The Flying Dutchman, Kisah Kapal Hantu Paling Populer
Loading...
 
posted on WOW Keren
3,618 views
The Flying Dutchman, Kisah Kapal Hantu Paling Populer

Pernah dengar The Flying Dutchman? Inilah legenda urban, sebuah kisah kapal hantu yang boleh jadi paling populer. Apalagi namanya sering disebut dan dipakai dalam berbagai film.

Menurut sakibul hikayat, The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi tujuh lautan selamanya.

Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan , kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup.Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa sumber, Legenda ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel The Phantom Ship (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda Het Vliegend Schip (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Rmer.

Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan The Flying Dutchman on Tappan Sea oleh Washington Irving (1855).

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten Ramhout Van Dam atau Van der Decken) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa.

Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun di tengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk,sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan .

Tetapi sang kapten tidak mau ,lalu dia berkata aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuan , atau ia beserta semua awak kapal akan terkutuk selamanya.

Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam. Dan terkutuklah sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya.

Konon , Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.

Sumber lain juga menyebutkan munculnya penyakit berbahaya di kalangan awak kapal sehingga mereka tidak diijinkan untuk berlabuh dipelabuhan manapun .

Sejak itu, kapal dan awaknya dihukum untuk selalu berlayar, tidak pernah berlabuh/menepi. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau
1729.

Selama berabad abad, legenda The Flying Dutchman menjadi sumber inspirasi para sastrawan dan novelis. Sejak tahun 1826 Edward Fitzball telah menulis novel The Pantom Ship (1837) yang diangkat dari pengalaman bertemu dengan kapal seram ini.
Banyak pujangga terkenal seperti Washington Irving dan Sir Walter Scott juga tertarik mengangkat legenda ini.


Pengakuan Masyarakat
Banyak saksi yang mengaku telah melihat kapal hantu ini. Pada tahun 1939 kapal ini terlihat di Mulkzenberg. Pada tahun 1941 sekelompok orang di pantai Glencairn menyaksikan kapal berlayar yang tiba tiba lenyap ketika akan menubruk batu karang.
Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.
Bahkan ada suatu catatan kisah tentang pelayaran Christoper Columbus,waktu itu awak kapal Columbus melihat sebuah kapal terkatung katung dengan layar mengembang. Setelah melihatnya, awak kapal tersebut langsung tewas.

Mitos akhir-akhir ini juga mengisahkan apabila suatu kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern memberi sinyal, maka kapal modern itu akan tenggelam / celaka.

Bagi seorang pelaut , pertemuan yang tak diduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya bagi mereka.

Beberapa Laporan Penampakan The Flying Dutchman yang sempat didokumentasikan :

1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.

1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya , salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.

1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

1939 : kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang.

1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.
1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.

1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporkan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.


Cara Menangkalnya
Konon, ada suatu cara untuk mengelak dari kemungkinan berpapasan dengan kapal hantu tersebut. Caranya dengan memasang tapal kuda di tiang layar kapal sebagai perlindungan.

#FD

Trending Now
10 Chat Pembeli Olshop yang Bikin Penjual Gregetan

10 Chat Pembeli Olshop yang Bikin Penjual Gregetan

Sebagai pedagang, setiap hari pasti menunggu pelanggan untuk membeli barang yang mereka jual. Tidak terkecuali dengan penjual online shop. P
77,242 views 0 shares
10 Pertanyaan Warganet yang Isinya Super Absurd

10 Pertanyaan Warganet yang Isinya Super Absurd

Media sosial saat ini sudah menjadi tempat dimana para penggunanya bisa melakukan apapun. Nggak cuma untuk mengunggah foto atau status aja,
955 views 0 shares
10 Tipe Jodoh ala Warganet yang Bikin Kamu Mundur Teratur

10 Tipe Jodoh ala Warganet yang Bikin Kamu Mundur Teratur

Rejeki, maut dan jodoh adalah rahasia sang Ilahi. Tapi kalau kita tidak berusaha, gimana bisa jodoh dekat dengan kita. Paling nggak, kita ha
6,135 views 0 shares
Kumpulan Pesanan Ojek Online Ini Bikin Ngakak

Kumpulan Pesanan Ojek Online Ini Bikin Ngakak

Dijaman yang udah modern ini, ojek online sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Apalagi buat mereka yang malas membawa kendaraan sendiri
7,074 views 0 shares
10 Chat Gagal Nipu yang Bikin Tersenyum Kecut

10 Chat Gagal Nipu yang Bikin Tersenyum Kecut

Pandemi yang sampai saat ini kita rasakan begitu berpengaruh kepada urusan pekerjaan. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena efek Cor
3,232 views 0 shares
9 Chat Ditolak Mentah-mentah Sama Gebetan yang Bikin Kasihan

9 Chat Ditolak Mentah-mentah Sama Gebetan yang Bikin Kasihan

Jatuh cinta adalah hal yang manusiawi. Bahkan kita bisa jatuh cinta dengan seseorang tanpa pernah bertemu sebelumnya. Apalagi dengan adanya
1,293 views 0 shares
10 Tingkah Konyol Orang-Orang Dengan Patung Ini Bikin Kita Nyengir

10 Tingkah Konyol Orang-Orang Dengan Patung Ini Bikin Kita Nyengir

Patung adalah benda yang biasanya dipajang ditempat umum dengan berbagai bentuk, seperti hewan hingga manusia. Biasanya patung dibuat untuk
516,601 views 14,473 shares
8 Meme Test Mata Saat Puasa yang Bikin Gagal Fokus

8 Meme Test Mata Saat Puasa yang Bikin Gagal Fokus

Saat ini kita sedang memasuki bulan suci Ramadan, dimana para umat muslim sedunia sedang menjalankan ibadah puasa. Selama menjalankan puasa,
1,186 views 0 shares
10 Momentum Orang Akan Terjatuh yang Bikin Tutup Mata

10 Momentum Orang Akan Terjatuh yang Bikin Tutup Mata

Sebagian orang percaya nggak ada yang namanya hari sial. Tapi sayangnya, ada saja hal-hal yang membuat kita mengalami kesialan. Mungkin kare
3,688 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
9,050 views 0 shares