7 Desa Ter-Unik Se-Dunia, Indonesia Juga Masuk Loh!
Loading...

Desa yang kita ketahui pada umumnya, biasanya memiliki keadaan alam yang masih alami. banyak pohon, juga anak anak yang ceria bermain di kali. keadaan di des juga identik dengan swah atau tanaman perkebunan. Ibu-ibu yang memakai daster atau pakaian tradisional. bapak-bapak yang membawa cangkul. Atau nenek-nenek yang mengunyah sirih. Juga rumah yang masih beralas tanah. dan jangan lupakan ayam yang mencari makan di pekarangan.

 

yups, biasanya memang begitu kondisi desa di Indonesia. tapi tau ngga sih pulskers, ternyata kondisi desa di dunia itu ngga sama seperti di Indonesia. Ini nih, 7 desa unik dari seluruh dunia. eh, Indonesia juga termasuk loh!

1
#1 desa kepiting , Sulawesi Selatan

Penduduk di di Dusun Ulutaue, Desa Mario, Kecamatan Mare, Bone, Sulawesi Selatan memiliki keunikan berupa kelainan fisik. Rata rata tangan penduduk di desa ini mirip seperti capit kepiting yang terbelah dua, dan terkadang hanya memiliki tiga ruas jari. Bagi masyarakat desa setempat, kejadian macam ini sudah menjadi hal yang biasa dan dianggap sebagai sebuah kutukan.

#1 desa kepiting , Sulawesi Selatan Penduduk di di Dusun Ulutaue, Desa Mario, Kecamatan Mare, Bone, Sulawesi Selatan memiliki keunikan berupa kelainan fisik. Rata rata tangan penduduk di desa ini mirip seperti capit kepiting yang terbelah dua, dan terkadang hanya memiliki tiga ruas jari. Bagi masyarakat desa setempat, kejadian macam ini sudah menjadi hal yang biasa dan dianggap sebagai sebuah kutukan.
Advertisements

2

3
#2 Desa Rambut Panjang, China

Salah satu tradisi desa ini yang unik adalah obsesi penduduk wanita Desa Huangluo terhadap rambut mereka. Para wanita di desa ini sangat mencintai rambutnya, dan merawatnya hingga menjadi sangat panjang. Panjang rambut mereka masuk dalam Guinness World Records sebagai "Desa dengan Rambut Terpanjang di Dunia". Dari penghargaan itulah, Desa Huangluo lebih dikenal sebagai Desa Rambut Panjang.

Dari 120 wanita penduduk desa ini, semuanya rata-rata memiliki rambut dengan panjang hingga 1,7 meter hingga 2,1 meter. Bagi wanita di desa ini, rambut adalah hal terpenting dalam hidup mereka, setelah suami dan anak-anak.

#2 Desa Rambut Panjang, China Salah satu tradisi desa ini yang unik adalah obsesi penduduk wanita Desa Huangluo terhadap rambut mereka. Para wanita di desa ini sangat mencintai rambutnya, dan merawatnya hingga menjadi sangat panjang. Panjang rambut mereka masuk dalam Guinness World Records sebagai Desa dengan Rambut Terpanjang di Dunia. Dari penghargaan itulah, Desa Huangluo lebih dikenal sebagai Desa Rambut Panjang. Dari 120 wanita penduduk desa ini, semuanya rata-rata memiliki rambut dengan panjang hingga 1,7 meter hingga 2,1 meter. Bagi wanita di desa ini, rambut adalah hal terpenting dalam hidup mereka, setelah suami dan anak-anak.

4
#3 Desa Kembar Identik, India

Desa Kodinji, Kerala Utara, India adalah desa yang luar biasa dan sangat unik. Desa ini memiliki lebih dari 230 pasangan kembar. Dari setiap 35-45 kelahiran terdapat satu anak kembar. Jumlah ini empat kali lipat dari yang normal. Maka tidak mengejutkan jika desa ini terkenal dengan sebutan "Desa Kembar Terbesar".

#3 Desa Kembar Identik, India Desa Kodinji, Kerala Utara, India adalah desa yang luar biasa dan sangat unik. Desa ini memiliki lebih dari 230 pasangan kembar. Dari setiap 35-45 kelahiran terdapat satu anak kembar. Jumlah ini empat kali lipat dari yang normal. Maka tidak mengejutkan jika desa ini terkenal dengan sebutan Desa Kembar Terbesar.

5
#4 Desa Boneka, Jepang

Nagoro adalah sebuah desa yang cukup terpencil di Negara Jepang dimana penduduknya adalah sebagian besar adalah boneka. Awalnya, desa Nagoro dihuni oleh banyak penduduk, namun seiring waktu banyak dari mereka yang meninggal dan pindah. Hingga suatu hari seorang nenek bernama Ayano Tsukimi (64 tahun) membuat boneka sebagai pengganti orang-orang yang telah meninggalkan desa. Tiap satu orang yang pergi, ia akan membuat satu boneka, begitu seterusnya hingga boneka menjadi banyak.

#4 Desa Boneka, Jepang Nagoro adalah sebuah desa yang cukup terpencil di Negara Jepang dimana penduduknya adalah sebagian besar adalah boneka. Awalnya, desa Nagoro dihuni oleh banyak penduduk, namun seiring waktu banyak dari mereka yang meninggal dan pindah. Hingga suatu hari seorang nenek bernama Ayano Tsukimi (64 tahun) membuat boneka sebagai pengganti orang-orang yang telah meninggalkan desa. Tiap satu orang yang pergi, ia akan membuat satu boneka, begitu seterusnya hingga boneka menjadi banyak.

6
#5 Desa Nama Panjang, Britania Raya

Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch dinobatkan sebagai desa dengan nama terpanjang di dunia oleh Guiness Book of Record tahun 2002.

Awalnya, desa ini memang bernama Llanfair. Tapi pada tahun 1960, mengadopsi sebuah sandi dari film Barbarella, penduduk setempat sepakat untuk menggantinya dengan yang lebih panjang. Hal ini dimaksudkan untuk menarik para wisatawan dari seluruh dunia.

#5 Desa Nama Panjang, Britania Raya Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwllllantysiliogogogoch dinobatkan sebagai desa dengan nama terpanjang di dunia oleh Guiness Book of Record tahun 2002. Awalnya, desa ini memang bernama Llanfair. Tapi pada tahun 1960, mengadopsi sebuah sandi dari film Barbarella, penduduk setempat sepakat untuk menggantinya dengan yang lebih panjang. Hal ini dimaksudkan untuk menarik para wisatawan dari seluruh dunia.

7

8
#6 Desa teletubbies, Yogyakarta

Keberadaan Dusun Teletubbies di Ngelepen, Prambanan ini tidak bisa dilepaskan dari bencana gempa bumi besar yang sempat meluluhlantakan Yogyakarta pada 27 Mei 2006. Kala itu, ada satu daerah perbukitan yang mengalami kerusakan total yakni Dusun Sengir, dimana tanah kampungnya sempat ‘ambles’ sampai enam meter lebih. Karena sudah tidak layak huni lagi, warga Dusun Sengir direlokasi ke perkampungan baru, yang kini dikenal sebagai new Ngelepen.

Pemerintah waktu itu bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan the Domes for the World Foundation (DFTW) untuk membuat hunian desa baru dengan konsep rumah domes. Setidaknya ada 71 bangunan dome di Ngelepen. Tiga diantaranya berfungsi sebagai bangunan public seperti Mushola, Taman Kanak-kanak dan rumah bidan. Dari luar memang terlihat sangat sempit, tapi ketika masuk kedalam ternyata bangunan dome memiliki 2 lantai.

#6 Desa teletubbies, Yogyakarta Keberadaan Dusun Teletubbies di Ngelepen, Prambanan ini tidak bisa dilepaskan dari bencana gempa bumi besar yang sempat meluluhlantakan Yogyakarta pada 27 Mei 2006. Kala itu, ada satu daerah perbukitan yang mengalami kerusakan total yakni Dusun Sengir, dimana tanah kampungnya sempat ‘ambles’ sampai enam meter lebih. Karena sudah tidak layak huni lagi, warga Dusun Sengir direlokasi ke perkampungan baru, yang kini dikenal sebagai new Ngelepen. Pemerintah waktu itu bekerja sama dengan World Association of Non-governmental Organizations (WANGO) dan the Domes for the World Foundation (DFTW) untuk membuat hunian desa baru dengan konsep rumah domes. Setidaknya ada 71 bangunan dome di Ngelepen. Tiga diantaranya berfungsi sebagai bangunan public seperti Mushola, Taman Kanak-kanak dan rumah bidan. Dari luar memang terlihat sangat sempit, tapi ketika masuk kedalam ternyata bangunan dome memiliki 2 lantai.

9
#7 Desa Berpenduduk Satu Orang, Colorado

Biasanya dalam satu desa pastinya akan ada banyak penduduk nah ada hal unik yang ada di desa Desa Buford terletak di Wyoming, Colorado desa ini hanya berpenduduk sau orang saja karena suhu yang terlalu dingin di musim dingin dan terletak di daerah perbukitan membuat desa ini di tingalkan oleh penduduknya namun hanya ada stu orang dia adalah Don Sammons (60th) yang tetap setia menempati desa ini sendiri tanpa tetangga dan penduduk lainya.

#7 Desa Berpenduduk Satu Orang, Colorado Biasanya dalam satu desa pastinya akan ada banyak penduduk nah ada hal unik yang ada di desa Desa Buford terletak di Wyoming, Colorado desa ini hanya berpenduduk sau orang saja karena suhu yang terlalu dingin di musim dingin dan terletak di daerah perbukitan membuat desa ini di tingalkan oleh penduduknya namun hanya ada stu orang dia adalah Don Sammons (60th) yang tetap setia menempati desa ini sendiri tanpa tetangga dan penduduk lainya.