Manusia Dapat Melakukan Hibernasi
Loading...
 
posted on WOW Keren
2,134 views
Manusia Dapat Melakukan Hibernasi

Hibernasi atau rahat adalah kondisi ketakaktifan dan penurunan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh yang lebih rendah, pernapasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah. Hewan yang melakukan hibernasi berusaha menghemat energi, terutama selama musim dingin sewaktu terjadi kelangkaan makanan, membakar cadangan energi, lemak tubuh, dengan perlahan.

Hibernasi dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu, tergantung dari spesies, suhu sekitar, dan waktu. Hewan yang terkenal suka melakukan hibernasi adalah Beruang.



Tanpa sengaja? Ya. Dengan sengaja? Mungkin. Pada bulan Februari 2012, misalnya, snowmobilers Swedia menemukan seorang pria yang telah terjebak di bawah salju di mobilnya selama dua bulan nyaris tanpa makanan. Setelah ia diselamatkan, dokter setempat mengatakan bahwa ia selamat karena suhu inti tubuhnya turun hingga sekitar -30ºC dan tetap seperti itu, proses yang sama dengan beruang saat hibernasi.

Beberapa orang, seperti orang-orang yang berlatih meditasi, bisa masuk ke keadaan seperti hibernasi dengan sengaja. Ketika seseorang tertidur, penggunaan oksigen tubuhnya biasanya hanya sekitar 6 persen. Herbert Benson, seorang profesor kedokteran di Harvard Medical School, telah mempelajari biksu-biksu Tibet saat mereka bermeditasi dengan mendalam dan menemukan bahwa mereka dapat mengurangi kebutuhan oksigen mereka sebanyak 64 persen.



Dan mungkin ilmu kedokteran suatu hari nanti dapat menurunkan metabolisme dan suhu tubuh secara drastis untuk menjaga pasien trauma tetap hidup. Mengurangi kebutuhan oksigen dapat menurunkan kerusakan jaringan dalam kasus di mana tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen sebanyak biasanya, misalnya selama serangan jantung.

Mark Roth, seorang ahli biologi di Pusat Penelitian Kanker Fred Hutchinson di Seattle, menunjukkan bahwa tikus-tikus yang menghirup udara yang diinfus dengan hidrogen sulfida, menurunkan tingkat pernapasan mereka sekitar 92 persen dan juga suhu tubuh mereka. Setelah disadarkan kembali, mereka sembuh sepenuhnya dan berperilaku normal.



Tapi maukah kita (manusia) disuruh menghirup udara yang berbau kentut (hidrogen sulfida)? hehehe

Untuk saat ini, hipotesis deprivasi (pengurangan penggunaan) oksigen mungkin adalah penjelasan terbaik yang kita miliki tentang bagaimana orang bisa masuk stasis begitu lama tanpa kerusakan permanen (meskipun diakui banyak masalah dalam jangka pendek). Tetapi kenyataan bahwa ada orang-orang yang dapat bertahan hidup dalam keadaan stasis selama lebih dari satu-dua minggu menunjukkan manusia mampu mencapai prestasi yang cukup luar biasa, dan harus sesuatu yang menjadi pemicu untuk ini. Deprivasi oksigen adalah penjelasan terbaik yang saya dapat lihat, meskipun jelas itu jauh dari meyakinkan, kata Mark Roth.

Gagasan bahwa manusia bisa tidur selama berminggu-minggu pada suatu waktu dan terjaga tanpa mengalami masalah kesehatan atau kehilangan massa tulang atau massa otot adalah menakjubkan, dan tampaknya tidak mungkin. Tetapi jika beruang yang juga mamalia bisa melakukannya, ada sedikit alasan untuk berpikir bahwa manusia juga mungkin bisa melakukannya. Beberapa tahun terakhir ini, penelitian-penelitian mutakhir telah menunjukkan contoh nyata yang dramatis dari kemampuan tersembunyi manusia untuk hibernasi. Dan ini mungkin penting bagi perjalanan ruang angkasa nantinya.

Dengan sedikit keberuntungan, beberapa tahun ke depan mungkin kita akan melihat ditemukannya mekanisme yang tepat yang mengontrol kemampuan kita yang selama ini tidur panjang .... untuk ... tidur panjang ...

Trending Now
10 Potret Pesta Pernikahan Dengan Konsep yang Aneh

10 Potret Pesta Pernikahan Dengan Konsep yang Aneh

Setiap orang ingin pernikahan mereka terjadi sekali seumur hidup. Makanya selain memilih orang yang tepat, mereka juga mengadakan pesta pern
714 views 0 shares
10 Adegan Nggak Masuk Akal yang Ada di Sinetron Indonesia

10 Adegan Nggak Masuk Akal yang Ada di Sinetron Indonesia

Sinetron adalah film series yang tayang di TV Indonesia. Sampai saat ini, sinetron masih menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang men
134,414 views 0 shares
Jadi Cantik dan Ganteng Itu Emang Butuh Waktu, Lihat Meme Perubahan Orang-Orang Ini!

Jadi Cantik dan Ganteng Itu Emang Butuh Waktu, Lihat Meme Perubahan Orang-Orang Ini!

Cantik dan ganteng itu nilainya relatif Pulsker, tergantung setiap orang yang menilainya. Karena setiap orang pasti punya kriteria masing-ma
635,718 views 34,166 shares
10 Momen Apes yang Bikin Kita Ngilu Saat Melihatnya

10 Momen Apes yang Bikin Kita Ngilu Saat Melihatnya

Enggak bisa dipungkiri jika keteledoran atau kurang hati-hati sering membuat kita menjadi sial. Hari yang pada awalnya biasa aja, saat kita
1,022 views 0 shares
Ternyata Selama Ini Kita Salah Kaprah Sama Fungsi Produk Ini

Ternyata Selama Ini Kita Salah Kaprah Sama Fungsi Produk Ini

Setiap produk, desain, bentuk pasti ada alasan yang melatarbelakangi kenapa dibuat seperti itu, tapi kadang kita tidak memahami dan mengguna
691,461 views 11,097 shares
15 Foto Penampakan yang Membuatmu Merinding

15 Foto Penampakan yang Membuatmu Merinding

Di era serba modern seperti sekarang ini, internet sudah menjadi sumber informasi yang sangat mudah dijangkau, hampir semua hal bisa kita da
681,981 views 1,970 shares
8 Ilustrasi Ini Bikin Kamu Bisa Membedakan Antara Teman dan Sahabat

8 Ilustrasi Ini Bikin Kamu Bisa Membedakan Antara Teman dan Sahabat

Selain keluarga, orang yang selalu ada disampingmu disaat susah dan senang adalah sahabat. Ya, sahabat adalah orang yang bisa menerima kita
625,092 views 124,527 shares
9 Foto Editan Cewek Selfie di Trotoar Paling Kreatif Hasil Karya Netizen

9 Foto Editan Cewek Selfie di Trotoar Paling Kreatif Hasil Karya Netizen

Selfie  saat ini adalah tren baru dalam fotografi pulsker. Ditambah dengan semakin maraknya penggunaan media sosial dan didukung aplikasi-a
491,913 views 29,770 shares
Macam Macam Modus SMS Penipuan & Cara Mengatasinya Dengan Unik

Macam Macam Modus SMS Penipuan & Cara Mengatasinya Dengan Unik

Bisa dipastikan nomor hp kamu pernah mendapat SMS yang menginfokan kalo menang undian, dapat Mobil, dapat uang puluhan Juta rupiah, dapat li
497,855 views 3,761 shares
Kamu Nggak Bakal Kepikiran Untuk Foto Selfie Dimoment Kayak Gini

Kamu Nggak Bakal Kepikiran Untuk Foto Selfie Dimoment Kayak Gini

Selfie didekat badai tornado..kalo nggak salah sih cwok ini sengaja ngejar badai tornado trus sengaja turun dari mobil dan selfie dehh..WOW
502,812 views 3,597 shares