6 Misteri Tjipetir Yang Mengegerkan Rakyat Eropa Terpecahkan
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,199 views
6 Misteri Tjipetir Yang Mengegerkan Rakyat Eropa Terpecahkan

6 Misteri Tjipetir Yang Mengegerkan Rakyat Eropa Terpecahkan > http://goo.gl/I99CSi

Cipetir, nama sebuah desa kecil di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini mendadak mendunia. Butuh waktu hampir 1 abad bagi dunia untuk menemukan nama desa ini.

Semua bermula dari balok kenyal misterius bertuliskan 'Tjipetir'.

Balok Tjipetir itu ditemukan di bibir pantai seantero Eropa. Tak ada petunjuk apa pun tentang benda mirip talenan tersebut. Hingga Tracey Williams, warga Inggris dalam pencariannya menemukan kemungkinan Tjipetir merujuk pada sebuah perkebunan lawas yang berada di Sukabumi dan kini bernama Cipetir.


Tak cuma asal-usul Tjipetir. Belakangan juga diketahui bahan dan kegunaan benda kenyal tersebut. Benda persegi itu ternyata berasal dari getah daun tanaman jenis Sapotaceae, namanya guttapercha atau getah perca. Sebelum ada plastik, gutta-percha digunakan sebagai bahan pembuat bola golf, hidung boneka teddy bear, pigura, juga aksesori.

Masih ada sederet misteri lain dari Tjipetir yang kini terpecahkan. Berikut catatan 6 Misteri Tjipetir Yang Mengegerkan Rakyat Eropa Terpecahkan, dikutip dari Liputan6.


1. Pabriknya Tjipetir Masih Ada

Pabrik dan perkebunan karet lawas Cipetir yang menjadi tempat mencetak lempengan-lempengan Tjipetir ternyata masih ada hingga kini. Dan masih dapat menghasilkan.


Berdasarkan penelusuran data, pabrik Cipetir berdiri pada tahun 1885. Ketika itu Nusantara masih bernama Hindia Belanda. Sisa kejayaan masa lampau pabrik karet kualitas dunia itu masih bisa diamati lewat bangunan tua di areal perkebunan milik PTPN VIII Sukamaju Sukabumi.

Namun pabrik Cipetir kini tak sejaya dulu. Permintaan terus menurun. Ini lantaran popularitas getah perca menurun, dikalahkan oleh karet sintetis dan plastik.


2. Tumbuhan Asli Indonesia

Tanaman asal Tjipetir, yakni guttapercha atau getah perca ternyata merupakan tumbuhan asli Nusantara yang tersebar di Indonesia bagian barat dan Semenanjung Malaya. Tumbuhan ini juga terdapat di Australia, Taiwan, sampai ke Kepulauan Solomon. Pohon ini getah perca biasanya memiliki tinggi 30 meter dan diameter 0,5 meter.


Batangnya tegak dengan warna merah kecokelat-cokelatan. Daunnya tunggal dengan bentuk bundar telur sungsang. Tanaman getah perca tumbuh di ketinggian antara 400-1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dengan kelembaban 80-90 persen.


3. Getah Daun

Proses bahan baku untuk bisa berbentuk lempengan Tjipetir memakan waktu panjang. Dalam film dokumenter yang dimuat indonesianfilmcenter.com, terlihat sejumlah petani Bumiputera memulai proses pembuatan dengan memangkas ranting dan memetik daun-daun pohon. Daun-daun itu lalu dikumpulkan dalam karung dan ditimbang.


Selanjutnya dari perkebunan dibawa ke pabrik dengan menggunakan gondola yang melintasi pegunungan. Tiba di pabrik, daun-daun itu langsung di keluarkan dari karung dan dimasukkan ke dalam mesin penggiling. Mesin itu berfungsi memisahkan getah dari serat daun. Daun yang telah hancur digiling kemudian dicampur dengan air dan dipanaskan.

Setelah mendidih, airnya dituangkan ke dalam tangki flotasi. Lalu, hasilnya dipisahkan, dicuci, dan ditekan dalam mesin hingga getah perca kuning diperoleh. Terakhir, bahan ini bakal dimasukkan ke dalam mesin cetak dan disebar ke seluruh dunia.


4. Kapal Miyazaki Maru

Tjipetir diketahui pernah diangkut oleh kapal kargo milik Jepang, Miyazaki Maru. Namun kapal itu diketahui tenggelam saat masa Perang Dunia I. Miyazaki Maru tenggelam sekitar 241,5 kilometer bagian barat Kepulauan Scilly pada 31 Mei 1917 dalam pelayaran dari Yokohama ke London.


Kapal selam U-88 Jerman bertanggung jawab atas tragedi yang menewaskan 8 orang itu. Saat Miyazaki Maru tenggelam, muatannya termasuk getah perca tumpah ke lautan. Lembaga pemerintah Inggris, Receiver of Wreck juga berpendapat senada.

Alison Kentuck, pejabat yang bertugas mendata kapal-kapal karam di wilayah Inggris Raya menyebut, dugaan kuat kotak-kotak getah perca itu berasal dari Miyazaki Maru.


5. Tiga Kali Keliling Bumi

Ahli kelautan Curtis Ebbesmeyer mengatakan, balok Tjipetir bisa jadi terapung di lautan selama berabad-abad. Meskipun temuan balok Tjipetir baru dilaporkan sejak 30 tahun lalu. Dan kemungkinan, balok-balok Tjipetir telah 3 kali mengelilingi Bumi.


"Perlu waktu 25 tahun bagi sebuah benda mengapung untuk mengelilingi dunia. Dan Tjipetir itu mungkin sudah 3 kali mengelilingi Bumi," kata Ebbesmeyer.


6. Gigi Palsu


Meski abad telah berganti, namun Tjipetir atau getah perca sampai saat ini masih memiliki manfaat. Laman Disbun.jabarprov.go.id menyebutkan beberapa kegunaan getah perca. Yakni untuk instalasi kabel dasar laut, pelapis luar bola golf, campuran gips untuk pembalut tulang. Tak cuma itu 'Tjipetir' masa kini juga bisa digunakan untuk perawatan gigi dan pembuatan gigi palsu.

Itulah 6 Misteri Tjipetir Yang Mengegerkan Rakyat Eropa Terpecahkan. Abad-ke abad akhirnya misteri tentang tulisan tjipetir yang telah di temukan para bangsa eropa ahirnya di ketahui juga asal-usulnya.

Trending Now
10 Tulisan di Belakang Mobil Box yang Bikin Gagal Fokus

10 Tulisan di Belakang Mobil Box yang Bikin Gagal Fokus

Rutinitas membuat sebagian orang setiap hari harus keluar rumah untuk bekerja atau sekolah. Karena terjadi setiap hari, hal ini begitu membo
3,012 views 0 shares
8 Tulisan di Kulkas Anak Kost yang Bikin Auto Tobat

8 Tulisan di Kulkas Anak Kost yang Bikin Auto Tobat

Buat anak perantau yang tinggalnya jauh dari orang tua atau kampung halaman, biasanya mereka memilih tinggal di tempat kos. Disinilah mereka
2,398 views 0 shares
10 Kisah Tawar-menawar ala Emak-emak yang Bikin Mules

10 Kisah Tawar-menawar ala Emak-emak yang Bikin Mules

Berbicara tentang tawar-menawar tidak jauh dari urusan jual beli, pasar dan ibu-ibu. Kenapa mereka berkaitan erat? Karena ibu-ibu sangat jag
2,366 views 0 shares
20 FOTO dibalik Proses Pembuatan Film Titanic, Keren Banget!

20 FOTO dibalik Proses Pembuatan Film Titanic, Keren Banget!

Film Titanic pertama kali tayang pada tahun 1998, film ini bisa dinobatkan sebagai film paling romantis dan film paling laris sepanjang sej
599,228 views 24,913 shares
10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

Nggak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin merasakan kesialan. Tapi yang namanya nasib emang nggak ada yang tahu. Saat kita melakukan s
23,396 views 257 shares
Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Salah satu media sosial yang sat ini masih eksis dan sering dipakai oleh pengguna internet adalah Facebook. Media sosial yang dibuat oleh Ma
35,531 views 0 shares
Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Pulsker pasti tau zebra cross dong, itu loh jalan untuk pejalan kaki yang mau menyebrang. Zebra cross memang biasanya garis-garis berwarna
13,357 views 528 shares
9 Karikatur yang Memiliki Makna Mendalam Tentang Kehidupan Manusia, Perhatikan dan Renungkan !

9 Karikatur yang Memiliki Makna Mendalam Tentang Kehidupan Manusia, Perhatikan dan Renungkan !

Kehidupan manusia memang tidak ada hentinya untuk dibicarakan. Mulai dari hal baik, buruk hingga berbagai macam hal lainnya. Jika dituliskan
264,704 views 13,991 shares
10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

Nggak bisa dipungkiri jika transportasi online saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Pasalnya alat transportasi ini dinilai san
4,803 views 0 shares
10 Cara Siswa Menjawab Pertanyaan Ujian Ini Bikin Ngakak

10 Cara Siswa Menjawab Pertanyaan Ujian Ini Bikin Ngakak

Semenjak adanya pandemi Covid-19, semua kegiatan belajar mengajar di Indonesia sementara dihentikan untuk keamanan bersama. Hal ini sebenarn
5,805 views 0 shares