8 Pedoman Yang Harus Diingat Ketika Kamu Sedang Galau Dalam Hidup
Loading...
 
posted on Everything in Life
3,674 views
8 Pedoman Yang Harus Diingat Ketika Kamu Sedang Galau Dalam Hidup

Kamu sudah merasa "klik" dan yakin dengan pasanganmu sekarang, tapi situasi dan kondisi menyulitkan kalian untuk mengikat janji. Kamu sudah belajar lebih rajin dari biasanya, tapi nilai yang kamu dapatkan masih segitu-segitu aja.

Atau, sewaktu kecil kamu bercita-cita jadi arsitek terkenal, namun setelah lulus dari jurusan arsitektur kamu justru merasa menyanyi adalah jalan hidupmu.

Hidup nggak akan membiarkan selalu duduk manis di zona nyamanmu. Tantangan yang disajikannya akan selalu membuatmu ragu atau bimbang. Akan ada pula kegagalan yang membuat dirimu merasa mentok dan galau. Lantas apa yang harus kamu jadikan pedoman dalam kondisi ini?
1. Ikuti Kata Hati & Pikiranmu
Gunakan hati dan otak ketika bimbang

Gunakan hati dan otak ketika bimbang via elitedaily.com

Manusia lahir dengan amunisi berupa "kata hati". Kata hati inilah yang akan menyuarakan apa yang menurut kita benar saat diri kita bimbang. Jadi, pastikan bahwa kamu selalu mendengarkan apa yang hatimu katakan.

Namun jangan lupa untuk tetap menggunakan akal pikiran. Terutama saat kamu sedang di ambang pengambilan keputusan besar. Menikah, berhenti kerja, beralih profesi " pertimbangkan semua ini secara matang. Bikin rencana, siapkan dana yang diperlukan, serta proyeksikan resikonya pada hidupmu nanti.


2. Tetap Dengerin Pendapat Orang
Pilih mana masukan yang baik buat kamu

Pilih mana masukan yang baik buat kamu via www.livingwellwithadhd.com

Semua orang selalu punya pendapat, saran, dan ide yang berbeda mengenai hidup yang sempurna. Ini berlaku untuk keluargamu, teman-teman akrabmu, dan pasanganmu. Bahkan, orang yang baru kamu kenal di atas kereta pun mungkin mau-mau saja menjelaskan pandangan hidupnya kalau kamu minta.

Dengarkan ucapan mereka dengan seksama. Tentu kamu harus tetap memilah-milah sendiri. Pilah mana saran yang berguna bagi kamu dan lupakan jika itu merugikan. Bagaimanapun, kamulah yang paling tahu detail kondisimu sekarang.


3. Kamu Akan Lebih Menyesali Hal-Hal Yang Tak Kamu Lakukan, Daripada Hal-Hal Yang Kamu Lakukan.
Berani ambil resiko untuk dibilang gila

Berani ambil risiko untuk dibilang gila via elitedaily.com

Kadang-kadang kamu terlalu takut melakukan sesuatu karena hal itu berisiko besar. Namun, jangan harap kamu bisa meraih hasil yang signifikan jika tak berani mengambil risiko. Yakinkan dirimu untuk berani mendobrak kenyamananmu, bahkan walau itu jalur alternatif yang membuatmu harus berjuang sendirian. Hasilnya akan amat manis bila kamu berhasil. Bahkan jika kamu tetap gagal, setidaknya kamu udah mencoba dan bisa tahu di mana salahnya. Dua puluh tahun dari sekarang, kamu akan lebih menyesali hal-hal yang tidak kamu lakukan daripada yang kamu lakukan.


4. Sadari Bahwa Kamu Unik
Just be yourself

Just be yourself via www.wall321.com

Seperti yang dibilang Oscar Wilde, "Be yourself, everyone else is already taken". Ketahuilah kalau kamu itu unik, nggak ada duanya. Gak ada yang bisa melukis seperti cara kamu melukis. Kalaupun ada akan tetap terasa itu bukan lukisanmu alias imitasi. Kamu juga gak perlu meniru suara penyanyi terkenal, bernyanyilah sesuai kemampuan dan gayamu.

Gunakan bakat dan keahlian kamu untuk menciptakan sesuatu, menginspirasi dan bermanfaat bagi orang lain. Karena cuma ada satu orang di dunia yang bisa melakukannya: kamu.
5. Biarkan Orang Lain Belajar Dari Kamu
Bagi pengalaman kamu

Bagi pengalaman kamu via rebloggy.com

Bahkan orang yang selalu kritis padamu dan menentangmu akan bisa belajar dari pengalaman yang kamu lalui. Mereka akan mengambil hikmah dari apa yang telah kamu perbuat: apa yang sebaiknya tak dilakukan, bagaimana seharusnya meraih kesuksesan, dari mana harus memulai sebuah usaha, bagaimana cara bertahan dari kritikan orang, dan ribuan hal lainnya. Yakinkan dirimu: salah atau benar, baik atau buruk, apapun yang kamu lakukan pastikan itu bermanfaat bagi orang lain.




6. Kalau Bukan Kamu, Lalu Siapa Lagi?
John Lennon menyerukan perdamaian

John Lennon menyerukan perdamaian via upload.wikimedia.org

Jika bukan Soekarno-Hatta yang memproklamasikan kemerdekaan, lalu siapa? Jika John Lennon menolak bernyanyi soal perdamaian, lalu siapa? Andaikan Steve Jobs gak balik lagi ke Apple, kira-kira iPhone bakal ada gak?

Siapa yang bisa memainkan peran yang sama persis seperti mereka? Gak ada. Setiap orang punya potensinya masing-masing yang nggak akan bisa digantikan orang lain. Termasuk kamu. Betapapun susah atau galaunya keadaanmu sekarang, yang terpenting bagimu adalah menemukan peranmu di dunia dan menjalankannya sepenuh hati.




7. Temukan Orang Yang Memahamimu
Sepaham

Sepaham via www.dreamboxphotography.com

Carilah seseorang yang bisa mengenal luar dalam tentang kekuatan dan kelemahan kamu. Orang yang tahu bahwa kamu memiliki sesuatu yang unik. Orang ini bisa siapa saja: keluarga, pacar, bahkan orang yang baru kamu temui di perjalanan. Dia akan menginspirasi, menantang, dan membuatmu makin berkembang. Ketika kamu sudah temukan orang yang seperti ini, jangan pernah lepas darinya. Selalu terbukalah pada "pencerahan-pencerahan" yang bisa orang spesial tersebut berikan.


8. Tidak Ada Yang Berhak Atas Hidupmu Kecuali Kamu Sendiri
Jalani Hidupmu

Jalani Hidupmu via www.unrulychristian.com

Ini adalah hidup dan kisahmu sendiri. Kamulah yang paling mengenal dirimu dan apa yang kamu mau. Orang lain boleh memberi pendapat dan punya hak untuk didengarkan, tapi keputusan akhir tetap ada di tanganmu. Kamu hanya ada di dunia ini sementara " jadi jangan buang waktu untuk menyenangkan orang lain selain kamu.



Seberapa peliknya perasaan hatimu saat ini, yang paling penting adalah untuk tetap mengingat prinsip-prinsip di atas tadi. Ingat: pilihan apapun yang akhirnya kamu ambil nanti, kamu harus tetap percaya dan berusaha keras menjalaninya.

Trending Now
10 Tulisan Typo Tugas Mahasiswa yang Bikin Dosen Gagal Paham

10 Tulisan Typo Tugas Mahasiswa yang Bikin Dosen Gagal Paham

Masa kuliah adalah masa dimana kita mulai beranjak dewasa. Di mana kita bertemu dengan orang-orang yang baru dan nggak bisa lagi bersantai-s
12,605 views 0 shares
Momen-Momen Saat Lihat Benda Seperti Makanan Ini Bikin Perut Makin Lapar

Momen-Momen Saat Lihat Benda Seperti Makanan Ini Bikin Perut Makin Lapar

Kalau udah masalah perut memang nggak bisa diabaikan. Pasti dong kamu nggak bakalan membiarkan perutmu kosong dan tidak terisi makanan sama
3,966 views 0 shares
10 Foto Perpaduan Makanan yang Bikin Hilang Napsu Makan

10 Foto Perpaduan Makanan yang Bikin Hilang Napsu Makan

Setiap hari kita harus memakan makanan agar menambah nutrisi dalam tubuh. Ngomongin tentang makanan, orang Indonesia itu memiliki satu kebia
2,318 views 0 shares
8 Potret Barang Tiruan yang Bikin Ngakak

8 Potret Barang Tiruan yang Bikin Ngakak

Barang original biasanya terbukti berbahan bagus, berkualitas tinggi, awet dan tahan lama. Dan karena itu semua, kenapa barang original memi
7,674 views 0 shares
10 Gaya Rambut Kocak yang Bikin Kamu Ketawa Sampai Mules

10 Gaya Rambut Kocak yang Bikin Kamu Ketawa Sampai Mules

Bagi semua orang rambut adalah mahkota. Jadi nggak heran kalau banyak orang sangat memperhatikan gaya rambut mereka. Karena bukan hanya bisa
37,579 views 155 shares
10 Potret Kocak Emak-emak Boncengin Anak. Nggak Ada Lawan!

10 Potret Kocak Emak-emak Boncengin Anak. Nggak Ada Lawan!

Kalau selama ini yang kamu tahu raja jalanan adalah kendaraan besar seperti truk atau bus, sepertinya kamu kurang update, karena saat ini ya
16,774 views 0 shares
10 Ide Jenius Ala Driver Ojek Online yang Keren Banget

10 Ide Jenius Ala Driver Ojek Online yang Keren Banget

Saat ini, semua orang bisa menjadi driver ojek online. Karena memang tuntutan keadaan yang mengharuskan mencari nafkah melalui pekerjaan ini
2,035 views 0 shares
10 Hasil Tukang Bangunan Kreatif Bikin Pola di Tembok Ini Bikin Gagal Paham

10 Hasil Tukang Bangunan Kreatif Bikin Pola di Tembok Ini Bikin Gagal Paham

Sebelum mendirikan bangunan, tukang bangunan pasti membuat konsep desainnya sejak awal. Tukang bangunannya biasanya bekerja sesuai dengan ko
4,722 views 0 shares
Kumpulan Meme Lucu Tentang TAHU yang Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Kumpulan Meme Lucu Tentang TAHU yang Bikin Senyum-Senyum Sendiri

Siapa yang tidak tahu dengan makanan bersalah dari Tempe ini, Netizen Indonesia membuktikan kreatifitasnya dengan mengedit dan membuat meme
218,216 views 3,543 shares
12 Posisi Absurd Alat-Alat Elektronik di Rumah Ini Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

12 Posisi Absurd Alat-Alat Elektronik di Rumah Ini Bikin Kamu Geleng-Geleng Kepala

Salah satu perabotan rumah yang wajib ada di dalam rumah adalah alat-alat elektronik. Perabotan yang biasanya mengharuskan menggunakan energ
4,539 views 0 shares