Wah..Ternyata 8 Makanan Ini Mengandung Racun Jika Dipanaskan Lagi..Kamu Wajib Tahu!
Loading...

Sebagai ibu rumah tangga, biasanya mereka suka memanaskan kembali makanan yang masih tersisa agar bisa dikonsumsi kembali. Alasannya adalah selain 'dibuang sayang', mengahangatkan makanan juga lebih efektif dan efisien. Mungkin ibumu juga sering melakukan hal yang sama kan Pulsker?

 

Tapi sayang, nggak semua makanan bisa dihangatkan kembali. Bahkan beberapa bisa mengandung racun saat kita menghangatkannya, dan beberapa lagi kandungan protein dan zat vitaminnya akan berkurang. Ngeri ya..Kira-kira makanan apa aja yang yang nggak bisa dipanaskan lagi? Seperti yang dilansir dari hipwee.com, calon ibu rumah tangga wajib tahu nih!

 

*Jika Pulsker menyukai artikel ini, share ke media sosial kalian ya!

1
Nasi

Di Indonesia, nasi adalah makanan wajib sehari-hari yang mengandung karbohidrat dan kalori yang menjadikan sumber energi utama pada tubuh kita. Tapi ternyata, saat kita menghangatkan kembali nasi, akan menyebabkan pertumbuhan spora dan ketika suhu pada nasi kembali dingin, spora tersebut akan berkembang biak.

Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman penyebab penyakit diare dan muntah-muntah. Disarankan, untuk memasak nasi secukupnya aja untuk sekali konsumsi.

Nasi Di Indonesia, nasi adalah makanan wajib sehari-hari yang mengandung karbohidrat dan kalori yang menjadikan sumber energi utama pada tubuh kita. Tapi ternyata, saat kita menghangatkan kembali nasi, akan menyebabkan pertumbuhan spora dan ketika suhu pada nasi kembali dingin, spora tersebut akan berkembang biak. Spora ini akan menghasilkan bakteri dan kuman penyebab penyakit diare dan muntah-muntah. Disarankan, untuk memasak nasi secukupnya aja untuk sekali konsumsi.
Advertisements

2
Ayam

Alasan untuk menghangatkan ayam adalah selain ekonomis, ayam juga salah satu pilihan lauk yang memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak.

Tapi ternyata, ketika menghangatkan ayam kembali, komposisi protein yang dikandungnya akan berubah dan justru dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan. Walaupun begitu, kamu tetap bisa mengahangatkan ayam dengan cacatan catatan ayam yang dipanaskan harus panas hingga ke dalam, jangan hanya dipanaskan luarnya saja. Gunakan api kecil dalam waktu singkat, angkat sekiranya ayam sudah cukup hangat.

Ayam Alasan untuk menghangatkan ayam adalah selain ekonomis, ayam juga salah satu pilihan lauk yang memiliki kandungan protein tinggi dan rendah lemak. Tapi ternyata, ketika menghangatkan ayam kembali, komposisi protein yang dikandungnya akan berubah dan justru dapat menyebabkan masalah kesehatan pencernaan. Walaupun begitu, kamu tetap bisa mengahangatkan ayam dengan cacatan catatan ayam yang dipanaskan harus panas hingga ke dalam, jangan hanya dipanaskan luarnya saja. Gunakan api kecil dalam waktu singkat, angkat sekiranya ayam sudah cukup hangat.

3
Telur

Telur adalah satu makanan yang mengandung sumber protein yang memiliki banyak nitrisi yang baik untuk tubuh. Tapi ketika kita menghangatkan makanan ini untuk kedua kalinya, ternyata bisa memunculkan kandungan racun dalam telur terutama pada kuning telurnya yang dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan.

Telur Telur adalah satu makanan yang mengandung sumber protein yang memiliki banyak nitrisi yang baik untuk tubuh. Tapi ketika kita menghangatkan makanan ini untuk kedua kalinya, ternyata bisa memunculkan kandungan racun dalam telur terutama pada kuning telurnya yang dapat menyebabkan gangguan sistem pencernaan.

4
Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber zat besi, kaya vitamin dan mineral serta serat yang tinggi.

Tapi jika sayur bayam yang kamu masak masih tersisa, jangan pernah menghangatkannya kembali. Kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker. Ngeri kan?!

Bayam Sayur bayam merupakan salah satu makanan yang mengandung sumber zat besi, kaya vitamin dan mineral serta serat yang tinggi. Tapi jika sayur bayam yang kamu masak masih tersisa, jangan pernah menghangatkannya kembali. Kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker. Ngeri kan?!

5
Jamur

Selain memiliki kandungan mineral, jamur adalah salah satu makanan dengan sumber protein, vitamin, asam amino dan anti oksidan. Sebaiknya kamu langsung mengkonsumsi jamur sesaat setalah diolah atau saat masih hangat.

Dan sebaiknya jangan pernah menghangatkan kembali makanan yang menggunakan bahan jamur. Kandungan protein akan berubah komposisi dan menyebabkan masalah pencernaan dan kamu juga kehilangan manfaat gizinya.

Jamur Selain memiliki kandungan mineral, jamur adalah salah satu makanan dengan sumber protein, vitamin, asam amino dan anti oksidan. Sebaiknya kamu langsung mengkonsumsi jamur sesaat setalah diolah atau saat masih hangat. Dan sebaiknya jangan pernah menghangatkan kembali makanan yang menggunakan bahan jamur. Kandungan protein akan berubah komposisi dan menyebabkan masalah pencernaan dan kamu juga kehilangan manfaat gizinya.

6
Kentang

Kentang adalah makana yang mengandung zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi ke otak. Selain itu, kentang juga bisa dijadikan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat dan menyehatkan lambung.

Tapi sayangnya kamu nggak bisa menghangatkan kembali makanan yang berbahan kentang, karena kentang akan mengeluarkan bakteri langka yang berbahaya bagi tubuh. Ingat ya!

Kentang Kentang adalah makana yang mengandung zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi ke otak. Selain itu, kentang juga bisa dijadikan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat dan menyehatkan lambung. Tapi sayangnya kamu nggak bisa menghangatkan kembali makanan yang berbahan kentang, karena kentang akan mengeluarkan bakteri langka yang berbahaya bagi tubuh. Ingat ya!

7
Seledri

Seledri biasa dipakai untuk tambahan makanan seperti sup atau bakso. Seledri juga mengandung cukup banyak vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, vitamin C, K dan E yang baik untuk sistem imun kita, melancarkan aliran darah, menghambat penuaan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Tapi kamu bisa terancam keracunan jika memanaskan sup atau bakso yang ada seledrinya. Sebaiknya, kamu membuang seledrinya sebelum menghangatkan kembali makanan berkuahnya.

Seledri Seledri biasa dipakai untuk tambahan makanan seperti sup atau bakso. Seledri juga mengandung cukup banyak vitamin yang baik untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B4, B5, B6, vitamin C, K dan E yang baik untuk sistem imun kita, melancarkan aliran darah, menghambat penuaan dan mencegah berbagai macam penyakit. Tapi kamu bisa terancam keracunan jika memanaskan sup atau bakso yang ada seledrinya. Sebaiknya, kamu membuang seledrinya sebelum menghangatkan kembali makanan berkuahnya.

8
Gorengan

Gorengan adalah makanan favorit sejuta umat. Apalagi dimakannya saat masih hangat, dan nggak jarang yang mengahangatkan kembali gorengan untuk dikonsumsi kembali. Padahal pemanasan tersebut hanya membuat gorengan semakin berbahaya untuk kesehatan karena kandungan lemaknya semakin tinggi. WOW..baru tahu kan??

Gorengan Gorengan adalah makanan favorit sejuta umat. Apalagi dimakannya saat masih hangat, dan nggak jarang yang mengahangatkan kembali gorengan untuk dikonsumsi kembali. Padahal pemanasan tersebut hanya membuat gorengan semakin berbahaya untuk kesehatan karena kandungan lemaknya semakin tinggi. WOW..baru tahu kan??