12 Misteri Dalam Penerbangan Pesawat
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,572 views
12 Misteri Dalam Penerbangan Pesawat

Mungkin penumpang pesawat pernah bertanya-tanya, kenapa lampu sabuk pengaman menyala padahal tidak ada apa-apa. Atau, kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13.

Semua misteri itu diungkap!

Situs Skyscanner bersama News Australia menelusuri mitos dan misteri penerbangan dengan pesawat dan mengungkapkan faktanya. detikTravel, menghimpun beberapa yang menarik untuk kalian:

1. Apa benar sinyal ponsel bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?

Hal ini masih terus diperdebatkan. Para ahli mengatakan ponsel punya gelombang elektromagnetik yang mengganggu peralatan elektronik pesawat, walaupun beberapa kali hal itu dibantah. Untuk berjaga-jaga, pihak maskapai memilih agar para penumpang mematikan perangkat elektronik.

2. Bangku pesawat mana yang paling aman?

Ini sungguhan, ternyata memang ada bangku pesawat yang membuat penumpang lebih aman. Otoritas penerbangan AS dan University of Greenwich mewawancara 2.000 korban selamat dari 105 kecelakaan pesawat.

Kursi paling aman untuk penumpang adalah yang paling dekat pintu darurat, kemudian 5 baris sebelum dan sesudah pintu darurat. Penumpang yang duduk di depan pesawat punya 65 persen kesempatan untuk selamat, sedangkan mereka yang duduk di belakang pesawat hanya punya 53 persen kesempatan. Catat!

3. Kenapa makanan yang sama, rasanya beda kalau dimakan di pesawat?

Kalian tidak salah, makanan rasanya beda kalau dimakan di dalam penerbangan. Udara kering di kabin mempengaruhi hidung dalam mengendus aroma makanan.

Tekanan udara di kabin mengurangi sepertiga kemampuan lidah merasakan kelezatan makanan. Biasanya maskapai memang menambah garam dan bumbu untuk makanan di pesawat.

4. Amankah minum air di pesawat?

Tes dari US Environmental Protection Agency pada 2009 menunjukan 1 dari 7 pesawat air minumnya kurang bersih. Ada bakteri seperi E. coli yang bisa muncul.

Pastikan kalian melihat pramugari menuangkan air minum dari kemasan air mineral, bukan dari air minum yang ada dari tanki cadangan pesawat.

5. Apakah di pesawat bisa lebih cepat mabuk?

Tidak benar. Dr Bhushan Kapur dari Fakultas Kedokteran University of Toronto, mengatakan tingkat alkohol dalam darah penumpang pesawat tidak meningkat selama penerbangan.

Lantas kenapa penumpang yang minum alkohol di pesawat merasa cepat mabuk? Itu adalah hypoxia, kekurangan oksigen karena pengaruh berada di ketinggian dan kabin bertekanan rendah.

6. Apa yang terjadi dengan tinja dan urine di pesawat?

Pesawat tidak boleh membuang isi septik tank saat penerbangan, tapi kebocoran bisa terjadi. Pernah ada kasus "blue ice" (kotoran yang membeku setelah tercampur dengan disinfektan) yang jatuh dan menimpa atap rumah di Inggris. "Blue ice" itu ternyata berisi urine penumpang pesawat.

7. Kenapa beberapa pesawat tidak punya bangku nomor 13?

Beberapa maskapai membuang bangku nomor 13 bukan percaya takhayul, tapi justru agar penumpang yang percaya takhayul tidak ketakutan.

Maskapai yang melakukan ini adalah Air France, Emirates, Continental Airlines, Lufthansa dan Ryanair. Lufthansa juga meniadakan bangku nomor 17 karena diangap sial oleh penumpang Italia dan Brazil.

8. Kalau pesawat bebas rokok, kenapa ada asbak di toilet?

Penerbangan pesawat bebas asap rokok sudah berjalan 15 tahun, tapi semua pesawat harus punya asbak sebagai bagian dari keamanan penerbangan.

Ini gara-gara puntung rokok pernah menyebabkan kecelakaan pesawat pada 1973, sehingga aturan asbak ini dibuat untuk jaga-jaga ada penumpang yang nekat merokok dalam penerbangan.



9. Apa pramugari harus punya berat badan tertentu?

Bukan berat badan, pramugari itu harus bertubuh proporsional antara berat dan tinggi badan, bisa duduk di bangku cadangan dan muat di jendela emergency exit. Tinggi badan mereka 160-185 cm.



10. Pilot pergi ke toilet tidak?

Inilah sebabnya lampu sabuk pengaman menyala tanpa alasan apa-apa. Itu bukan turbulens. Bisa jadi itu karena pilot pergi sebentar ke toilet. Co-pilot yang menjaga penerbangan sampai rekannya kembali.

11. Apakah petir bisa menyebabkan kecelakaan pesawat?

Sejak 1967 tidak ada kasus kecelakaan pesawat akibat petir. Pesawat masa kini harus lolos ujian petir. Kalau tersambar petir, alumunium di badan pesawat akan menghantarkan listrik ke bagian ekor dan dibuang di sana.

12. Apakah masker pesawat membuat teler?

Tidak. Masker pesawat diberikan saat tekanan kabin tiba-tiba drop. Saat menghirup oksigen dari masker, beberapa penumpang sebelumnya sudah kehilangan oksigen, sehingga merasa teler.

Trending Now
[23 FOTO] ASLI KEREN! Berinteraksi dengan Goresan PENSIL!

[23 FOTO] ASLI KEREN! Berinteraksi dengan Goresan PENSIL!

Alessandro Diddi berkreasi dengan goresan pensilnya. Gambar yang dibuatnya digabungkan dengan ekspresi tubuh manusia dan benda sehari-hari s
283,234 views 10,719 shares
Greget! 10 Orang Ini Punya Makan Dengan Cara yang Berbeda

Greget! 10 Orang Ini Punya Makan Dengan Cara yang Berbeda

Sebagai manusia, kita jelas membutuhkan mekan dan beristirahat yang cukup agar tidak kekurangan energi dalam beraktifitas. Normalnya, kita m
5,541 views 264 shares
10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

10 Potret Kunci Pengamanan yang Nggak Punya Faedah Untuk Dipasang

Sangat wajar jika seseorang menyimpan barang yang ia punya dengan pengamanan ekstra agar terhindar dari pencurian. Nggak cuma mobil atau mot
28,152 views 171 shares
Aksi Kocak Seseorang Saat Liburan di Pantai, Pede Banget Nih!

Aksi Kocak Seseorang Saat Liburan di Pantai, Pede Banget Nih!

Saat liburan tiba dan ingin melepas kejenuhan pilihan kita paling utama pasti menuju pantai. Karena di pantai lah kita dapat merasakan suasa
3,238 views 168 shares
10 Photobomb Yang Bikin Kamu Sakit Perut. Nomor 3 Nggak Nyadari

10 Photobomb Yang Bikin Kamu Sakit Perut. Nomor 3 Nggak Nyadari

Photobomb merupakan aksi usil pada foto sehingga hasilnya jadi lucu bahkan tambah kacau. Foto ini bisa disengaja ataupun nggak disengaja, ba
11,884 views 746 shares
10 Plesetan Produk Dengan Bahasa Jawa Ini Isinya Guyon Banget

10 Plesetan Produk Dengan Bahasa Jawa Ini Isinya 'Guyon' Banget

Untuk memasarkan suatu produk, sebuah perusahaan nggak hanya memikirkan kualitas barangnya aja, karena sebuah kemasan menjadi sesuatu yang m
5,280 views 356 shares
10 Komik Naik Kendaraan Umum yang Bikin Kamu Tersenyum Geli

10 Komik Naik Kendaraan Umum yang Bikin Kamu Tersenyum Geli

Seseorang memerlukan kendaraan untuk menuju tempat dengan jarak yang cukup jauh. Ketika tidak memiliki kendaraan pribadi, kendaraan umum me
9,858 views 278 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
5,710 views 0 shares
10 Foto yang Diambil Sedetik Sebelum Terjadinya Kesialan

10 Foto yang Diambil Sedetik Sebelum Terjadinya Kesialan

Selain dalam pikiran, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengenang sesuatu adalah dengan mengabadikannya momen lewat jepretan kamer
232,571 views 19,965 shares
[15 FOTO] Beda Asuhan MAMA VS PAPA. Kamu Suka Diasuh yang SIAPA?

[15 FOTO] Beda Asuhan MAMA VS PAPA. Kamu Suka Diasuh yang SIAPA?

Orang tua memiliki cara sendiri-sendiri dalam mendidik anak-anaknya. Tidak perlu jauh membedakan antara orang tua anak yang satu dengan oran
294,127 views 23,347 shares