Geger!! sandal berlafaz Allah beredar luas di Jawa Timur
Loading...
 
posted on Peristiwa
1,152 views
Geger!! sandal berlafaz Allah beredar luas di Jawa Timur

Geger!! sandal berlafaz Allah beredar luas di Jawa Timur


Fenomena baru lagi, tulisan Allah pada produk alas kaki menggegerkan umat muslim. Sebelumnya, pada th 2010, tulisan Allah pada sandal dari merek terkenal asal USA, Cross menjadi kecaman publik.

Beberapa bulan yang lalu juga, publik sempat digegerkan dengan munculnya tulisan Allah pada produk sepatu dan sandal dari merek Nike.

Belum hilang dari ingatan, kini kembali berhembus tulisan berlafaz Allah pada sandal bermerek Glacio G-2079. Sandal-sandal berlafaz Allah yang diproduksi oleh PT Pradipta Perasa Makmur di Jalan Raya Wringin Anom, Gresik ini beredar luas di Jawa Timur.

Menyikapi peredaran sandal yang melecehkan umat Islam ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Abdussomad Bukhori langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk segera bertindak.

"Ini jelas penistaan agama. Lafaz Allah adalah asma Tuhan yang diagungkan umat Islam," terang Kiai Somad saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (13/10).

Diungkap Kiai Somad, dari penelusuran tim MUI Jawa Timur, ada tiga betuk lafaz Allah di beberapa sampel sandal yang diteliti. Selain tercetak di tengah sandal, asma Allah juga tercetak di bagian atas dan bawah sandal.

"Di bagian atas dan bawah, cetakannya tidak begitu jelas, karena hanya berupa motif lekuk saja," ucapnya.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Senin, (12/10), Polda Jawa Timur memberikan arahan kepada Polres Gresik untuk segera melakukan penyitaan serta menelusuri jumlah sandal yang telah diproduksi dan diedarkan.


Polres Gresik kemudian mengamankan pemilik PT Pradipta Perkasa Makmur, Wawah atau Hwa asal Tionghoa dan ribuan sandal yang bertuliskan lafaz Allah.

Setelah diamankan, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian membakar secara simbolik sandal tersebut yang dipimpin langsung oleh Ketua PWNU Jawa Timur, KH Mutawakil Alallah di hadapan pemilik perusahaan, warga dan pihak kepolisian dari Polda Jawa Timur.

Ada sekitar 10 ribu sendal yang sudah ditarik dari peredaran dan dibakar di Kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Al Akbar Surabaya.

Dikatakan Kiai Mutawakil, produk-produk sandal yang diproduksi perusahaan yang berada di Wringin Anom, Gresik itu, secara keseluruhan harus ditarik dari peredaran dan dimusnahkan. Bahkan, cetakannya juga harus dimusnahkan.

Sebab, motif yang melekat pada alas kaki itu, identik dengan simbol umat Islam, yaitu asma Allah. "Jadi PWNU meminta semuanya dimusnahkan, termasuk cetakannya. Karena jika ini terus dicetak dan dipakai orang, maka yang memakainya sama halnya mencederai umat Islam," terang Kiai Mutawakil.

Sementaa Long Hwa, anak almarhum pemilik PT Pradipta Perkasa Makmur (PPM) mengatakan, telah memproduksi ratusan ribu sandal Glacio G-2079, dengan bagian telapak berlafaz Allah sejak setahun lalu.


Bahkan dia mengaku telah memasarkan produknya ke seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur.

Menurut Long Hwa, sejak membuat sandal seharga Rp 10 ribu per pasang itu, PT PPM tidak pernah mendapat keluhan. Baru pada tahun ini diketahui kalau alas kaki produksinya itu bermasalah. Sandal ini, lanjut dia, dicetak menggunakan matras dipesan PT PPM dari China.

"Sebelumnya kami tidak tahu. Ini bukan karena kesengajaan, tapi karena ketidaktahuan kami. Untuk itu, melalui PWNU Jatim ini, saya selaku anak pemilik perusahaan meminta maaf pada masyarakat, khususnya umat Islam," kata Long Hwa usai proses pemusnahan 10 ribu pasang sandal di Kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Al Akbar Surabaya.

Long Hwa mengatakan, selama memproduksi sandal-sandal berlafaz Allah dengan berbagai ukuran dan warna itu, pihaknya tidak hanya memasarkannya di Jawa Timur saja. Namun juga di pasar-pasar seluruh Tanah Air.

"Memang paling banyak di Jatim, karena perusahaan kami berada di Gresik, Jalan Wringin Anom," ucap Long Hwa.

"Untuk itu, melalui PWNU Jatim ini, kami selaku pemilik perusahaan meminta maaf pada saudara-saudara saya umat Islam atas ketidaktahuan kami ini," imbuh dia.

Karena sudah terlanjur beredar di pasaran, Long Hwa juga mengimbau kepada konsumennya yang terlanjur membeli sandal merek Glacio G-2079, segera mengembalikannya ke perusahaan atau ke toko-toko tempat mereka membeli. Kemudian, sandal-sandal itu ditarik dan dimusnahkan.

"Bagi masyarakat yang sudah terlanjur membelinya, bisa mengembalikannya kepada kami atau toko-toko tempat penjualan sandal kami itu. Kita akan mengganti yang baru atau mengembalikan uangnya," janji Long Hwa.

Selain itu, melalui kuasa hukumnya Ilham, Hwa menjelaskan produksi sandal ini berbeda dengan sandal merek Nike, perusahaan asal Amerika Serikat, meski sama-sama menggunakan motif kaligrafi Allah.

"Ini (sandal merek Glacio G-2079) beda. Bahannya diambil dari China. Jadi tidak sama dengan sandal merek Nike," kata Ilham.

Untuk diketahui, sejak 2014 lalu PT Pradipta Perkasa Makmur mencetak sekitar 12 ribu pasang sandal bermotif lafaz Allah. Di bulan Desember tahun yang sama, 6 ribu sandal kembali dicetak. Maret 2015, 7.420 sandal kembali dijual di pasaran. Selanjutnya April dan Juli, 24 ribu sandal kembali diproduksi, dan semuanya bermotif lafaz Allah.

Adapun sasaran lokasi yang didistribusikan oleh PT yang bersangkutan yaitu, Surabaya, Probolinggo, Lumajang, Malang, Situbondo, Jember, Bondowoso , Tulungagung, Mataram, Ujungpandang, Samarinda, Manado, Medan, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Bandung dan Bekasi.

 

unik-in.blogspot.co.id

Trending Now
10 Komentar di Status Facebook yang Bikin Kita Cekikikan

10 Komentar di Status Facebook yang Bikin Kita Cekikikan

Nggak bisa dipungkiri jika kehidupan kita saat ini nggak lepas dari yang namanya internet dan media sosial. Ketika bangun tidur, banyak dari
3,887 views 0 shares
Kayanya Penempatan 10 Kunci Gembok Ini Salah Tempat Deh!

Kayanya Penempatan 10 Kunci Gembok Ini Salah Tempat Deh!

Biasanya sih, untuk mengantisipasi adanya tindak kejahatan pencurian, beberapa orang membuat pengamanan esktra untuk melindungi barang berha
66,513 views 3,631 shares
10 Merk Makanan KW yang Bikin Gagal Paham. Kocak Banget!

10 Merk Makanan KW yang Bikin Gagal Paham. Kocak Banget!

Nggak bisa dipungkiri jika merek suatu produk memang sangat berpengaruh terhadap penjualan. Makanya nggak heran banyak sekali merek terkenal
4,070 views 0 shares
10 Potret Orang Naik Motor Membawa Barang Berlebih yang Bahaya Banget

10 Potret Orang Naik Motor Membawa Barang Berlebih yang Bahaya Banget

Berkendara di Jalan Raya memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Selain harus memiliki surat izin mengemudi atau SIM, kita juga harus me
1,202 views 0 shares
10 Tulisan di Kemasan Makanan Ini Bikin Tersenyum Kecut

10 Tulisan di Kemasan Makanan Ini Bikin Tersenyum Kecut

Makanan ringan biasanya dikemas sementara bikin agar menarik minat para pembelinya. Biasanya, selain diberi gambar yang menarik, kemasan mak
2,642 views 0 shares
8 Video YouTube yang Judulnya Super Nyeleneh

8 Video YouTube yang Judulnya Super Nyeleneh

YouTube adalah platform di mana penggunanya bisa membuat atau menonton video. Siapapun bisa membuat kanal di YouTube. Apalagi saat ini, bany
3,942 views 0 shares
10 Lauk Nyeleneh yang dicampur Nasi ala Orang Indonesia

10 Lauk Nyeleneh yang dicampur Nasi ala Orang Indonesia

Nggak bisa dipungkiri jika banyak orang Indonesia yang memiliki prinsip, belum makan namanya kalau belum makan nasi. Walaupun bisa diganti d
2,206 views 0 shares
10 Foto Bungkus Makanan yang Super Nyeleneh

10 Foto Bungkus Makanan yang Super Nyeleneh

PPKM yang sampai saat ini kita jalani membuat kita nggak bisa lagi makan di tempat saat makan di luar. Hal ini adalah salah satu himbauan pe
2,910 views 0 shares
10 Tingkah Bocil di Warnet yang Bikin Tepuk Jidat

10 Tingkah Bocil di Warnet yang Bikin Tepuk Jidat

Setelah hilangnya wartel atau warung telepon, muncullah warnet atau warung internet yang menyediakan layanan berupa komputer yang bisa diaks
2,494 views 0 shares
10 Promosi Menggunakan Spanduk bak Caleg yang Bikin Tertipu

10 Promosi Menggunakan Spanduk bak 'Caleg' yang Bikin Tertipu

Ketika musim pemilihan umum tiba, di jalan raya pasti sering kita temukan spanduk atau baliho yang mempromosikan calon legislatif. Biasanya
2,114 views 0 shares