Menguak Misteri Dibalik Animasi Adit, Sopo & Jarwo
Loading...

Ternyata selama ini, ada 11 fakta yang tidak pernah diberitakan kepublik mengenai animasi Adit & Sopo Jarwo. Apa saja itu? Mari kita simak satu persatu seperti yang dirangkum dari situs yudyapratidina.com

 

1. Ternyata Judul Aslinya Adalah Adit & Sopo Jarwo 

 

1
Nama Adit Dipilih Supaya Mudah Diingat

Dari sekian ribu nama yang ada di Indonesia, "Adit" dipilih sebagai salah satu nama tokoh dalam animasi ini. Menurut tim kreatif animasi adit & sopo jarwo. Nama adit dipilih karena sudah umum dan mudah diingat, harapannya agar animasi ini juga senantiasa melekat dihati dan fikiran masyarakat Indonesia.

Nama Adit Dipilih Supaya Mudah Diingat Dari sekian ribu nama yang ada di Indonesia, Adit dipilih sebagai salah satu nama tokoh dalam animasi ini. Menurut tim kreatif animasi adit & sopo jarwo. Nama adit dipilih karena sudah umum dan mudah diingat, harapannya agar animasi ini juga senantiasa melekat dihati dan fikiran masyarakat Indonesia.
Advertisements

2
Tokoh Sopo Jarwo Merupakan Kritikan Terhadap Bangsa Indonesia

Sopo Jarwo diambil dari bahasa jawa yang berarti siapa sih jarwo?
Ini merupakan pertanyaan yang sebenarnya berisi kritikan buat bangsa Indonesia. Jarwo adalah sosok yang berbadan besar, cerdik, dan dapat melakukan apapun. Ia bisa menari, membetulkan genteng, memasak, hingga mencuci pakaian. Tapi anehnya, hidupnya begitu-begitu saja, tidak ada kemajuan. Dari hari kehari, kerjaannya hanya berkendara dengan menggunakan motor butut bersama temannya yang gemuk. Sehingga menimbulkan pertanyaan, siapa sih sebenarnya si Jarwo ini?

Ini adalah analogi keadaan bangsa indonesia saat ini. Kita mampu melakukan apapun. Tapi terkadang kita malas dan tidak mau bekerja keras. Sehingga kita menjadi bangsa yang lemah dan jauh tertinggal jika dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain diseluruh dunia.

Tokoh Sopo Jarwo Merupakan Kritikan Terhadap Bangsa Indonesia Sopo Jarwo diambil dari bahasa jawa yang berarti siapa sih jarwo? Ini merupakan pertanyaan yang sebenarnya berisi kritikan buat bangsa Indonesia. Jarwo adalah sosok yang berbadan besar, cerdik, dan dapat melakukan apapun. Ia bisa menari, membetulkan genteng, memasak, hingga mencuci pakaian. Tapi anehnya, hidupnya begitu-begitu saja, tidak ada kemajuan. Dari hari kehari, kerjaannya hanya berkendara dengan menggunakan motor butut bersama temannya yang gemuk. Sehingga menimbulkan pertanyaan, siapa sih sebenarnya si Jarwo ini? Ini adalah analogi keadaan bangsa indonesia saat ini. Kita mampu melakukan apapun. Tapi terkadang kita malas dan tidak mau bekerja keras. Sehingga kita menjadi bangsa yang lemah dan jauh tertinggal jika dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain diseluruh dunia.

3
Dalam Pembuatannya Membutuhkan Animator Sebanyak 186 Orang

Tahukah anda?
Untuk mengerjakan animasi satu episode berdurasi 7 menit, membutuhkan animator sebanyak 186 orang.

Dalam Pembuatannya Membutuhkan Animator Sebanyak 186 Orang Tahukah anda?
Untuk mengerjakan animasi satu episode berdurasi 7 menit, membutuhkan animator sebanyak 186 orang.

4
Dalam Satu Bulan, Serial Animasi Ini Diputar Ulang Sebanyak 60 kali

Tahukah anda?
Jika dalam satu bulan, MD Animation hanya mampu memproduksi 1-2 episode saja, sementara untuk satu episode durasinya tak lebih dari 7 menit.

Disisi lain, permintaan pasar dalam sebulan, animasi ini harus ditayangkan sebanyak 60 kali. Untuk mengakali itu, pihak produser melakukan penayangan ulang episode atau seri sebanyak 30 - 60 kali dalam sebulan. Untuk mencegah kebosanan para penonton, animasi ini diputar secara acak, misalnya ada episode bulan kemarin diputar kembali pada bulan ini. Selain itu, setiap 3 minggu sekali ada satu episode baru yang diputar.

Dalam Satu Bulan, Serial Animasi Ini Diputar Ulang Sebanyak 60 kali Tahukah anda?
Jika dalam satu bulan, MD Animation hanya mampu memproduksi 1-2 episode saja, sementara untuk satu episode durasinya tak lebih dari 7 menit. Disisi lain, permintaan pasar dalam sebulan, animasi ini harus ditayangkan sebanyak 60 kali. Untuk mengakali itu, pihak produser melakukan penayangan ulang episode atau seri sebanyak 30 - 60 kali dalam sebulan. Untuk mencegah kebosanan para penonton, animasi ini diputar secara acak, misalnya ada episode bulan kemarin diputar kembali pada bulan ini. Selain itu, setiap 3 minggu sekali ada satu episode baru yang diputar.

5
Ada Tokoh Yang Tidak Diketahui Namanya

Ada yang tahu siapa nama tokoh karakter animasi ini?

Sebagian netizen ada yang berpendapat bahwa tokoh ini bernama Bang Sopo, ada juga yang menjawab adiknya jarwo. MD animation bahkan secara resmi belum dapat menjelaskan siapa sebenarnya nama tokoh karakter animasi yang satu ini.

Ada Tokoh Yang Tidak Diketahui Namanya Ada yang tahu siapa nama tokoh karakter animasi ini? Sebagian netizen ada yang berpendapat bahwa tokoh ini bernama Bang Sopo, ada juga yang menjawab adiknya jarwo. MD animation bahkan secara resmi belum dapat menjelaskan siapa sebenarnya nama tokoh karakter animasi yang satu ini.

6
Waktu Pengerjaan Yang Super Lama

Meskipun animasi ini dikerjakan oleh 186 orang, bukan berarti waktu pengerjaannya bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Untuk satu episode berdurasi 7 menit saja misalnya, membutuhkan waktu pengerjaan selama lebih dari 90 jam. Hal itu karena animasi ini dikerjakan secara manual, mulai dari menggerakkan model 3D hingga penambahan efek. Bagian tubuh objek 3d digerakkan secara satu persatu dengan sangat teliti, tentu saja ini membutuhkan ketekunan yang super tinggi.

Waktu Pengerjaan Yang Super Lama Meskipun animasi ini dikerjakan oleh 186 orang, bukan berarti waktu pengerjaannya bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Untuk satu episode berdurasi 7 menit saja misalnya, membutuhkan waktu pengerjaan selama lebih dari 90 jam. Hal itu karena animasi ini dikerjakan secara manual, mulai dari menggerakkan model 3D hingga penambahan efek. Bagian tubuh objek 3d digerakkan secara satu persatu dengan sangat teliti, tentu saja ini membutuhkan ketekunan yang super tinggi.

7
Ada Sekolah Animasinya

Untuk menambah sumber daya manusia dalam memproduksi animasi ini. MD Animation membuat "sekolah" berbentuk training animasi, pesertanya adalah siswa SMK yang berasal dari seluruh nusantara. Untuk menjadi siswa di sekolah animasi ini, calon siswa harus menguasai software animasi Blender dan harus memiliki portofolio atau karya berbentuk animasi. Jika lulus, maka para siswa akan dilatih selama 3 bulan, setelah itu mereka sudah langsung bisa bekerja sebagai animator di MD Animation.

Ada Sekolah Animasinya Untuk menambah sumber daya manusia dalam memproduksi animasi ini. MD Animation membuat sekolah berbentuk training animasi, pesertanya adalah siswa SMK yang berasal dari seluruh nusantara. Untuk menjadi siswa di sekolah animasi ini, calon siswa harus menguasai software animasi Blender dan harus memiliki portofolio atau karya berbentuk animasi. Jika lulus, maka para siswa akan dilatih selama 3 bulan, setelah itu mereka sudah langsung bisa bekerja sebagai animator di MD Animation.

8
Menggunakan Software Gratis

Untuk menghemat biaya produksi, animasi ini dibuat dengan menggunakan software gratis, Blender. Software ini 100 % gratis dan tidak membutuhkan lisensi. Dengan demikian, biaya produksi akan menjadi lebih murah.

Menggunakan Software Gratis Untuk menghemat biaya produksi, animasi ini dibuat dengan menggunakan software gratis, Blender. Software ini 100 % gratis dan tidak membutuhkan lisensi. Dengan demikian, biaya produksi akan menjadi lebih murah.

9
Sepeda Motor Jarwo Tidak Pernah Diisi Bensin

Ada yang aneh dengan film ini, selama penayangannya sepeda motor butut jarwo tidak pernah diisi bensin. Dan anehnya lagi, ukuran sepeda motor lebih kecil dari ukuran tubuh jarwo. Gimana gak mogok?

Sepeda Motor Jarwo Tidak Pernah Diisi Bensin Ada yang aneh dengan film ini, selama penayangannya sepeda motor butut jarwo tidak pernah diisi bensin. Dan anehnya lagi, ukuran sepeda motor lebih kecil dari ukuran tubuh jarwo. Gimana gak mogok?

10
Bang Haji Penanda Ending

Ada satu karakter yang unik difilm animasi ini. Deddy Mizwar? Bukan... Dia disebut Bang Haji. Karakter ini selalu muncul di akhir film untuk menasehati jarwo. Anehnya, bang haji sudah tahu permasalahan sebelum dijelaskan. Kalau bang haji sudah muncul pasti itu pertandanya film adit & sopo jarwo akan segera berakhir..

Bang Haji Penanda Ending Ada satu karakter yang unik difilm animasi ini. Deddy Mizwar? Bukan... Dia disebut Bang Haji. Karakter ini selalu muncul di akhir film untuk menasehati jarwo. Anehnya, bang haji sudah tahu permasalahan sebelum dijelaskan. Kalau bang haji sudah muncul pasti itu pertandanya film adit & sopo jarwo akan segera berakhir..