Terungkap Buaya Ternyata Bisa Memanjat Pohon
Loading...
 
posted on WOW Keren
3,952 views
Terungkap Buaya Ternyata Bisa Memanjat Pohon

Buaya tak hanya mampu berenang cepat, bergerak secepat kilat di daratan untuk menerkam sekaligus menggigit mangsanya. Dan kini terungkap kemampuan luar biasa reptil besar anggota famili Crocodylidae itu: mereka ternyata bisa memanjat dan bertenger di atas pohon.


Penelitian gabungan ahli dari Australia dan Amerika Serikat menunjukkan, meski sudah lama diduga bahwa spesies buaya kuno bisa memanjat pohon, belum pernah ada kajian terkait yang ada saat ini.

Yang ternyata mampu melakukan hal-hal luar biasa, kata Adam Britton, periset dari Charles Darwin University, seperti dimuat AAP, Kamis (13/2/2014).

Sebelumnya hanya ada sedikit laporan soal keberadaan buaya di pohon. Yakni di Mississippi, Colombia, dan sepanjang tepian Sungai Nil.

Para peneliti juga meneliti buaya baik alligator maupun crocodile (yang salah satu pembeda adalah bentuk mulut mereka) di Australia, Afrika, dan Amerika Utara.

Termasuk terkait laporan dari Australia bahwa ada buaya yang memanjat pagar kawat. Untungnya, di Negeri Kanguru hanya buaya air tawar yang memanjat pepohonan, mereka tidak seagresif buaya air asin.

Para buaya modern ternyata luar biasa gesit. Mereka memanjat pohon, ke luar dari air, untuk melarikan diri dari predator, kompetitor, atau menemukan tempat untuk berjemur saat dikelilingi vegetasi yang padat.

Saat berkompetisi dengan buaya lain memperebutkan area berjemur terbaik. Seekor buaya yang ingin berjemur dengan tenang, harus menemukan tempat lain -- memanjat dahan pohon adalah pilihan yang sempurna, kata Dr Britton.

Dia menambahkan, elevasi atau ketinggian membuat buaya bisa melihat apa yang ada di perairan dengan lebih jelas.

Berbeda dengan sikap mereka yang tenang di daratan, di ketinggian para buaya di ketinggian agak senewen. Gampang terkejut dan melompat jika didekati.

Jika cabang tersebut menggantung di atas air, buaya bisa berpindah dengan lebih mudah. Tinggal jatuhkan diri, mencebur ke air

Dalam jurnal sains, Herpetology Notes, para ilmuwan mengidentifikasi 4 spesies buaya yang bisa memanjat pohon. Beberapa ekor buaya bahkan dipergoki berada di atas pohon di ketinggian 13-16 kaki atau 3,9 sampai 4,8 meter

Buaya memanjat dengan cara membuat tubuh mereka vertikal, kemudian merayap atau berjalan di antara cabang-cabang," demikian hasil penelitian uang ditulis tim yang dipimpin oleh peneliti dari University of Tennessee, Vladimir Dinets, seperti Liputan6.com kutip dari FoxNews.

Jadi, misalnya seseorang dikejar buaya, tak disarankan baginya memanjat pohon? Tergantung.

Misalnya, jika buaya empat meter mengejar Anda, mungkin tidak ada cara lain selain memanjat pohon, kata Dr Britton.

Sebab, makin besar ukuran buaya, secara proposional kaki mereka lebih kecil dibandingkan tubuhnya. Mereka tak punya kekuatan untuk naik ke pohon.

Mengamati perilaku dalam buaya modern telah memberikan petunjuk penting tentang bagaimana cara hidup spesies yang sudah punah.

Juga menunjukkan, meski faktanya postur tubuh buaya tak terlihat seperti punya kemampuan memanjat pohon, nyatanya mereka bisa dan telah melakukannya.

Hanya dengan melihat ukuran kaki fosil dan bentuknya tidak selalu memberitahu tentang perilaku hewan ini, kata Dr Britton.

Trending Now
Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Demi cinta, semua orang rela melakukan pengorbanan apapun untuk pasangannya. Mereka cenderung tidak ingin pasangannya sedih bahkan terluka.
59,220 views 5,167 shares
10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

10 Status Gagal Masak yang Bikin Kasihan Tapi Lucu

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dan membuat makanan yang lezat. Berbicara tentang makanan, pasti nggak lepas dar
3,532 views 0 shares
10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

10 Pesan yang Ditujukan Untuk Tamu Pernikahan Ini Lucu Banget

Setiap orang sudah memiliki pasangan, pasti ingin hubungannya berlanjut ke bahtera pernikahan. Bagi orang Indonesia sendiri, pernikahan buka
9,587 views 0 shares
10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

10 Gaya Kocak Nyeleneh Ibu-ibu Waktu Naik Sepeda Motor

Kendaraan saat ini sudah tidak bisa lagi dibilang sebagai kebutuhan sekunder, karena tanpa sebuah kendaraan mobilitas manusia akan susah. Se
11,709 views 0 shares
10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

10 Potret Jalan Kecil yang Bikin Kita Keheranan

Bagi kamu yang tinggal di pemukiman padat penduduk pasti nggak asing dengan jalanan yang sempit atau kecil. Biasanya jalanan ini hanya bisa
3,163 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
12,516 views 0 shares
10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dengan enak. Tapi sebenarnya yang namanya rasa makanan itu relatif, jadi nggak s
3,017 views 0 shares
10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

Selain kewajiban bagi para laki-laki yang memasuki akil baligh, khitan juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Kalau jaman dulu khitan
5,629 views 0 shares
MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

Pulsker, kalau selama ini kamu berpikir cuman angkutan umum di luar negeri yang bisa bagus, siap-siap melongo deh. Angkutan umum Indonesia,
226,252 views 9,337 shares