INI DIA... 10 Fakta Tentang Gerhana Matahari Yang Kamu Harus Tahu !!!
Loading...
 
posted on Everything in Life
2,700 views
INI DIA... 10 Fakta Tentang Gerhana Matahari Yang Kamu Harus Tahu !!!

Hi sahabat Pulsk... Artikel ini akan membahas tentang gerhana Matahari yuk kita bahas bersama....^^

Gerhana matahari merupakan adalah suatau kejadian aneh tapi menarik dan mempunyai banyak fakta unik yang harus kamu ketahui.

Kejadiann yang sangat jarang membuat fenomena ini sangat spektakuler dari sekian fenomena bumi lainnya. Bulan yang menutupi matahari, membuat cahaya yang seharusnya sampai ke bumi terhambat atau dihalangi bulan sehingga bumi menjadi gelap disiang hari. Dan yang menjadi unik adalah pemandangan yang sangat hebat dan indah serta spektakuler, yang mana terbentuk cicin di atas bumi, ketika gerhana matahari total. Berikut ini 10 fakta unik tentang gerhana matahari yang berkaitan dengan ilmu sains...

1. Gerhana terpanjang di abad ini terjadi pada tanggal 22 Juli 2009 gerhana ini bisa dilihat atau diamati di India, Nepal, Bhutan dan China. Durasi gerhana ini adalah 6 menit 29 detik.

2. Naungan bulan selama gerhana di permukaan bumi bergerak dengan kecepatan hingga 2000 meter per detik.

3. Sebelum benar-benar tersembunyi di balik bulan, di tepi disk surya jelas terlihat "sinar". Hal ini disebabkan fakta bahwa sinar matahari yang hampir sejajar dengan permukaan bulan, tercermin melekat pada rata bulan tanah - kawah dan gunung-gunung.

4. Kecantikan dan "akurasi" dari gerhana matahari karena kebetulan indah dan ukuran bulan dan matahari sama jika dilihat dari bumi - diameter Matahari adalah 400 kali lebih besar dari diameter bulan, dan jarak untuk itu adalah 400 kali lebih besar dari bulan.

5. Oleh karena itu, bumi - satu-satunya tempat di tata surya, di mana Anda dapat mengamati gerhana matahari total

6. Pada planet lain ada jenis lain dari gerhana, misalnya, Jupiter adalah gerhana tiga, ketika bayang-bayang dari tiga satelit secara bersamaan terlihat di permukaan teleskop.

7. inersia lautan kecuali memperlambat rotasi bumi menyebabkan pemisahan Bulan dari Bumi. Diperkirakan lebih dari 600 juta tahun Bulan dari Bumi sendiri terpisah sehingga tidak akan cukup untuk "menutup" matahari, gerhana matahari tidak terjadi lagi.

8. Pada setiap titik dalam gerhana matahari bumi dapat diamati rata-rata sekali setiap 360 tahun

9. Namun ada tempat-tempat khusus di bumi, misalnya dalam Illionoyse Carbondale, Amerika Serikat - di mana gerhana dijadwalkan 21 Agustus 2017 dan April 8, 2024, yaitu, dengan jarak hanya tujuh tahun!

10. Selama gerhana bulan, Bulan membentuk lingkaran merah terlihat karena fakta bahwa sinar matahari dalam perjalanan ke Bulan melewati atmosfer bumi.

Nah, sekian dulu semoga 10 Fakta Tentang Gerhana Matahari, bermanfaat.

Trending Now
10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

10 Gombalan Lucu Tanya Perbedaan Ini Bikin Muka Gebetanmu Memerah

Kata-kata gombalan selalu menjadi cara yang digunakan oleh anak zaman sekarang untuk memulai pembicaraan dengan lawan jenis ataupun untuk se
107 views 0 shares
10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

10 Momen Kocak Orang Naik Bus yang Bikin Terpingkal

Bus adalah salah satu kendaraan umum yang biasa digunakan untuk bepergian. Ukurannya yang sangat besar ini bisa menampung banyak penumpang.
99 views 0 shares
10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

10 Konsep Lucu Prewedding Antimainstream Ini Bikin Kamu Tepuk Jidat

Sebelum melakukan acara pernikahan, setiap pasangan pasti melakukan sesi pemotretan prewedding terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meng
112 views 0 shares
10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

10 Momen Kocak Sungkeman yang Gagal Khidmat

Indonesia adalah negara yang terkenal akan tradisi dan adat istiadatnya. Salah satunya Kita harus menghormati orang yang lebih tua. Beberapa
92 views 0 shares
10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

10 Nama Toko Dari Plesetan Nama Merk Terkenal. Kocak Banget!

Hidup di Indonesia sangat mudah sekali menemukan warung atau toko kelontong. di mana tempat usaha ini menyediakan barang yang kita butuhkan
5,366 views 0 shares
10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

10 Curhatan Lucu Seputar Crazy Rich +62 Ini Bikin Sobat Misquen Nangis Di Pojokan

Kamu tahu tentang Crazy Rich kan? Yap, mereka adalah orang-orang yang memiliki kekayaan sangat banyak yang kadang bikin kita gak sanggup bua
105 views 0 shares
10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

10 Chat Kocak Minta Kenalan Ini Bikin Tersenyum Geli

Berkat adanya smartphone dan internet, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain dengan sangat mudah. Nggak perlu repot-repot bertatap muka
10,544 views 0 shares
10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

10 Orang yang Berfoto di Depan Kamera dengan Gaya Menggelitik

Jaman dulu mengabadikan momen melalui foto adalah hal yang mewah. Kita harus memiliki kamera terlebih dahulu agar bisa menciptakan momen mel
6,794 views 0 shares
10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

10 Momen Apes Dibonceng Motor yang Bikin Deg-deg an

Musim hujan telah tiba. Ada pepatah mengatakan jika "sedia payung sebelum hujan". Hal itulah yang harus kita persiapkan ketika musim hujan t
18,542 views 0 shares
Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Beginilah Wajah 14 Karakter Princess Disney di Dunia Nyata

Pulsker yang suka banget sama kartun karya Disney mana nih suaranya? Kartun dari Disney emang ga ada matinya ya Pulsker, meskipun udah kuli
308,987 views 23,460 shares