Kartu truf Indonesia sampai berani tekan Australia
Loading...
 
posted on WOW Keren
16,337 views
Kartu truf Indonesia sampai berani tekan Australia

Indonesia akhirnya berani mengambil sikap tegas atas penyadapan yang dilakukan oleh Australia. Pemerintah Indonesia sangat sakit hati lantaran Australia telah menyadap sejak 4 tahun lalu.

Padahal hubungan Indonesia dan Australia selama ini bersahabat dan saling memberi manfaat.

Kerjasama antarkeduanya sangat erat, bahkan Indonesia selalu siap membantu Australia jika tengah menghadapi masalah-masalah sulit.

Indonesia berani menekan Australia seolah telah memegang kartu trufnya. Apa sajakah itu?

1. Penghentian sementara penyelesaian perahu pencari suaka

Merdeka.com - Indonesia menghentikan sementara koordinasi penanggulangan para perahu pencari suaka atau penyelundupan manusia (people smuggling). Letak geografis antara Australia dan Indonesia yang berdekatan sangat memungkinkan penyelesaian masalah itu diatasi bersama.

Banyak kapal imigran yang singgah ke Indonesia demi mencari suaka. Begitu pun sebaliknya. Hal ini akan efektif jika ditangani bersama.

Dengan adanya penghentian sementara ini, maka akan menjadi beban bagi Australia secara sosial maupun ekonomi.

2. Masalah tahanan Australia di penjara Bali

Merdeka.com - Presiden SBY telah memberikan grasi kepada Schapelle Leigh Corby, terpidana 20 tahun asal Australia dalam kasus penyelundupan 4,1 kilogram mariyuana di Bali. Presiden memberikan grasi 5 tahun kepada Corby sehingga hukumannya menjadi 15 tahun.

Pemberian grasi terhadap Corby disebut-sebut bagian dari diplomasi antara kedua negara sahabat. Namun, dengan adanya peristiwa penyadapan ini, tampaknya SBY akan lebih berhati-hati memberikan grasi kepada narapidana asal Australia.

Selain Corby, narapidana asal negeri kanguru itu Renae Lawrence (35) narapidana asal Australia, anggota penyelundup 8,2 kg heroin atau kelompok Bali Nine.

3. Kaji kerjasama dagang, termasuk impor sapi

Merdeka.com - Menteri perdagangan Gita Wirjawan mengatakan sedang mengkaji ulang kerja sama dagang dengan Australia. Termasuk di dalamnya impor sapi.

"Tentunya kita sedang kaji ya kerjasama perdagangan, ini tentunya terkait dengan aksi penyadapan. Ini merupakan aksi yang tidak diharapkan, aksi pengkhianatan. Jadi sulit kalau kedua tetangga itu sudah tidak saling percaya satu sama lain untuk memikirkan apapun termasuk kerjasama ekonomi," ujar Gita saat ditemui di Jakarta COnvention Center,Rabu (20/11).

Selama ini, Indonesia memang tergantung dengan sapi impor dari Australia. Keberadaan Undang-Undang Nomor 18/2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, membuat pemerintah tidak memiliki sumber yang cukup untuk mendatangkan sapi.

Sebab, aturan itu menerapkan prinsip country base atau hanya membolehkan impor sapi dari negara yang terbebas Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Sehingga hanya Australia dan Selandia Baru yang bisa menjual sapinya ke Indonesia.

4. Terorisme
Dalam penanganan terorisme Australia mengirimkan sejumlah bantuan kepada Kepolisian Indonesia. Bantuan itu seperti penanganan teroris kepada Densus 88 Anti Teror, Bomb Data Center, Cyber Crime dan Satgas Penyelundupan Manusia.

Bantuan itu diberikan dalam konteks internasional penanganan terorisme. Australia tampak membutuhkan Indonesia, karena dalam hal penanganan teroris Indonesia lebih piawai ketimbang Australia.

"Kalau tidak dibantu Indonesia mereka tidak bisa juga. Kalau urusan penanganan terorisme yang canggih itu bukan Amerika dan Australia, tetapi Indonesia," ujar Anggota DPR I Gede Pasek.

Trending Now
Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Demi cinta, semua orang rela melakukan pengorbanan apapun untuk pasangannya. Mereka cenderung tidak ingin pasangannya sedih bahkan terluka.
59,180 views 5,167 shares
10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dan membuat makanan yang lezat. Berbicara tentang makanan, pasti nggak lepas dar
3,490 views 0 shares
10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

Setiap orang sudah memiliki pasangan, pasti ingin hubungannya berlanjut ke bahtera pernikahan. Bagi orang Indonesia sendiri, pernikahan buka
9,552 views 0 shares
10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

Kendaraan saat ini sudah tidak bisa lagi dibilang sebagai kebutuhan sekunder, karena tanpa sebuah kendaraan mobilitas manusia akan susah. Se
11,695 views 0 shares
10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

Bagi kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk pasti nggak asing dengan jalanan yang sempit atau kecil. Biasanya jalanan ini hanya bisa
3,128 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
12,494 views 0 shares
10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dengan enak. Tapi sebenarnya yang namanya rasa makanan itu relatif, jadi nggak s
2,995 views 0 shares
10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

Selain kewajiban bagi para laki-laki yang memasuki akil baligh, khitan juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Kalau jaman dulu khitan
5,603 views 0 shares
MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

Pulsker, kalau selama ini kamu berpikir cuman angkutan umum di luar negeri yang bisa bagus, siap-siap melongo deh. Angkutan umum Indonesia,
226,234 views 9,337 shares