Inilah Arti Kode Bendera pada Balap Motor
Loading...
 
posted on Olahraga
8,557 views
Inilah Arti Kode Bendera pada Balap Motor


Insiden yang dialami pembalap nasional Muhammad Fadli Imammudin dengan pembalap Thailand Jakkrit Sawangswat pada ajang Asia Road Race Championship (AARC) di sirkuit Sentul akhir pekan kemarin (7/6), mungkin seharusnya tak terjadi apabila para pembalap memahami setiap 'kode' dalam balapan.

Seperti dirilis dari Autoevolution, pihak penyelenggara balap motor kelas dunia seperti Dorna SL, memberikan petunjuk dan kode warna bendera kepada para pembalap agar mengerti situasi yang sedang berlangsung.

Balap motor mungkin sedikit berbeda dengan balapan Formula 1 yang menggunakan radio, hingga memungkinkan para pembalapnya mendapatkan komunikasi satu arah dengan para kru di pit. sedangkan para pembalap motor diharuskan memahami kode bendera maupun kode pit board saat melintasi garis start/finish.

Berikut ada beberapa kode baik lampu maupun bendera yang sejatinya dipahami oleh para pembalap yang menjalani balapan motor bertaraf internasional.

Hal tersebut ditekankan untuk meminimalisir insiden saat berlangsungnya balapan maupun sesudah balapan.
oke cekidot gan

1. Pit Board:

Merupakan papan yang berisi kode yang harus dipahami oleh para pembalap. Kode tersebut berupa jarak waktu antara pembalap yang bersangkutan dengan pembalap terbelakang, jumlah lap yang masih harus dilalui, serta adanya insiden dari rival/pembalap lainnya
2. Bendera Hitam
Ini merupakan bendera Diskualifikasi. bendera ini diperuntukkan kepada para pembalap yang terkena hukuman, baik pada saat start (melakukan jump start) ataupun kesalahan lainnya. Black flag juga merupakan kode kepada pembalap yang telah mendapatkan intruksi melalui pit board untuk melakukan restart.
3. Bendera Hitam dengan Lingkaran Oranye
Bendera ini menginformasikan kepada pembalap tertentu bahwa motornya memiliki masalah mekanik, yang dapat membahayakan dirinya sendiri atau orang lain. Intruksi bendera ini adalah pembalap harus meninggalkan trek, masuk ke gravel atau pit.

4. Bendera Putih

Bendera ini mengijinkan pembalap melakukan pergantian motor dikarenakan kasus tertentu, hujan misalnya. Para marshal melambaikan bendera putih dan memberitahukan kepada para pembalap untuk mengganti motor dengan setingan 'kering' ke setingan 'basah', tentunya melalui pit.
5. Bendera Kuning Garis Merah
Bendera ini mengindikasikan bahwa trek mendadak basah akibat hujan, atau ada kebocoran air yang mungkin membahayakan para pembalap.
6. Bendera Biru

Bendera ini menunjukkan kepada para pembalap bahwa akan ada peringatan ingin melakukan overtake/menyusul. Biasanya bendera ini dilambaikan pada saat sesi latihan bebas atau babak kualifikasi. Bendera ini juga berlaku bagi para pembalap yang melakukan overlap/menysul satu lap dengan pembalap terbelakang.
7. Bendera Finish
Bendera ini biasa dikenal dengan bendera finish dengan motof catur hitam putih yang melambai saat lomba selesai. Tak hanya berlaku pada saat sesi balapan, bendera ini juga digunakan untuk menunjukkan habisnya waktu saat latihan bebas dan sesi kualifikasi.
8. Bendera Kuning
Bendera ini biasanya melambai di setiap baris dari grid awal lomba, atau ketika bendera ini dilambaikan saat lomba berlangsung, maka artinya ada insiden atau kejadian yang mengharuskan pembalap menjaga kecepatan dan tak boleh melakukan overtaking/menyalip. Bahkan pada titik tertentu pembalap dianjurkan masuk pit atau berhenti.

Setiap pelanggaran yang dilakukan pembalap atas instruksi ini, maka akan ada sangsi berupa pemotongan point, restart, pemotongan waktu, atau bahkan start dari pit. Kesemua keputusan tentunya diserahkan kepada Race Direction.

Nah, bagi para pembalap diwajibkan memahami kode bendera baik saat berlangsung sesi latihan, sesi kualifikasi, bahkan di sesi balapan.

Namun tak hanya bendera maupun pit board yang harus dipahami oleh para pembalap, kode lampu sejatinya menjadi petunjuk bagi para pembalap untuk dapat melakukan balapan sesuai dengan instruksi dari Race Direction.
9. Bendera Merah dan Lampu Merah
Tanda ini merupakan peringatan bagi para pembalap untuk harus segera kembali ke pit, entah karena insiden tertentu atau apa, yang pasti, para pembalap diwajibkan keluar trek dan belum boleh memasuki trek sebelum lampu hijau di sepanjang trek dan pit menyala.
10. Lampu Merah
Kode berikut merupakan lampu start yang mengharuskan para pembalap berada di gridnya masing-masing sebelum memulai balapan. Sebelum lampu merah mati,para pembalap tidak diperkenankan untuk keluar dari grid posisi. Apabila pembalap melakukan itu, maka akan terkena sangsi 'jump start' yang mengharuskan pembalap memasuki garis pit dan memotong waktunya selama 10 detik. Sedangkan pada akhir setiap sesi latihan dan pemanasan, lampu merah akan dinyalakan di garis finish.
11. Lampu Hijau dan Bendera Hijau
Kode yang diaktifkan di pintu keluar pit lane sebagai tanda dimulai sesi latihan dan pemanasan. Juga sebagai tanda para pembalap boleh kembali ke lintasan setelah instruksi dari bendera merah.

Sedangkan bendera hijau yang dilambaikan ketika para pembalap melakukan sesi warming up/pemanasan sebelum memulai balap. Disetiap sudut lintasan, biasanya para marshall mengibarkan bendera ini yang menandakan kepada penonton lomba akan segera dimulai.



Akhiran


Nah itu mungkin Kode-kode bendera yang ada dalam sirkuit dalam ajang balapan gan, jadi jika agan ada yang mau jadi pembalap jangan lupa untuk hafal kode itu agar tidak ada kecerobohan di suatu hari.
semoga bermanfaat gan

sumberhttp://www.kaskus.co.id/thread/55754f8d0d8b463e798b456a/

Trending Now
10 Komentar di Status Facebook yang Bikin Kita Cekikikan

10 Komentar di Status Facebook yang Bikin Kita Cekikikan

Nggak bisa dipungkiri jika kehidupan kita saat ini nggak lepas dari yang namanya internet dan media sosial. Ketika bangun tidur, banyak dari
3,612 views 0 shares
Kayanya Penempatan 10 Kunci Gembok Ini Salah Tempat Deh!

Kayanya Penempatan 10 Kunci Gembok Ini Salah Tempat Deh!

Biasanya sih, untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan pencurian, beberapa orang membuat pengamanan esktra untuk melindungi barang berha
66,053 views 3,631 shares
10 Merk Makanan KW yang Bikin Gagal Paham. Kocak Banget!

10 Merk Makanan KW yang Bikin Gagal Paham. Kocak Banget!

Nggak bisa dipungkiri jika merek suatu produk memang sangat berpengaruh terhadap penjualan. Makanya nggak heran banyak sekali merek terkenal
3,754 views 0 shares
10 Potret Orang Naik Motor Membawa Barang Berlebih yang Bahaya Banget

10 Potret Orang Naik Motor Membawa Barang Berlebih yang Bahaya Banget

Berkendara di Jalan Raya memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Selain harus memiliki surat izin mengemudi atau SIM, kita juga harus me
883 views 0 shares
10 Tulisan di Kemasan Makanan Ini Bikin Tersenyum Kecut

10 Tulisan di Kemasan Makanan Ini Bikin Tersenyum Kecut

Makanan ringan biasanya dikemas sementara bikin agar menarik minat para pembelinya. Biasanya, selain diberi gambar yang menarik, kemasan mak
2,540 views 0 shares
8 Video YouTube yang Judulnya Super Nyeleneh

8 Video YouTube yang Judulnya Super Nyeleneh

YouTube adalah platform di mana penggunanya bisa membuat atau menonton video. Siapapun bisa membuat kanal di YouTube. Apalagi saat ini, bany
3,818 views 0 shares
10 Lauk Nyeleneh yang dicampur Nasi ala Orang Indonesia

10 Lauk Nyeleneh yang dicampur Nasi ala Orang Indonesia

Nggak bisa dipungkiri jika banyak orang Indonesia yang memiliki prinsip, belum makan namanya kalau belum makan nasi. Walaupun bisa diganti d
2,093 views 0 shares
10 Foto Bungkus Makanan yang Super Nyeleneh

10 Foto Bungkus Makanan yang Super Nyeleneh

PPKM yang sampai saat ini kita jalani membuat kita nggak bisa lagi makan di tempat saat makan di luar. Hal ini adalah salah satu himbauan pe
2,798 views 0 shares
10 Tingkah Bocil di Warnet yang Bikin Tepuk Jidat

10 Tingkah Bocil di Warnet yang Bikin Tepuk Jidat

Setelah hilangnya wartel atau warung telepon, muncullah warnet atau warung internet yang menyediakan layanan berupa komputer yang bisa diaks
2,410 views 0 shares
10 Promosi Menggunakan Spanduk bak Caleg yang Bikin Tertipu

10 Promosi Menggunakan Spanduk bak 'Caleg' yang Bikin Tertipu

Ketika musim pemilihan umum tiba, di jalan raya pasti sering kita temukan spanduk atau baliho yang mempromosikan calon legislatif. Biasanya
2,021 views 0 shares