10 Fakta Seputar kentut yg perlu Diketahui
Loading...
 
posted on WOW Keren
2,202 views
10 Fakta Seputar kentut yg perlu Diketahui

Kentut adalah sebuah kejadian yang pasti terjadi setiap manusia. Bahkan jika seseorang tidak kentut, mungkin dia akan merasa galau dan ada yang aneh dengan tubuhnya Namun meskipun setiap hari kamu melakukan kentut, tak semua orang tahu jika kentut itu rupanya terjadi 14 kali sehari.

Atau mungkin, tahukah kamu alasan mengapa kentut itu baunya tidak sedap? Hmm, tak hanya itu, masih ada 10 Fakta Seputar kentut yg perlu Diketahui yang tak semua orang tahu. Apa saja? Simak ulasannya bareng yuk!

1. Apa Sih Kentut Itu?
Kentut disebabkan oleh udara terjebak yang bisa berasal dari berbagai sumber, seperti dari udara yang kita telan saat makan atau minum. Udara terjebak itu berasal dari gas yang merembes ke usus dari darah maupun gas yang dihasilkan reaksi kimia dalam usus /bakteri. Kentut memiliki kandungan sekitar 1% gas hidrogen sulfida dan merkaptan yang mengandung sulfur. Sulfur yang membuat kentut berbau busuk. Lantas mengapa berbunyi? Rupanya itu karena getaran rektum.

2. MengapaBauKentut Tak Enak?
Semakin tinggi kandungan sulfur di tubuhmu, maka bau kentutmu bisa semakin bau. Beberapa makanan yang mengandung sulfur lebh banyak adalah seperti kacang-kacangan, kubis, keju, soda, dan telur bisa membuat bau kentut semakin bau.

3. Kentut 14 Kali Sehari
Rata-rata setiap orang memproduksi sekitar setengah liter ketut perhari dan meskipun tidak banyak wanita yang mengakui, faktanya wanita lebih banyak kentut daripada para pria! Namun jika diambil rata-rata, setiap orang melakukan kentut 14 kali sehari. Dan jika kamu melakukan kentut terus selama 6 tahun 9 bulan, kamu bisa menghasilkan energi setara bom atom! Wow...

4. Kecepatannya 10 Kaki/Detik
Meskipun kentut keluar dari tubuhmu dengan berbagai kecepatan, namun kamu biasanya baru bisa merasakan baunya sekitar 10-15 detik kemudian setelah kentut keluar. Hal itu karena dibutuhkan waktu cukup lama sampai kentut bisa mencapai lubang hidungmu.

5. Tahan Kentut = Tak Sehat
Beberapa ahli berpikir bahwa kentut adalah bagian alami dari sistem pencernaan seseorang, sehingga jika menahannya maka itu merugikan dirimu sendiri. Jika kamu menahan kentut, maka kamu akan mengalami gejala kembung dan yang terburuk adalah wasir serta usus buncit. Jadi? Saat kentut, tenanglah dan keluarkanlah dengan damai.

6. Kentut Dianggap Penting?
Jika di beberapa masyarakat percaya bahwa kentut di depan umum tak sopan, namun di ada masyarakat yang menganggap kentut di depan umum tak masalah. Bahkan suku Indian di Amerika Serikat yakni Yanomami menganggap kentut adalah sebuah salam.
Di China kamu juga bisa melamar pekerjaan sebagai seorang profesional yang membaui kentut! Seakan kurang, pemerintahan Roma Kuno yang dipimpin Kaisar Claudius mengesahkan UU yang menyatakan kentut bisa dilakukan di makan malam kerajaan.


7. Kentut MuSeperti yang sudah disebutkan, kentut mengandung metana dan hidrogen yang diyakini membuat kentut mudah terbakar. Sehingga mungkin dalam sebuah operasi usus, tim dokter memang harus menjauhkan sumber api daripada terjadi sesuatu yang tak menyenangkan.

8. Rayap Paling Sering Kentut
Sulit dipercaya bahwa rayap kecil rupanya bisa bertanggung jawab atas banyak masalah pemanasan global di bumi. Rayap dilaporkan melakukan kentut lebih banyak daripada hewan lain yang menghasilkan gas metana. Menurut penelitian, emisi global metana akibat rayap menghasilkan 2 dan 22 Tg/tahun dan menjadikannya sumber alam emisi metana terbesar kedua di dunia.


9. Kentut Saat Tidur
Oke, kamu mungkin lebih baik menahan kentut daripada merasa malu. Tapi tahukah kamu kalau rupanya ketika kamu tidur, kentut bisa keluar tanpa kamu sadari.

10. Meninggal Tetap Kentut
Bahkan sekalipun manusia sudah meninggal, dia rupanya tetap bisa kentut. Karena secara medis, sampai 3 jam setelah tubuh dinyatakan meninggal, tubuh akan terus mengeluarkan gas yang disebabkan otot masih berkontraksi untuk terakhir kalinya. Hiiy, jangan takut ya.

Baca Selengkapnya Di: http://www.lihat.co.id/#ixzz33Hs51pV3
Follow us: @m3_oin

Trending Now
10 Foto Keren dan Menakjubkan yang Diambil di Waktu yang Sempurna

10 Foto Keren dan Menakjubkan yang Diambil di Waktu yang Sempurna

Tidak semua fotografer dapat mengambil gambar yang sempurna. Fotografer profesional sekalipun harus memperhitungkan momen yang pas untuk bis
9,701 views 0 shares
Generasi 90an, Kalian Pasti Tahu Jika 7 Benda Ini Dijual Pedagang Mainan Depan Sekolah

Generasi 90an, Kalian Pasti Tahu Jika 7 Benda Ini Dijual Pedagang Mainan Depan Sekolah

Buat generasi 90an, kamu pasti merasakan kalau jaman dulu nggak ada mainan secanggih sekarang. Hiburan buat kalian sangat terbatas, paling-p
34,016 views 5,641 shares
8 Potret Iklan Orang Jual Hape Ini Isinya Malah Bikin Emosi

8 Potret Iklan Orang Jual Hape Ini Isinya Malah Bikin Emosi

Media sosial saat ini nggak hanya bisa dipakai untuk update status dan upload foto saja. Tetapi di sana kita juga akan menemukan fitur marke
72,208 views 0 shares
Jawaban Imajinatif Netizen dari Penggunaan WC Berbentuk Aneh yang Lagi Viral

Jawaban Imajinatif Netizen dari Penggunaan WC Berbentuk Aneh yang Lagi Viral

Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan dengan foto bentuk WC unik Pulsker. Karena tempat air dan klosetnya saling bertolak belakang. Lan
37,789 views 151 shares
KOCAK! 15 Judul Film Yang Bakal Membuat Kamu NGAKAK dan GAGAL PAHAM

KOCAK! 15 Judul Film Yang Bakal Membuat Kamu NGAKAK dan GAGAL PAHAM

Perfilman Indonesia lagi bangkit nih beberapa taun ini. Kualitas film makin meningkat. Tapi di balik itu, ada juga loh film-film dengan judu
311,454 views 5,397 shares
Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Salah satu media sosial yang sat ini masih eksis dan sering dipakai oleh pengguna internet adalah Facebook. Media sosial yang dibuat oleh Ma
33,134 views 0 shares
Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Pulsker pasti tau zebra cross dong, itu loh jalan untuk pejalan kaki yang mau menyebrang. Zebra cross memang biasanya garis-garis berwarna
12,625 views 528 shares
Cuma di Indonesia. Bakso Unik dan Kreatif. Rasanya Mantab Banget

Cuma di Indonesia. Bakso Unik dan Kreatif. Rasanya Mantab Banget

Makanan yang satu ini memang makanan yang sangat fenomenal. Hampir semua orang di Indonesia menyukainya. Dan hampir seluruh wilayah di Indon
7,187 views 153 shares
14 Gombal "Persamaan Kamu Dengan", Bakal Bikin Cewek Berbunga Bunga Sekaligus Geli !

14 Gombal "Persamaan Kamu Dengan", Bakal Bikin Cewek Berbunga Bunga Sekaligus Geli !

Biasanya pasangan yang lagi kasmaran dan lagi sayang sayangnya selalu punya cara untuk becanda, apalagi kalo cowoknya Humoris, seringkali pa
3,817 views 0 shares
7 Istilah yang Sering Digunakan Saat Mewabahnya Virus Covid-19

7 Istilah yang Sering Digunakan Saat Mewabahnya Virus Covid-19

Virus COVID-19 atau yang sering disebut dengan virus Corona saat ini menjadi hal yang paling mengerikan di dunia. Betapa tidak, virus ini mu
2,458 views 0 shares