Mengapa saat bersin Mata tertutup ?
Loading...
 
posted on WOW Keren
3,063 views
Mengapa saat bersin Mata tertutup ?

Tahukah Kamu ?- Bermacam-macam penyebab bersin, bisa karena alergi, kemasukan debu, karena dikorekin mungkin, atau karena sedang flu. Tetapi, hampir dipastikan, saat bersin semua orang matanya selalu tertutup, dan sangat mustahil bersin dengan mata terbuka, apalagi melotot.

Kenapa demikian, yah? Banyak nih temen yang bilang kalo bersin itu matanya tertutup supaya matanya nggak lompat keluar, hahahah, lucu juga sih tapi baca aja nih biar lebih jelassss. buka dikit JOSSS

Dalam istilah medis bersin adalah "sternutatory reflex", yaitu suatu refleks yang membuat seseorang bersin. Bersin merupakan suatu kegiatan yang positif, karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut, dan tenggorakan).
Meskipun terlihat sederhana, bersin merupakan salah satu tindakan tubuh yang sangat rumit. Secara teknis bersin diproduksi bila adanya kontak dengan iritasi di mukosa hidung, sehingga merangsang saraf trigeminal. Nantinya, bisa merangsang pons dan medullai di otak, yang pada gilirannya memicu reaksi saraf tambahan.
Selama bersin, seperti dikutip dari Theregister.co.uk, akan terjadi stress yang luar biasa pada tubuh, tekanan udara yang cukup penting terletak pada mata.
Tekanan tambahan tersebut memang tidak akan membuat mata copot atau keluar, tapi akan membuat mata merasa tidak nyaman. Sehingga, secara refleks seseorang akan menutup matanya saat bersin sebagai bentuk perlindungan.
Selain itu, adanya dorongan saat seseorang akan bersin mempengaruhi berbagai organ tubuh termasuk perut, dada, leher, dan wajah.
Saat bersin impuls atau rangsangan akan berjalan melalui wajah seseorang yang juga menyebabkan kelopak mata menutup atau berkedip. Respons ini bersifat otomatis atau tidak bisa dikontrol.
Banyak memang beredar mitos seputar bersin, diantaranya :
1. Pada zaman kuno banyak orang yang mempercayai, bahwa jiwa seseorang terbuat dari udara dan berada di dalam kepala. Karenanya, bersin dianggap sebagai sebuah kegiatan yang akan mengusir jiwa seseorang.
2. Pada abad pertengahan, beredar mitos yang menuturkan, bahwa sakit sedikit saja bisa menimbulkan kematian, sehingga masyarakat menganggap, bahwa suara bersin adalah sesuatu yang menakutkan. Dan masyarakat berusaha untuk melindungi hidungnya dari sebuah penyakit atau kematian.
3. Saat ini beberapa orang mempercayai, bahwa jantung akan berhenti saat seseorang bersin, hal ini adalah mitos. Diduga mitos ini berkembang karena saat bersin dada akan mengembang, tekanan terbangun, dan kemudian dilepaskan oleh dada. Perubahan tekanan ini bisa menyebabkan perubahan dalam aliran darah yang menyebabkan perubahan irama jantung.
Saat seseorang bersin, maka lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 161 km/jam. Karena itu, sebaiknya masyarakat tidak perlu menahan bersin, karena ada bahaya-bahaya tertentu yang bisa terjadi jika bersin tersebut ditahan.

Trending Now
10 Aksi Kemanusiaan Ditengah Virus Corona yang Bikin Haru

10 Aksi Kemanusiaan Ditengah Virus Corona yang Bikin Haru

Awal tahun 2020 adalah massa yang cukup berat bagi masyarakat dunia. Karena seperti yang kita tahu, kita sedang dihadapkan dengan musuh yang
2,161 views 0 shares
PILIH SATU! Kendaraan Yang Pasti Kamu Pengen Punya!

PILIH SATU! Kendaraan Yang Pasti Kamu Pengen Punya!

Pulsker, selama ini kita pasti deh punya kendaraan idaman. Baik yang beneran ada ataupun yang imajiner. Jangan salah loh, beberapa kendaraan
45,628 views 1,666 shares
10 Kejadian Kocak yang Hanya Dilakukan Oleh Orang Indonesia

10 Kejadian Kocak yang Hanya Dilakukan Oleh Orang Indonesia

Udah menjadi rahasia umum kalau orang Indonesia itu sangat ramah, jago basa basi dan sangat bersahabat, walaupun terkadang ada maunya sih.
20,492 views 562 shares
6 Selebriti Ini Mempunyai Anak Kembar Yang Ngegemesin

6 Selebriti Ini Mempunyai Anak Kembar Yang Ngegemesin

Setiap pernikahan pasti menginginkan adanya buah hati yang bisa melengkapi keluarganya, an beberapa orang beranggapan bahwa keluarga tanpa a
10,301 views 559 shares
8 Himbauan "Kamu Di rumah ya" yang Ujungnya Bikin Baper

8 Himbauan "Kamu Di rumah ya" yang Ujungnya Bikin Baper

Sampai saat ini hal yang paling masyarakat dunia kawatirkan adalah epidemi virus Corona yang semakin hari angkanya semakin meningkat. Pemeri
2,364 views 0 shares
Hal-Hal Unik yang Mungkin Belum Kamu Lihat Sebelumnya

Hal-Hal Unik yang Mungkin Belum Kamu Lihat Sebelumnya

Selalu saja ada kejadian atau peristiwa unik dan nggak terduga di dunia. Entah karena disengaja ataupun tidak, yang jelas kejadian tersebut
4,612 views 0 shares
10 Chat Mahasiswa dengan Dosen yang Isinya Bikin Mikir Keras

10 Chat Mahasiswa dengan Dosen yang Isinya Bikin Mikir Keras

Menjadi mahasiswa rasanya emang beda banget dengan kita dulu saat menjadi siswa di sekolah. Jika dulu guru selalu mengatur dan mengarahkan a
9,499 views 0 shares
10 Karya Lucu yang terbuat dari Tulang Ayam KFC, bikin NGakak !

10 Karya Lucu yang terbuat dari Tulang Ayam KFC, bikin NGakak !

Sungguh terlalu jika kamu gak tau ayam KFC yang gerainya hingga di seluruh kota di Dunia. Bagi kamu yang suka makan ayam goreng KFC, setel
85,087 views 11,738 shares
10 Foto Tentang Aliran Listrik Ini Bikin Ngeri dan Gagal Paham

10 Foto Tentang Aliran Listrik Ini Bikin Ngeri dan Gagal Paham

Nggak bisa dipungkiri jika kebutuhan manusia di jaman sekarang adalah, sandang, pangan dan chasan atau charger HP. Kayanya HP adalah salah s
7,946 views 15 shares
Pengorbanan Seorang Cowok yang Super Kocak Sekaligus Bikin Baper Pada Pasangannya

Pengorbanan Seorang Cowok yang Super Kocak Sekaligus Bikin Baper Pada Pasangannya

Dalam menjalani sebuah hubungan, sikap saling dukung sangatlah dibutuhkan Pulsker. Selain itu yang terpenting adalah sikap dan pengorbanan a
6,371 views 0 shares