Cerpen: Hadiah kecil untuk surga
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,464 views
Cerpen: Hadiah kecil untuk surga

Ketika matahari mulai menyapa apalagi yang bisa dilakukan oleh sang kakek tua kecuali memulai rutinitas hariannya. mengayuh becak, memeras keringat untuk istri .

Terkadang tubuh yang lemah tak berdaya itu memaksakan diri untuk terus menerus mengayuh becak tanpa memperdulikan rasa lelah yang dialaminya, ia hanya tahu yang ia lakukan untuk mendapatkan beberapa uang .tidak peduli apakah itu uang receh ataukah selembar uang bernialai 1000 rupiah , yang ia pedulikan hanya bagaimana cara untuk menambah uang itu sedikit demi sedikit untuk mendapatkan beras walau segenggam sekalipun. Ia tidak ingin istrinya menderita karna kelaparan , ia tahu bahwa mencari nafkah adalah sebuah tuntutan profesi bagi seorang laki-laki.
Seorang lelaki akan merasa beruntung ketika mempunyai seorang istri yang memiliki tingkat kesabaran yang luar biasa. Dan itulah yang dirasakan kakek ini, istirinya adalah sosok wanita yang sangat pengertian dan sabar, ia tahu apa yang harus ia lakukan ketika berada dalam keadaan perekonomian yang tidak sesuai keinginannya . saat sedang ingin membantu mencari pekerjaan yang layak apalah daya, ijazah sd yang ia miliki tidak mampu mewujudkan keinginannya, terkadang sebagai seorang wanita ia sangat ingin seperti wanita-wanita lain yang hidup serba ada, namun kesadarannya akan cobaan yang dihadapinya membuat dia segera mengurungkan niat itu .
Di umur mereka yang mencapai usia 45 tahun , mereka sama sekali belum dikaruniai seorang anak. Terkadang perasaan iri itu muncul ketika melihat pasangan suami istri yang bahagia bersama anaknya. Namun, mereka hanya bisa menjadi penonton dalam drama yang menyedihkan itu, tidak akan pernah bisa menjadi tokoh utama.
Suatu ketika sang kakek berpamitan kepada istrinya untuk pergi mencari nafkah, sang istri pun dengan setia mengantar suaminya menuju pintu , mereka adalah pasangan yang sangat harmonis bahkan beradu mulut dengan penuh caci dan maki saja tidak pernah sempat terlintas di benak mereka, disaat suhu yang di pancarkan matahari mulai tak bersahabat, disaat air asin telah berlomba-lomba keluar melalui seluruh tubuh, semua terasa begitu melelahkan bagi sang kakek , ia tahu bahwa ia membutuhkan istirahat sejenak. Disaat yang bersamaan ketika sedang mengayuh becaknya ke bawah pohon yang lebih rindang, ia mendengar suara tangisan seorang anak laki-laki yang terlihat sangat lucu, mungil, dan berkulit putih, matanya yang sayup serta bibirnya yang terlihat sedari tadi terus menerus berteriak dan menangis, entah apa yang dikatakannya, entah bahasa apa yang digunakannya ,sang kakek mulai panik ia tak tahu apa yang harus ia lakukan di tempat yang sesunyi itu, ia mencoba merangkul anak itu, lalu mulai menggendongnnya namun tak ada perubahan sama sekali. Ia hanya dapat mengambil kesimpulan bahwa anak ini sedang kelaparan , namun ia takut untuk membawa anak ini pergi , ia takut jika ibu dan bapak dari anak ini akan datang,dan akan merasa sedih jika menemukan tempat ini dalam keadaan kosong "tapi, jika benar ibu dan bapak ini akan datang menemui anaknya bukanlah hal yang mungkin jika mereka tega membiarkan anak yang terlihat berumur 5 tahun ini tergeletak di tanah seorang diri" pikir sang kakek
Kakek tua itu sudah tidak bisa berfikir panjang lagi, yang ia inginkan saat ini hanya menenangkan anak itu, dia tahu apa yang harus ia lakukan, menaikkan anak itu di dalam becaknya dan membawanya pulang.
Saat tiba dirumah istri sang kakek sangat gembira ketika melihat anak itu, namun satu persatu pertanyaan yang membutuhkan jawaban muncul di benaknya, "kau membawa siapa kakek? Siapa nama anak ini? Mana kedua orang tuanya? "
"ini anak kecil yang ku temukan di bawah pohon saat aku sedang berniat untuk istirahat, entah siapa namanya, dan dimana orang tuanya, kakek juga tidak tahu" kakek segera menjawab pertanyaan istrinya
"kalau begitu bolehkah nenek merawat anak ini? Nenek sangat ingin merawatnya dan kita beri dia nama Adli dzaki ozora , sesuai dengan namanya smoga kelak ia bisa menjadi anak yang bijaksana cerdas dan bisa mendapatkan kekuatan dari Tuhan dalam menjalani semua cobaan yang ia hadapi"
"ide yang bagus nek, dan nama yang kau berikan padanya benar-benar bagus. Kakek juga berharap seperti itu"
Hari terus berlalu, suasana rumah suami istri itu sangat harmonis mereka sangat bahagia memiliki makhluk yang benar-benar cerdas dan lincah itu, hari-hari mereka selalu di penuhi canda dan tawa. Kakek dan dzaki sangat kompak, begitu pula dengan nenek dan dzaki ..
Sesuatu yang disadari bahwa Kalender yang diletakkan di dinding kamar terus berganti, tidak terasa kini dzaki sudah berumur 8 tahun, hal yang sangat tidak bisa di duga oleh kakek adalah ketika dzaki memberikan sebuah bisikan bernada jelas pada sang kakek ""kakek, bolehkah kita memberikan hadiah kepada nenek.. dzaki tahu nenek bukan ibu kandung dzaki, tapi dzaki sangat menyayangi nenek, dzaki ingin berterimakasih kepada nenek atas semua kasih sayang yang di berikan nenek kepada dzaki selama ini" kalimat itu di ucapkan dzaki sambil memeluk kakeknya
"trimaksih nak, hatimu benar-benar mulia, mulai saat ini mari kita kompak bekerja keras untuk membelikan nenek sebuah hadiah kecil" butiran bola air yang keluar dari mata sang kakek sudah tidak bisa dibendung lagi
Mereka terus bekerja dengan giat , sang kakek mencari uang dengan cara mengayuh becak dan mencari manusia-manusia yang membutuhkan jasa kerjanya dari pagi sampai malam , dan dzaki membantu penghasilan sang kakek dengan cara menyemir sepatu bapak-bapak yang membutuhkan tenaga kerjanya .uang yang dikumpulkan pun sedikit demi sedikit tidak terasa mulai menumpuk .
Kini Uang yang mereka kumpulkan selama ini sudah mencapai 360.000, dengan perasaan gembira dzaki mengajak kakeknya ke toko emas dan ternyata uang mereka cukup untuk membeli sebuah kalung.
Sesampainya dirumah dzaki segera memegang tangan nenek dan membawanya menuju tempat duduk yang terasa nyaman bagi mereka walau terasa tidak nyaman dan sudah tidak layak bagi orang lain. Dzaki menutup mata nenek, dan sang kakek segera memasangkan kalung itu denga penuh cinta di leher sang nenek, saat membuka tangan hangat dzaki dari matanya perasaan haru bercampur bahagia itu tiba-tiba saja muncul , air mata sang nenek mulai tak terbendung, dengan senyuman disela-sela butiran bola air yang membasahi wajahnya sang nenek hanya bisa berterimakasih kepada dzaki dan suaminya itu, selebihnya ia memeluk kakek dan dzaki dengan penuh kasih sayang.
" bagi dzaki nenek adalah ibu kandung dzaki , yang dzaki tahu surga ada di telapak kaki ibu , jadi dzaki harus berbakti sama nenek ,dzaki bersyukur bisa dibesarkan oleh kakek dan nenek, dzaki sayang nenek, ini hadiah kecil untuk surga" kata dzaki sambil mencium pipi sang nenek
Suami istri itu sangat bangga kepada dzaki , ia benar-benar anak yang baik sesuai dengan namanya adli dzaki ozora. Sejatinya bahwa kunci kehidupan adalah selalu bersabar, bagi orang-orang yang bersabar, pandai menahan amarah, selalu bersyukur dan berusaha akan selalu di beri jalan keluar oleh sang pencipta, hanya saja tempat dan waktunya terkadang msih membutuhkan waktu yang tepat .

Trending Now
Kocak ! 30 plesetan bahasa inggris yang bikin kamu senyum sendiri

Kocak ! 30 plesetan bahasa inggris yang bikin kamu senyum sendiri

Indonesia emang sarang kreativitas hal unik konyol dan lucu. Bisa aja bikin plesetan beginian dari bahasa inggris. Dikutip dari brilio.net,
439,589 views 9,254 shares
10 Spanduk Kocak Salon Potong Rambut yang Bikin Ngakak

10 Spanduk Kocak Salon Potong Rambut yang Bikin Ngakak

Demi merawat diri dan penampilan, seseorang rela menghabiskan uang dan waktu berjam-jam untuk perawatan di salon kecantikan. Sebenarnya ngga
2,846 views 0 shares
Gagal Fokus, 10 Orang Ini Tanpa Sadar Melakukan Kesalahan yang Menggelikan

Gagal Fokus, 10 Orang Ini Tanpa Sadar Melakukan Kesalahan yang Menggelikan

Ada iklan salah satu minuman air mineral yang mengatakan jika kurang air minum bisa mengurangi konsentrasi. Hal ini memang benar adanya, dal
13,942 views 620 shares
Ketika Tubuh Kuda Dijadikan Media Lukis, Keren Tapi Kasihan Juga Sih Ngeliatnya

Ketika Tubuh Kuda Dijadikan Media Lukis, Keren Tapi Kasihan Juga Sih Ngeliatnya

Dalam dunia satwa, kuda dikenal sebagai hewan yang tangguh dan bisa diandalkan. Nggak heran kalau di jaman dulu orang sering menggunakannya
4,619 views 319 shares
10 Interior Angkot yang Bikin Melongo

10 Interior Angkot yang Bikin Melongo

Semakin kesini, semakin jarang orang menggunakan kendaraan umum, karena banyak dari kita yang sudah memiliki kendaraan pribadi. Namun bebera
1,216 views 0 shares
Deretan Plesetan Kata Benda yang Bikin Bingung Sekaligus Ngakak

Deretan Plesetan Kata Benda yang Bikin Bingung Sekaligus Ngakak

Kreatifitas warganet Indonesia sudah tidak dapat diragukan lagi. Bagaimana tidak, suatu hal biasa yang terjadi di kehidupan nyata, bisa menj
12,702 views 0 shares
10 Foto Kocak yang Membuktikan Kalau Polisi Juga Manusia

10 Foto Kocak yang Membuktikan Kalau Polisi Juga Manusia

Mendengar kata polisi, yang ada dalam pikiranmu pasti sosok yang tegas, berseragam dan nggak bisa nyantai. Siapa bilang? Polisi juga manusia
9,246 views 454 shares
Dari Paling Apes sampai Menakjubkan, 8 Foto Ini Diambil Pada Momen yang Pas

Dari Paling Apes sampai Menakjubkan, 8 Foto Ini Diambil Pada Momen yang Pas

Selalu saja ada kejadian atau peristiwa unik dan nggak terduga dalam kehidupan sehari-hari. Entah karena disengaja ataupun tidak, yang jelas
16,511 views 1,150 shares
10 Momen Kendaraan Tersangkut Ini Bikin Heran

10 Momen Kendaraan Tersangkut Ini Bikin Heran

Kendaraan itu lazimnya berjalan di jalan raya. Atau bisa juga jalanan kecil yang bisa membuat kendaraan itu sendiri. Kalau kamu dengar kata
1,969 views 0 shares
10 Foto Saat Seorang Perfectionis Mengerjakan Pekerjaannya..Keren Banget!

10 Foto Saat Seorang Perfectionis Mengerjakan Pekerjaannya..Keren Banget!

Ada begitu banyak tipe orang di dunia ini Pulsker, salah satunya adalah mereka yang perfectionis atau menginginkan semuanya serba sempurna.
868,310 views 51,595 shares