WOW Ada Bos Besar Kendalikan Sindikat Penyebar Ranjau Paku Jakarta
Loading...
 
posted on WOW Keren
13,398 views
WOW Ada Bos Besar Kendalikan Sindikat Penyebar Ranjau Paku Jakarta

Tak semua tukang tambal ban melakukan kecurangan dengan menyebar ranjau paku. Salah seorang pendiri Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku Siswanto mengatakan, ada sebuah sindikat tukang tambal ban nomaden yang perlu diwaspadai.



Sindikat ini biasanya menggunakan modus berpindah-pindah tempat atau bergantian dengan rekan lainnya di suatu wiyalah. Kalau sudah ada laporan tentang kasus ranjau paku, biasanya pelaku ini menghilang sementara. Namun mereka kemudian muncul di wilayah Jakarta lain.

Di Jakarta menurut Siswanto komplotan tukang tambal ban penyebar ranjau paku sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Bahkan ada yang menjadi bos dan koordinator lapangan. Mesin pompa angin dan gerobak biasanya disediakan koordinator.

"Mereka kalau di dunia tambal ban disebut gembel elit soalnya pindah-pindah. Saya pernah ngamatin tukang tambal ban di Harmoni pindah ke Tu Bagus Angke. Ada yang biasa di Pasar Senen tapi kelihatan di Cakung. Mereka ini sudah jadi sindikat," kata Siswanto saat dihubungi detikcom Kamis (9/1) kemarin.

Sindikat tukang tambal ban penyebar paku ini menurut dia perlu penanganan khusus dan intensif oleh kepolisian dan masyarakat. Dia mencontohkan beberapa daerah, seperti Daan Mogot dan Cengkareng yang sebelumnya biang ranjau paku kini sudah berkurang setelah ada koordinasi antara Kepolisian dengan komunitas Saber.

"Ya inisiatif itu sih bagus-bagus aja cuma kan harus dilihat dampaknya juga," ujar pria kelahiran Magetan, Jawa Timur 5 Januari 1974 itu.

Ia pun menyumbang masukan ada baiknya kalau setiap stasiun pengisian bahan bakar umum memiliki spesialis tambal ban. Selain resmi, cara ini dianggapnya akan mengurangi pelaku kejahatan karena petugas tambal sudah memiliki gaji. Pengusaha SPBU cukup memanfaatkan warga sekitar yang punya keahlian menambal ban.

Apalagi hampir setiap SPBU saat ini sudah punya mesin penambah angin untuk ban sepeda motor dan mobil. "Saran saya sih seperti itu. Mungkin bisa dilakukan karena ini kan masalah pekerjaan dan pendapatan seseorang," ujar pria yang juga penasihat utama Komunitas Saber itu.

Lagipula, kata dia, kalau ingin menertibkan tukang tambal ban perlu konsep yang matang. Karena persoalan ini bukan hanya menyangkut tukang tambal ban saja. Namun, juga pihak warga lain yang memanfaatkan area trotoar untuk usaha seperti pedagang kaki lima.

Pemerintah Provinsi DKI pun diharapkan juga sudah menyiapkan solusi kalau ingin menertibkan tukang tambal ban. Menurut Siswanto tidak adil kalau langsung menertibkan tanpa ada solusinya. "Karena tidak semua tukang tambal ban berkelakuan jahat, kami juga perlu tukang tambal ban," kata Siswanto.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya Komisaris Besar Rikwanto menyebut, ada keterkaitan antara penyebar ranjau paku dengan tukang tambal ban. Menurut dia, jalanan di Jakarta yang rata-rata sudah bagus seharusnya tidak ada lagi cerita tentang pecah ban atau ban kena paku.

Apalagi, petugas dinas kebersihan juga selalu membersihkan dan menyapunya setiap hari. "Tentunya ada yang sengaja menaruh paku di situ, kita tidak langsung menuduh itu pasti tukang tambal ban, tapi korelasinya jelas ada. Di mana ada banyak terjadi penggembosan, di situ ada tukang tambal ban," kata Rikwanto kepada detikcom, Jumat (10/1).

Trending Now
10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

Kata-kata gombalan selalu menjadi cara yang digunakan oleh anak zaman sekarang untuk memulai pembicaraan dengan lawan jenis ataupun untuk se
345 views 0 shares
10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

Bus adalah salah satu kendaraan umum yang biasa digunakan untuk bepergian. Ukurannya yang sangat besar ini bisa menampung banyak penumpang.
329 views 0 shares
10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

Sebelum melakukan acara pernikahan, setiap pasangan pasti melakukan sesi pemotretan prewedding terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meng
365 views 0 shares
10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

Indonesia adalah negara yang terkenal akan tradisi dan adat istiadatnya. Salah satunya Kita harus menghormati orang yang lebih tua. Beberapa
289 views 0 shares
10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

Hidup di Indonesia sangat mudah sekali menemukan warung atau toko kelontong. di mana tempat usaha ini menyediakan barang yang kita butuhkan
5,519 views 0 shares
10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

Kamu tahu tentang Crazy Rich kan? Yap, mereka adalah orang-orang yang memiliki kekayaan sangat banyak yang kadang bikin kita gak sanggup bua
243 views 0 shares
10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

Berkat adanya smartphone dan internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan sangat mudah. Nggak perlu repot-repot bertatap muka
10,628 views 0 shares
10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

Jaman dulu mengabadikan momen melalui foto adalah hal yang mewah. Kita harus memiliki kamera terlebih dahulu agar bisa menciptakan momen mel
6,957 views 0 shares
10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

Musim hujan telah tiba. Ada pepatah mengatakan jika "sedia payung sebelum hujan". Hal itulah yang harus kita persiapkan ketika musim hujan t
18,609 views 0 shares
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
309,053 views 23,460 shares