7 Keajaiban Unik Ini Hanya Ada Di Indonesia
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,167 views
7 Keajaiban Unik Ini Hanya Ada Di Indonesia

7 Keajaiban Unik Ini Hanya Ada Di Indonesia > http://goo.gl/y3CpWS

Banyak wisatawan asing datang ke Indonesia untuk melihat langsung keindahan alamnya yang luar biasa. Bahkan ada beberapa di antaranya yang tidak dapat dijumpai di negara lain.

Berikut ini kami akan mengulas tentang beberapa keajaiban alam yang unik dan hanya terdapat di Indonesia.
Berikut adalah 7 Keajaiban Unik Hanya Ada Di Indonesia dikutip dari yudhe.com.

1. Ubur-ubur yang tidak menyengat, Danau Kakaban, Kaltim

Di Danau Kakaban terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat yang tinggal di bawah airnya. Ubur-ubur seperti ini hanya terdapat di dua tempat di dunia, yaitu di Danau Kakaban dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik. Anda bisa berenang dan menyelam ke dasar danaunya untuk bertemu ubur-ubur unik ini.


Danau Kakaban diklaim sebagai danau ubur-ubur terbesar di dunia. Sebab didalamnya terdapat 4 jenis ubur-ubur di danau ini, yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Sedangkan Jellyfish Lake di Palau hanya memiliki dua jenis ubur-ubur saja. Danau Kakaban sendiri memiliki tekstur yang unik. Danau ini terbentuk akibat karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian hingga 50 meter. Kemudian, karang ini membuat sejumlah air terperangkap, dan terbentuklah danau.


2. Garam di atas gunung, Gunung Krayan, Kaltim

Masih di Kaltim, satu lagi keajaiban di sini adalah terdapat garam di atas gunung. Garam tersebut berada dalam sumur di Desa Long Midang, Gunung Krayan yang berjarak 100 km dari laut di ketinggian 2.400 mdpl.


Ajaib! Garam gunung yang dihasilkan di Krayan memiliki penampilan yang sama dengan garam laut, yaitu seperti pasir dan berwarna putih. Tetapi, ternyata garam gunung memiliki kandungan yodium yang lebih tinggi dibanding garam laut lho! Proses pembuatan garam ini pun berbeda dengan garam laut. Bahan dasar berupa air sumur di Desa Long Midang, direbus satu malam hingga air mengering. Setelah kering, tertinggalkan butiran kristal yang merupakan garam basah lalu garam basah ini dimasukkan ke dalam batang bambu dan dibakar hingga bambu habis terbakar api. Sisa bakaran inilah yang merupakan garam kering yang kemudian dibungkus daun dan siap dijual.


3. Fosil penyu dan batu karang, Gua Batu Cermin, Manggarai Barat, NTT

Selain komodo, Gua Batu Cermin merupakan keajaiban dari NTT. Sebabnya, di dalam gua ini terdapat gugusan batu karang dan fosil penyu di dinding guanya. Gua Batu Cermin berada di Kampung Wae Kesambi, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, NTT. Untuk melihat keajaiban ini, Anda harus menelusuri gua sepanjang ratusan meter. Selain itu, kilauan staklatit dan staglagmit di gua ini juga unik.


Tak heran, gua ini selalu menjadi agenda wajib saat berkunjung ke Flores. Fosil penyunya dapat Anda lihat dengan menggunakan senter karena gelapnya suasana di dalam gua. Gugusan batu karang pun terlihat jelas, seperti batu karang yang ada di bawah lautan. Oleh sebab itu, batu-batu karang dan penyu yang seharusnya berada di bawah lautan, mengapa bisa berada di dalam gua di atas daratan? Inilah tanda tanya besar sekaligus menjadi keajaiban alam.


4. Pasir pantai merah muda, Pulau Komodo, NTT

Jika pantai biasanya berpasir putih atau hitam, maka pantai ini mempunyai pasir yang berwarna pink. Datanglah ke Pink Beach di Pulau Komodo. Pantai ini letaknya ada di balik bukit, sehingga sepi dan terpencil. Air laut di sekitar pantainya sangat biru jernih dan menggoda untuk diving atau snorkeling.


Warna pink di pantai ini akan terlihat lebih pekat dibanding pasir yang masih kering. Warna pinknya merupakan komposisi dari koral, pecahan kerang dan kalsium karbonat dari biota laut yang ada di sana. Anda bisa menuju Pink Beach dari Labuan Bajo. Bersantai di pantai berenang di lautan, atau sekedar berfoto-foto di pantai yang merupakan salah satu keajaiban Indonesia ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.


5. Danau tiga warna, Ende, NTT

Satu lagi keajaiban dari Flores, yaitu Danau Kelimutu yang mempunyai tiga warna. Hitam, biru tua, dan biru, adalah tiga warna dari danau ini yang terletak di Kecamatan Kelimutu, Ende, NTT. Tak hanya wisatawan dalam negeri saja, danau ini sudah memesona hingga ke traveler mancanegara. Keajaiban dari ketiga danau ini adalah dapat berubah warna. Bila beruntung, Anda dapat melihat warna-warna yang berubah warna, seperti warna merah menjadi hijau, dari hijau muda menjadi hijau keputih-putihan, dan lainnya.


Hal ini disebabkan oleh faktor kandungan mineral, lumut dan batu-batuan di dalam kawah dan juga pengaruh cahaya Matahari. Selain itu, masyarakat sekitar percaya bahwa perubahan warna tersebut mengandung "pesan" tersendiri. Meski demikian, perjalanan menuju ke Danau kelimutu tidaklah mudah. Anda harus berjalan sepanjang 3 kilometer dan melewati 236 anak tangga untuk mencapai Puncak Kelimutu. Dari sinilah, ada keindahan dan keajaiban alam yang sangat menawan.


6. Air panas di pinggir pantai, Tidore

Pemandian air panas di kolam atau gunung, sudah biasa. Akan tetapi, di Pantai Akesahu, Tidore, Maluku Utara, terdapat pemandian air panas di pinggir pantai. Benar-benar di pinggir pantai dan di depan Anda adalah lautan. Ajaib! Air panas Akesahu terletak sekitar 30 menit dari dari Pelabuhan Rum, pelabuhan utama di Tidore.


Ajaibnya, walaupun terletak di pinggir pantai, air panas ini rasanya tawar. Ditambah dengan pepohonan rindang dan pasir pantai yang halus, mandi air panas di tempat ini benar-benar berbeda dari biasanya. Air panas ini berasal dari sumber air panas yang terletak di dekat pantai. Merendamkan diri di air panasnya sambil menikmati suasana pantai sangatlah menyenangkan. Cukup dengan biaya Rp 2.000 saja, Anda dapat menikmati keajaiban alam ini.


7. Pasir putih di bukit Lembah Baliem, Papua

Jika selama ini Anda menggangap pasir putih hanya ada di pantai saja, maka datanglah ke Desa Aikima di Lembah Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Di sana terdapat pasir putih yang berada di atas bukit dan berjarak ratusan kilometer dari pantai. Woow! Anda harus mendaki bukit untuk melihat pasir putihnya dari dekat. Dari kejauhan saja, hamparan pasir putihnya sudah terlihat jelas. Warnanya mencolok dengan latar gunung hijau dan langit yang biru. Pasir itu seakan mengalir dari atas bukit.


Putih dan bersih, memantulkan cahaya matahari hingga tampak bak kristal. Berdasarkan sains, pasir putih ini ada karena bentukan alam. Dulu, Lembah Baliem merupakan sebuah danau raksasa bernama Wio. Pada tahun 1813, terjadi gempa yang menyebabkan pergeseran dan perubahan geologi. Maka terbentuklah pula Sungai Baliem yang meliuk di tengah lembah ini. Konon, pasir putih Desa Aikima adalah salah satu sisi danau purba tersebut.

Nah Itulah 7 Keajaiban Unik Yang Hanya Ada Di Indonesia. Unik dan sedikit aneh ya? wajar karna belum ada yang seperti kejadian ini sebelum nya.

Trending Now
10 Tulisan di Belakang Mobil Box yang Bikin Gagal Fokus

10 Tulisan di Belakang Mobil Box yang Bikin Gagal Fokus

Rutinitas membuat sebagian orang setiap hari harus keluar rumah untuk bekerja atau sekolah. Karena terjadi setiap hari, hal ini begitu membo
2,998 views 0 shares
8 Tulisan di Kulkas Anak Kost yang Bikin Auto Tobat

8 Tulisan di Kulkas Anak Kost yang Bikin Auto Tobat

Buat anak perantau yang tinggalnya jauh dari orang tua atau kampung halaman, biasanya mereka memilih tinggal di tempat kos. Disinilah mereka
2,390 views 0 shares
10 Kisah Tawar-menawar ala Emak-emak yang Bikin Mules

10 Kisah Tawar-menawar ala Emak-emak yang Bikin Mules

Berbicara tentang tawar-menawar tidak jauh dari urusan jual beli, pasar dan ibu-ibu. Kenapa mereka berkaitan erat? Karena ibu-ibu sangat jag
2,361 views 0 shares
20 FOTO dibalik Proses Pembuatan Film Titanic, Keren Banget!

20 FOTO dibalik Proses Pembuatan Film Titanic, Keren Banget!

Film Titanic pertama kali tayang pada tahun 1998, film ini bisa dinobatkan sebagai film paling romantis dan film paling laris sepanjang sej
599,224 views 24,913 shares
10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

Nggak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin merasakan kesialan. Tapi yang namanya nasib emang nggak ada yang tahu. Saat kita melakukan s
23,390 views 257 shares
Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Salah satu media sosial yang sat ini masih eksis dan sering dipakai oleh pengguna internet adalah Facebook. Media sosial yang dibuat oleh Ma
35,529 views 0 shares
Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Pulsker pasti tau zebra cross dong, itu loh jalan untuk pejalan kaki yang mau menyebrang. Zebra cross memang biasanya garis-garis berwarna
13,356 views 528 shares
9 Karikatur yang Memiliki Makna Mendalam Tentang Kehidupan Manusia, Perhatikan dan Renungkan !

9 Karikatur yang Memiliki Makna Mendalam Tentang Kehidupan Manusia, Perhatikan dan Renungkan !

Kehidupan manusia memang tidak ada hentinya untuk dibicarakan. Mulai dari hal baik, buruk hingga berbagai macam hal lainnya. Jika dituliskan
264,697 views 13,991 shares
10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

Nggak bisa dipungkiri jika transportasi online saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Pasalnya alat transportasi ini dinilai san
4,799 views 0 shares
10 Cara Siswa Menjawab Pertanyaan Ujian Ini Bikin Ngakak

10 Cara Siswa Menjawab Pertanyaan Ujian Ini Bikin Ngakak

Semenjak adanya pandemi Covid-19, semua kegiatan belajar mengajar di Indonesia sementara dihentikan untuk keamanan bersama. Hal ini sebenarn
5,797 views 0 shares