Ini 8 Kemungkinan Penyebab Hilangnya Malaysia Airlines
Loading...
 
posted on WOW Keren
23,358 views
Ini 8 Kemungkinan Penyebab Hilangnya Malaysia Airlines

KUALALUMPUR, - Belum diketahuinya nasib pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370, memunculkan berbagai spekulasi tentang penyebab hilangnya pesawat tersebut.

Ahli penerbangan di kantor berita CNN Richard Quest mengatakan, pesawat itu terbang di rute Kuala Lumpur-Beijing, di saat yang paling aman. Kemungkinan adanya kesalahan teknis sangat kecil karena pesawat dalam posisi auto-pilot di ketinggian.

"Jadi dari sudut pandang penerbangan, ini adalah saat paling aman, tidak ada yang bisa salah.

Pesawat di ketinggian dalam mode auto-pilot, pilot hanya melakukan sedikit koreksi dan perubahan untuk ketinggian. Jadi sangat serius jika terjadi sesuatu di tahap penerbangan ini," kata dia.

Ada beberapa kemungkinan soal penyebab kecelakaan, seperti dilansir The Malaysian Insider:

Pertama, adanya kerusakan struktur pesawat atau pada mesin Rolls-Royce Trent 800. Kebanyakan pesawat dibuat dari alumunium yang rentan karat, terutama di daerah dengan kelembaban tinggi.

Namun para ahli menafikannya, mengingat rekam jejak Boeing 777 yang terbaik dari sejarah penerbangan, 18 tahun tanpa insiden.

Kedua, cuaca buruk. Pesawat dirancang untuk terbang melalui cuaca terburuk. Namun pada Juni 2009 pesawat Air France dari Rio de Janeiro ke Paris rusak saat cuaca buruk menerpa di atas Samudera Atlantik. Indikator kecepatan udara di Airbus A330 itu membeku, memberikan angka yang salah.

Akibatnya, pilot kehilangan arah dan mendaratkan pesawat di laut. Sebanyak 228 penumpang dan kru tewas, pilot tidak sempat meminta bantuan. Namun dalam kasus Malaysian Airline, seluruh indikasi menunjukkan bahwa saat itu cuaca tengah cerah.

Ketiga, disorientasi pilot. Todd Curtis, mantan teknisi keamanan Boeing 777 mengatakan ada kemungkinan pilot mematikan auto-pilot dan terbang melenceng jalur dan telat menyadarinya. Pesawat bisa lima-enam jam dari titik terbang awal, sekitar 3.000 mil tersasar.

Namun kemungkinan ini juga dimentahkan. Pasalnya, jika tersesat pesawat masih bisa dilacak radar.

Keempat, rusaknya kedua mesin. Januari 2008 lalu, pesawat maskapai British Airways 777 jatuh sekitar 1.000 kaki dari landasan di Bandara Heathtow London. Pesawat saat itu hendak mendarat, namun kedua mesin mati karena sistem bahan bakar membeku. Tidak ada korban tewas.

Kemungkinan ini bisa jadi. Namun Scott Hamilton, direktur pelaksana konsultan penerbangan Leeham Co mengatakan, jika mesin mati ada waktu sekitar 20 menit bagi pesawat untuk melayang jatuh. Waktu ini bisa digunakan pilot memberitahukan situasi darurat.

Kelima, bom. Beberapa pesawat jatuh karena bom, di antaranya penerbangan Pan AM 103 dari London ke New York pada Desember 1988. Penerbangan Air India pada Juni 1985 antara Montreal dan London dan penerbangan maskapai Prancis Union des Transport Aeriens tahun 1989 juga pernah jatuh dibom di atas Sahara.

Keenam, pembajakan. Pembajakan biasa sepertinya tidak mungkin, karena pelaku akan mendaratkan pesawatnya di bandara dan menuntut tebusan. Tapi pembajakan seperti peristiwa 9/11 bisa jadi, pelaku menjatuhkan pesawat ke laut.

Ketujuh, pilot bunuh diri. Ada dua kecelakaan pesawat pada akhir 1990an, penerbangan SilkAir dan EgyptAir, yang diduga akibat pilot sengaja menabrakan pesawat. Tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah pada dua insiden ini, tapi para ahli mengatakan bahwa kecelakaan itu akibat ulah pilot.

Kedelapan, tidak sengaja tertembak militer. Pada Juli 1988, kapal perang Amerika Serikat USS Vincennes tidak sengaja menembak jatuh pesawat Iran Air, menewaskan 290 penumpang dan kru. Pada September 1983, pesawat Korean Air Lines ditembak jatuh pesawat jet Rusia.

Kapten John M Cox, pilot yang sudah 25 tahun terbang dengan US Airways mengatakan apapun yang terjadi dengan pesawat Malaysia Airlines, terjadi sangat cepat. Masalahnya juga pasti sangat besar, sehingga pelacak pesawat berhenti menyiarkan titik lokasi mereka.

Cox mengatakan, spekulasi bisa saja liar, namun penyebab pastinya baru akan terungkap jika pesawat ditemukan. "Kita hanya tahu pesawat jatuh. Selain itu, kita tidak tahu banyak," kata Cox.

Trending Now
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
11,676 views 0 shares
10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

10 Kehadian Tak Terduga Saat Memasak Ini Bikin Kaget

Semua orang bisa makan, tapi nggak semua orang bisa memasak dengan enak. Tapi sebenarnya yang namanya rasa makanan itu relatif, jadi nggak s
2,166 views 0 shares
Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Saat Wanita Rela Melakukan Pekerjaan Berat Demi Pasangannya (10 foto)

Demi cinta, semua orang rela melakukan pengorbanan apapun untuk pasangannya. Mereka cenderung tidak ingin pasangannya sedih bahkan terluka.
58,260 views 5,167 shares
10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

10 Poster Tukang Khitan Ini Bikin Anak-Anak Gagal Takut

Selain kewajiban bagi para laki-laki yang memasuki akil baligh, khitan juga bisa dilakukan dengan alasan kesehatan. Kalau jaman dulu khitan
4,813 views 0 shares
MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

MENAKJUBKAN! Angkutan Umum Indonesia Juga Bisa Keren Dan Mewah!

Pulsker, kalau selama ini kamu berpikir cuman angkutan umum di luar negeri yang bisa bagus, siap-siap melongo deh. Angkutan umum Indonesia,
225,569 views 9,337 shares
10 Tulisan Lucu di Belakang Truk yang Bikin Kita Tersenyum Kecut

10 Tulisan Lucu di Belakang Truk yang Bikin Kita Tersenyum Kecut

Salah satu ciri khas kendaraan umum di Indonesia adalah tulisan yang ditempel pada tubuh kendaraan. Yang paling sering kita jumpai adalah tu
1,978 views 0 shares
Inilah 5 Potret Kemesraan Dian Sastro Saat Bersama Buah Hatinya

Inilah 5 Potret Kemesraan Dian Sastro Saat Bersama Buah Hatinya

Dian Sastro merupakan artis yang populer sekitar awal tahun 2000 an dan telah menikah pada pada 18 Mei 2010 dengan pria bernama Maulana In
5,652 views 166 shares
10 Tempat Orang Nongkrong Ini Bikin Gagal Paham

10 Tempat Orang Nongkrong Ini Bikin Gagal Paham

Sebagai manusia, sudah menjadi hal yang wajar jika kita berkumpul bersama orang-orang terdekat. Bisa untuk ngopi, bermain game, hingga ngobr
1,108 views 0 shares
13 Gambar Menakjubkan di Kertas Hitam Putih

13 Gambar Menakjubkan di Kertas Hitam Putih

Gambar-gambar di bawah ini bisa menginspirasi Anda yang suka dengan seni menggambar. Coba kreasikan diri Anda dengan gambar-gambar 3D ini
32,277 views 591 shares
10 Papan Nama Warung Makan yang Bikin Gagal Paham

10 Papan Nama Warung Makan yang Bikin Gagal Paham

Warung makan atau restoran adalah alternatif bagi mereka yang ndak masak di rumah. Bisa dibilang juga merupakan adalah bisnis yang terus ber
5,668 views 0 shares