garud@ suci
Loading...
 
posted on WOW Keren
549 views
garud@ suci


OLAHRAGA YANG SISTEMATIS DAN PRAKTIS

Who Loses Cuorage Loses All !
SELAMAT DATANG DI SITUS RESMI BELADIRI
Situs ini akan banyak memberikan informasi urgen tentang beladiri yang cocok bagi anda

LEMBAGA BELADIRI INDONESIA GARUDA SUCI FORMASI MED...
TIM GARUD@

Sabtu, April 23
LEMBAGA BELADIRI INDONESIA Garuda Suci
LEMBAGA BELADIRI INDONESIA GARUDA SUCI FORMASI MEDITASI RINJANI


I. PROFIL DAN SEJARAH BELADIRI
Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci Formasi Meditasi Rinjani merupakan seni olahraga Beladiri yang berdasarkan pada prinsip lingkaran (spin) dengan mengekploitasi kekuatan lawan.

Teknik - teknik jurus dalam Beladiri ini antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, dan meditasi serta latihan mengggunakan berbagai senjata seperti toya, tongkat, pisau, pedang, double stick,dll. Seni beladiri ini beraliran Yin Yang yang menekankan pada prinsip keseimbangan dan kelembutan untuk menghindar serta menyerang lawan. Prinsip ini diterapkan pada gerakan jurusnya yang tidak hanya menangkis serangan lawan atau melawan kekuatan dengan energi tetapi "mengarahkan" serangan lawan untuk kemudian menaklukkannya dengan memanfaatkan tenaga lawan secara spontanitas.
Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci merupakan salah satu perguruan yang tetap eksis membina dan mengembangkan minat dan bakat generasi muda dalam bidang ilmu beladiri atau kanuragan untuk menahan arus globalisasi yang makin merajalela. Garuda Suci singkatan dari Gabungan juRUs-juRUs DAri Sufi Utama China-Indonesia dan dalam kurun waktu yang cukup lama Dewan Pembina Lembaga Beladiri Indonesia Garud@ Suci berikhtiar menyelenggarakan pelatihan dan pembinaan yang intensif sebagai respon terhadap kebutuhan lingkungan & masyarakat.
Sebagai cikal bakal pertumbuhan dari perguruan ini ádalah dengan dibentuknya oleh Dewan Pembina pada hari Sabtu,18 Desember 1982 dan menjadi titik awal beladiri ini memasyarakat dalam mewarnai dinamika kehidupan. Tekhnik Beladiri yang dikembangkan dalam Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci adalah merupakan ilmu beladiri yang memadukan antara seni, keindahan, ketepatan dalam mencapai sasaran, kekuatan, kecepatan serta kedinamisan dalam gerak dan olah pukul yang sangat berdayaguna. Kesemuanya itu terangkum dan tertata secara apik melalui dimensi gerak Yinyang dan Formasi gerakan jurus yang merupakan ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan ilmu bela diri lainnya.
Grandmaster Wang Zipping Pada dasarnya manusia mempunyai insting untuk selalu melindungi diri dan orang lain, hal ini secara disengaja maupun tidak akan memacu aktivitas fisiknya sepanjang waktu. Manusia dalam tumbuh dan berkembang tidak dapat lepas dari kegiatan / gerakan fisiknya , tanpa menghiraukan dimensi ruang dan waktu. Pada masa kuno manusia tidak punya pikiran lain untuk mempertahankan dirinya kecuali dengan tangan kosong atau senjata seadanya, hal ini secara alamiah dan bertahap mengembangkan tekhnik - tekhnik bertarung dengan tangan kosong dan senjata. Pada saat kemampuan bertarung dikembangkan sebagai suatu cara untuk menyerang dan bertahan, digunakan pula untuk membangun kekuatan fisik seseorang, bahkan dijadikan pertunjukan dalam acara ritual. Manusia mempelajari tekhnik - tekhnik bertarung didapat dari pengalamannya melawan musuh - musuhnya.
Sedangkan secara historis beladiri ini yakni dulu pada masa kekaisaran di China banyak tentara muslim menerima tawaran kaisar untuk menetap, menikah dengan penduduk lokal dan akhirnya berasimilasi dengan masyarakat China. Ras keturunan Arab-Cina ini dikenal dengan Hui-Hui. Pada masa Dinasti Yuan Mongol (1279-1368) yang didirikan oleh Kublai Khan, bangsa Hui mendapat julukan "Da"shman" yang berarti "orang yang terpelajar", karena kemampuan dan kontribusi mereka sebagai astronom, astrolog, dokter, farmasis, arsitek, pengusaha bisnis, filosof, dan lain-lain. Dari 12 distrik di kekaisaran, 8 gubernurnya dijabat oleh muslim dan juga beberapa posisi penting di pemerintahan. Termasuk para penasihat militer dan master beladiri yang menjadi pengawal kaisar.
Bangsa Hui inilah yang mengembangkan Beladiri dan memasukkan aspek spiritual ke dalam seni beladiri ini. Sufi tarekat yang berkembang pada masa itu mengambil peranan penting terhadap difusi filosofi Islam ke dalam beladiri. Ulama sufi Hui sering mengalahkan biksu Budha dalam berbagai kontes. Qa Shi adalah salah satu gaya beladiri yang berarti tujuh pendekar, untuk mengenang tujuh ulama sufi.

Filosofi dalam Beladiri diinspirasi dari hadis Rasulullah SAW yaitu
Orang yang kuat bukanlah yang dapat menjatuhkan lawan dalam perkelahian, tetapi yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah (HR Bukhari).
Hal ini pernah ditunjukkan oleh Ali bin Abi Thalib dalam perang Khandaq (625 M) ketika Ali berhasil menjatuhkan lawan dan hendak menghunus pedangnya., tetapi tiba-tiba sang lawan meludahi wajah Ali. Ali urung untuk membunuh dan bahkan menyuruhnya pergi. "Mengapa kau tidak membunuhku?", lawannya bertanya. Ali kemudian membalas
Adalah diizinkan untuk membunuh di dalam peperangan. Tetapi pada saat kau meludahi wajahku, kau bangkitkan harga diri dan kemarahanku. Jadi daripada membunuhmu dengan pedangku, lebih baik kubunuh nafsuku hanya untuk Allah.
Sang lawan takjub dengan karakter Ali ra dan masuk Islam saat itu juga.
Internal jihad melawan kelemahan internal diri yang diterjemahkan para master beladiri sebagai energi dalam atau dikenal dengan Chi Kung. Mereka percaya bahwa kedudukan tertinggi di dalam beladiri hanya dapat dicapai ketika manusia dapat mengalahkan sifat takut dan lemah di dalam dirinya. Ini juga diasah melalui serangkain latihan teknik beladiri dan pernafasan.
Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci merupakan salah satu olahraga beladiri yang berasal asli dari yang berdasarkan pada prinsip lingkaran yang memanfaatkan kekuatan lawan. Teknik -teknik dalam Beladiri ini antara lain meliputi pukulan, tendangan, kuncian, bantingan, jurus, serta latihan senjata. Beladiri menekankan harmonisasi dan keselarasan antara energi individu dan menyelaraskan dengan alam semesta. Seni beladiri ini juga menekankan pada prinsip kelembutan dan bagaimana untuk mengasihi serta membimbing lawan. Prinsip ini diterapkan pada gerakan-gerakannya yang tidak menangkis serangan lawan atau melawan kekuatan dengan kekuatan tetapi "mengarahkan" serangan lawan untuk kemudian menaklukkan lawan tanpa ada niat untuk mencederai lawan.
Apabila seseorang sudah menguasai gerakan jurus dan ilmu tenaga dalam Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci maka akan cepat merespon segala hal, respon tepat dan cepat tersebut bisa ditingkatkan kualitas dan intensitasnya sesuai kemamapuan latihan masing - masing. Karena efek latihan yang lama dan mendarah daging secara langsung akan sangat berpengaruh terhadap perilaku dan lingkungan bersangkutan sehari-hari. Sehingga dalam kehidupan nyata respon tepat dan cepat tersebut bisa teraplikasi tanpa disadari oleh yang bersangkutan, misalnya menimbulkan wibawa dan keberanian yang tinggi, serta bekerja menjadi lebih aktif dan progresif.
Seseorang yang berlatih beladiri dengan tekun (bukan sekedar kebiasaan) akan merangsang otak, naluri, insting, tubuh beserta perabotnya(otot, tulang, jantung, darah, paru-paru, hati, ginjal, limpa, dll) untuk bereaksi dengan tepat dan cepat terhadap suatu respon yg diterimanya. Semua unsur gerakan jurus-jurus dalam seni Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci lebih menekankan pada tekhnik alamiah yang mengandung daya kebugaran & kejiwaan sejati, karena dengan mempelajari dan mendalami segala aspek gerakan dalam Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci berarti melatih kemampuan mengendalikan jiwa dan raga serta meresapi hikmah dan hakikat alam.
Sudah menjadi kodrat manusia untuk memperlakukan kawan ataupun lawan supaya lebih mengedepankan rasa kemanusiaan dalam kehidupan maupun saat pertarungan sesuai norma dan hukum yang berlaku sebab Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci lebih mengutamakan musyawarah dalam mencapai kesepakatan dan kebersamaan daripada bertarung, sehingga terciptalah persatuan dan kedamaian dalam dunia olah kanuragan.


II. NAMA DAN TUJUAN PERGURUAN
Nama Garuda Suci merupakan singkatan dari Gabungan juRUs-jurus DAri Sufi Utama China- Indonesia. Sedangkan tujuan mempelajari dan berlatih gerakan jurus- jurus Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci adalah;
- untuk kesehatan dan kebugaran
- demi memproteksi ( melindungi ) diri sendiri dan orang lain.
- melestarikan tradisi dan budaya bangsa
- menanamakn nilai-nilai kedisiplinan dan rasa tanggungjawab
- menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan

III. LAMBANG PERGURUAN
Lambang Perguruan Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci mengandung arti :


IX. MAKNA SIKAP BELADIRI
Lembaga Beladiri Indonesia Garuda Suci dalam mengawali setiap latihannya dengan melakukan tiga hal penting, seperti ;
1. Sikap Siap ( kuda- kuda tunggal ) ; Pandangan menatap kedepan, kedua tangan posisi siap sedangakan kaki kita tertutup rapat.
Filosofi : Berusaha menjadi diri sendiri dan fokus untuk konsentrasi.
Makna Beladiri : Posisi awal sebelum memulai gerakan jurus.
Makna Kesehatan : Memberikan ketenangan dan kesempurnaan.
2. Sikap Penghormatan ; Pandangan lurus ke depan, tangan kanan lurus ke samping kanan bawah dan tangan kiri dilipat di depan dada.
Filosofi : Mengingatkan bahwa kita tercipta dari tanah dan akna kembali padaNya, petarung harus percaya diri dan optimis bisa melakukan gerakan jurus atau bertarung.
Makna Beladiri : Untuk membuka kuncian atau pegangan yang menggunakan putaran atau rotasi jurus, sekaligus menggunakan tonjokan dengan tangan mengepal dan tangan terbuka (sodokan).
Makna Kesehatan: Keta

Trending Now
10 Trik Marketing Dengan Bahasa Nyeleneh Ini Kocak Banget

10 Trik Marketing Dengan Bahasa Nyeleneh Ini Kocak Banget

Setiap orang yang berjualan barang ataupun jasa, pasti ingin produk/jasanya laku dipasaran. Salah satu cara yang sering dipakai adalah promo
924 views 0 shares
Momen Lucu dan Menggemaskan Bayi Saat Mengalami Pemotretan

Momen Lucu dan Menggemaskan Bayi Saat Mengalami Pemotretan

Masa balita adalah masa dimana anak-anak sedang lucu-lucunya nih Pulsker. Makanya nggak heran kalau banyak orang tua mengabadikan kelucuan m
2,789 views 0 shares
Foto National Geographic tentang Pencemaran Habitat Hewan Ini Bikin Kamu Trenyuh

Foto National Geographic tentang Pencemaran Habitat Hewan Ini Bikin Kamu Trenyuh

Pencemaran lingkungan kini menjadi sebuah isu terkemuka di dunia. Disamping isu yang tak kalah penting seperti isu terorisme dan keamanan. P
3,247 views 0 shares
10 Foto Indah yang Akan Memanjakan Mata dan Pikiran

10 Foto Indah yang Akan Memanjakan Mata dan Pikiran

Banyak yang mengatakan jika sebuah gambar atau foto bisa mengungkapkan seribu bahasa. Maka nggak heran jika semua orang selalu mengabadikan
35,251 views 3,875 shares
Ternyata Selama Ini Kita Salah Kaprah Sama Fungsi Produk Ini

Ternyata Selama Ini Kita Salah Kaprah Sama Fungsi Produk Ini

Setiap produk, desain, bentuk pasti ada alasan yang melatarbelakangi kenapa dibuat seperti itu, tapi kadang kita tidak memahami dan mengguna
681,942 views 11,097 shares
9 Potret Tingkah Warga +62 yang Absurd Banget

9 Potret Tingkah Warga +62 yang Absurd Banget

Indonesia terkenal akan masyarakatnya yang sangat ramah dan sopan. Tetapi di negara sendiri, tingkah masyarakat kita terkadang bikin nggak h
1,534 views 0 shares
15 Ilustrasi Teori Evolusi Darwin Paling Konyol !

15 Ilustrasi Teori Evolusi Darwin Paling Konyol !

Charles Darwin, salah satu ilmuwan di bidang Biologi, menciptakan teori evolusi manusia berasal dari primata yang makin lama makin tegap kar
816,847 views 19,116 shares
25 Gambar perubahan zaman ini bikin tersentuh anak muda zaman sekarang .

25 Gambar perubahan zaman ini bikin tersentuh anak muda zaman sekarang .

Pacaran zaman dulu ngobrol berdua di meja sambil makan malam romantis. Sekarang mah, PACARAN SAMA HAPE!! Cieee, yang kangen masa lalu
831,396 views 24,936 shares
10 Chat Lucu Ibu Dan Anak Ini Isinya Gaul Banget

10 Chat Lucu Ibu Dan Anak Ini Isinya Gaul Banget

Perbedaan jadi anak jaman dulu dan sekarang adalah, jika dulu kita takut mengutarakan sesuatu kepada orang tua karena takut. Berbeda dengan
307 views 0 shares
Alih-alih Mirip Idola, Orang-orang ini Gaya Rambutnya Malah Engga Banget!

Alih-alih Mirip Idola, Orang-orang ini Gaya Rambutnya Malah Engga Banget!

Mengidolakan seorang public figure merupakan hal yang lumrah bagi setiap orang. Apalagi jika yang diidolakan tersebut dirasa dapat memberika
3,336 views 0 shares