Kesepian Lebih Mematikan daripada Kegemukan
Loading...
 
posted on Everything in Life
11,906 views
Kesepian Lebih Mematikan daripada Kegemukan

Kegemukan merupakan salah satu faktor risiko dari penyakit degeneratif. Namun menurut sebuah studi baru, ada faktor yang berdampak lebih buruk pada kesehatan dibandingkan kegemukan, yaitu kesepian.

Menurut penelitian para ahli dari University of Chicago Amerika Serikat, kesepian dapat membuat tekanan darah meningkat hingga ke daerah yang berisiko untuk serangan jantung dan stroke, melemahnya sistem imun, dan peningkatan risiko depresi.

John Cacioppo, profesor psikologi yang telah mempelajari efek kesepian selama 20 tahun, melakukan analisis terhadap lebih dari 2.000 pria dan wanita yang berusia 50 tahun hingga enam tahun kemudian.

Mereka yang paling merasa kesepian hampir dua kali lipat lebih mungkin meninggal dalam periode waktu tersebut daripada mereka yang merasa paling dibutuhkan dan diperlukan.

Studi lain bahkan menyebutkan bahwa kesepian dua kali lebih membunuh daripada obesitas.

Kesepian, lanjut Cacioppo, juga dapat mengganggu tidur sehingga orang yang kesepian cenderung lebih bergantung pada obat tidur. Cacioppo menjelaskan, orang yang kesepian biasanya merasa sangat waspada sehingga kebisingan sedikit saja bisa langsung membangunkan tidur mereka.

Temuan studi ini pun membuat beban ganda pada populasi saat ini yang pada umumnya lebih banyak berkomunikasi melalui internet daripada bertemu langsung. Karena itu, Cacioppo menyarankan agar meskipun sudah pensiun, mereka yang berusia lanjut perlu tetap menjaga hubungan baik dengan rekan kerja maupun dengan keluarga.

"Perlu diubah pemikiran bahwa pensiun berarti meninggalkan teman dan keluarga, memilih tinggal di tempat yang sepi dan hangat. Itu mungkin umum, tetapi bukan ide yang baik," ujarnya.

Studi menemukan, orang yang melanjutkan interaksi dengan rekan kerja setelah pensiun dan punya teman dekat cenderung merasa tidak kesepian. Menikmati waktu sendiri dan membaginya bersama keluarga dan teman adalah cara terbaik agar tidak kesepian.

Trending Now
10 Tokoh Pewayangan Digambarkan Dengan Gaya Anime

10 Tokoh Pewayangan Digambarkan Dengan Gaya Anime

Sobat pulsker masih ingat dengan Saint Saiya?Anime yang pernah ngetrend di tahun 90 an ini emang masih jadi idola buat kita-kita yang pernah
198,227 views 2,338 shares
[11 FOTO] POLESAN BIBIR yang ANTI MAINSTREAM

[11 FOTO] POLESAN BIBIR yang ANTI MAINSTREAM

Bosan dengan gaya memoles bibirmu? Mungkin ini salah satu solusi yang dapat kamu lakukan. Bibir ternyata dapat dijadikan sebagai tempat unt
21,034 views 216 shares
MENAKJUBKAN! Ketika Ladang Padi Disulap Menjadi Karya Seni

MENAKJUBKAN! Ketika Ladang Padi Disulap Menjadi Karya Seni

Jepang memang gak pernah kehabisan kreatifitas. Kali ini adalah ladang padi yang mereka jadikan galeri seni! Luar biasa! Ombak dan gunun
83,526 views 6,192 shares
Ini Jadinya Kalau Tokoh Kartun yang Kamu Kenal Saat Dewasa..Bikin Pangling!

Ini Jadinya Kalau Tokoh Kartun yang Kamu Kenal Saat Dewasa..Bikin Pangling!

Saat kita masih kecil dulu, salah satu acara TV yang setia menemani hari libur kita adalah film kartun. Kita rela menghabiskan waktu didepan
21,986 views 328 shares
8 Foto Tren Cowok Pelihara Kucing, Terlihat Ganteng, Macho & Penyayang

8 Foto Tren Cowok Pelihara Kucing, Terlihat Ganteng, Macho & Penyayang

Jika diperhatikan belakangan ini baik di media TV atau Internet terutama instagram banyak cowok yang berfoto selfie dengan Kucingnya, di Lua
49,984 views 2,456 shares
Foto-Foto Keren yang Sengaja Diambil Pada Waktu yang Tepat Ini Akan Membuatmu Terkesima

Foto-Foto Keren yang Sengaja Diambil Pada Waktu yang Tepat Ini Akan Membuatmu Terkesima

Kamu bisa mengabadikan moment apapun dengan kamera. Tapi tidak semua yang kamu dapat akan terlihat unik dan menakjubkan. Nah, beberapa foto
309,547 views 10,225 shares
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
294,121 views 23,460 shares
Ternyata 10 Benda Ini Punya Fungsi Lain, Nggak Nyangka!

Ternyata 10 Benda Ini Punya Fungsi Lain, Nggak Nyangka!

Teknologi semakin canggih, itu juga membuktikan jika kemampuan seseorang mulai berkembang untuk menciptakan sesuatu. Apalagi buat mereka yan
296,086 views 16,682 shares
13 Brand / Merek Ini Ternyata Asli Indonesia, Bukan Luar Negeri

13 Brand / Merek Ini Ternyata Asli Indonesia, Bukan Luar Negeri

Tahukah Anda bahwa perusahaan ini merupakan perusahaan Indonesia. Memang nama yang dimiliki perusahaan ini sangat mencerminkan Negara Amerik
298,525 views 6,225 shares
WASPADA TANGGAL TUA ! 16 Meme Ini Bisa Menghibur Kamu yang Lagi Bokek Di Tanggal Tua

WASPADA TANGGAL TUA ! 16 Meme Ini Bisa Menghibur Kamu yang Lagi Bokek Di Tanggal Tua

memasuki akhir bulan gini biasanya dompet udah pada nipis disertai wajah merengut dan mood uring-uringan. Eitz, jangan panik dulu. Dengan 1
298,829 views 5,854 shares