Walaupun Tampangnya Terlihat Menyeramkan, Ternyata 10 Hewan Ini Tidak Begitu Berbahaya Bagi Manusia
Loading...

Di dunia terdapat berbagai ragam jenis hewan pulsker, mulai dari yang ganas, buas sampai yang lucu dan menggemaskan dan bisa dijadikan hewan peliharaan. Kalau kita mengenal kucing, anjing dan hewan peliharaan lainnya kita akan berpikiran jika hewan tersebut tidaklah berbahaya.

Namun, ada juga lho hewan-hewan yang memiliki bentuk fisik yang menyeramkan dan kita berpikir hewan tersebut buas. Tapi ternyata hewan bertampang seram ini tak berbahaya pulsker. Apa saja ya? Berikut diantaranya yang dilansir dari sumber Mongabay Indonesia.

1
Hewan seperti makhluk jadi-jadian ini namanya Aye-aye pulsker yang merupakan hewan endemik di madagaskar. Biasa ditemukan di hutan dengan ketinggan 700 mdpl. Hewan ini punya jari-jari tipis dan panjang serta jari tengah yang lebih panjang dibandingkan jari-jari lain. Jari tengah ini dipergunakan untuk mencari dan mengambil larva dari rongga kayu. Masyarakat Madagaskar menganggap aye-aye sebagai hewan pembawa pertanda buruk sehingga sering memburunya.

Hewan seperti makhluk jadi-jadian ini namanya Aye-aye pulsker yang merupakan hewan endemik di madagaskar. Biasa ditemukan di hutan dengan ketinggan 700 mdpl. Hewan ini punya jari-jari tipis dan panjang serta jari tengah yang lebih panjang dibandingkan jari-jari lain. Jari tengah ini dipergunakan untuk mencari dan mengambil larva dari rongga kayu. Masyarakat Madagaskar menganggap aye-aye sebagai hewan pembawa pertanda buruk sehingga sering memburunya.
Advertisements

2
Kedua ada hewan raksasa penguasa laut terbesar di dunia, hiu penjemur. Tak seperti ikan karnivora lain hiu besar ini tak mengunyah pulsker, hanya memasukkan plankton dengan memfilternya melalui mulutnya yang besar. Hewan laut ini bisa ditemukan di semua samudera di dunia, terutama di perairan yang dingin.

Kedua ada hewan raksasa penguasa laut terbesar di dunia, hiu penjemur. Tak seperti ikan karnivora lain hiu besar ini tak mengunyah pulsker, hanya memasukkan plankton dengan memfilternya melalui mulutnya yang besar. Hewan laut ini bisa ditemukan di semua samudera di dunia, terutama di perairan yang dingin.

3
Karena bentuk fisiknya memiliki taring, sering juga disebut kelelawar vampir nih pulsker. Meski makanan utama mereka memang darah, namun amat jarang menghisap darah manusia kok, atau bahkan mungkin tak pernah sekalipun sepanjang hidupnya. Mereka lebih suka menghisap darah hewan peliharaan seperti sapi, kerbau, kambing, atau burung. Hewan ini menghuni kawasan tropis dan subtropis yang lembab di Amerika Tengah hingga Amerika Selatan.

Karena bentuk fisiknya memiliki taring, sering juga disebut kelelawar vampir nih pulsker. Meski makanan utama mereka memang darah, namun amat jarang menghisap darah manusia kok, atau bahkan mungkin tak pernah sekalipun sepanjang hidupnya. Mereka lebih suka menghisap darah hewan peliharaan seperti sapi, kerbau, kambing, atau burung. Hewan ini menghuni kawasan tropis dan subtropis yang lembab di Amerika Tengah hingga Amerika Selatan.

4
Selama ini burung bangkai sering dianggap sebagai jelmaan setan karena fisik dan kebiasannya memakan bangkai. Tapi nih pulsker sebenarnya, burung ini sama sekali tidak berbahaya lho. Mereka memang punya paruh lancip dan kuku-kuku yang tajam, namun keduanya tidak mereka gunakan untuk membunuh mangsanya, melainkan untuk merobek bangkai. Burung ini dapat ditemukan di benua Australia dan Antartika.

Selama ini burung bangkai sering dianggap sebagai jelmaan setan karena fisik dan kebiasannya memakan bangkai. Tapi nih pulsker sebenarnya, burung ini sama sekali tidak berbahaya lho. Mereka memang punya paruh lancip dan kuku-kuku yang tajam, namun keduanya tidak mereka gunakan untuk membunuh mangsanya, melainkan untuk merobek bangkai. Burung ini dapat ditemukan di benua Australia dan Antartika.

5
Seperti namanya, laba-laba goliath adalah laba-laba besar yang hidup di hutan hujan Amerika Selatan. Memang, dia memiliki bisa, namun tak ‘seberbahaya’ bisa yang dimiliki tawon. Makananya adalah serangga-serangga kecil. Mau melihara hewan ini?, aman kok pulsker.

Seperti namanya, laba-laba goliath adalah laba-laba besar yang hidup di hutan hujan Amerika Selatan. Memang, dia memiliki bisa, namun tak ‘seberbahaya’ bisa yang dimiliki tawon. Makananya adalah serangga-serangga kecil. Mau melihara hewan ini?, aman kok pulsker.

6
Ngeliatnya aja bikin bulu kuduk berdiri ya pulsker?. Ini adalah buaya jenis Gharial yang bermoncong lancip. Penampilannya yang garang dianggap sebagai pemakan manusia dan ditakuti setiap kemunculannya.

Tapi faktanya nih rahangnya yang tipis itu sangat ‘rapuh’ dan takkan mampu mengunyah hewan-hewan berukuran besar pulsker. Jadi makanannya adalah katak, ikan, atau bahkan serangga. Jika bertemu manusia, Gharial akan selalu menghindar dan menjauh. Gharial hidup di sungai-sungai di India, Pakistan, Myanmar, hingga Bhutan, dan Nepal.

Ngeliatnya aja bikin bulu kuduk berdiri ya pulsker?. Ini adalah buaya jenis Gharial yang bermoncong lancip. Penampilannya yang garang dianggap sebagai pemakan manusia dan ditakuti setiap kemunculannya. Tapi faktanya nih rahangnya yang tipis itu sangat ‘rapuh’ dan takkan mampu mengunyah hewan-hewan berukuran besar pulsker. Jadi makanannya adalah katak, ikan, atau bahkan serangga. Jika bertemu manusia, Gharial akan selalu menghindar dan menjauh. Gharial hidup di sungai-sungai di India, Pakistan, Myanmar, hingga Bhutan, dan Nepal.

7
Kalau tadi ada laba-laba Goliath kini ada laba-laba Arrachnida atau laba-laba onta. Mereka bisa tumbuh hingga berukuran beberapa centimeter dan mampu berlari hingga 16 km per jam lho. Banyak Tentara Amerika yang bertugas di gurun-gurun di Timur Tengah bertemu dengan hewan yang mereka percaya suka memakan daging manusia ini. Padahal sih, satwa ini justru bagus untuk mengendalikan hama, karena kesukaannya memakan serangga.

Kalau tadi ada laba-laba Goliath kini ada laba-laba Arrachnida atau laba-laba onta. Mereka bisa tumbuh hingga berukuran beberapa centimeter dan mampu berlari hingga 16 km per jam lho. Banyak Tentara Amerika yang bertugas di gurun-gurun di Timur Tengah bertemu dengan hewan yang mereka percaya suka memakan daging manusia ini. Padahal sih, satwa ini justru bagus untuk mengendalikan hama, karena kesukaannya memakan serangga.

8
Gak semua ular itu berbahaya kok, ular susu salah satunya. Ular ini tidak berbahaya dan bahkan takkan bereaksi jika kita pegang. Tapi ingat pulsker, pastikan bahwa yang kita pegang itu adalah milksnake, bukan coral snake (ular karang) yang beracun. Cirinya adalah jika warna merahnya bersambung dengan warna hitam, maka itulah milksnake, namun jika warna merahnya tersambung dengan warna kuning, itulah coral snake yang berbahaya. Jadi, tetap hati-hati pulsker.

Gak semua ular itu berbahaya kok, ular susu salah satunya. Ular ini tidak berbahaya dan bahkan takkan bereaksi jika kita pegang. Tapi ingat pulsker, pastikan bahwa yang kita pegang itu adalah milksnake, bukan coral snake (ular karang) yang beracun. Cirinya adalah jika warna merahnya bersambung dengan warna hitam, maka itulah milksnake, namun jika warna merahnya tersambung dengan warna kuning, itulah coral snake yang berbahaya. Jadi, tetap hati-hati pulsker.

9
Kaki seribu yang kecil aja bikin merinding apalagi yang segede ini. Kaki seribu dari Afrika ini berwana hitam legam dengan panjang hingga 40 cm, mempunyai hampir 250 kaki, dan mampu hidup hingga 10 tahun. Meski menyeramkan, namun kaki seribu ini sama sekali tidak berbahaya lho pulsker.

Kaki seribu yang kecil aja bikin merinding apalagi yang segede ini. Kaki seribu dari Afrika ini berwana hitam legam dengan panjang hingga 40 cm, mempunyai hampir 250 kaki, dan mampu hidup hingga 10 tahun. Meski menyeramkan, namun kaki seribu ini sama sekali tidak berbahaya lho pulsker.

10
Terakhir ada ikan pari nih pulsker yang banyak orang bilang ini menyeramkan. Terutama setelah kematian Steve Irwin yang mati karena tersengat ikan ini. Ikan pari selalu dicari oleh para pehobi scuba diving, untuk dinikmati atau bahkan diabadikan keindahannya. Pari manta merupakan salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai 6 – 8 meter. Bobot terberatnya yang pernah diukur mencapai tiga ton. Pari manta juga bukan merupakan pari yang beracun, ekornya tidak mempunyai sengat seperti kebanyakan ikan pari lainnya.

Gimana, tak berbahaya kan pulsker?. Tapi kalian tetap harus hati-hati ya karena hewan punya naluri alami yang kadang bisa buas sewaktu-waktu. (Baca juga ratusan artikel menarik lainnya di http://www.pulsk.com/u/242329)

Terakhir ada ikan pari nih pulsker yang banyak orang bilang ini menyeramkan. Terutama setelah kematian Steve Irwin yang mati karena tersengat ikan ini. Ikan pari selalu dicari oleh para pehobi scuba diving, untuk dinikmati atau bahkan diabadikan keindahannya. Pari manta merupakan salah satu spesies ikan pari terbesar di dunia. Lebar tubuhnya dari ujung sirip dada ke ujung sirip lainnya mencapai 6 – 8 meter. Bobot terberatnya yang pernah diukur mencapai tiga ton. Pari manta juga bukan merupakan pari yang beracun, ekornya tidak mempunyai sengat seperti kebanyakan ikan pari lainnya. Gimana, tak berbahaya kan pulsker?. Tapi kalian tetap harus hati-hati ya karena hewan punya naluri alami yang kadang bisa buas sewaktu-waktu. (Baca juga ratusan artikel menarik lainnya di http://www.pulsk.com/u/242329)