Kenali 4 Bahaya Fatal Tidur Setelah Sahur
Loading...
 
posted on Kesehatan
1,838 views
Kenali 4 Bahaya Fatal Tidur Setelah Sahur

DI bulan Ramadhan ini Allah telah mewajibkan kita semua berpuasa sebagaimana Ia telah mewajibkan kepada orang2 sebelum kita dari kalangan Ahlul Kitab, seperti dalam firman-Nya, â€œHai orang2 yang beriman, diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah: 183). Namun sebelum melaksanakan ibadah puasa, kita dianjurkan untuk makan sahur.
 

Salah satu sunnah puasa adalah mengakhirkan makan sahur, di jaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat yang merupakan generasi pertama umat Islam tersebut tidak tidur setelah sahur.

Tentunya hal ini sangat bertolak belakang di jaman sekarang ini , banyak orang masih merasa ngantuk dan mempercepat makan sahur kemudian tidur kembali akibatnya sering terlambat untuk mengerjakan sholat subuh , kehiangan berkah di pagi hari, selain itu ternyata tidur setelah sahur tidak baik untuk kesehatan dari segi medis. Berikut penyebab kenapa seseorang tidak dianjurkan kembali setelah makan sahur.

 

Pertama gangguan lambung/asam lambung. Setelah mengonsumsi makanan (termasuk sahur), sistem pencernaan memerlukan beberapa waktu untuk mencerna dan menyerap nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut. Ketika seseorang tidur setelah makan (sahur), apalagi dalam posisi terlentang, pencernaan menjadi melambat atau sulit bekerja. Akibatnya, timbullah nyeri di ulu hati dan panas yang menyebar ke dada dan tenggorokan karena meningkatnya asam lambung.

 

Kedua, terjadinya refluks. Merupakan penyakit yang timbul akibat kelemahan dari katup antara lambung dan kerongkongan. Hal ini menyebabkan asam lambung naik ke dalam kerongkongan dan menimbulkan gejala berupa rasa terbakar di dada. Di antara tanda refluks adalah ketika seseorang terbangun dari tidur setelah sahur ia merasakan kerongkongannya panas dan mulutnya terasa pahit. Para dokter menyarankan jeda waktu antara makan dan tidur adalah dua jam. Namun sunnah Rasulullah lebih lama lagi. Beliau dan para sahabatnya biasa mengisi waktu setelah sahur dengan shalat atau dzikir dan setelah Subuh berdzikir hingga matahari terbit. Untuk tidur sejenak, mereka memilih waktu siang yang dikenal dengan istilah qailulah.

 

Ketiga, terserang Stroke. Tidur setelah sahur dipercaya meningkatkan resiko terkena stroke. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah terkena stroke. Sebaliknya, orang-orang yang memiliki jeda paling singkat antara makan dan tidur memiliki resiko lebih tinggi terkena stroke.

 

Keempat, sakit Kepala. Jika kita tidur setelah shalat subuh, dan ketika bangun bagian leher akan terasa sakit dan kaku, bahkan terkadang bukan kesegaran yang didapat, namun sebaliknya. Lalu akan terasa sakit kepala bagian atas atau kepala bagian belakang. Itulah hal mudhorat yang didapat jika anda tidur lagi usai sahur atau menjelang pagi. Menurut sebuah hasil studi, tidur pagi menyebabkan serebrospinal bergerak ke otak. Inilah yang menimbulkan sakit di kepala.

 

Selain berbahaya dari segi kesehatan, tidur setelah sahur membuat terhalangnya pintu rezeki, dalam hadits yang di riwayatkan oleh Abu Daud, bahwasannya Rasulullah bersabda “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” Dalam hadits tersebut Rasulullah mendoakan keberkahan bagi umatnya yang bangun di waktu pagi. Sebaliknya, doa itu mengisyaratkan bagi mereka yang tidur lagi setelah Subuh, mereka akan kehilangan keberkahan yang disebutkan dalam doa Nabi. Keberkahan dalam ayat ini memiliki makna yang luas. Secara umum maknanya adalah bertambahnya kebaikan.

 

Bentuknya bisa macam-macam, misalnya bisnisnya berhasil sehingga bisa banyak berinfak atau karirnya meningkat sehingga mudah bersedekah.

 

Dan yang terakhir, menjadi malas dan Kehilangan semangat. Biasanya ketika tidur usai sahur atau menjelang pagi, tubuh akan terasa lemas dan kehilangan semangat untuk melakukan aktivitas. Mood juga akan berubah jadi buruk. Ketika kondisi hati sedang buruk, otomatis akan tergambar dari garis wajah. Wajah akan terlihat pucat. Maka sebaiknya Mengisi waktu pagi setelah Subuh dengan ibadah, berdzikir, membaca Al-qur’an atau bisa juga anda gunakan waktu pagi anda untuk membersihkan rumah. Bisa di pastikan waktu berikutnya, Anda akan terlihat lebih segar dan bersemangat. Baik secara medis ataupun secara ruhiyah. []

 

sumber:islampos

Trending Now
[10 Foto] Saat Peserta Idol 2019 "Berubah" Jadi Minuman Starbucks, Nyegerin !

[10 Foto] Saat Peserta Idol 2019 "Berubah" Jadi Minuman Starbucks, Nyegerin !

Acara pencarian bakat Indonesia Idol 2019 sudah memasuki tahap tahap akhir, kini sudah hanya tersisa 5 peserta, yaitu : Tiara, Ziva, Lyodra,
1,493 views 0 shares
10 Jawaban Saat Pacar Minta Putus Dengan Alasan "Kamu Terlalu Baik", Biar Tau Rasa!

10 Jawaban Saat Pacar Minta Putus Dengan Alasan "Kamu Terlalu Baik", Biar Tau Rasa!

Banyak sekali alasan pasangan minta putus, dari ketidakcocokan prinsip, masalah keluarga, hingga ada orang lain dalam hubungan.   Tapi sa
1,186 views 0 shares
Cara Nggak Lazim Melindungi Benda Kesayangan Agar Tak Dicuri Maling

Cara Nggak Lazim Melindungi Benda Kesayangan Agar Tak Dicuri Maling

Terkadang manusia memiliki benda kesayangan tersendiri dalam kehidupan sehari-hari. Bentuknya beragam, mulai dari barang mewah sampai sederh
2,243 views 0 shares
10 Chat Para Jomblo Menghadapi Pertanyaan Ini Lucu Banget

10 Chat Para Jomblo Menghadapi Pertanyaan Ini Lucu Banget

Nggak terasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan, itu artinya momen lebaran sudah di depan mata. Bagi yang sudah berkeluarga mu
3,876 views 8 shares
[15 GAMBAR LUCU] TERNYATA Ada yang Lebih SERAM dari HANTU. PENASARAN???

[15 GAMBAR LUCU] TERNYATA Ada yang Lebih SERAM dari HANTU. PENASARAN???

Ternyata beberapa orang di dunia ini yang tidak takut dengan hantu. Alasannya sih gampang. Mereka lebih takut dengan Tuhan. Hehehe bener kan
882,998 views 20,164 shares
10 Chat Kocak Driver Ojol dengan Customernya Ini Berhasil Bikin Ngakak

10 Chat Kocak Driver Ojol dengan Customernya Ini Berhasil Bikin Ngakak

Ngomongin tentang ojek online emang nggak ada habisnya. Apalagi sekarang banyak yang membagikan pengalamannya saat bersama ojek online lewat
15,413 views 573 shares
10 Spanduk Peringatan yang Endingnya Bikin Ngakak

10 Spanduk Peringatan yang Endingnya Bikin Ngakak

Peringatan atau himbauan dibuat agar masyarakat mematuhi berbagai macam peraturan yang berlaku. Peringatan ini bisa berupa lisan dan tulisa
35,556 views 80 shares
9 Pantun Gombal Paling Populer di Kalangan Anak 90-an Dulu, Masih Inget Gak Apa Saja?

9 Pantun Gombal Paling Populer di Kalangan Anak 90-an Dulu, Masih Inget Gak Apa Saja?

Pantun adalah sebuah seni dalam berbahasa yang cukup populer di ranah melayu dan Indonesia pulsker. Sedari dulu sampai sekarang pantun masih
24,762 views 1,795 shares
10 Kelakuan Anak Kecil yang Polos Banget, Butuh Pengawasan Ekstra

10 Kelakuan Anak Kecil yang Polos Banget, Butuh Pengawasan Ekstra

Namanya juga anak kecil, mereka terkadang masih belum terlalu mengerti tentang barang barang sekitar, bahkan tidak tau mana yang gak boleh d
52,966 views 0 shares
7 Tingkah Konyol Anak SMA yang Akan Mereka Rindukan Di Masa Tua

7 Tingkah Konyol Anak SMA yang Akan Mereka Rindukan Di Masa Tua

Ada yang bilang kalau masa indah sekolah adalah masa SMA. Setuju nggak sih, Pulsker? Apalagi saat ini sekarang ini sekolah sudah mendekati k
13,677 views 846 shares