9 Tempat Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi Saat Traveling ke Madura
Loading...

Apa yang ada dipikiranmu saat mendengar tentang Madura? Yang lagi terkenal adalah jembatan Suramadu, yaitu jembatan yang menghubungkan Kota Surabaya dengan Pulau Madura. Selain itu Madura juga terkenal dengan lomba Karapan Sapi. Udah pernah berkunjung kesana belum?

 

Kalau belum, kamu wajib memasukkan Madura dalam daftar travelingmu Pulsker. Karena ternyata, begitu banyak daya tarik dari pulau ini. Pulau yang terletak di timur laut Jawa Timur ini menyimpan banyak destinasi wisata yang nggak kalah dengan daerah lainnya. Mulai dari wisata alam sampai wisata budaya.

 

Nah, buat kamu yang penasaran dengan apa aja yang menarik di Madura, berikut ini adalah ulasan 9 tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat traveling ke Madura. Dilansir dari kitamuda.id, segera siapkan ranselmu Pulsker!

 

*jika kamu menyukai postingan ini, share ke teman-temanmu di Facebook ya Pulsker!

 

 

 

1
Jembatan Suramadu

Sebenarnya kurang tepat kalau Suramadu dikatakan sebagai tempat wisata. Tapi jembatan ini adalah landmark Madura yang menyajikan pemandangan yang keren abis Pulsker, apalagi saat senja dan malam hari. Kamu bisa menikmati senja dan melihat kelap-kelip lampu dimalam hari.

Jembatan Suramadu Sebenarnya kurang tepat kalau Suramadu dikatakan sebagai tempat wisata. Tapi jembatan ini adalah landmark Madura yang menyajikan pemandangan yang keren abis Pulsker, apalagi saat senja dan malam hari. Kamu bisa menikmati senja dan melihat kelap-kelip lampu dimalam hari.
Advertisements

2
Bukit Geger

Tempat ini adalah awal mulanya pulau madura. Menurut masyarakat setempat, nenek moyang orang Madura pertama kali menginjakkan kaki Bukit Geger atau yang lebih dikenal dengan Ghunong Gheggher. Di tempat ini terdapat makam Putri Koneng yang dipercaya sebagai nenek moyang masyarakat Madura. Nah, disini kamu bisa mengunjungi 3 wisata sekaligus Pulsker yaitu : wisata alam, religi dan sejarah.

Bukit Geger Tempat ini adalah awal mulanya pulau madura. Menurut masyarakat setempat, nenek moyang orang Madura pertama kali menginjakkan kaki Bukit Geger atau yang lebih dikenal dengan Ghunong Gheggher. Di tempat ini terdapat makam Putri Koneng yang dipercaya sebagai nenek moyang masyarakat Madura. Nah, disini kamu bisa mengunjungi 3 wisata sekaligus Pulsker yaitu : wisata alam, religi dan sejarah.

3
Bukit yang berada di ketinggian 150—200 mdpl terletak di Desa Geger, kurang lebih 30 km arah tenggara Kota Bangkalan. Bukit ini mudah dijangkau karena letaknya yang berada di pinggir jalan, tapi untuk ke tempat ini harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang melewati tempat ini.

Kalau mau menikati pemandangan dari atas, pastikan dulu kamu dalam keadaan prima, karena kamu harus melewati puluhan anak tangga.

Bukit yang berada di ketinggian 150—200 mdpl terletak di Desa Geger, kurang lebih 30 km arah tenggara Kota Bangkalan. Bukit ini mudah dijangkau karena letaknya yang berada di pinggir jalan, tapi untuk ke tempat ini harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang melewati tempat ini. Kalau mau menikati pemandangan dari atas, pastikan dulu kamu dalam keadaan prima, karena kamu harus melewati puluhan anak tangga.

4
Bukit Jaddih

Lokasi di Madura yang lagi hits nih. Sebenarnya ini adalah tempat penambangan batu kapur, tapi juga dijadikan sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum.

Tapi jangan heran ya kalau disana kamu melihat banyak truk-truk besar, karena penambangan kapur juga masih berlangsung ditempat ini.

Bukit Jaddih Lokasi di Madura yang lagi hits nih. Sebenarnya ini adalah tempat penambangan batu kapur, tapi juga dijadikan sebagai tempat wisata yang dibuka untuk umum. Tapi jangan heran ya kalau disana kamu melihat banyak truk-truk besar, karena penambangan kapur juga masih berlangsung ditempat ini.

5
Aeng Guweh Pote

Pemandangan di Bukit Jaddih emang keren banget Pulsker. Tapi saat siang hari mataharinya terik banget. Nah, kalau kamu perlu ngadem dan pengen berendam, kamu bisa datang ke kolam renang Aeng Guweh Pote yang juga masih satu wilayah dengan Bukit Jaddih.

Pemandangan disini juga nggak kalah keren lho!

Aeng Guweh Pote Pemandangan di Bukit Jaddih emang keren banget Pulsker. Tapi saat siang hari mataharinya terik banget. Nah, kalau kamu perlu ngadem dan pengen berendam, kamu bisa datang ke kolam renang Aeng Guweh Pote yang juga masih satu wilayah dengan Bukit Jaddih. Pemandangan disini juga nggak kalah keren lho!

6
Air Terjun Toroan

Berlanjut ke Kabupaten Sampang, disini ada air terjun yang airnya langsung jatuh ke Laut Jawa, namanya Air Terjun Toroan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 m ini dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga udaranya masih sejuk dan asri.

Tempat ini juga masih alami banget, karena belum banyak dijamah manusia.

Air Terjun Toroan Berlanjut ke Kabupaten Sampang, disini ada air terjun yang airnya langsung jatuh ke Laut Jawa, namanya Air Terjun Toroan. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 m ini dikelilingi pepohonan yang rindang sehingga udaranya masih sejuk dan asri. Tempat ini juga masih alami banget, karena belum banyak dijamah manusia.

7
Api Tak Kunjung Padam

Salah satu wisata yang unik di Madura adalah 'Api Tak Kunjung Padam'. Ditempat ini kamu akan disajikan pemandangan api yang menyembur alami dari permukaan tanah.

Semburan api disini nggak pernah padam dan selalu menyala, sampai-sampai dimanfaatkan warga untuk memasak. Berniat juga memindah dapurmu kesini Pulsker? Hehehe..

Api Tak Kunjung Padam Salah satu wisata yang unik di Madura adalah Api Tak Kunjung Padam. Ditempat ini kamu akan disajikan pemandangan api yang menyembur alami dari permukaan tanah. Semburan api disini nggak pernah padam dan selalu menyala, sampai-sampai dimanfaatkan warga untuk memasak. Berniat juga memindah dapurmu kesini Pulsker? Hehehe..

8
Gili Labak

Nggak cuma Bali aja yang punya pantai keren, tapi Madura juga Pulsker namanya Gili Labak. Gili Labak adalah pulau kecil dengan pasir putih yang memiliki ombak cukup tenang. Selain itu, kedalaman lautnya memiliki terumbu karang yang mempesona, cocok banget buat kamu yang suka snorkeling atau diving. Pulau ini terletak di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep.

Gili Labak Nggak cuma Bali aja yang punya pantai keren, tapi Madura juga Pulsker namanya Gili Labak. Gili Labak adalah pulau kecil dengan pasir putih yang memiliki ombak cukup tenang. Selain itu, kedalaman lautnya memiliki terumbu karang yang mempesona, cocok banget buat kamu yang suka snorkeling atau diving. Pulau ini terletak di Kecamatan Talango, Kabupaten Sumenep.

9
Pulau Kangean

Pulau Kangean (yang merupakan pulau terbesar di gugusan Kepulauan Kangean) menyajikan birunya laut yang jernih, lekuk pantai dan terumbu karang yang sudah mati menjadi batuan. Pulau ini juga memiliki alam bawah laut yang mempesona sehingga cocok untuk kamu yang hobby snorkeling dan diving.

Oiya, tempat ini cocok buat kamu yang juga lagi mau bulan madu lho. Soalnya pantainya masih sepi dan tenang.

Pulau Kangean Pulau Kangean (yang merupakan pulau terbesar di gugusan Kepulauan Kangean) menyajikan birunya laut yang jernih, lekuk pantai dan terumbu karang yang sudah mati menjadi batuan. Pulau ini juga memiliki alam bawah laut yang mempesona sehingga cocok untuk kamu yang hobby snorkeling dan diving. Oiya, tempat ini cocok buat kamu yang juga lagi mau bulan madu lho. Soalnya pantainya masih sepi dan tenang.

10
Batik Tanjung Bumi

Kalau udah puas jalan-jalan, saatnya kamu beli oleh-oleh. Kamu bisa mampir ke sentra Kampung Batik Tanjung Bumi di Desa Paseseh.

Selain kamu bisa membeli oleh-oleh batik khas Madura, kamu juga bisa melihat dan mencoba cara membuat batik ini lho.

Jadi nggak sabar deh pengen ke Madura!

Batik Tanjung Bumi Kalau udah puas jalan-jalan, saatnya kamu beli oleh-oleh. Kamu bisa mampir ke sentra Kampung Batik Tanjung Bumi di Desa Paseseh. Selain kamu bisa membeli oleh-oleh batik khas Madura, kamu juga bisa melihat dan mencoba cara membuat batik ini lho. Jadi nggak sabar deh pengen ke Madura!