Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,359 views
Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh

Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh > http://goo.gl/uomycp

Sejumlah masjid di Aceh selamat saat terjadi gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004. Masjid itu memang mengalami sejumlah kerusakan.

Namun masih berdiri tegar, tak luluh lantak sebagaimana bangunan lain di sekitarnya.


Fenomena itu mengundang keheranan. Sebab, gempa yang disusul tsunami pada pagi itu benar-benar dahsyat. Kala itu, air bah memang menyapu wilayah pesisir Aceh yang menghadap ke Samudera Hindia dan menghancurkan apa saja yang ditermui. Apa gerangan yang membuat bangunan masjid itu tak hancur akibat terjangan tsunami? Banyak yang berpendapat masjid itu selamat karena dijadikan tempat ibadah. Ada pula yang berpendapat masjid-masjid itu selamat karena konstruksinya.

Dikutip dari Dream.co.id, Terlepas dari perdebatan itu, yang jelas masjid-masjid itu tak hancur oleh tsunami. Bahkan kemudian direnovasi kembali menjadi bangunan yang kokoh dan indah. Serta digunakan lagi oleh kaum Muslim untuk beribadah. Berikut adalah Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh :


1. Masjid di Kuede Teunom

Wilayah Kuede Teunom berjarak 68 mil dari Banda Aceh. Saat terjadi bencana tsunami 2004, nyaris tak ada bangunan yang selamat. Hanya sebuah masjid dan beberapa gedung saja yang masih berdiri. Masjid itu memiliki sebuah kubah.


Dari foto yanng diambil setelah tsunami, terlihat masjid yang beratap seng karatan itu mengalami kerusakan.Kini, masjid di Aceh Jaya itu telah direnovasi. Di sekelilingnya telah pula dibangun permukiman warga, yang sebelumnya habis disapu air bah.


2. Masjid Baiturrahim, Ulee Lheue

Masjid yang terletak di Kecamatan Meuraksa, Banda Aceh, ini merupakan peninggalan Sultan Aceh pada abad ke-17. Masa itu masjid tersebut bernama Masjid Jami" Ulee Lheu. Pada 1873 ketika Masjid Raya Baiturrahman dibakar Belanda, semua jamaah masjid terpaksa melakukan salat Jumat di Ulee Lheue. Dan sejak saat itu namanya menjadi Masjid Baiturrahim.

Saat terjadi tsunami Desember 2004, masjid ini menjadi satu-satunya bangunan yang masih berdiri. Bangunan lain di sekitarnya tersapu air laut yang naik ke daratan. Pada tahun 1983, saat Banda Aceh diguncang gempa dahsyat, kubah masjid ini runtuh. Masyarakat lantas membangun kembali masjid itu, namun tidak lagi memasang kubah, hanya atap biasa.


3. Masjid Rahmatullah Lampu"uk

Masjid Rahmatullah Lampu"uk dibangun pada tahun 1990 dan selesai tujuh tahun kemudian. Masjid yang terletak 500 meter dari pantai ini masih berdiri setelah diterjang tsunami, meski tak benar-benar utuh.


Masjid ini kemudian direnovasi dengan dana bantuan dari Bulan Sabit Merah Turki. Turki memang punya ikatan sejarah dengan Aceh. Dulu kala, Turki pernah membantu Aceh membangun tentara laut yang tangguh.

Di Aceh pula terdapat makam yang diyakini mlik ahli perang asal Turki. Pada 26 Desember 2006, Wakil Perdana Menteri Turki, Mehmet Ali Sahin, bertandang ke Lampu"uk untuk meresmikan berbagai fasilitas yang dibangun Bulan Sabit Merah Turki dalam acara yang berpusat di halaman Masjid Rahmatullah.


4. Masjid Al Ikhlas Lhoknga

Masjid Al Ikhlas yang terletak di kawasan Lhoknga ini digunakan untuk tempat berlindung warga saat terjadi tsunami pada Desember 2004.


Beberapa saksi mata yang selamat menuturkan telah terjadi keajaiban. Air bah yang menerjang terbelah saat akan menyentuh masjid. Wallau'alam Bishawaab.


5. Masjid Baiturrahman

Baiturrahman adalah masjid dengan sejarah panjang. Cikal bakal masjid negara ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Namun masjid itu kemudian terbakar habis saat agresi Belanda pada April 1873.


Pada Desember 2004, masjid raya ini tak luput dari terjangan tsunami. Kala itu, air tsunami yang menerjang tingginya hampir dua meter, menggenang hingga ke ruangan dalam. Banyak warga berlindung di masjid ini.

Setelah air tsunami surut, di dalam Masjid Raya Baiturrahman dijadikan tempat meletakkan ribuan jenazah korban tsunami.

Itulah Beberapa dari Kondisi Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh. Yang maha kuasa telah memperlihatkan kuasanya dengan menyelamatkan tempat-tempat suci.

Trending Now
10 Tulisan di Belakang Mobil Box yang Bikin Gagal Fokus

10 Tulisan di Belakang Mobil Box yang Bikin Gagal Fokus

Rutinitas membuat sebagian orang setiap hari harus keluar rumah untuk bekerja atau sekolah. Karena terjadi setiap hari, hal ini begitu membo
2,955 views 0 shares
8 Tulisan di Kulkas Anak Kost yang Bikin Auto Tobat

8 Tulisan di Kulkas Anak Kost yang Bikin Auto Tobat

Buat anak perantau yang tinggalnya jauh dari orang tua atau kampung halaman, biasanya mereka memilih tinggal di tempat kos. Disinilah mereka
2,361 views 0 shares
10 Kisah Tawar-menawar ala Emak-emak yang Bikin Mules

10 Kisah Tawar-menawar ala Emak-emak yang Bikin Mules

Berbicara tentang tawar-menawar tidak jauh dari urusan jual beli, pasar dan ibu-ibu. Kenapa mereka berkaitan erat? Karena ibu-ibu sangat jag
2,313 views 0 shares
20 FOTO dibalik Proses Pembuatan Film Titanic, Keren Banget!

20 FOTO dibalik Proses Pembuatan Film Titanic, Keren Banget!

Film Titanic pertama kali tayang pada tahun 1998, film ini bisa dinobatkan sebagai film paling romantis dan film paling laris sepanjang sej
599,203 views 24,913 shares
10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

10 Momen Sial yang Bikin Kamu Menarik Nafas Kesal

Nggak ada satu orangpun di dunia ini yang ingin merasakan kesialan. Tapi yang namanya nasib emang nggak ada yang tahu. Saat kita melakukan s
23,377 views 257 shares
Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Kumpulan Typo dalam Status Facebook yang Bikin Gagal Paham, Duh!

Salah satu media sosial yang sat ini masih eksis dan sering dipakai oleh pengguna internet adalah Facebook. Media sosial yang dibuat oleh Ma
35,511 views 0 shares
Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Funny Cross, Zebra Cross yang Berwarna-warni

Pulsker pasti tau zebra cross dong, itu loh jalan untuk pejalan kaki yang mau menyebrang. Zebra cross memang biasanya garis-garis berwarna
13,353 views 528 shares
9 Karikatur yang Memiliki Makna Mendalam Tentang Kehidupan Manusia, Perhatikan dan Renungkan !

9 Karikatur yang Memiliki Makna Mendalam Tentang Kehidupan Manusia, Perhatikan dan Renungkan !

Kehidupan manusia memang tidak ada hentinya untuk dibicarakan. Mulai dari hal baik, buruk hingga berbagai macam hal lainnya. Jika dituliskan
264,676 views 13,991 shares
10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

Nggak bisa dipungkiri jika transportasi online saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Pasalnya alat transportasi ini dinilai san
4,785 views 0 shares
10 Cara Siswa Menjawab Pertanyaan Ujian Ini Bikin Ngakak

10 Cara Siswa Menjawab Pertanyaan Ujian Ini Bikin Ngakak

Semenjak adanya pandemi Covid-19, semua kegiatan belajar mengajar di Indonesia sementara dihentikan untuk keamanan bersama. Hal ini sebenarn
5,773 views 0 shares