Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh
Loading...
 
posted on WOW Keren
1,409 views
Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh

Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh > http://goo.gl/uomycp

Sejumlah masjid di Aceh selamat saat terjadi gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004. Masjid itu memang mengalami sejumlah kerusakan.

Namun masih berdiri tegar, tak luluh lantak sebagaimana bangunan lain di sekitarnya.


Fenomena itu mengundang keheranan. Sebab, gempa yang disusul tsunami pada pagi itu benar-benar dahsyat. Kala itu, air bah memang menyapu wilayah pesisir Aceh yang menghadap ke Samudera Hindia dan menghancurkan apa saja yang ditermui. Apa gerangan yang membuat bangunan masjid itu tak hancur akibat terjangan tsunami? Banyak yang berpendapat masjid itu selamat karena dijadikan tempat ibadah. Ada pula yang berpendapat masjid-masjid itu selamat karena konstruksinya.

Dikutip dari Dream.co.id, Terlepas dari perdebatan itu, yang jelas masjid-masjid itu tak hancur oleh tsunami. Bahkan kemudian direnovasi kembali menjadi bangunan yang kokoh dan indah. Serta digunakan lagi oleh kaum Muslim untuk beribadah. Berikut adalah Kondisi 5 Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh :


1. Masjid di Kuede Teunom

Wilayah Kuede Teunom berjarak 68 mil dari Banda Aceh. Saat terjadi bencana tsunami 2004, nyaris tak ada bangunan yang selamat. Hanya sebuah masjid dan beberapa gedung saja yang masih berdiri. Masjid itu memiliki sebuah kubah.


Dari foto yanng diambil setelah tsunami, terlihat masjid yang beratap seng karatan itu mengalami kerusakan.Kini, masjid di Aceh Jaya itu telah direnovasi. Di sekelilingnya telah pula dibangun permukiman warga, yang sebelumnya habis disapu air bah.


2. Masjid Baiturrahim, Ulee Lheue

Masjid yang terletak di Kecamatan Meuraksa, Banda Aceh, ini merupakan peninggalan Sultan Aceh pada abad ke-17. Masa itu masjid tersebut bernama Masjid Jami" Ulee Lheu. Pada 1873 ketika Masjid Raya Baiturrahman dibakar Belanda, semua jamaah masjid terpaksa melakukan salat Jumat di Ulee Lheue. Dan sejak saat itu namanya menjadi Masjid Baiturrahim.

Saat terjadi tsunami Desember 2004, masjid ini menjadi satu-satunya bangunan yang masih berdiri. Bangunan lain di sekitarnya tersapu air laut yang naik ke daratan. Pada tahun 1983, saat Banda Aceh diguncang gempa dahsyat, kubah masjid ini runtuh. Masyarakat lantas membangun kembali masjid itu, namun tidak lagi memasang kubah, hanya atap biasa.


3. Masjid Rahmatullah Lampu"uk

Masjid Rahmatullah Lampu"uk dibangun pada tahun 1990 dan selesai tujuh tahun kemudian. Masjid yang terletak 500 meter dari pantai ini masih berdiri setelah diterjang tsunami, meski tak benar-benar utuh.


Masjid ini kemudian direnovasi dengan dana bantuan dari Bulan Sabit Merah Turki. Turki memang punya ikatan sejarah dengan Aceh. Dulu kala, Turki pernah membantu Aceh membangun tentara laut yang tangguh.

Di Aceh pula terdapat makam yang diyakini mlik ahli perang asal Turki. Pada 26 Desember 2006, Wakil Perdana Menteri Turki, Mehmet Ali Sahin, bertandang ke Lampu"uk untuk meresmikan berbagai fasilitas yang dibangun Bulan Sabit Merah Turki dalam acara yang berpusat di halaman Masjid Rahmatullah.


4. Masjid Al Ikhlas Lhoknga

Masjid Al Ikhlas yang terletak di kawasan Lhoknga ini digunakan untuk tempat berlindung warga saat terjadi tsunami pada Desember 2004.


Beberapa saksi mata yang selamat menuturkan telah terjadi keajaiban. Air bah yang menerjang terbelah saat akan menyentuh masjid. Wallau'alam Bishawaab.


5. Masjid Baiturrahman

Baiturrahman adalah masjid dengan sejarah panjang. Cikal bakal masjid negara ini dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612. Namun masjid itu kemudian terbakar habis saat agresi Belanda pada April 1873.


Pada Desember 2004, masjid raya ini tak luput dari terjangan tsunami. Kala itu, air tsunami yang menerjang tingginya hampir dua meter, menggenang hingga ke ruangan dalam. Banyak warga berlindung di masjid ini.

Setelah air tsunami surut, di dalam Masjid Raya Baiturrahman dijadikan tempat meletakkan ribuan jenazah korban tsunami.

Itulah Beberapa dari Kondisi Masjid Yang Selamat Dari Tsunami Di Aceh. Yang maha kuasa telah memperlihatkan kuasanya dengan menyelamatkan tempat-tempat suci.

Trending Now
10 Pertanyaan di Grup Info Lowongan Kerja yang Bikin Gregetan

10 Pertanyaan di Grup Info Lowongan Kerja yang Bikin Gregetan

Seseorang harus memiliki pekerjaan untuk bertahan hidup, apalagi bagi mereka yang sudah menjadi kepala keluarga. Namun mencari pekerjaan buk
14,960 views 0 shares
10 Momen Apes Mengira Makanan yang Bikin Nyengir

10 Momen Apes Mengira Makanan yang Bikin Nyengir

Beberapa orang merasakan ketika dia lapar dan mengantuk, mereka akan lebih sensitif ketika menerima sesuatu. Selain itu juga sulit untuk ber
2,364 views 0 shares
10 Lirik Lagu yang Diplesetin Ini Bikin Ngakak

10 Lirik Lagu yang Diplesetin Ini Bikin Ngakak

Banyak orang percaya jika musik dan lagu bisa menenangkan hati dan pikiran. Entah itu dari lantunan musiknya, atau dari potongan lirik yang
3,260 views 0 shares
10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

10 Ragam Cerita Para Driver Ojol Dengan Penumpang

Nggak bisa dipungkiri jika transportasi online saat ini menjadi primadona di kalangan masyarakat. Pasalnya alat transportasi ini dinilai san
7,593 views 0 shares
10 Adegan Nggak Masuk Akal yang Ada di Sinetron Indonesia

10 Adegan Nggak Masuk Akal yang Ada di Sinetron Indonesia

Sinetron adalah film series yang tayang di TV Indonesia. Sampai saat ini, sinetron masih menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang men
48,079 views 0 shares
8 Meme Nyindir Cewek Matre yang Gak Bisa Bedain Mana Barang Mahal, Ngena Banget !

8 Meme Nyindir Cewek Matre yang Gak Bisa Bedain Mana Barang Mahal, Ngena Banget !

Punya pacar sesuai kriteria tertentu adalah harapan tiap orang, dan sah-sah saja kita membuat kriteria pacar yang akan kita pilih pulsker. H
507,192 views 24,974 shares
10 Spanduk yang Dipasang Ini Bikin Kita Mikir Keras

10 Spanduk yang Dipasang Ini Bikin Kita Mikir Keras

Spanduk adalah sebuah tulisan yang berisi peringatan atau tulisan promosi. Biasanya spanduk diletakkan di tempat yang strategis agar orang b
1,199 views 0 shares
WOW! Ini Dia 14 Motor Legendaris Di Indonesia

WOW! Ini Dia 14 Motor Legendaris Di Indonesia

Pulsker, dunia otomotif Indonesia ini sejarahnya panjang banget loh. Mulai jaman kakek, ayah, sampe kita, selalu ada kendaraan legendaris ti
501,435 views 6,494 shares
KUMPULAN TATO-TATO Gagal Paling Buruk dan Jelek dalam Sejarah!

KUMPULAN TATO-TATO Gagal Paling Buruk dan Jelek dalam Sejarah!

HOLA pulsker! tau tato dong? tau lah cuy, tinta abadi yang digambarkan di tubuh manusia ini masih jadi favorit banyak orang karena punya sen
506,505 views 4,345 shares
10 Tingkah Konyol Masyarakat Indonesia yang Bikin Ngakak

10 Tingkah Konyol Masyarakat Indonesia yang Bikin Ngakak

Nggak bisa dipungkiri jika saat ini media sosial juga menjadi sarana hiburan bagi masyarakat. Karena setiap hari, ada saja hal-hal viral yan
4,769 views 0 shares