Kartu truf Indonesia sampai berani tekan Australia
Loading...
 
posted on WOW Keren
16,245 views
Kartu truf Indonesia sampai berani tekan Australia

Indonesia akhirnya berani mengambil sikap tegas atas penyadapan yang dilakukan oleh Australia. Pemerintah Indonesia sangat sakit hati lantaran Australia telah menyadap sejak 4 tahun lalu.

Padahal hubungan Indonesia dan Australia selama ini bersahabat dan saling memberi manfaat.

Kerjasama antarkeduanya sangat erat, bahkan Indonesia selalu siap membantu Australia jika tengah menghadapi masalah-masalah sulit.

Indonesia berani menekan Australia seolah telah memegang kartu trufnya. Apa sajakah itu?

1. Penghentian sementara penyelesaian perahu pencari suaka

Merdeka.com - Indonesia menghentikan sementara koordinasi penanggulangan para perahu pencari suaka atau penyelundupan manusia (people smuggling). Letak geografis antara Australia dan Indonesia yang berdekatan sangat memungkinkan penyelesaian masalah itu diatasi bersama.

Banyak kapal imigran yang singgah ke Indonesia demi mencari suaka. Begitu pun sebaliknya. Hal ini akan efektif jika ditangani bersama.

Dengan adanya penghentian sementara ini, maka akan menjadi beban bagi Australia secara sosial maupun ekonomi.

2. Masalah tahanan Australia di penjara Bali

Merdeka.com - Presiden SBY telah memberikan grasi kepada Schapelle Leigh Corby, terpidana 20 tahun asal Australia dalam kasus penyelundupan 4,1 kilogram mariyuana di Bali. Presiden memberikan grasi 5 tahun kepada Corby sehingga hukumannya menjadi 15 tahun.

Pemberian grasi terhadap Corby disebut-sebut bagian dari diplomasi antara kedua negara sahabat. Namun, dengan adanya peristiwa penyadapan ini, tampaknya SBY akan lebih berhati-hati memberikan grasi kepada narapidana asal Australia.

Selain Corby, narapidana asal negeri kanguru itu Renae Lawrence (35) narapidana asal Australia, anggota penyelundup 8,2 kg heroin atau kelompok Bali Nine.

3. Kaji kerjasama dagang, termasuk impor sapi

Merdeka.com - Menteri perdagangan Gita Wirjawan mengatakan sedang mengkaji ulang kerja sama dagang dengan Australia. Termasuk di dalamnya impor sapi.

"Tentunya kita sedang kaji ya kerjasama perdagangan, ini tentunya terkait dengan aksi penyadapan. Ini merupakan aksi yang tidak diharapkan, aksi pengkhianatan. Jadi sulit kalau kedua tetangga itu sudah tidak saling percaya satu sama lain untuk memikirkan apapun termasuk kerjasama ekonomi," ujar Gita saat ditemui di Jakarta COnvention Center,Rabu (20/11).

Selama ini, Indonesia memang tergantung dengan sapi impor dari Australia. Keberadaan Undang-Undang Nomor 18/2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan, membuat pemerintah tidak memiliki sumber yang cukup untuk mendatangkan sapi.

Sebab, aturan itu menerapkan prinsip country base atau hanya membolehkan impor sapi dari negara yang terbebas Penyakit Kuku dan Mulut (PMK). Sehingga hanya Australia dan Selandia Baru yang bisa menjual sapinya ke Indonesia.

4. Terorisme
Dalam penanganan terorisme Australia mengirimkan sejumlah bantuan kepada Kepolisian Indonesia. Bantuan itu seperti penanganan teroris kepada Densus 88 Anti Teror, Bomb Data Center, Cyber Crime dan Satgas Penyelundupan Manusia.

Bantuan itu diberikan dalam konteks internasional penanganan terorisme. Australia tampak membutuhkan Indonesia, karena dalam hal penanganan teroris Indonesia lebih piawai ketimbang Australia.

"Kalau tidak dibantu Indonesia mereka tidak bisa juga. Kalau urusan penanganan terorisme yang canggih itu bukan Amerika dan Australia, tetapi Indonesia," ujar Anggota DPR I Gede Pasek.

Trending Now
10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

Jaman dulu mengabadikan momen melalui foto adalah hal yang mewah. Kita harus memiliki kamera terlebih dahulu agar bisa menciptakan momen mel
6,502 views 0 shares
10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

Musim hujan telah tiba. Ada pepatah mengatakan jika "sedia payung sebelum hujan". Hal itulah yang harus kita persiapkan ketika musim hujan t
18,335 views 0 shares
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
308,795 views 23,460 shares
14 PLAT NOMER KENDARAAN UNIK DAN LUCU DI INDONESIA

14 PLAT NOMER KENDARAAN UNIK DAN LUCU DI INDONESIA

Indonesia tidak kalah kreatif dalam memilih nomer cantik, entah itu nomer telpon ataupun plat nomer. Meskipun biayanya mahal tapi tetap saja
288,148 views 7,312 shares
10 Status Orang Ambil Foto di Google yang Bikin Malu

10 Status Orang Ambil Foto di Google yang Bikin Malu

Awalnya media sosial tercipta untuk hiburan semata. Menyenangkan, kita bisa bermain media sosial hingga mengenal banyak orang di dunia maya.
598,733 views 0 shares
PENEMUAN-PENEMUAN WOW Jepang Yang NYELENEH tapi CERDAS Luar Biasa!

PENEMUAN-PENEMUAN WOW Jepang Yang NYELENEH tapi CERDAS Luar Biasa!

Jepang! gak abis-abis ngomongin negara nyelempit mirip kue semprit dan bermata sipit ini. selain terkenal dengan kekuatan agresinya pada mas
291,861 views 7,283 shares
10 Spanduk Pecel Lele yang Isinya Nyeleneh

10 Spanduk Pecel Lele yang Isinya Nyeleneh

Setiap orang pasti punya makanan favoritnya masing-masing.cara membuat orang Indonesia, biasanya makanan yang bikin lahab adalah lalapan dan
10,733 views 0 shares
10 Chat Kocak Orang Tua dengan Anak Ini Bikin Senyum-Senyum Sendiri

10 Chat Kocak Orang Tua dengan Anak Ini Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Jaman sekarang, dengan adanya kemajuan teknologi kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain tanpa bertemu langsung dengannya. K
579,200 views 2,710 shares
Ngakak ! Korban Iklan Ini Ngga Sesuai Sama Kenyataan!

Ngakak ! Korban Iklan Ini Ngga Sesuai Sama Kenyataan!

Iklan memang salah satu sarana promosi dalam strategi pemasaran produk. Sehingga sangat wajar dalam sebuah iklan, yang ditampilkan pastilah
442,740 views 17,421 shares
10 Tulisan Peraturan yang Isinya Ngaco Banget

10 Tulisan Peraturan yang Isinya Ngaco Banget

Biasanya peraturan dibuat agar hidup kita lebih teratur dan terarah. Peraturan sendiri ada yang tertulis maupun tidak tertulis. Peraturan te
5,141 views 0 shares