INILAH MAKANAN INDONESIA TERSOHOR DI DUNIA
Loading...
 
posted on WOW Keren
21,540 views
INILAH MAKANAN INDONESIA TERSOHOR DI DUNIA

Selain kekayaan seni dan budaya, Indonesia dikenal memiliki keragaman kuliner yang membuat lidah bergoyang. Sate, nasi goreng, nasi padang, nasi rames, dan rendang adalah sederet sajian nusantara yang sohor di mancanegara.
nasi goreng"Di Belanda, ada hampir 1.000 restoran yang menyajikan masakan Indonesia.

Di New York, nasi padang dan nasi rames yang paling berkembang dan dikenal," kata Dirjen Kerja Sama ASEAN, Djauhari Oratmangun, dalam sebuah perbincangan pekan lalu. "Di Eropa, banyak restoran Indonesia masuk dalam daftar restoran terbaik."
Chef Yonki Gunawan, koordinator Indonesian Chef Association (ICA), sepakat bahwa banyak masakan Indonesia yang dikenal masyarakat dunia. "Masakan Indonesia yang paling dikenal rendang dan nasi goreng. Kue yang paling dikenal lapis legis dan roti bluder, yang justru dipopulerkan orang-orang Belanda," ujarnya.
Mengandalkan kekuatan rempah, kuliner Indonesia kerap mendapat klaim sebagai sajian paling berbumbu ke-2 setelah India. Kelihaian memadukan rempah inilah yang kemudian menjadikan masakan Indonesia terkesan unik dan sulit ditiru.
Tak berlebihan jika kuliner nusantara mendapat perhatian serius agar lestari. Promosi tak boleh putus agar kuliner nusantara tak "dicuri" bangsa lain. Salah satu promosi yang efektif antara lain melalui keterlibatan di festival kuliner internasional.
"Kami sering ikut festival makanan internasional di luar negeri, biasanya dilakukan oleh teman-teman dari kedutaan. Terakhir kita ikut festival masakan internasional di Thailand," ujar Djauhari.
Keikutsertaan festival makanan internasional menjadi penting di tengah menjamurnya restoran-restoran yang menyajikan masakan internasional di tanah air, serta banyaknya chef-chef internasional yang datang untuk mempelajari kuliner nusantara. Ini bisa menjadi ancaman jika kita enggan melestarikannya.
Meski demikian, Djauhari optimistis bahwa masakan Indonesia akan tetap dikenal sebagai masakan khas Indonesia, tanpa takut "dicuri" negara lain. "Memang mendaftarkan pada UNESCO sangat perlu, tapi yang paling penting adalah kita melestarikannya dan mempromosikannya sebagai bagian dari budaya Indonesia," ucapnya.
Selain selalu ikut serta dalam festival masakan internasional di luar negeri, kementrian luar negeri juga berusaha mengadakan festival kuliner internasional di tanah air. Tujuannya, menyebarkan budaya kepada masyarakat Indonesia dan perwakilan negara lain.
Festival terdekat adalah "ASEAN Plus Culinary Festival" yang akan diadakan di La Piazza Kelapa Gading, 16-18 September mendatang. Selain menu-menu nusantara yang kaya rempah, festival juga menyajikan masakan dari negara-negara ASEAN dan mitra dialognya seperti China, Jepang, Pakistan, New Zealand, dan India.
Terlepas niat melestarikan makanan tradisional masing-masing negara, festival kuliner internasional juga bertujuan semakin mempererat hubungan masyarakat dunia. Mungkin istilahnya, dari perut naik ke hati. "Rasa cinta bisa datang dari makanan," ujar Djauhari.

Trending Now
10 Gambar Pada Spanduk Jualan yang Bikin Gagal Paham

10 Gambar Pada Spanduk Jualan yang Bikin Gagal Paham

Spanduk menjadi salah satu media yang sering digunakan untuk mempromosikan barang yang dijual oleh pedagang. Biasanya spanduk ini berisi fot
680 views 0 shares
Hasil CROP Foto yang Mengubah Segalanya, Siap Siap Kagum Deh Lihatnya

Hasil "CROP" Foto yang Mengubah Segalanya, Siap Siap Kagum Deh Lihatnya

Semakin banyaknya penggunaan sosial media, semakin banyak orang mengupload foto biasanya mereka memilih fotonya diedit, crop, filter agar t
754,060 views 5,627 shares
12 Fakta Tentang Belanja Online yang Bisa Bikin Kamu Geregetan

12 Fakta Tentang Belanja Online yang Bisa Bikin Kamu Geregetan

Tekhnologi yang semakin maju di era sekarang bisa bikin semuanya serba instan. Pesan makan dengan online dan dikirim dengan ojek online juga
768,340 views 49,701 shares
10 Chat Dengan Cewek Matre yang Endingnya Greget Banget

10 Chat Dengan Cewek Matre yang Endingnya Greget Banget

Setiap pria pasti memiliki kriteria sendiri untuk menjadikan seorang wanita sebagai pasangannya. Salah satunya, mereka nggak ingin punya pas
1,256 views 0 shares
10 Status Facebook Salah Paham Ini Bikin Tepuk Jidat

10 Status Facebook Salah Paham Ini Bikin Tepuk Jidat

Sebagai manusia, kesalahpahaman adalah hal yang biasa. Biasanya hal ini terjadi karena miskomunikasi ketika melihat atau ngobrolin sesuatu.
161,926 views 0 shares
10 Kelakuan Absurd Para Tukang yang Bikin Ngakak

10 Kelakuan Absurd Para Tukang yang Bikin Ngakak

Jika kamu familiar dengan ungkapan kuproy atau kepanjangannya yaitu kuli proyek, belakangan ungkapan ini menjadi goyonan di media sosial, ka
1,496 views 0 shares
[11 Gambar Lucu] Model Busana Wanita Masa Kini

[11 Gambar Lucu] Model Busana Wanita Masa Kini

Indonesia memiliki selera berbusana yang cukup unik terutama pada wanitanya. Mereka menggabungkan berbagai selera berbusana dari berbagai co
771,647 views 17,869 shares
25 Gambar perubahan zaman ini bikin tersentuh anak muda zaman sekarang .

25 Gambar perubahan zaman ini bikin tersentuh anak muda zaman sekarang .

Pacaran zaman dulu ngobrol berdua di meja sambil makan malam romantis. Sekarang mah, PACARAN SAMA HAPE!! Cieee, yang kangen masa lalu
839,674 views 24,936 shares
10 Status Facebok Salah Bahasa Ini Bikin Tepuk Jidat

10 Status Facebok Salah Bahasa Ini Bikin Tepuk Jidat

Kita belum tahu pasti ada berapa banyak bahasa yang digunakan oleh para penduduk di dunia. Di Indonesia saja,hampir setiap suku memiliki bah
233,709 views 0 shares