Titip Absen (TA)
Loading...
 
posted on Everything in Life
7,545 views
Titip Absen (TA)

X : Bro titip absen ya"
Y : Oke bro. Lo sakit bro?"
X : Enggak bro, gue lagi sibuk"
Y : Sibuk apa bro?"
X : Sibuk tidur bro, buat mewujudkan mimpi gue"
Y : -_____- "

Itulah sepenggal smsan 2 orang mahasiswa jangkrik yang sedang bertransaksi titip absen senilai 2 SKS .



Hhmm....

Siapa sih yang enggak tahu titip absen.
Titip absen atau bahasa gaulnya TA ( jangan ditambah i ) adalah salah satu fenomena yang banyak terjadi di dunia mahasiswa.

Gue yakin sebagian besar dari kalian (mahasiswa) pasti pernah melakukan titip absen dan ada yang berbisnis joki titip absen dengan omset 10 SKS perhari. Ada mitos, kuliah tanpa titip absen itu ibarat sayur tanpa micin (karena micin lebih enak dari garam)

Salah satu penyebab munculnya titip absen adalah adanya batas minimal jumlah absen buat ujian dan si mahasiswa berhalangan buat berangkat ke kuliah. Kalo jumlah absen kuliah kurang dari batas minimal itu berarti adek angkatan 4 tingkat yang unyu-unyu udah siap menemani kuliah kalian tahun depan. Batas minimal absen di kampus gue adalah kebijakan dari bagian akdemik. Sedangkan dosen gue sendiri banyak yang tidak mempermasalahkan absen. Tapi gue berpikir positif, mungkin gue di luar sana adalah orang yang sangat terkenal, sampai-sampai orang akademik selalu minta tanda tangan gue saat kuliah untuk dijadikan koleksi.

Menurut mitos holic, di mana ada hitam di sana pasti ada putih. Begitu juga dalam batas minimal jumlah absen. Di mana ada batas minimal absen, di sana juga ada jatah libur buat mahasiswa. Sayangnya banyak mahasiwa yang tidak menyadari ini.
Contohnya, saat batas minimal jumlah absen kamu 75 persen untuk ujian itu artinya ada 25 persen libur yang bisa kamu manfaatkan. Jadi kalau ada 16 pertemuan kuliah dalam 1 semester, ada 4 pertemuan yang bisa kamu pakai buat liburan.

Tapi Kenapa Masih Saja Titip Absen?

Namanya manusia, selalu merasa kurang. Udah dikasih jatah libur masih aja titip absen. Menurut gue ada 2 hal yang membuat mahasiswa gag berangkat kuliah lalu titip absen.
Pertama, Sibuk.
Alasan paling gampang kalo titip absen sama temen "gue lagi sibuk bro" entah sibuk ngerjain
tugas, sibuk organisasi sibuk ngepel jalanan kampus, sibuk males-malesan, dll, penting atau
enggaknya kesibukan itu yang penting alesannya sibuk #sikap .

Kedua adalah gagal menggunakan jatah libur secara tepat.
Saat awal kuliah banyak yang masih males-malesan lalu menggunakan jatah libur mereka secara
berlebihan. Hasilnya pas menjelang akhir semester dimana tugas datang bertubi-tubi, mereka
terpaksa bolos kuliah buat ngerjain tugas mata kuliah lain lalu titip absen karena jatah libur
mereka udah habis.

Dan menurut gue titip absen adalah bagian dari korupsi absen. Jadi buat kalian mahasiswa yang doyan demo anti korupsi, konsisntenlah dengan tidak titip absen. Atau jangan-jangan ada yang titip absen buat demo anti korupsi -_____-

*Gambar lebih jelas disini*

Pada akhirnya gue gag ingin mempermasalahkan kalian mau titip absen atau enggak. Gue cuma ingin saling mengingatkan kalau
Tugas utama mahasiswa itu sibuk kuliah dan belajar

Trending Now
10 Tulisan Typo Tugas Mahasiswa yang Bikin Dosen Gagal Paham

10 Tulisan Typo Tugas Mahasiswa yang Bikin Dosen Gagal Paham

Masa kuliah adalah masa dimana kita mulai beranjak dewasa. Di mana kita bertemu dengan orang-orang yang baru dan nggak bisa lagi bersantai-s
12,240 views 0 shares
Momen-Momen Saat Lihat Benda Seperti Makanan Ini Bikin Perut Makin Lapar

Momen-Momen Saat Lihat Benda Seperti Makanan Ini Bikin Perut Makin Lapar

Kalau udah masalah perut memang nggak bisa diabaikan. Pasti dong kamu nggak bakalan membiarkan perutmu kosong dan tidak terisi makanan sama
3,023 views 0 shares
10 Foto Perpaduan Makanan yang Bikin Hilang Napsu Makan

10 Foto Perpaduan Makanan yang Bikin Hilang Napsu Makan

Setiap hari kita harus memakan makanan agar menambah nutrisi dalam tubuh. Ngomongin tentang makanan, orang Indonesia itu memiliki satu kebia
2,103 views 0 shares
8 Potret Barang Tiruan yang Bikin Ngakak

8 Potret Barang Tiruan yang Bikin Ngakak

Barang original biasanya terbukti berbahan bagus, berkualitas tinggi, awet dan tahan lama. Dan karena itu semua, kenapa barang original memi
7,471 views 0 shares
10 Gaya Rambut Kocak yang Bikin Kamu Ketawa Sampai Mules

10 Gaya Rambut Kocak yang Bikin Kamu Ketawa Sampai Mules

Bagi semua orang rambut adalah mahkota. Jadi nggak heran kalau banyak orang sangat memperhatikan gaya rambut mereka. Karena bukan hanya bisa
37,308 views 155 shares
10 Potret Kocak Emak-emak Boncengin Anak. Nggak Ada Lawan!

10 Potret Kocak Emak-emak Boncengin Anak. Nggak Ada Lawan!

Kalau selama ini yang kamu tahu raja jalanan adalah kendaraan besar seperti truk atau bus, sepertinya kamu kurang update, karena saat ini ya
16,593 views 0 shares
10 Ide Jenius Ala Driver Ojek Online yang Keren Banget

10 Ide Jenius Ala Driver Ojek Online yang Keren Banget

Saat ini, semua orang bisa menjadi driver ojek online. Karena memang tuntutan keadaan yang mengharuskan mencari nafkah melalui pekerjaan ini
1,861 views 0 shares
10 Hasil Tukang Bangunan Kreatif Bikin Pola di Tembok Ini Bikin Gagal Paham

10 Hasil Tukang Bangunan Kreatif Bikin Pola di Tembok Ini Bikin Gagal Paham

Sebelum mendirikan bangunan, tukang bangunan pasti membuat konsep desainnya sejak awal. Tukang bangunannya biasanya bekerja sesuai dengan ko
3,381 views 0 shares
Kumpulan Meme Lucu Tentang TAHU yang Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Kumpulan Meme Lucu Tentang TAHU yang Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Siapa yang tidak tahu dengan makanan bersalah dari Tempe ini, Netizen Indonesia membuktikan kreatifitasnya dengan mengedit dan membuat meme
217,974 views 3,543 shares
12 Posisi Absurd Alat-Alat Elektronik di Rumah Ini Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

12 Posisi Absurd Alat-Alat Elektronik di Rumah Ini Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Salah satu perabotan rumah yang wajib ada di dalam rumah adalah alat-alat elektronik. Perabotan yang biasanya mengharuskan menggunakan energ
3,893 views 0 shares