Titip Absen (TA)
Loading...
 
posted on Everything in Life
7,587 views
Titip Absen (TA)

X : Bro titip absen ya"
Y : Oke bro. Lo sakit bro?"
X : Enggak bro, gue lagi sibuk"
Y : Sibuk apa bro?"
X : Sibuk tidur bro, buat mewujudkan mimpi gue"
Y : -_____- "

Itulah sepenggal smsan 2 orang mahasiswa jangkrik yang sedang bertransaksi titip absen senilai 2 SKS .



Hhmm....

Siapa sih yang enggak tahu titip absen.
Titip absen atau bahasa gaulnya TA ( jangan ditambah i ) adalah salah satu fenomena yang banyak terjadi di dunia mahasiswa.

Gue yakin sebagian besar dari kalian (mahasiswa) pasti pernah melakukan titip absen dan ada yang berbisnis joki titip absen dengan omset 10 SKS perhari. Ada mitos, kuliah tanpa titip absen itu ibarat sayur tanpa micin (karena micin lebih enak dari garam)

Salah satu penyebab munculnya titip absen adalah adanya batas minimal jumlah absen buat ujian dan si mahasiswa berhalangan buat berangkat ke kuliah. Kalo jumlah absen kuliah kurang dari batas minimal itu berarti adek angkatan 4 tingkat yang unyu-unyu udah siap menemani kuliah kalian tahun depan. Batas minimal absen di kampus gue adalah kebijakan dari bagian akdemik. Sedangkan dosen gue sendiri banyak yang tidak mempermasalahkan absen. Tapi gue berpikir positif, mungkin gue di luar sana adalah orang yang sangat terkenal, sampai-sampai orang akademik selalu minta tanda tangan gue saat kuliah untuk dijadikan koleksi.

Menurut mitos holic, di mana ada hitam di sana pasti ada putih. Begitu juga dalam batas minimal jumlah absen. Di mana ada batas minimal absen, di sana juga ada jatah libur buat mahasiswa. Sayangnya banyak mahasiwa yang tidak menyadari ini.
Contohnya, saat batas minimal jumlah absen kamu 75 persen untuk ujian itu artinya ada 25 persen libur yang bisa kamu manfaatkan. Jadi kalau ada 16 pertemuan kuliah dalam 1 semester, ada 4 pertemuan yang bisa kamu pakai buat liburan.

Tapi Kenapa Masih Saja Titip Absen?

Namanya manusia, selalu merasa kurang. Udah dikasih jatah libur masih aja titip absen. Menurut gue ada 2 hal yang membuat mahasiswa gag berangkat kuliah lalu titip absen.
Pertama, Sibuk.
Alasan paling gampang kalo titip absen sama temen "gue lagi sibuk bro" entah sibuk ngerjain
tugas, sibuk organisasi sibuk ngepel jalanan kampus, sibuk males-malesan, dll, penting atau
enggaknya kesibukan itu yang penting alesannya sibuk #sikap .

Kedua adalah gagal menggunakan jatah libur secara tepat.
Saat awal kuliah banyak yang masih males-malesan lalu menggunakan jatah libur mereka secara
berlebihan. Hasilnya pas menjelang akhir semester dimana tugas datang bertubi-tubi, mereka
terpaksa bolos kuliah buat ngerjain tugas mata kuliah lain lalu titip absen karena jatah libur
mereka udah habis.

Dan menurut gue titip absen adalah bagian dari korupsi absen. Jadi buat kalian mahasiswa yang doyan demo anti korupsi, konsisntenlah dengan tidak titip absen. Atau jangan-jangan ada yang titip absen buat demo anti korupsi -_____-

*Gambar lebih jelas disini*

Pada akhirnya gue gag ingin mempermasalahkan kalian mau titip absen atau enggak. Gue cuma ingin saling mengingatkan kalau
Tugas utama mahasiswa itu sibuk kuliah dan belajar

Trending Now
Dibalik Romantisnya Foto PREWED, Ternyata Prosesnya LUCU juga !

Dibalik Romantisnya Foto PREWED, Ternyata Prosesnya LUCU juga !

Setiap orang pasti menginginkan acara pernikahannya menjadi moment romantis yang bisa teringat sampai kapanpun. Salah satu cara yang belakan
232,313 views 68,555 shares
28 Foto Operasi Plastik Orang Korea yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

28 Foto Operasi Plastik Orang Korea yang Bikin Kamu Geleng-geleng Kepala

Memiliki wajah yang sempurna merupakan impian bagi banyak orang. Namun hal itu kadang tidak dapat dinikmati oleh semua orang. Karena setiap
233,192 views 3,232 shares
10 Alasan Kocak Driver Ojol yang Cancel Orderan

10 Alasan Kocak Driver Ojol yang Cancel Orderan

Nggak bisa dipungkiri jika teknologi saat ini sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari, salah satunya adalah ojek online. Ya, keb
107,033 views 0 shares
10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dan membuat makanan yang lezat. Berbicara tentang makanan, pasti nggak lepas dar
434 views 0 shares
10 Foto yang Diambil Sedetik Sebelum Terjadinya Kesialan

10 Foto yang Diambil Sedetik Sebelum Terjadinya Kesialan

Selain dalam pikiran, salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengenang sesuatu adalah dengan mengabadikannya momen lewat jepretan kamer
241,986 views 19,965 shares
WOW Ternyata Gitu !! Foto-Foto Film Terkenal Sebelum Ditambah Efek Visual

WOW Ternyata Gitu !! Foto-Foto Film Terkenal Sebelum Ditambah Efek Visual

Kamu suka nonton film? Pasti banyak yang bilang suka nih. Pada tau belum sih kalo ternyata film-film sebelum dikasih efek visual malah kelia
242,642 views 7,141 shares
Nggak Semua yang Kamu Lihat Di Sosmed Itu Benar, Ini Buktinya!

Nggak Semua yang Kamu Lihat Di Sosmed Itu Benar, Ini Buktinya!

Dengan adanya media sosial, hampir setiap orang memamerkan semua momen yang mereka rasakan melalui foto lalu mengunggahnya. Dan terkadang ha
242,643 views 48,219 shares
10 Kegagalan Desain Bangunan yang Bikin Bingung plus Ngakak

10 Kegagalan Desain Bangunan yang Bikin Bingung plus Ngakak

Arsitek adalah pekerjaan yang mendesain suatu bangunan seperti rumah, gedung atau fasilitas umum lainnya. Dalam pekerjaannya arsitek harus
242,637 views 8,130 shares
9 Status Bocah di Facebook Ini Bikin Miris Dan Tepuk Jidat

9 Status Bocah di Facebook Ini Bikin Miris Dan Tepuk Jidat

Jika melihat fenomena media sosial saat ini, isinya bukan hanya digunakan oleh orang-orang dewasa aja, tapi banyak sekali anak-anak di bawa
849,869 views 0 shares
10 Tulisan Lucu di Belakang Truk yang Bikin Kita Tersenyum Kecut

10 Tulisan Lucu di Belakang Truk yang Bikin Kita Tersenyum Kecut

Salah satu ciri khas kendaraan umum di Indonesia adalah tulisan yang ditempel pada tubuh kendaraan. Yang paling sering kita jumpai adalah tu
471 views 0 shares