Penjelasan Kenapa Mesin Mobil Mogok Saat diatas Perlintasan Rel KA
Loading...
 
posted on Otomotif
30,995 views
Penjelasan Kenapa Mesin Mobil Mogok Saat diatas Perlintasan Rel KA

Orang awam mengira hal ini disebabkan karena perlintasan tsb angker/kurang sajen dan kemenyan/ada demit dll


Penjelasan teknis : 
Dilokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar). 


Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif. 


Saat kend bermotor melintasi rel KA, biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dpt seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA tsb.


Oleh krn itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km). 


Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.


Bila hal ini terjadi segera keluar dr mobil dan tinggalkan , krn mesin mobil akan susah utk di stater kembali.


Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan rel demi keselamatan anda, selain drpd itu kita mengetahui bahwa
KA tdk bisa mengerem mendadak krn roda dan rel terbuat dr baja shg tdk ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 M setelah di rem.

 

(Bagas Senoadji / PPNS Perkeretaapian)

.

Trending Now
10 Chat Minta Bantuan yang Endingnya Bikin Gregetan

10 Chat Minta Bantuan yang Endingnya Bikin Gregetan

Manusia adalah makhluk sosial yang nggak bisa hidup sendirian. Kita harus hidup berdampingan untuk bertahan hidup, bahkan untuk memperoleh k
275,396 views 0 shares
10 Status Kocak Bapak-Bapak di Facebook yang Bikin Cekikikan

10 Status Kocak Bapak-Bapak di Facebook yang Bikin Cekikikan

Ngacung deh, siapa yang ayahnya saat ini suka mainan Facebook? Ya, media sosial yang satu ini memang memiliki sejuta umat. Mulai dari yang m
77,961 views 0 shares
10 Hasil Masakan Nyeleneh ala Warganet +62

10 Hasil Masakan Nyeleneh ala Warganet +62

Memasak memang butuh keahlian. Apalagi ketika kita ingin menjadi koki yang handal. Harus berani melakukan eksperimen untuk menciptakan resep
3,867 views 0 shares
10 Tulisan yang Nggak Sesuai Isinya Ini Bikin Bingung

10 Tulisan yang Nggak Sesuai Isinya Ini Bikin Bingung

Setiap hari kita pasti membaca tulisan apapun yang ada di depan mata. Entah itu banner, spanduk orang jualan, pengumuman, atau apapun itu. T
3,273 views 0 shares
10 Chat yang Dikira Serius Ini Endingnya Malah Bikin Kesel

10 Chat yang Dikira Serius Ini Endingnya Malah Bikin Kesel

Jaman sekarang dengan kemajuan teknologi, kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain. Tanpa harus bertemu dan bertatap muka. Han
37,308 views 0 shares
10 Komentar Di YouTube yang Lucunya Bikin Mules

10 Komentar Di YouTube yang Lucunya Bikin Mules

YouTube adalah kanal dimana kita bisa melihat berbagai macam video. Siapapun bisa mengunggah videonya di YouTube. Selain itu, kita juga bisa
9,158 views 0 shares
10 Curhatan di Sosmed yang Endingnya Bikin Gregetan

10 Curhatan di Sosmed yang Endingnya Bikin Gregetan

Ketika seseorang mengalami kegalauan, yang ia butuhkan biasanya adalah tempat curhat.Karena ketika seseorang sudah mengungkapkan semua isi h
3,943 views 0 shares
Jawaban Imajinatif Netizen dari Penggunaan WC Berbentuk Aneh yang Lagi Viral

Jawaban Imajinatif Netizen dari Penggunaan WC Berbentuk Aneh yang Lagi Viral

Beberapa waktu lalu, dunia maya dihebohkan dengan foto bentuk WC unik Pulsker. Karena tempat air dan klosetnya saling bertolak belakang. Lan
49,211 views 151 shares
Teknik Menggambar Leaf Cutting Ini Hasilnya Keren Banget!

Teknik Menggambar Leaf Cutting Ini Hasilnya Keren Banget!

Teknik menggambar emang banyak banget jenisnya ya Pulsker, kalo Pulsker suka teknik gambar yang mana nih? Seniman yang satu ini suka banget
18,665 views 629 shares
14 Foto Pengendara Motor Bawa Barang Extreme, Kudu Jaga Jarak Nih!

14 Foto Pengendara Motor Bawa Barang Extreme, Kudu Jaga Jarak Nih!

Motor roda dua jadi kendaraan yang paling banyak ada disetiap negara, karena selain harganya yang terjangkau juga bisa menjadi sarana transp
4,890 views 0 shares