ilustrasi Kocak Tentang Hal yang Pasti Dirasakan Cewek Sehari-Hari

Jadi cewek itu emang nggak gampang. Terkadang apa yang mereka lakukan nggak seperti apa yang mereka rasakan. Cewek itu banyak maunya, nggak
15,790 views 1,062 shares