Liburan ke Jogja? Ini Dia 7 Tempat Paling Hits dan Instagramable yang Wajib Kamu Kunjungi
Loading...

Menyebut kota atau tempat wisata di Indonesia tidak bisa lepas dari salah satu kota pelajar di Jawa pulsker, Jogja. Kearifan budaya serta keindahan peninggalan masa lalu yang masih dipegang teguh serta terawat menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Maka tak heran jika Yogyakarta memiliki semboyan Jogja Istimewa dan Jogja Berhati Nyaman, karena di sini keistimewaan dan kenyamanan menjadi satu.

 

Buat kamu yang ingin liburan ke Jogja, wajib update Instagram dengan mengunjungi tempat paling hits dan Instagramable, baik yang outdoor maupun indoor. Mana sajakah 7 tempat tersebut?. Simak ulasan berikut:

 

 

1. Sepanjang Jalan Malioboro

 

 

Tempat paling ikonik sepanjang masa di Jogja adalah sepanjang jalanan Malioboro. Banyak yang bilang kalau ke Jogja tak lengkap rasanya kalau tidak menjejakkan kaki di jalanan sepanjang 2,5 kilometer ini. Jalan Malioboro membentang dari Tugu Jogja sampai Kantor Pos Jogja pulsker. Kalau kamu penasaran dengan asal-usul nama Malioboro, sebenarnya ada dua versi nih, dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga dan nama kedua diambil dari seorang bangsawan Inggris bernama Marlborough yang tinggal di Jogja zaman dulu.

 

Di sepanjang jalanan Malioboro banyak spot-spot menarik untuk berfoto pulsker. Trotoar dan bangku-bangku yang ada siap menjadi "sarana" berfoto. Selain itu, kompleks pertokoan dan suasana khas Jogja, hingga kereta kuda yang berjajar rapi menambah keindahan bagi siapa saja yang ingin menyusuri jalanan nan romantis ini.

 

 

2. Sellie Coffee, Lokasi Syuting AADC 2 yang Paling Hits

 

 

Pernah nonton film AADC 2 kan?. Kamu pasti sudah familier dengan adegan Rangga dan Cinta di sebuah kafe. Adegan tersebut diambil di Sellie Coffee yang berada di Jalan Gerilya NG 3/822 Prawirotaman II, Jogja. Sejak digunakan sebagai salah satu lokasi syuting film AADC 2, kafe ini ramai dikunjungi anak muda dan berbagai komunitas pulsker. Penamaan Sellie Coffee sendiri diambil dari nama anak pemilik kafe ini lho, yakni Sera, Lima, dan Edo.

 

Kafe yang buka sejak 2009 ini juga dikenal sebagai kampung turis karena di sekitarnya banyak homestay maupun hotel. Kalau ingin spot foto Instagramable dengan interior jadul serta memadukan nuansa khas Jogja dengan Eropa, di sini tempatnya. Jam buka kafe ini mulai pukul 13.00-24.00 WIB, dan tutup setiap Senin.

 

 

3. Pemandian Taman Sari

 

 

Dulu pemandian Taman Sari digunakan sebagai kompleks pemandian para istri-istri Sultan dan putri di Keraton Jogjakarta pulsker. Tempat ini dulu juga dikelilingi danau buatan yang dipenuhi aroma wewangian bunga. Walaupun kini sudah tidak bisa menyaksikan hal itu, tapi sisa-sisa kecantikan dan kemegahan bangunan tersebut masih dapat dilihat oleh para pelancong. Lokasinya berada di kompleks Njeron Beteng yang tak jauh dari Keraton Jogjakarta dan berada di perkampungan warga.

 

Dari Malioboro, tempat ini bisa kamu tempuh dengan jalan kaki atau naik becak. Di sini banyak spot menarik untuk berfoto nih pulsker. Tak jarang juga banyak yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting film, video klip, atau foto prewed. Pemandian Taman Sari buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB.

 

 

4. Pojok Beteng yang Ada di Setiap Sudut Benteng Keraton Jogja

 

 

Dalam satu adegan di film AADC 2, nampak Rangga yang diperankan Nicholas Saputra berdiri di salah satu tembok benteng berlatar langit senja. Pojok Beteng adalah sudut benteng Keraton Yogyakarta dengan bentuk unik dan tidak akan kamu jumpai di kota lainnya pulsker. Selain indah, Pojok Beteng memiliki nilai historis bagi masyarakat Jogja.

 

Ada empat Pojok Beteng di kota Jogja, namun saat ini yang tersisa hanya tinggal tiga saja. Karena satu pojok di sisi utara-timur telah hancur saat serangan Inggris dalam peristiwa “Geger Spei” dulu. Kamu bisa memilih Pojok Beteng sebagai salah satu spot berfoto dan update di Instagram, apalagi semakin cantik saat senja, menyambut matahari tenggelam. Jadi serasa mirip Rangga di AADC 2 gitu deh pulsker.

 

 

5. Istana Ratu Boko dan Candi Prambanan

 

 

Destinasi wisata favorit Jogja lainnya adalah Candi Prambanan yang berdiri megah di daerah Sleman. Tapi tahukah kamu jika di dekat Candi Prambanan juga ada candi lainnya?. Candi Ratu Boko namanya, yang terletak sekitar tiga kilometer dari Candi Prambanan. Candi yang juga disebut Istana Ratu Boko ini adalah sisa kemegahan keraton yang dibangun antara tahun 746 dan 784 masehi di era Mataram Kuno.

 

Berada di atas Bukit Seribu dengan ketinggian kurang lebih 200 meter dari permukaan laut, membuat tempat ini ideal untuk menikmati sunset dan berfoto pulsker apalagi untuk foro prewed nih. Kamu juga bisa berfoto dengan berlatar Candi Prambanan dan Gunung Merapi serta Gunung Merbabu yang tampak megah dan indah. Bahkan, separuh kota Jogja juga terlihat jelas dari sini lho.

 

 

6. Taman Pelangi Jogja

 

 

Berada di kompleks halaman Monumen Jogja Kembali (Monjali), Taman Pelangi hadir sebagai wahana wisata malam hari yang menawarkan warna baru. Seperti namanya, pelangi identik dengan paduan warna-warni indah selepas hujan di sore hari. Di Taman Pelangi, sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan lampion berwarna-warni pulsker.

 

Uniknya lagi, lampion-lampion di sini terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran mulai flora fauna hingga tokoh karakter kartun. Tidak hanya digantung, lampionnya juga tertancap di tanah, ditempel di dinding, serta dihiasi kerlap-kerlip lampu ,menambah kesan romantis. Dijamin Instagramable deh pulsker.

 

 

7. Semeja Asian Kitchen & Inspira Roasters Artisan Coffee

 

 

Setelah seharian berkeliling kota Jogja, saatnya untuk memanjakan lidah dan mengisi perut kita pulsker. Salah satu tempat yang memberikan cita rasa yang khas dan autentik ada di Semeja Asian Kitchen. Desain interiornya yang memadukan unsur modern dan tradisional bakal bikin foto di Instagrammu jadi makin stylish. Di sini kamu bisa memesan kuliner khas Indonesia dan Asia yang lezat. Seperti, Bibimbap khas Korea, Katsu Curry Rice khas Jepang, Es Goyobod khas Jawa dan banyak lagi.

 

Untuk kamu yang ingin bersantai bersama kawan dan nongkrong seru, Inspira Roasters Artisan Coffeeadalah tempat yang pas banget pulsker. Buka 24 jam, kamu bisa menikmati racikan kopi lokal berkualitas seperti Americano, Cappucino, Piccolo, Machiato, dan racikan spesial lainnya. Atau bisa juga menikmati minuman lainnya seperti Tim-Tam Frappe, Iced Avocado Shot yang memadukan blended avocado juice dengan satu shot espresso, sampai Iced Mocha Nutella.

 

 

Nah, Semeja Asian Kitchen dan Inspira Roasters Artisan Coffee ini berada di  GAIA Cosmo Hotel yang berada di Jalan Ipda Tut Harsono no. 16, Muja Muju, Umbulharjo, Jogjakarta. Selain tempatnya yang cozy, Instagramable dan #SimplyStylish nih pulsker, harga makanan dan minumannya juga akrab di kantong dan terjangkau banget lho. Untuk info lebih lanjut tentang tempat ini kamu bisa klik di sini. Nikmati suasana tak terlupakan saat liburan ke Jogja bersama GAIA Cosmo Hotel.