Sleep Paralysis (Ketindihan)
Loading...
 
posted on WOW Keren
7,592 views
Sleep Paralysis (Ketindihan)

Kamu membuka mata. Baru saja kamu tidur selama beberapa jam.

Kamu bisa merasakan pikiranmu melayang-layang antara sadar dan tidak. Sambil berusaha mengumpulkan kesadaranmu, kamu mencoba untuk bangun. Tetapi, ada sesuatu yang tidak beres. Tubuhmu tidak bisa bergerak, nafasmu sesak, seakan-akan ada makhluk tidak terlihat yang menginjak dadamu. Kamu membuka mulutmu dan hendak berteriak, tidak ada suara yang keluar. Seseorang sedang mencekik leherku, pikirmu. Ada sesuatu yang tidak beres.

Ya, kalian mengerti maksud saya. Kita semua pernah mengalaminya. Sebagian menyebut fenomena ini dengan sebutan tindih hantu atau irep-irep. Entah apa kata resmi bahasa Indonesianya. Dulu, saya sempat mengira kalau kata fenomena ini disebut Lucid Dream. Namun, ternyata saya salah. Fenomena ini sebenarnya bernama Sleep Paralysis (Lumpuh Tidur) atau The Old Hag Syndrome.

Mereka yang mengalami fenomena ini kadang merasa ketakutan karena mengira sedang diserang oleh setan. Tidak bisa disalahkan. Zaman dulu, ada kepercayaan kalau fenomena ini diakibatkan oleh "Old Hag" atau "Penyihir" yang sedang menduduki dada korban. Dari situlah ia mendapatkan nama The Old Hag Syndrome.


Ketika ilmu pengetahuan mulai berkembang, nama The Old Hag Syndrome mulai ditinggalkan. Para peneliti lebih suka menyebutnya Sleep Paralysis (SP).

Lalu, pertanyaannya adalah: Apa yang menyebabkannya?

Menurut survey Gallup tahun 1992, hampir semua orang dewasa mengalami Sleep Paralysis, paling tidak dua tahun sekali. Jadi fenomena ini bukan sesuatu yang asing bagi manusia. Usaha untuk menelitinya telah berlangsung sejak tahun 1950an, namun baru benar-benar bisa dipahami ketika para peneliti mulai mengerti hubungan antara kondisi REM (Rapid eye movement) dengan mimpi.

Ketika kita tidur, kita akan memasuki beberapa tahapan tertentu. Memang ada banyak, namun kita hanya akan melihat dua tahapan besarnya, yaitu Non REM dan REM.

Ketika kita tidur, 80 menit pertama, kita memasuki kondisi Non Rem, lalu diikuti 10 menit REM. Siklus 90 menit ini berulang sekitar 3 sampai 6 kali semalam. Selama Non REM, tubuh kita menghasilkan beberapa gerakan minor dan mata kita bergerak-gerak kecil.

Ketika kita masuk ke kondisi REM, detak jantung bertambah cepat, hembusan nafas menjadi cepat dan pendek dan mata kita bergerak dengan cepat (Rapid eye movement - REM). Dalam kondisi inilah mimpi kita tercipta dengan jelas dan kita bisa melihat objek-objek di dalam mimpi.

Dr.Max Hirshkowitz, direktur Sleep Disorders Center di Veterans Administration Medical Center di Houston mengatakan kalau Sleep Paralysis muncul ketika otak kita mengalami kondisi transisi antara tidur mimpi yang dalam (REM dreaming Sleep) dan kondisi sadar.

Selama REM dreaming sleep, otak kita mematikan fungsi gerak sebagian besar otot tubuh sehingga kita tidak bisa bergerak. Dengan kata lain, kita lumpuh sementara. Fenomena ini disebut REM Atonia.

"Kadang, otak kita tidak mengakhiri mimpi atau lumpuh kita dengan sempurna ketika terbangun. Ini bisa menjelaskan mengapa tubuh kita menjadi kaku."

Menurut hasil penelitiannya, Dr.Hirshkowitz menyimpulkan kalau efek ini hanya berlangsung selama beberapa detik hingga paling lama satu menit. Namun, bagi korban, sepertinya pengalaman ini berlangsung sangat lama.

Lalu, bagaimana dengan perasaan adanya makhluk gaib yang muncul di kamar kita?

Florence Cardinal, seorang peneliti lain mengatakan kalau halusinasi biasanya memang menyertai Sleep Paralysis. Kadang ada perasaan kalau ada orang lain di dalam ruangan atau bahkan kita bisa merasakan adanya makhluk yang sedang melayang di atas kita.

Lalu, kita bisa merasakan adanya tekanan di dada seperti sedang diinjak atau diduduki. Malah, ada beberapa korban yang melaporkan mendengar suara langkah kaki, pintu terbuka dan suara-suara aneh. Ini cukup menakutkan, tapi normal. Bahkan banyak peneliti yang percaya kalau fenomena "penculikan oleh alien" atau "diserang roh jahat" kebanyakan hanyalah halusinasi yang terkait dengan Sleep Paralysis.

Lalu, dalam kondisi apakah Sleep Paralysis biasa muncul?

Beberapa penelitian menunjukkan adanya kondisi tertentu dimana kemungkinan mengalami Sleep Paralysis akan menjadi lebih tinggi bagi seseorang. Mereka yang mengalaminya, biasanya adalah ketika yang bersangkutan tidur telentang.

Lalu, fenomena ini lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami kelelahan yang berlebihan atau mereka yang jadwal tidur normalnya terganggu.

Dan luar biasanya, mereka yang biasa minum obat penenang akan menjadi lebih sering mengalaminya (Ironis bukan?).

Bagaimana kita menghindari Sleep Paralysis?

Ini ada beberapa tips yang dihasilkan dari penelitian klinis, yaitu:

1. Tidurlah yang cukup dan teratur
2. Kurangi Stress
3. Berolahragalah secara teratur

Dengan kata lain, gaya hidup sehat!

Tapi yang terpenting dari semuanya adalah, Jika kalian terlanjur mengalami ini, tidak perlu takut, karena fenomena ini hanya berlangsung sesaat dan akan segera berlalu.

Trending Now
9 Potret Konyol Orang Kaya Memperlakukan Barang Berharga Mahal ini Bikin Ngenes

9 Potret Konyol Orang Kaya Memperlakukan Barang Berharga Mahal ini Bikin Ngenes

Manusia diciptakan berbeda oleh Tuhan, dengan tujuan untuk bisa bersyukur, berbagi, dan memotivasi diri agar bisa lebih maju. Ada orang kay
7,639 views 285 shares
10 Desain Tangga Menakjubkan Di Dunia yang Bikin Kamu Berdecak Kagum

10 Desain Tangga Menakjubkan Di Dunia yang Bikin Kamu Berdecak Kagum

Setiap bangunan yang memiiki lantai lebih dari satu, pasti memiliki tangga untuk menuju ke lantai selanjutnya. Dijaman yang modern ini, bang
11,213 views 1,738 shares
9 Permainan Jadul yang Akan Membawamu Kembali ke Masa Lalu

9 Permainan Jadul yang Akan Membawamu Kembali ke Masa Lalu

Buat anak jaman now, hal yang paling bikin mereka bahagia saat ini mungkin jika postingannya di Facebook atau di Instagram banyak yang love
12,051 views 2,312 shares
Gaya Greget Orang-orang Saat Lagi Masak, Bikin Ngakak !

Gaya Greget Orang-orang Saat Lagi Masak, Bikin Ngakak !

sejantan-jantannya lelaki, pasti lemah jika bertemu dua hal ini : kecoa terbang dan cipratan minyak di penggorengan. Bahkan masterchef sekal
57,812 views 6,279 shares
Curhat Pria yang Ditinggal Nikah Setelah Pacaran 5 Tahun Ini Bikin Sedih

Curhat Pria yang Ditinggal Nikah Setelah Pacaran 5 Tahun Ini Bikin Sedih

Setiap pasangan yang menjalin hubungan serius, pasti ingin kisah cintanya berakhir di pelaminan. Apalagi jika hubungan mereka sudah terjali
7,517 views 0 shares
10 Makanan Sederhana ala Restoran Mahal Ini Kreatif Banget

10 Makanan Sederhana ala Restoran Mahal Ini Kreatif Banget

Kalau kamu biasa menonton TV, pasti udah nggak asing lagi dengan salah satu ajang pencarian bakat memasak. Ya, disana para peserta nggak han
5,261 views 20 shares
7 Benda ini Ternyata Mengalami Perkembangan yang Sangat Pesat Loh!

7 Benda ini Ternyata Mengalami Perkembangan yang Sangat Pesat Loh!

Setiap hal maupun benda pasti akan berubah seiring berkembangnya zaman. Hal ini disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan teknologi dan ilmu yang
677 views 0 shares
9 Cuitan Bakat Orang Indonesia yang Bikin Kamu Mengangguk Setuju

9 Cuitan 'Bakat Orang Indonesia' yang Bikin Kamu Mengangguk Setuju

Beberapa tahun terakhir kita sering melihat di layar televisi acara ajang pencarian bakat. Dan ternyata banyak sekali peserta yang mengikuti
3,730 views 292 shares
Seperti Ini Kalau Benda yang Digambar Anak-anak Diwujudkan ke Dunia Nyata

Seperti Ini Kalau Benda yang Digambar Anak-anak Diwujudkan ke Dunia Nyata

Masa anak-anak adalah masa yang paling indah. Pada masa inilah dalam benak mereka yang ada hanyalah bermain dan berkreasi. Salah satu kegema
5,741 views 297 shares
Cakep Banget. Inilah Foto Masa Muda Presiden Indonesia yang Bikin Klepek Klepek

Cakep Banget. Inilah Foto Masa Muda Presiden Indonesia yang Bikin Klepek Klepek

Presiden adalah seseorang yang mempunyai jabatan tertinggi dalam pemerintahan di negara Indonesia ini. Sebagai orang nomer satu Presiden aka
7,046 views 125 shares