Geger sandal berlafaz Allah beredar luas di Jawa Timur
Loading...
 
posted on Peristiwa
732 views
Geger sandal berlafaz Allah beredar luas di Jawa Timur

Geger!! sandal berlafaz Allah beredar luas di Jawa Timur

Untuk kesekian kalinya tulisan Allah pada produk alas kaki menggegerkan umat muslim. Sebelumnya, pada tahun 2010 lalu, tulisan Allah pada sandal dari merek terkenal asal USA, Cross menjadi kecaman publik.

Beberapa bulan yang lalu juga, publik sempat digegerkan dengan munculnya tulisan Allah pada produk sepatu dan sandal dari merek Nike.

Belum hilang dari ingatan, kini kembali berhembus tulisan berlafaz Allah pada sandal bermerek Glacio G-2079. Sandal-sandal berlafaz Allah yang diproduksi oleh PT Pradipta Perasa Makmur di Jalan Raya Wringin Anom, Gresik ini beredar luas di Jawa Timur.

Menyikapi peredaran sandal yang melecehkan umat Islam ini, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur, KH Abdussomad Bukhori langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk segera bertindak.

"Ini jelas penistaan agama. Lafaz Allah adalah asma Tuhan yang diagungkan umat Islam," terang Kiai Somad saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (13/10).

Diungkap Kiai Somad, dari penelusuran tim MUI Jawa Timur, ada tiga betuk lafaz Allah di beberapa sampel sandal yang diteliti. Selain tercetak di tengah sandal, asma Allah juga tercetak di bagian atas dan bawah sandal.

"Di bagian atas dan bawah, cetakannya tidak begitu jelas, karena hanya berupa motif lekuk saja," ucapnya.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Senin, (12/10), Polda Jawa Timur memberikan arahan kepada Polres Gresik untuk segera melakukan penyitaan serta menelusuri jumlah sandal yang telah diproduksi dan diedarkan.

Polres Gresik kemudian mengamankan pemilik PT Pradipta Perkasa Makmur, Wawah atau Hwa asal Tionghoa dan ribuan sandal yang bertuliskan lafaz Allah.

Setelah diamankan, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian membakar secara simbolik sandal tersebut yang dipimpin langsung oleh Ketua PWNU Jawa Timur, KH Mutawakil Alallah di hadapan pemilik perusahaan, warga dan pihak kepolisian dari Polda Jawa Timur.

Ada sekitar 10 ribu sendal yang sudah ditarik dari peredaran dan dibakar di Kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Al Akbar Surabaya.

Dikatakan Kiai Mutawakil, produk-produk sandal yang diproduksi perusahaan yang berada di Wringin Anom, Gresik itu, secara keseluruhan harus ditarik dari peredaran dan dimusnahkan. Bahkan, cetakannya juga harus dimusnahkan.

Sebab, motif yang melekat pada alas kaki itu, identik dengan simbol umat Islam, yaitu asma Allah. "Jadi PWNU meminta semuanya dimusnahkan, termasuk cetakannya. Karena jika ini terus dicetak dan dipakai orang, maka yang memakainya sama halnya mencederai umat Islam," terang Kiai Mutawakil.

Sementaa Long Hwa, anak almarhum pemilik PT Pradipta Perkasa Makmur (PPM) mengatakan, telah memproduksi ratusan ribu sandal Glacio G-2079, dengan bagian telapak berlafaz Allah sejak setahun lalu.


Bahkan dia mengaku telah memasarkan produknya ke seluruh Indonesia, termasuk di Jawa Timur.

Menurut Long Hwa, sejak membuat sandal seharga Rp 10 ribu per pasang itu, PT PPM tidak pernah mendapat keluhan. Baru pada tahun ini diketahui kalau alas kaki produksinya itu bermasalah. Sandal ini, lanjut dia, dicetak menggunakan matras dipesan PT PPM dari China.

"Sebelumnya kami tidak tahu. Ini bukan karena kesengajaan, tapi karena ketidaktahuan kami. Untuk itu, melalui PWNU Jatim ini, saya selaku anak pemilik perusahaan meminta maaf pada masyarakat, khususnya umat Islam," kata Long Hwa usai proses pemusnahan 10 ribu pasang sandal di Kantor PWNU Jawa Timur, Jalan Masjid Al Akbar Surabaya.

Long Hwa mengatakan, selama memproduksi sandal-sandal berlafaz Allah dengan berbagai ukuran dan warna itu, pihaknya tidak hanya memasarkannya di Jawa Timur saja. Namun juga di pasar-pasar seluruh Tanah Air.

"Memang paling banyak di Jatim, karena perusahaan kami berada di Gresik, Jalan Wringin Anom," ucap Long Hwa.

"Untuk itu, melalui PWNU Jatim ini, kami selaku pemilik perusahaan meminta maaf pada saudara-saudara saya umat Islam atas ketidaktahuan kami ini," imbuh dia.

Karena sudah terlanjur beredar di pasaran, Long Hwa juga mengimbau kepada konsumennya yang terlanjur membeli sandal merek Glacio G-2079, segera mengembalikannya ke perusahaan atau ke toko-toko tempat mereka membeli. Kemudian, sandal-sandal itu ditarik dan dimusnahkan.

"Bagi masyarakat yang sudah terlanjur membelinya, bisa mengembalikannya kepada kami atau toko-toko tempat penjualan sandal kami itu. Kita akan mengganti yang baru atau mengembalikan uangnya," janji Long Hwa.

Selain itu, melalui kuasa hukumnya Ilham, Hwa menjelaskan produksi sandal ini berbeda dengan sandal merek Nike, perusahaan asal Amerika Serikat, meski sama-sama menggunakan motif kaligrafi Allah.

"Ini (sandal merek Glacio G-2079) beda. Bahannya diambil dari China. Jadi tidak sama dengan sandal merek Nike," kata Ilham.

Untuk diketahui, sejak 2014 lalu PT Pradipta Perkasa Makmur mencetak sekitar 12 ribu pasang sandal bermotif lafaz Allah. Di bulan Desember tahun yang sama, 6 ribu sandal kembali dicetak. Maret 2015, 7.420 sandal kembali dijual di pasaran. Selanjutnya April dan Juli, 24 ribu sandal kembali diproduksi, dan semuanya bermotif lafaz Allah.

Adapun sasaran lokasi yang didistribusikan oleh PT yang bersangkutan yaitu, Surabaya, Probolinggo, Lumajang, Malang, Situbondo, Jember, Bondowoso , Tulungagung, Mataram, Ujungpandang, Samarinda, Manado, Medan, Palembang, Lampung, Banjarmasin, Bandung dan Bekasi.

unik-in.blogspot.co.id

Trending Now
10 Trik Marketing Dengan Bahasa Nyeleneh Ini Kocak Banget

10 Trik Marketing Dengan Bahasa Nyeleneh Ini Kocak Banget

Setiap orang yang berjualan barang ataupun jasa, pasti ingin produk/jasanya laku dipasaran. Salah satu cara yang sering dipakai adalah promo
978 views 0 shares
Momen Lucu dan Menggemaskan Bayi Saat Mengalami Pemotretan

Momen Lucu dan Menggemaskan Bayi Saat Mengalami Pemotretan

Masa balita adalah masa dimana anak-anak sedang lucu-lucunya nih Pulsker. Makanya nggak heran kalau banyak orang tua mengabadikan kelucuan m
2,807 views 0 shares
Foto National Geographic tentang Pencemaran Habitat Hewan Ini Bikin Kamu Trenyuh

Foto National Geographic tentang Pencemaran Habitat Hewan Ini Bikin Kamu Trenyuh

Pencemaran lingkungan kini menjadi sebuah isu terkemuka di dunia. Disamping isu yang tak kalah penting seperti isu terorisme dan keamanan. P
3,257 views 0 shares
10 Foto Indah yang Akan Memanjakan Mata dan Pikiran

10 Foto Indah yang Akan Memanjakan Mata dan Pikiran

Banyak yang mengatakan jika sebuah gambar atau foto bisa mengungkapkan seribu bahasa. Maka nggak heran jika semua orang selalu mengabadikan
35,259 views 3,875 shares
Ternyata Selama Ini Kita Salah Kaprah Sama Fungsi Produk Ini

Ternyata Selama Ini Kita Salah Kaprah Sama Fungsi Produk Ini

Setiap produk, desain, bentuk pasti ada alasan yang melatarbelakangi kenapa dibuat seperti itu, tapi kadang kita tidak memahami dan mengguna
681,951 views 11,097 shares
9 Potret Tingkah Warga +62 yang Absurd Banget

9 Potret Tingkah Warga +62 yang Absurd Banget

Indonesia terkenal akan masyarakatnya yang sangat ramah dan sopan. Tetapi di negara sendiri, tingkah masyarakat kita terkadang bikin nggak h
1,537 views 0 shares
15 Ilustrasi Teori Evolusi Darwin Paling Konyol !

15 Ilustrasi Teori Evolusi Darwin Paling Konyol !

Charles Darwin, salah satu ilmuwan di bidang Biologi, menciptakan teori evolusi manusia berasal dari primata yang makin lama makin tegap kar
816,860 views 19,116 shares
25 Gambar perubahan zaman ini bikin tersentuh anak muda zaman sekarang .

25 Gambar perubahan zaman ini bikin tersentuh anak muda zaman sekarang .

Pacaran zaman dulu ngobrol berdua di meja sambil makan malam romantis. Sekarang mah, PACARAN SAMA HAPE!! Cieee, yang kangen masa lalu
831,406 views 24,936 shares
10 Chat Lucu Ibu Dan Anak Ini Isinya Gaul Banget

10 Chat Lucu Ibu Dan Anak Ini Isinya Gaul Banget

Perbedaan jadi anak jaman dulu dan sekarang adalah, jika dulu kita takut mengutarakan sesuatu kepada orang tua karena takut. Berbeda dengan
324 views 0 shares
Alih-alih Mirip Idola, Orang-orang ini Gaya Rambutnya Malah Engga Banget!

Alih-alih Mirip Idola, Orang-orang ini Gaya Rambutnya Malah Engga Banget!

Mengidolakan seorang public figure merupakan hal yang lumrah bagi setiap orang. Apalagi jika yang diidolakan tersebut dirasa dapat memberika
3,352 views 0 shares