7 Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Liburan ke Sydney, Apa Saja? Yuk Simak
Loading...

Ketika bicara tentang Australia, benak kita langsung tertuju pada hewan khas negara ini yakni kanguru. Tapi tahukah kamu jika Negeri Kanguru ini menyimpan keindahan yang menakjubkan yang layak untuk dikunjungi? Diantaranya tentu kota Sydney yang merupakan kota pelabuhan terindah di Australia, pulsker.

 

Sejak dulu, kota Sydney menjadi tujuan utama wisatawan yang berkunjung ke Australia. Panorama alamnya yang khas kota pelabuhan akan memanjakan mata para pengunjung. Berikut adalah beberapa rekomendasi destinasi wisata Sydney yang wajib kamu kunjungi pulsker. Mulai dari destinasi wisata alam hingga kuliner semua ada di sini.

 

 

1. Menyusuri Sydney Opera House

 

 

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Sydney, tempat yang wajib dikunjungi adalah Sydney Opera House. Bangunan yang berada di Bennelong Point, Sydney Harbour ini merupakan bangunan ikonik kota Sydney dan Australia. Bentuk bangunannya yang seperti cangkang dirancang seorang berkebangsaan Denmark Jørn Oberg Utzon pada tahun 1955 melalui sebuah kompetisi. Pada 2007 lalu, Sydney Opera House masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO the World Heritage List, pulsker.

 

Selain berkeliling, disini kamu bisa menikmati pertunjukan teater, balet, dan berbagai pertunjukan seni lainnya. Gedung ini merupakan markas dari Opera Australia, Sydney Theatre Company dan Sydney Symphony Orchestra. Buat kamu para pencinta dan penikmat seni, wajib untuk mengunjungi tempat ini. Bahkan ada ungkapan, "tak lengkap rasanya ke Sydney tanpa mengunjungi Sydney Opera House."

 

 

2. Menikmati Keindahan Kota dari Jembatan Sydney Harbour

 

 

Tak jauh dari Sydney Opera House, ada Jembatan Sydney Harbour, pulsker. Memiliki nama julukan sebagai “The Coathanger” dan sudah dibuka sejak tahun 1932 silam. Di Jembatan yang terletak di Cumberland Street No 3, The Rock ini, Pengunjung bisa menikmati indahnya panorama kota Sydney dari ketinggian melalui aktivitas panjat jembatan yang ditawarkan oleh tour operator BridgeClimb.

 

Saat malam hari tiba, Jembatan Sydney Harbour, yang memiliki ketinggian puncak mencapai 134 meter di atas permukaan laut, akan nampak gemerlapan diterangi oleh cahaya lampu kota yang mengitarinya. Dijamin, kamu akan banyak mendapatkan pengalaman seru mengunjungi jembatan besi lengkung terbesar di dunia ini.


 

3. Berlayar di Sekitar Pelabuhan yang Indah

 

 

Setelah ke Jembatan Sydney Harbour, kamu bisa menikmati keindahan kota Sydney dengan berlayar di sekitar pelabuhan Port Jackson, pulsker. Konon, pelabuhan Sydney dinobatkan sebagai pelabuhan alam terindah di dunia dengan garis pantai sepanjang lebih dari 240 kilometer dan perairan yang berkelok-kelok.

 

Banyak fasilitas yang ditawarkan untuk berlayar di sekitaran pelabuhan ini, mulai dari menggunakan kapal feri, perahu layar atau dengan kapal pesiar. Pengunjung akan dimanjakan dengan panorama birunya air yang cemerlang, beberapa taman nasional, serta situs warisan Aborigin dan wisata sejarah. Pelabuhan Sydney juga merupakan tempat bermain dan sarana rekreasi favorit warga mengisi waktu luang di hari libur, pulsker.

 

 

4. Menikmati Kuliner Lezat di Circular Quay

 

 

Buat pencinta kuliner, ada rekomendasi kuliner lezat di sekitaran pelabuhan Sydney yang wajib kamu kunjungi. Tempat tersebut adalah Circular Quay yang menawarkan sajian istimewa untuk memanjakan lidah. Kuliner favorit sekitaran area Circular Quay adalah masakan seafood segar yang cocok disantap saat makan siang atau malam. Daya tarik kuliner restoran di Circular Quay adalah ruangannya yang luas dengan penataan yang elegan, serta penyajian hidangan yang spektakuler mulai dari bunga-bunga cantik yang dipetik sendiri hingga hidangan penutup snow egg yang memikat.

 

Di area ini juga terdapat sederetan restoran dan pub yang berarsitektur zaman kolonial Inggris yang masih terjaga. Di antara area Circular Quay yang paling banyak dikunjungi adalah wisata kuliner Woolloomooloo. Cukup susah ya pulsker mengejanya? Di distrik kamu juga bisa menikmati sajian kuliner khas Italia di sebuah restoran cantik di tepi pelabuhan bernama Otto yang pastinya memanjakan lidah.

 

 

5. Berkunjung ke Kebun Binatang Taronga

 

 

Australia memiliki satwa endemik yang khas dan lucu di dunia. Selain kanguru, ada pula koala, platipus, dan wombat serta beragam spesies burung yang hanya hidup di Australia. Kamu bisa melihat hewan-hewan tersebut di Kebun Binatang Taronga yang sudah ada sejak seabad silam. Dibuka pertama kali pada 7 Oktober 1916, kebun binatang ini memiliki koleksi lebih dari 2.600 hewan dari 340 spesies. Daya tarik unik lainnya adalah hewan Tasmanian Devil yang terancam punah di dunia dan cuma bisa kamu jumpai di sini, pulsker. Juga ada hewan quokka, yang seperti nampak selalu tersenyum saat diajak untuk berfoto selfie.

 

Untuk mengunjungi Taronga, bisa menggunakan water taxi dari pelabuhan Watson Bay. Atau bisa juga naik kapal feri sambil menikmati pemandangan Sydney Opera House dan Sydney Harbour Bridge. Menarik bukan mengunjungi kebun binatang yang satu ini?

 

 

6. Berkemah di Pulau Cockatoo Island yang Eksotis

 

 

Kalau ingin menikmati sensasi liburan di alam terbuka, Cockatoo Island menawarkan eksotisme keindahan lain kota Sydney. Pulau ini berada di antara persimpangan sungai Parramatta dan Lane Cove di Sydney Harbour. Dulunya tempat ini digunakan untuk pulau buangan para tahanan, namun seiring waktu fungsinya berubah menjadi destinasi wisata.

 

Tak perlu khawatir untuk masalah tenda, karena di sini ada fasilitas persewaan tenda. Tapi kamu juga harus bawa peralatan dan perlengkapan yang cukup ya pulsker. Seperti makanan dan minuman, hingga kasur agar suasana berkemah menjadi makin seru. Duduk di depan tenda sambil menikmati pemandangan alam atau bintang di malam hari adalah hal yang tak akan terlupakan. Untuk ke sana kamu bisa menggunakan kapal ferry yang beroperasi setiap hari dari Circular Quay atau Darling Harbour.

 

 

7. Menjelajah Alam Pegunungan Blue Mountain nan Menantang

 

 

Belum puas berpetualang di alam terbuka Sydney? Kamu harus pergi berpetualang di Blue Mountain, pulsker. Blue Mountain adalah pegunungan yang terletak sekitar 50 km di sebelah barat Sydney. Wilayah ini bisa dicapai 1,5 jam dengan mobil dari Sydney atau 2 jam dengan kereta Blue Mountain Line dari stasiun Central. Jika naik kereta, turunlah di stasiun Katoomba, dilanjutkan dengan naik bus khusus wisatawan Blue Mountain Explorer Bus atau Trolley Tours.

 

Di sini kita bisa melihat formasi tiga batu karang raksasa yang terkenal dengan nama Three Sisters. Menurut legenda orang Aborigin, batu tersebut adalah perwujudan tiga saudara perempuan yang dikutuk menjadi batu. Masih ada tempat-tempat bersejarah lainnya di sini. Selain itu kamu bisa menikmati keindahan Blue Mountain dengan kereta gantung kaca sejauh 720 meter, pulsker.

 

Menarik bukan destinasi wisata yang ada Sydney? Nikmati layanan maskapai bintang 5, Garuda Indonesia untuk membuat perjalananmu semakin mudah. Garuda Indonesia melayani penerbangan Jakarta – Sydney (pergi pulang) lima kali seminggu dan Denpasar – Sydney (pergi pulang) tujuh kali seminggu. Tunggu apalagi segera rencanakan liburanmu dari sekarang bersama Garuda Indonesia sebagai partner penerbangan pilihan. Informasi lengkap kunjungi www.garuda-indonesia.com/australia.