Inilah Arti Kode Bendera pada Balap Motor
Loading...
 
posted on Olahraga
6,090 views
Inilah Arti Kode Bendera pada Balap Motor


Insiden yang dialami pembalap nasional Muhammad Fadli Imammudin dengan pembalap Thailand Jakkrit Sawangswat pada ajang Asia Road Race Championship (AARC) di sirkuit Sentul akhir pekan kemarin (7/6), mungkin seharusnya tak terjadi apabila para pembalap memahami setiap 'kode' dalam balapan.

Seperti dirilis dari Autoevolution, pihak penyelenggara balap motor kelas dunia seperti Dorna SL, memberikan petunjuk dan kode warna bendera kepada para pembalap agar mengerti situasi yang sedang berlangsung.

Balap motor mungkin sedikit berbeda dengan balapan Formula 1 yang menggunakan radio, hingga memungkinkan para pembalapnya mendapatkan komunikasi satu arah dengan para kru di pit. sedangkan para pembalap motor diharuskan memahami kode bendera maupun kode pit board saat melintasi garis start/finish.

Berikut ada beberapa kode baik lampu maupun bendera yang sejatinya dipahami oleh para pembalap yang menjalani balapan motor bertaraf internasional.

Hal tersebut ditekankan untuk meminimalisir insiden saat berlangsungnya balapan maupun sesudah balapan.
oke cekidot gan

1. Pit Board:

Merupakan papan yang berisi kode yang harus dipahami oleh para pembalap. Kode tersebut berupa jarak waktu antara pembalap yang bersangkutan dengan pembalap terbelakang, jumlah lap yang masih harus dilalui, serta adanya insiden dari rival/pembalap lainnya
2. Bendera Hitam
Ini merupakan bendera Diskualifikasi. bendera ini diperuntukkan kepada para pembalap yang terkena hukuman, baik pada saat start (melakukan jump start) ataupun kesalahan lainnya. Black flag juga merupakan kode kepada pembalap yang telah mendapatkan intruksi melalui pit board untuk melakukan restart.
3. Bendera Hitam dengan Lingkaran Oranye
Bendera ini menginformasikan kepada pembalap tertentu bahwa motornya memiliki masalah mekanik, yang dapat membahayakan dirinya sendiri atau orang lain. Intruksi bendera ini adalah pembalap harus meninggalkan trek, masuk ke gravel atau pit.

4. Bendera Putih

Bendera ini mengijinkan pembalap melakukan pergantian motor dikarenakan kasus tertentu, hujan misalnya. Para marshal melambaikan bendera putih dan memberitahukan kepada para pembalap untuk mengganti motor dengan setingan 'kering' ke setingan 'basah', tentunya melalui pit.
5. Bendera Kuning Garis Merah
Bendera ini mengindikasikan bahwa trek mendadak basah akibat hujan, atau ada kebocoran air yang mungkin membahayakan para pembalap.
6. Bendera Biru

Bendera ini menunjukkan kepada para pembalap bahwa akan ada peringatan ingin melakukan overtake/menyusul. Biasanya bendera ini dilambaikan pada saat sesi latihan bebas atau babak kualifikasi. Bendera ini juga berlaku bagi para pembalap yang melakukan overlap/menysul satu lap dengan pembalap terbelakang.
7. Bendera Finish
Bendera ini biasa dikenal dengan bendera finish dengan motof catur hitam putih yang melambai saat lomba selesai. Tak hanya berlaku pada saat sesi balapan, bendera ini juga digunakan untuk menunjukkan habisnya waktu saat latihan bebas dan sesi kualifikasi.
8. Bendera Kuning
Bendera ini biasanya melambai di setiap baris dari grid awal lomba, atau ketika bendera ini dilambaikan saat lomba berlangsung, maka artinya ada insiden atau kejadian yang mengharuskan pembalap menjaga kecepatan dan tak boleh melakukan overtaking/menyalip. Bahkan pada titik tertentu pembalap dianjurkan masuk pit atau berhenti.

Setiap pelanggaran yang dilakukan pembalap atas instruksi ini, maka akan ada sangsi berupa pemotongan point, restart, pemotongan waktu, atau bahkan start dari pit. Kesemua keputusan tentunya diserahkan kepada Race Direction.

Nah, bagi para pembalap diwajibkan memahami kode bendera baik saat berlangsung sesi latihan, sesi kualifikasi, bahkan di sesi balapan.

Namun tak hanya bendera maupun pit board yang harus dipahami oleh para pembalap, kode lampu sejatinya menjadi petunjuk bagi para pembalap untuk dapat melakukan balapan sesuai dengan instruksi dari Race Direction.
9. Bendera Merah dan Lampu Merah
Tanda ini merupakan peringatan bagi para pembalap untuk harus segera kembali ke pit, entah karena insiden tertentu atau apa, yang pasti, para pembalap diwajibkan keluar trek dan belum boleh memasuki trek sebelum lampu hijau di sepanjang trek dan pit menyala.
10. Lampu Merah
Kode berikut merupakan lampu start yang mengharuskan para pembalap berada di gridnya masing-masing sebelum memulai balapan. Sebelum lampu merah mati,para pembalap tidak diperkenankan untuk keluar dari grid posisi. Apabila pembalap melakukan itu, maka akan terkena sangsi 'jump start' yang mengharuskan pembalap memasuki garis pit dan memotong waktunya selama 10 detik. Sedangkan pada akhir setiap sesi latihan dan pemanasan, lampu merah akan dinyalakan di garis finish.
11. Lampu Hijau dan Bendera Hijau
Kode yang diaktifkan di pintu keluar pit lane sebagai tanda dimulai sesi latihan dan pemanasan. Juga sebagai tanda para pembalap boleh kembali ke lintasan setelah instruksi dari bendera merah.

Sedangkan bendera hijau yang dilambaikan ketika para pembalap melakukan sesi warming up/pemanasan sebelum memulai balap. Disetiap sudut lintasan, biasanya para marshall mengibarkan bendera ini yang menandakan kepada penonton lomba akan segera dimulai.



Akhiran


Nah itu mungkin Kode-kode bendera yang ada dalam sirkuit dalam ajang balapan gan, jadi jika agan ada yang mau jadi pembalap jangan lupa untuk hafal kode itu agar tidak ada kecerobohan di suatu hari.
semoga bermanfaat gan

sumberhttp://www.kaskus.co.id/thread/55754f8d0d8b463e798b456a/

Trending Now
7 Gaya Rambut yang Terinspirasi Dari Tokoh Kartun

7 Gaya Rambut yang Terinspirasi Dari Tokoh Kartun

Setiap orang pasti memiliki style sendiri. Entah itu selera fashionnya, musik yang mereka dengarkan, sepatu, hingga gaya rambut. Ada yang me
4,180 views 293 shares
Gaya Pacaran Kekinian yang Malah Bikin Repot

Gaya Pacaran Kekinian yang Malah Bikin Repot

Para jomblo yang selalu mengidam-idamkan punya pacar, sebaiknya berhati-hatilah dalam memilih pasangan. Terutama bagi para cowok, kalo nggak
147,059 views 10,023 shares
Damai Rasanya. Kocaknya 9 Percakapan Imajinatif "Wowo Sayang Wiwi" Bikin Adem Ayem

Damai Rasanya. Kocaknya 9 Percakapan Imajinatif "Wowo Sayang Wiwi" Bikin Adem Ayem

Keadaan politik sedang memanas. Apapun bisa terjadi. Adanya Pemilihan Presiden 2019 membuat keadaan negara semakin tak kondusif. Tokoh tokoh
2,845 views 283 shares
10 Chat Modus Yang Artinya Kangen, Kalo Rindu Disampaikan Jangan Ditahan

10 Chat Modus Yang Artinya Kangen, Kalo Rindu Disampaikan Jangan Ditahan

Lama tak berjumpa, tak bersua meski hanya lewat dunia maya, membuat perasaan seseorang menjadi kangen, apalagi kalau sudah pernah ada rasa d
360 views 0 shares
10 Foto Menakjubkan yang Diambil Tanpa Bantuan Photoshop

10 Foto Menakjubkan yang Diambil Tanpa Bantuan Photoshop

Kamu pasti udah sering melihat foto-foto keren yang beredar di internet. Foto pemandangan alam contohnya. Tapi tahukah kamu, jika untuk meng
12,201 views 1,261 shares
Begini Jadinya Kalau Benda Awalnya Biasa Saja Ditangan Orang Kreatif

Begini Jadinya Kalau Benda Awalnya Biasa Saja Ditangan Orang Kreatif

Imajinasi dan kreativitas adalah hal yang nggak bisa dipisahkan dari seorang seniman. Keduanya ibarat nyawa bagi karya seni itu sendiri. Ber
2,937 views 225 shares
9 Foto Konyol ini Liatnya Bikin Kamu Darah Tinggi

9 Foto Konyol ini Liatnya Bikin Kamu Darah Tinggi

Banyak momen dalam hidup ini yang berharga, yang patut kita abadikan. Sebagai kenang kenangan apabila masa itu sudah terlewat. Biasanya mome
63,377 views 4,156 shares
9 Percakapan Dengan Abang Ojek Online, Penuh Drama tapi Seru!

9 Percakapan Dengan Abang Ojek Online, Penuh Drama tapi Seru!

Pernah gak sih kalian naik ojek online tapi terasa garing karena tidak ada komunikasi dengan driver, atau bahkan terlalu banyak ngobrol deng
885 views 0 shares
Gelato Lagi Hits, Ternyata Beda lho sama Es Krim, Ini dia 7 Perbedaannya!

Gelato Lagi Hits, Ternyata Beda lho sama Es Krim, Ini dia 7 Perbedaannya!

Kreasi produk dalam bidang kuliner semakin hari semakin beragam, akhir akhir ini yang lagi hits yaitu sebuah jenis hidangan yang dinamakan "
575 views 0 shares
Inspiratif, Keterbatasan Bukan Halangan Bagi 7 Orang Ini untuk Beprestasi

Inspiratif, Keterbatasan Bukan Halangan Bagi 7 Orang Ini untuk Beprestasi

Dalam kehidupan ini terkadang kita pernah melihat orang-orang dengan kemampuan tinggi ditengah keterbatasan. Berbekal semangat dan tekad yan
7,113 views 514 shares