Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Pengobatan
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,872 views
Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan dan Pengobatan

Delima (Punica granatum L.) merupakan tanaman buah yang termasuk dalam keluarga Punicaceae. Tanaman ini berasal dari timur tengah dan dapat tumbuh pada ketinggian 1000 m dpl.

Delima sering ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias sekaligus untuk dimakan buahnya.

Buah delima memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan utamanya antara lain alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, dan pati yang terdapat pada kulit buah delima. Bagi yang suka mengkonsumsi jus buah delima, dalam segelas jus mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium), dan tanin.

Selain buah, hampir semua bagian tanaman juga bermanfaat sebagai obat. Dari mulai akar, biji, daun, bunga, hingga kulit pohonnya. Dan berikut ini beberapa contoh manfaat buah delima sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit:

Manfaat Buah Delima


Daging buah delima digunakan untuk menurunkan berat badan, mengobati cacingan, sariawan, tenggorokan sakit, suara parau, tekanan darah tinggi (hipertensi), sering kencing dan perut kembung.

Sering kencing
Ambil isi buah delima (yang segar dan masak, satu buah) dan segenggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Sariawan
Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2--3 kali sehari, sampai sembuh.

Batuk sudah berlangsung lama
Ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah biji delima tersebut. Buang bijinya.

Suara serak, tenggorokan kering
Ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2--3 kali sehari.

Cacingan
Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.

Jus buah delima
Gunakan jus buah delima untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, gigi berlubang, atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Manfaat Kulit Buah Delima

Kulit buah (shi flu pi) digunakan untuk mengobati sakit perut karena cacing, buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri amuba), diare kronis, perdarahan seperti wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) dan nyeri lambung.

Cacingan
Rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

Manfaat Akar Delima

Akar dan kulit kayu digunakan untuk mengatasi cacingan terutama cacing pita (taeniasis), batuk, diare. Contoh pemakaian:

Cacingan
Cuci akar delima yang telah dikeringkan (7 g.), lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.

Keputihan
Rebus kulit delima kering (30 g) dan herba sambiloto kering (15 g) dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring clan bagi untuk tiga kali minum, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina. Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Manfaat Bunga Pohon Delima

Bunga digunakan untuk pengobatan radang gusi, perdarahan, bronkhitis.

Luka
Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang luka.

Perdarahan
Rebus bunga delima (20 g) dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Radang gusi
Cuci bunga delima (tujuh kuntum) dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

Manfaat Biji Buah Delima

Biji digunakan untuk menurunkan demam, batuk, mengatasi keracunan dan mengobati cacingan. Caranya, Masukkan bubuk biji delima kering (satu sendok makan) dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata, minum sewaktu perut kosong.

Buah delima merupakan salah satu buah yang eksotis. Eksotisme tersebut dilihat dari manfaatnya untuk kesehatan dan khasiatnya bagi dunia pengobatan tradisional.

Trending Now
Kumpulan Pesanan Ojek Online Ini Bikin Ngakak

Kumpulan Pesanan Ojek Online Ini Bikin Ngakak

Dijaman yang udah modern ini, ojek online sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Apalagi buat mereka yang malas membawa kendaraan sendiri
6,811 views 0 shares
10 Chat Gagal Nipu yang Bikin Tersenyum Kecut

10 Chat Gagal Nipu yang Bikin Tersenyum Kecut

Pandemi yang sampai saat ini kita rasakan begitu berpengaruh kepada urusan pekerjaan. Banyak orang yang kehilangan pekerjaan karena efek Cor
2,749 views 0 shares
9 Chat Ditolak Mentah-mentah Sama Gebetan yang Bikin Kasihan

9 Chat Ditolak Mentah-mentah Sama Gebetan yang Bikin Kasihan

Jatuh cinta adalah hal yang manusiawi. Bahkan kita bisa jatuh cinta dengan seseorang tanpa pernah bertemu sebelumnya. Apalagi dengan adanya
949 views 0 shares
10 Tingkah Konyol Orang-Orang Dengan Patung Ini Bikin Kita Nyengir

10 Tingkah Konyol Orang-Orang Dengan Patung Ini Bikin Kita Nyengir

Patung adalah benda yang biasanya dipajang ditempat umum dengan berbagai bentuk, seperti hewan hingga manusia. Biasanya patung dibuat untuk
516,359 views 14,473 shares
8 Meme Test Mata Saat Puasa yang Bikin Gagal Fokus

8 Meme Test Mata Saat Puasa yang Bikin Gagal Fokus

Saat ini kita sedang memasuki bulan suci Ramadan, dimana para umat muslim sedunia sedang menjalankan ibadah puasa. Selama menjalankan puasa,
1,004 views 0 shares
10 Momentum Orang Akan Terjatuh yang Bikin Tutup Mata

10 Momentum Orang Akan Terjatuh yang Bikin Tutup Mata

Sebagian orang percaya nggak ada yang namanya hari sial. Tapi sayangnya, ada saja hal-hal yang membuat kita mengalami kesialan. Mungkin kare
3,347 views 0 shares
10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

10 Kelakuan Berbahaya Pengendara Motor di Palang Pintu Kereta

Kereta api adalah salah moda transportasi yang ada di Indonesia. Menurut Undang-Undang, kereta api memiliki jalan sendiri sehingga harus mel
8,869 views 0 shares
8 Drivers Ojol Bucin yang Bikin Senyum-senyum Sendiri

8 Drivers Ojol Bucin yang Bikin Senyum-senyum Sendiri

Jatuh cinta adalah hak semua orang. Kita juga nggak tahu kemana hati ini akan tertaut. Bisa dengan orang sekitar atau akan bertemu dengan or
2,749 views 0 shares
10 Perbedaan Penampilan Superhero Dulu dan Sekarang, Beda Banget!

10 Perbedaan Penampilan Superhero Dulu dan Sekarang, Beda Banget!

Buat kamu penggemar Avanger, pasti udah nggak asing lagi dengan berbagai karakter Superhero. Dan tahukah kamu jika para Superhero ini sudah
326,929 views 219 shares
FOTO-FOTO LUCU Penumpang Kereta yang TERTIDUR PULAS! Ngakak!

FOTO-FOTO LUCU Penumpang Kereta yang TERTIDUR PULAS! Ngakak!

Yang sering naik kendaraan umum seperti kereta atau bus pasti sering deh ngeliat orang tertidur atau ketiduran. atau bahkan pulsker sendiri
356,206 views 6,426 shares