Cara Membedakan Tempat Makan Padang Yang Asli Dan Yang Palsu
Loading...

Sobat pulsker ada yang doyan makan masakan padang? pasti tidak asing lagi buat sobat pulsker. Ntah darimana awalnya resto makanan padang sekarang sudah bisa dijumpai hampir diseluruh kota di Indonesia. Tapi banyak lho yang ngaku-ngaku masakan padang, padahal abal-abal. Biar bisa memilih yang terbaik, ayo cek ciri-cirinya berikut ini sobat pulsker



Keaslian sebuah rumah makan Padang bisa diliat dari caranya menyajikan rendang. Daging rendang adalah primadona masakan Padang. Orang Padang nggak akan menyajikan rendang yang manis atau berkuah. Rendang yang asli rasanya pedas dan nggak ada rasa manis karena di ranah Minang sana, yang manis-manis itu cuma minuman.

1
Masakan Padang terkenal dengan sambel hijaunya. Sambel ini dibuat dari cabe hijau dan campuran bawang yang diulek dan dimasak bersama sehingga berwarna kehijauan. Tapi, sebetulnya sambal khas Padang nggak cuma sambel hijau aja. Ada sambel merah yang nggak kalah menggoda dengan yang hijau. Karakter pedesnya lebih cetar dan kerasa. Di beberapa menu seperti tumis teri, tumis kentang, dll, sambel merah ini digunakan untuk campuran bumbu, dan ditumis bersama bahan hingga kering.

Masakan Padang terkenal dengan sambel hijaunya. Sambel ini dibuat dari cabe hijau dan campuran bawang yang diulek dan dimasak bersama sehingga berwarna kehijauan. Tapi, sebetulnya sambal khas Padang nggak cuma sambel hijau aja. Ada sambel merah yang nggak kalah menggoda dengan yang hijau. Karakter pedesnya lebih cetar dan kerasa. Di beberapa menu seperti tumis teri, tumis kentang, dll, sambel merah ini digunakan untuk campuran bumbu, dan ditumis bersama bahan hingga kering.
Advertisements

2
Bumbu Padang yang asli nggak pernah gagal bikin lidah kita bergoyang. Kuah gulainya pun kental karena kaya bumbu dan santan. Soal rasa, rumah makan Padang yang asli nggak pernah kompromi. Takaran bumbu dan santannya nggak boleh kurang dari yang seharusnya. Karena itu, wajar kalo harganya lebih mahal dari rumah makan tradisional lainnya. Walau begitu, belum tentu warung makan Padang yang harga makanannya mahal adalah warung Padang asli.

Bumbu Padang yang asli nggak pernah gagal bikin lidah kita bergoyang. Kuah gulainya pun kental karena kaya bumbu dan santan. Soal rasa, rumah makan Padang yang asli nggak pernah kompromi. Takaran bumbu dan santannya nggak boleh kurang dari yang seharusnya. Karena itu, wajar kalo harganya lebih mahal dari rumah makan tradisional lainnya. Walau begitu, belum tentu warung makan Padang yang harga makanannya mahal adalah warung Padang asli.

3
Kamu sering pesen menu ikan lele di rumah makan Padang? Wah, asal tahu aja, orang Padang lebih suka menyajikan ikan mas, patin, gurame, atau kakap. Ikan-ikan tesebut punya daging yang besar dan lebih berlemak daripada lele, sehingga lebih sedap apabila disajikan dengan kuah gulai. Rumah makan Padang yang udah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya akan banyak menghidangkan lele sebagai salah satu menu utamanya. Padahal, rumah makan Padang yang asli jarang menyuguhkan lele.

Kamu sering pesen menu ikan lele di rumah makan Padang? Wah, asal tahu aja, orang Padang lebih suka menyajikan ikan mas, patin, gurame, atau kakap. Ikan-ikan tesebut punya daging yang besar dan lebih berlemak daripada lele, sehingga lebih sedap apabila disajikan dengan kuah gulai. Rumah makan Padang yang udah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya akan banyak menghidangkan lele sebagai salah satu menu utamanya. Padahal, rumah makan Padang yang asli jarang menyuguhkan lele.

4
Di rumah makan Padang yang asli, juru masak dan pelayannya fasih berbahasa Minang. Biasanya rumah makan Padang akan menjadi tempat berkumpul orang Padang, mulai dari yang merantau hingga yang sudah besar di daerah tersebut.

Di rumah makan Padang yang asli, juru masak dan pelayannya fasih berbahasa Minang. Biasanya rumah makan Padang akan menjadi tempat berkumpul orang Padang, mulai dari yang merantau hingga yang sudah besar di daerah tersebut.

5
Rumah makan Padang yang asli menghormati teknik memasak khusus dari leluhur. Dari jeroan hingga udang, semua harus terasa lezat. Mengolah jeroan hingga empuk, nggak amis dan nikmat emang butuh teknik tersendiri. Teknik tersebut membuat berbagai kuliner, dari jeroan, ayam, sapi, hingga berbagai makanan jadi kaya akan bumbu.

Rumah makan Padang yang asli menghormati teknik memasak khusus dari leluhur. Dari jeroan hingga udang, semua harus terasa lezat. Mengolah jeroan hingga empuk, nggak amis dan nikmat emang butuh teknik tersendiri. Teknik tersebut membuat berbagai kuliner, dari jeroan, ayam, sapi, hingga berbagai makanan jadi kaya akan bumbu.

6
Selain karena es teh manis adalah minuman sejuta umat Indonesia, kamu bisa tahu asli-nggaknya warung Padang dari minuman ini, karena teh asli padang adalah varian teh hitam yang rasanya pahit. Kalau kamu disajikan teh yang berwarna coklat terang dan rasanya sama aja kayak teh-teh celup biasa, kemungkinan rumah makan tersebut nggak menyajikan menu Padang yang otentik. Tapi kalau kamu melihat tehnya berwarna gelap kehitaman, berkarakter pahit, dan nggak asam, maka rumah makan Padang tersebut memang asli.

Selain karena es teh manis adalah minuman sejuta umat Indonesia, kamu bisa tahu asli-nggaknya warung Padang dari minuman ini, karena teh asli padang adalah varian teh hitam yang rasanya pahit. Kalau kamu disajikan teh yang berwarna coklat terang dan rasanya sama aja kayak teh-teh celup biasa, kemungkinan rumah makan tersebut nggak menyajikan menu Padang yang otentik. Tapi kalau kamu melihat tehnya berwarna gelap kehitaman, berkarakter pahit, dan nggak asam, maka rumah makan Padang tersebut memang asli.