KASUS PELECEHAN SEKSUAL DI JIS, MENCORENG DUNIA PENDIDIKAN
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,686 views
KASUS PELECEHAN SEKSUAL DI JIS, MENCORENG DUNIA PENDIDIKAN

Jakarta,NetralOnline.com - Kasus pelecehan seksual yang menimpa siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Jakarta International School (JIS) mendapat perhatian banyak kalangan. Setelah ramai diberitakan dimedia massa baik itu media cetak amupun media online, kini giliran Change.org yang merilis adanya petisi yang mengecam perbuatan tidak terpuji tersebut.

Petisi kali ini bersala dari Fellma J.

Panjaitan, menurut dia, vonis hukum di Indonesia terlalu ringan bagi para predator seksual yang menyasar anak kecil. Padahal negara lain menghukum berat karena dianggap serius dan dipedulikan. "Bagaimana memulihkan wajah polos seorang anak yang tercederai pelecehan seksual?" kata Fellma.

Belum lagi betapa sulit menghapus trauma anak. Ini membuat Fellma, ibu dari anak perempuan berusia 4 tahun, tergugah dan membuat petisi di change.org/JanganAdaKorbanLagi. Sehari, Fellma didukung lebih dari 20.000 orang. Fellma terganggu oleh kasus M, bocah berusia 5 tahun yang disodomi bergilir berkali-kali oleh petugas kebersihan di sekolahnya.

Berdasarkan siaran persnya, Pendiri Change.org Indonesia Arief Aziz juga mengomentari, "Ini adalah petisi dengan dukungan tercepat di situs Change.org Indonesia. Artinya masyarakat marah atas banyaknya pelecehan seksual dan pemerkosaan tanpa hukuman berat. Fellma berharap tuntutannya dipenuhi."

"Saya merasa ikut tersakiti, marah, dan sedih atas pelecehan seksual. Tiap nonton berita, ada saja pelecehan seksual, juga child abuse. Tiap hari. Andai saya bisa berbuat sesuatu. Sampai akhirnya gongnya kemarin, saat kejadian M terkuak. Di tempat yang keamanannya tinggi saja bisa terjadi, apalagi yang nggak," kata perempuan pegawai negeri salah satu kementerian ini.

Menurut Fellma, undang-undang yang mengatur hukuman pelaku pelecehan seksual, yaitu 3-15 tahun harus direvisi. Di petisinya, Felma menuntut agar pelaku dihukum seberat-beratnya lewat revisi UU No.23/2002 tentang Perlindungan Anak.

"Saya ingin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah ini. Orang tua dan pengguna internet sudah pintar, kritis, dan mau ikut andil. Jadi kenapa nggak bareng-bareng bikin gerakan dengan harapan untuk mengubah kehidupan jadi lebih baik buat anak-anak kita," terangnya.

Fellma merasa perlakuan atas pelaku masih terlampau baik. "Di sini sexual offenders ditutupi mukanya. Kalau di luar negeri foto disebarluaskan. Sudah sepatutnya kami tahu wajah pelaku, agar bisa lebih aman," kata Fellma dengan geram.

"Harapannya, saya bisa menaruh anak di lingkungan yang aman. Kita mempercayakan sekolah, yang kita kira aman bagi anak, tapi nyatanya tidak. Berat bagi orang tua meninggalkan anak di sekolah dengan kekhawatiran. Sekolah dan guru-guru harus tanggung jawab, mau mengakui kesalahan. Tidak hanya melihat kepentingan sekolah, tapi kebaikan yang lebih besar, masa depan anak-anak. Karena ini kan kehidupan dan masa depan anak. Jadi ciptakanlah lingkungan yang aman di sekolah untuk anak-anak," tandas Fellma.

Selain menuntut revisi UUPA, Fellma menuntut agar guru dan pihak sekolah lebih awas dan menciptakan lingkungan yang menjamin keamanan anak-anak di sekolah.

Semenjak kasus tersebut terkuak ke publik dari laporan orang tua korban ke kepolisian dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Muhammad Nuh telah membentuk tim investigasi untuk menyelsaikan kasus tersebut.
Sedangkan menurut Mengkokesra, Agung laksono, Kasus JIS mencoreng dunia pendidikan kita. Siapapun yang terlibat dalam aksi tersebut, baik guru ataupun petugas kebersihan harus bertanggung jawab dan ditindak tegas oleh aparat kepolisian,"kata Menko Kesra Agung Laksono di Kantor Kemenko Kesra, Jakarta, Rabu (16/4).
Menko Kesra menilai, kasus pelecehan seksual yang ternyata sudah berulang kali terjadi di sekolah tersebut menunjukkan mekanisme pengawasan dan perlindungan anak yang tidak berjalan, karena tidak mampu melindungi murid dari pelaku kekerasan seksual. [No_01]

Trending Now
10 Spanduk Rumah Dijual yang Bikin Calon Pembeli Gagal Paham

10 Spanduk Rumah Dijual yang Bikin Calon Pembeli Gagal Paham

Saat ini properti adalah salah satu hal yang paling dicari. Memiliki bisnis properti juga suatu hal yang menjanjikan, karena semakin tahun h
1,054 views 0 shares
10 Chat Kehabisan Bahan Obrolan yang Isinya Kocak Banget

10 Chat Kehabisan Bahan Obrolan yang Isinya Kocak Banget

Saat kita ingin memiliki pasangan, hal yang kita lakukan adalah PDKT ke gebetan. Tapi ini bukanlah hal yang mudah, enggak cukup dengan ngaja
3,309 views 0 shares
Terjemahan Dari 10 Kode Yang Sering Diucapin Cewek

Terjemahan Dari 10 Kode Yang Sering Diucapin Cewek

Cewek adalah makhluk Tuhan yang paling sulit dimengerti dan dipahami. Untuk mengungkapkan keinginannya saja, mereka selalu menggunakan kode-
168,500 views 11,549 shares
Kamu Nggak Bakal Kepikiran Untuk Foto Selfie Dimoment Kayak Gini

Kamu Nggak Bakal Kepikiran Untuk Foto Selfie Dimoment Kayak Gini

Selfie didekat badai tornado..kalo nggak salah sih cwok ini sengaja ngejar badai tornado trus sengaja turun dari mobil dan selfie dehh..WOW
505,319 views 3,597 shares
10+ Foto yang Memperlihatkan Kejadian Langka Dalam Sejarah

10+ Foto yang Memperlihatkan Kejadian Langka Dalam Sejarah

Satu hal yang bisa membuat kamu kembali ke masa lalu adalah dengan melihat foto. Karena sampai sekarang masih belum ada mesin waktu yang mem
674,218 views 1,237 shares
25 Gambar ini dijamin bakal menipu mata kamu, mengagumkan!

25 Gambar ini dijamin bakal menipu mata kamu, mengagumkan!

Gambar-gambar ini tidak biasa. Mereka memiliki yang namanya ’magical realism’ atau  kesenian yang berusaha melukiskan maupun
461,246 views 8,653 shares
10 Tampak Depan Rumah Artis yang Mewah dan Megah

10 Tampak Depan Rumah Artis yang Mewah dan Megah

Sudah kita ketahui jika penghasilan menjadi artis ibukota memang tidak main-main. Bekerja di dalam industri hiburan membuat para artis atau
1,616 views 0 shares
10 Status WA Pertanyaan Kocak yang Bikin Pembaca Emosi

10 Status WA Pertanyaan Kocak yang Bikin Pembaca Emosi

Hampir sama seperti media sosial yang lain, saat ini WhatsApp juga dilengkapi fitur story, di mana penggunanya bisa mengunggah foto sama vid
1,162 views 0 shares
[20 GAMBAR LUCU] Realita TRENDING TOPIC & KEHIDUPAN di INDONESIA

[20 GAMBAR LUCU] Realita TRENDING TOPIC & KEHIDUPAN di INDONESIA

Indonesia memiliki kehidupan yang unik, hal itu disadari oleh salah satu seniman komik Indonesia. Ia menuangkan karyanya dan menguploadnya k
563,373 views 4,793 shares
10 Coretan Unik Pelajar Saat Bosan Dikelas..Kreatif Banget!

10 Coretan Unik Pelajar Saat Bosan Dikelas..Kreatif Banget!

Kalau kamu bilang kangen masa sekolah, mungkin yang kamu rindukan hanya saat bermain dengan teman-teman aja Pulsker. Karena nggak semua pela
198,943 views 10,348 shares